. Cara cek LCD,Touchscreen dan Kerusakan pada hp asus [ 1% Meleset] - IME Android -->

Cara cek LCD,Touchscreen dan Kerusakan pada hp asus [ 1% Meleset]

Konten [Tampil]

Cek Kerusakan LCD - Pembahasan kali ini saya akan menerangkan " bagaimana cara cek LCD " atau kondisi layar sentuh pada hp asus,Komponen ini sangat penting sekali perannya pada Hp android. 

Bukan hanya Asus namun semua merk hp. Dari sebagian orang yang belum tau tentang komponen hp masih beranggapan bahwa kedua komponen tersebut adalah sama , pada kenyataannya merupakan dua komponen yang berbeda satu sama lainya.

Artinya dari fungsi meskipun keduanya memiliki kaitan cukup erat tetapi Bukan satu kesatuan.

LCD memiliki fungsi sebagai menampilkan atau display yang dihasilkan sebuah proses dan secara umum untuk hp dengan layar sentuh inputan proses yang dihasilkan adalah suatu perintah dari penggunanya melalui sentuhan ke Touchscreen
 cara cek hp asus asli.

Tentu ini tidak begitu saja namun melalui serangkaian proses dan secara cepat dikerjakan oleh komponen seperti prosesor, RAM, dan IC hp yang lainya ,i tulah mengapa spesifikasi hp sangat penting.

Kali ini yang akan saya garis bawahi adalah cara cek toucsreen hp asus yang intinya adalah memastikan kondisi keduanya.


Cara pengecekan yang pertama dengan metode manual (Visual test). 

Ini adalah cara klasik yang biasa dilakukan untuk mengetahui kondisi kerusakan hp, mungkin bagi yang sudah terbiasa dan menggeluti bisnis service hp hal ini akan dengan mudah dilakukan.

Untuk mengetahui cek touchscreen yang pertama adalah dengan melihat setiap tepi dari hp tersebut di area layar, kemudian miringkan dengan melihat dari sisi samping supaya jika terdapat retak rambut terdeteksi.

Gunakan hp untuk mengetik, atau melakukan aktivitas apapun agar kita tau seberapa responsif layar sentuhnya.

Selanjutnya gunakan /buka gambar dengan background warna hitam, sebaiknya ful warna hitam tujuanya adalah jika terdapat dead pixel atau layar terdapat spot warna putih akan terlihat jelas.

Selanjutnya gunakan /buka gambar dengan background warna putih, tujuanya adalah agar dapat mendeteksi spot dead pixel dengan warna putih.

Perhatikan setiap sudut lcd, pastikan tidak ada retak.

Apa ini cara cek hp asus zenfone go?  Ah tidak juga cara ini dapat dilakukan untuk semua tipe hp asus.


Baca juga
2 Cara cek Touchscreen Xiaomi [98.9% Akurat]
Cara mengecek kerusakan touchscreen dan LCD Hp samsung
Jenis - Jenis Layar Pada Hp yang di gunakan Hp Harga Murah Hingga


    Menggunakan kode rahasia. 

    Cara cek lcd hp asus

    Cara yang kedua ini adalah dengan melalui fitur yang terdapat pada hp tersebut. Karena fiturnya disematkan dan dalam kondisi hide maka untuk mengaksesnya membutuhkan trik atau cara khusus.

    Mungkin anda sudah hafal dengan cek imei asus dengan kode rahasia, cara cek tipe hp asus menggunakan kode dll. 

    Yang pertama untuk dapat cek LCD maupun layar sentuh pada Hp asus caranya Silahkan buka kalkulator pada Asus zenfone anda kemudian ketik ".12345+=" Tanpa petik.
    Kemudian kita akan diarahkan ke mode enginering dimana terdapat beberapa menu sebagai melakukan beberapa pengecekan komponen Hp asus.

    Kemudian pilih "Touch_test" Untuk menguji kualitas atau kondisi touchscreen,Ikuti langkahnya hingga selesai.

    Selanjutnya untuk mengecek kondisi LCD silahkan pilih "Display_Test " maka dengan metode ini anda dapat mengetahui kerusakan yang terjadi pada hp anda,seperti mendeteksi dead pixel,layar sudah tidak normal,dll.

    Memang cukup sederhana bukan mengecek kerusakan hp ,hanya dengan menggunakan kalkulator ,namun perlu di garis bawahi bahwa ini hanya bekerja pada hp asus saja bukan kode rahasia samsung,maupun kode rahasia Xiaomi. Kode ini dapat bekerja pada asus zenfone go,Zenfone 2,3,4,5,6dll. Banyak menu yang terdapat pada mode enginering sebagai pengguna asus kita harus tau .


    Berikut menu yang terdapat pada asus Mode engineering


    Touch Test : Fungsinya untuk melakukan Test kualitas touchscreen hp asus anda.

    BT Test : Sebagai menu untuk tes Bluetooth otomatis pada hp.

    WiFiBus Test': Cara test wifi secara otomatis menggunakan menu ini.

    Battery Test : Memeriksa kondisi kesehatan baterai secara otomatis.

    GSensor Test : Berfungsi untuk cek kualitas sensor accelerometer dan gyroscope, cara mengetesnya silahkan di putar,di balik HP asus anda  sampai titik X, Y, dan Z di sudut menyala.

    Modem Bus Test : Menu ini berfungsi mengecek kemampuan modem tertanam pada HP asus.

    Keypad Test : Fungsinya untuk mengecek kerusakan tombol-tombol yang ada di HP Zenfone anda, Caranya silahkan Tekan tombol volume up dan volume down.

    MultiTouch Test : Fungsinya untuk mengetes  respon touchscreen HP Zenfone pada saat menerima banyak sentuhan, caranya dengan sentuh layar HP menggunakan lima jari.

    Vibrator Test : Mengecek kerusakan getaran,cukup mudah untuk mendeteksi normal atau tidak hanya dengan melihat getar atau tidak.

    Receiver Test : Menu ini berfungsi sebagai mengetes kerusakan speaker Hp Asus pada bagian depan.

    Speaker Test : Berbeda pada menu ini yaitu fungsinya untuk cek speaker belakang.

    BoardMic Test : Berfungsi mengecek kondisi mikrofon, dengan cara silahkan ucapkan beberapa kata untuk direkam kemudian jika hasil rekaman suara terdengar jelas, artinya microphone hp tersebut normal.

    MainCamCapture Test : Fungsinya sebagai mengetes kamera utama (kamera belakang).
    VGACamCapture test : Dan pada menu ini berfungsi mengecek fungsi kamera depan/ selfie kamera.

    CameraFlash Test : Fungsinya Sebagai cek kerusakan lampu flash kamera,idealnya menggunakan cara ini lampu flash akan menyala.

    Light Sensor Test : Berfungsi mengetes kemampuan sensor cahaya,caranya Sinari layar HP Zenfone anda dengan senter cara penggunaannya.

    ECompass Test : Buat anda yang suka naik gunung,touring,maka fitur kompas cukup penting maka anda dapat mengecek kondisi hp dengan cara ini.

    Display Test : Sesuai pada judul artikel ini yakni menu ini berfungsi mengecek kondisi layar hp asus ,dimana anda dapat mengecek kebocoran layar / dead pixel atau spot hitam maupun putih.Cara cek kerusakan layar pada asus cukup mudah bukan.

    Proximity Test : Fungsinya untuk Mengecek sensor yang mengatur menyalakan lampu layar dan mematikan layar pada saat menerima panggilan.

    Cara memeriksanya adalah silahkan titik bagian samping kamera depan / tutupi layar depan menggunakan tangan, Dan kemudian lepaskan, kemudian tutupi lagi. jika ketiga tanda ceklis menyala, artinya sensor proximity normal.

    SDCard Test : Berfungsi mengecek pemasangan kartu memori hp asus.

    SIM card Test : Berfungsi Mengecek pemasangan kartu SIM hp.

    Headset Test : Cek speaker pada earphone atau headset hp anda,apabila suaranya terdengar jelas artinya dalam kondisi normal.

    HeadsetMic Test : Berfungsi untuk ek mikrofon pada headset.

    HeadsetKey Test : Fungsinya mengecek tombol  pada headset contoh tombol volume .

    Cukup banyak fungsi enginering mode ,memiliki peranan penting untuk mengecek kondisi kerusakan Hp asus .

    Namun mungkin dalam hati anda kode diatas tidak ada yang memiliki fungsi untuk mengecek imei asus anda.jangan kuatir untuk mengecek dapat menggunakan kode rahasia melalui dial number melalui *#06# .

    Kesimpulanya adalah anda dapat mengecek antara hp asus asli dan yang palsu dengan cara tersebut.

    Penutup
    Demikian artikel saya tentang cara cek LCD dan Touchscreen   kerusakan hp asus ,mulai dari pengecekan touchscreen,LCD,baterai dan masih banyak lagi yang dapat di cek menggunakan cara diatas.Silahkan share artikel imeadroid.com sehingga bermanfaat untuk orang lain.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel