. Cara menghapus aplikasi bloatware tanpa root hanya dalam 4 langkah - IME Android -->

Cara menghapus aplikasi bloatware tanpa root hanya dalam 4 langkah

Konten [Tampil]
Cara hapus aplikasi bawaan,Entahlah saya mau awali dengan bahasa apa ketika akan menulis artikel ini yang jelasnya saya coba akan menjelaskan terlebih dulu pengertian dari bloatware.

Sebagai pengguna hp android sering kali kita dibuat bingung dengan banyaknya aplikasi pada Hp yang secara default sudah terinstall,namun seperti yang anda tahu bahwa menghapus atau uninstall aplikasi bawaan tidaklah mudah karena tidak dilengkapi dengan pilihan uninstall.

Sebelum panjang kali lebar untuk menghapus bloatware mari kita kupas terlebih dulu tentang pengertian dari bloatware mungkin terdengar lebih asing daripada firmware,software atau hardware.

Bloatware adalah aplikasi -aplikasi yang sudah terinstall secara default atau bawaan pada Hp android. tetapi aplikasi tersebut biasanya jarang digunakan bahkan cenderung tidak digunakan sama sekali sama pengguna.

Bloatware tersebut di install oleh pihak vendor untuk kepentingan tertentu sebagai pelengkap fitur sebuah smartphone.

Jenis bloatware pada setiap smartphone tidak semuanya sama ,hal ini tergantung dari vendor atau merek dari hp tersebut,coba bandingakan antara Oppo, Xiaomi, maupun samsung. Dari masing masing merek hp tersebut memiliki perbedaan jenis bloatware yang terinstall.

Aplikasi tersebut biasanya di install karena kepentingan kontrak dengan vendor tertentu,yang tentunya memiliki keperluan dengan harapan sebagai pelengkap sebuah fitur.
Apakah bloatware berbahaya bagi gadget Android? Tentu saja tidak. 

Namun banyak pengguna termasuk saya yang merasa terganggu dengan banyaknya bloatware pada perangkat Android yang saya gunakan karena selain tidak berguna, aplikasi (bloatware) tersebut membuat ruang penyimpanan internal (internal memory) pada device semakin sesak, dan itulah mengapa aplikasi seperti ini disebut bloatware (aplikasi yang membuat penyimpanan menjadi “kembung” atau bloating).

Baca juga: Lengkap ,Tips dan trik samsung A3

Cara menghapus aplikasi bawaan pada HP tanpa root.


Sebelum ke tahap eksekusi maka perlu menyiapkan beberapa persiapan yang haru dilakukan salah satunya adalah hp anda sudah mode debug USB,apa itu Debug USB? Nah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas lengkap Debug USB.
App Inspektor
Download dan install Adb driver pada komputer
Kabel data original (Kualitas bagus)

Kesimpulanya untuk dapat melakukan eksekusi menghapus bloatware pada hp anda maka membutuhkan syarat diata,dengan yang pertama Hp sudah mode debug USB,Install App Inspektor,Komputer terisntall ADB driver dan yang ke empat memiliki kabel data yang baik.

Selanjutnya adalah tahap menghapus aplikasi bawaan berikut langkahnya,
Yang pertama silahkan buka app inspektor yang telah kalian download, kemudian buka list aplikasi pada hp kalian seperti dibawah ini.

cara hapus aplikasi bawaan


  • Setelah terbuka aplikasi App inspektor,kemudian silahkan tandai aplikasi yang akan anda hapus seperti datas .
  • Kemudian hubungkan smartphone anda pada komputer menggunakan kabel data yang telah disiapkan.
  • Selanjutnya buka Command prompt [Cmd] pada windows
  • Ketikan perintah di bawah untuk memastikan hp sudah terhubung atau belum.


adb devices


  • Apabila sudah terhubung maka silahkan ketik perintah dibawah ini kemudian enter


adb shell


  • Lakukan perintah Install aplikasinya dengan cara berikut dan enter!


pm uninstall -k --user 0 < package.name >


  • Contoh perintah lengkap dengan sesuai package name yang tertera pada contoh gambar dan aplikasi yang akan dihapus sebagai berikut,


pm uninstall -k --user 0 com.huawei.compass

Kemudian tekan enter,nah dengan demikian aplikasi diatas seharusnya akan terhapus melalui cara ini,kemudian cara ini di ulang untuk aplikasi bawaan yang lainya.

Mudah bukan caranya,tidak sesulit menghapus masa lalu yang membutuhkan waktu hingga berbulan bulan untuk bisa move on.Dia memang begitu,dia meninggalkan anda dengan cara yang tanpa sepucuk surat,biarkan dia bahagia dengan orang lain.. hmmmmm :D Biar gak tegang gaes...

Baca juga: Akurat,Cara mengatasi  Hp sering mati sendiri

Namun dalam menghapus aplikasi bawaan hp sebaiknya kita lakukan dengan hati hati karena ada beberapa aplikasi yang dibilang cukup penting meskipun tidak pernah digunakan ,sehingga jika salah dapat menimbulkan eror terhadap aplikasi lain.

Ingat!! bisa saja dalam menghapus aplikasi / bloatware ini dapat menyebabkan bootloop , karena terjadinya gagal fungsi dan menyebabkan sistem tidak dapat bekerja dengan baik.

Disclaimer
Seluruh artikel pada imeandroid.com merupakan pembelajaran ,segala yang terjadi terhadap dari proses maupun kerusakan yang disebabkan oleh pengikut artikel ini adalah sepenuhnya di luar tanggung jawab kami.

Nah sekian dulu ya ,terima kasih..salam sukses untuk kita semua.. 

Sumber:https://www.dadroidrd.com/2018/05/cara-menghapus-aplikasi-bloatware-tanpa.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel