. Cara Merekam Video call WhatsApp Hp android dan iPhone - IME Android -->

Cara Merekam Video call WhatsApp Hp android dan iPhone

Konten [Tampil]

 Cara merekam video call WhatsApp - panggilan video layaknya tatap muka langsung dengan lawan bicara dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Secara real time dua orang berinteraksi melihat langsung yang di jembatani memakai lensa kamera depan pada smartphone.

Saat ini hampir semua hp sudah mendukung aktifitas video call dengan adanya kamera bagian depan.

Bahkan untuk beberapa model dan tipe hp telah mempunyai kamera depan dengan resolusi tinggi. Hasil Video call menampilkan gambar bening , tentu saja juga saat digunakan untuk panggilan video maupun berfoto.

Langsung saja berikut pembahasan cara merekam video call WhatsApp yang bisa kalian lakukan dengan dua pilihan.

Cara Merekam Video call di WhatsApp
Baca Juga: Cara mengetahui Whatsapp di Sadap

Merekam Video Call WhatsApp


Setiap kegiatan yang dilakukan dalam pemakaian ponsel pintar bisa direkam dan menjadi video, baik itu Hp Samsung, Oppo , Vivo, Realme dan lain sebagainya. Termasuk jika kalian menginginkan merekam kegiatan panggilan memakai WhatsApp.

Berkat fitur screen recording yang dibawa oleh setiap merek hp ,memungkinkan kalian bisa merekam video call WhatsApp tanpa aplikasi tambahan apapun. Fitur tersebut bisa ditemukan pada beberapa merek seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan lain sebagainya.

Sehingga saat kalian dalam keadaan melakukan panggilan video dapat dilakukan sambil merekam supaya menjadi video. 

Sedangkan pada perangkat yang belum mempunyai fitur screen recording dapat memakai aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali aplikasi merekam layar , misalnya DU Recorder, AZ recorder dan lain sebagainya yang bisa diperoleh secara gratis.

Bagaimana cara rekam video call WahtsApp, berikut langkahnya :

Baca juga, Cara Video Call Melalui Instagram

# Cara rekam Video call WhatsApp Tanpa Aplikasi.

Merekam Video Call WhatsApp

Metode yang pertama untuk merekam video call WA yang bisa kalian lakukan adalah tanpa memakai aplikasi apapun. Fitur ini tidak dimiliki oleh semua perangkat, sehingga biasanya untuk model lama tidak bisa memakai cara ini.

Misalnya samsung J2, Samsung J3 maka hanya bisa merekam layar memakai aplikasi bantuan. Langsung saja berikut cara merekam layar saat video call WhatsApp

  • Seperti biasanya, lakukan panggilan video seperti biasa memakai aplikasi WhatsApp kalian.
  • Setelah terhubung dan melihat lawan bicara kalian, maka sudah bisa mulai merekam dengan cara swipe notifikasi bar kebawa.
  • Kemudian ketuk logo screen recorder. Maka secara otomatis aktifitas panggilan video yang sedang kalian lakukan akan terekam menjadi file mp4.
  • Lakukan dialog seperti biasa hingga panggilan di akhiri. Setelah selesai kalian dapat melanjutkan stop recording dan secara otomatis file akan tersimpan kedalam memori internal.
Itulah cara yang pertama bisa kalian gunakan untuk merekam layar hp saat video call.

#Merekam Video Call WhatsApp Dengan Aplikasi.

Saat panggilan video call whatsapp anda akan direkam menjadi video , sebagai alternatif bisa pakai apps. 
 
Teknik yang kedua dapat dilakukan pada perangkat yang belum dibekali dengan fitur screen recorder bawaan. Yakni memanfaatkan pihak ketiga untuk melakukan mendokumentasikan aktifitas layar menjadi sebuah video.
 

1. Du Recorder

Cara rekam layar panggilan video WA


Salah satunya memakai aplikasi DU recorder, selain gratis aplikasi tersebut bebas Water mark.

Caranya, 
  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi DU recorder kemudian pasang pada Hp Kalian.
  • Setelah terpasang Silahkan langsung melakukan panggilan video memakai WhatsApp.
  • Berikutnya buka aplikasi DU Recorder, klik Start atau mulai merekam.
  • Setelah panggilan telah selesai, kalian juga bisa klik icon stop pada du recorder untuk menyelesaikan rekaman.
  • Selesai, file video akan tersimpan pada galeri smartphone.

Baca Juga: Penyebab Video Call Whatsapp Terjeda

2. Aplikasi AZ Recorder

cara rekam video call wa

Aplikasi ini cukup populer digunakan oleh pengguna smartphone android untuk merekam aktiftas layar. Cara penggunaanya sama dengan aplikasi lain, dimulai dari download dan install pada perangkat android kalian.

Setelah pemasangan selesai, silahkan buka dan berikan izin akes suara maupun akses file manager ponsel.

Jika sudah selesai , kalian sudah bisa mulai melakukan panggilan video whatsapp dan merekam nya menjadi video. 
 
Bukan hanya sebagai perekam layar saat video call saja, tools gratis ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan lain berhubungan dengan atifitas display yang akan disimpan menjadi video.

Saat proses berjalan, anda akan melihat logo yang ada pada bagian samping layar menandakan sedang berlangsung proses screen recording. Selain itu, pengguna juga bisa dapat dengan mudah untuk menghentikan rekaman layar.

Jika sudah selesai, usap layar ke atas. Maka file hasil rekam video call wa akan disimpan otomatis pada perangkat. Kalian bisa mengecek hasilnya tersimpan pada galery dan siap untuk dibagikan.

3. Aplikasi Record it

cara rekam video call wa tanpa apps

Alat ketiga juga sama mudahnya yang dapat dipakai oleh pemilik ponsel android dan iphone. Secara cepat dan mudah mengabadikan aktifitas layar menjadi file video, salah satunya ketika kalian sedang panggilan tatap muka jarak jauh memakai whatsapp.
 
Percakapan itu juga akan dilengkapi dengan suara. Pasalnya tools ini tersedia fitur pengaturan sumber suara, dari sistem atau eksternal.
 
Sayangnya, dalam versi gratisnya hanya bisa melakukan rekaman layar dalam durasi tertentu saja.
 
Untuk mengakalinya, kalian bisa merekam kembali dan akan menjadi sebuah file potongan video call wa.
 
Fitur lainnya, Setelah proses download dan install selesai, hingga membuat video aktifitas layar, maka anda bisa melakukan edit video dengan memangkas, mengatur kecepatan, menambah efek suara dan lain sebagainya.
 
Sangat cocok bagi kalian yang sedang membuat tutorial, memberikan panduan yang berkaitan dengan pemakaian ponsel maupun apps.

Langkah peggunaan:
  • Silahkan download dan install apps melalui Google Play maupun apps store.
  • Tunggu pemasangan selesai,kemudian buka dan berikan izin akses microphone, kamera, dan file.
  • Silahkan lakukan Video call wa seperti biasa, setelah tersambung aktifkan aplikasi merekam layar ini.
  • Nah,selama pembicaraan akan terekam dan tersimpan otomatis pada file manager ponsel. 

Baca Juga: Cara Offline Whatsapp di HP Vivo

# Pengguna iPhone

Pemilik Smartphone iPhone juga melakukan hal yang sama dengan android. Kalian bisa merekam percakapan video wa deengan mudah tanpa memakai aplikasi tambahan apapun.

Pada iPhone dengan Versi iOS 11 atau lebih tinggi bisa melakukan rekaman layar ketiga sedang di pakai video call Whatsapp memakai fitur bawaan.
 
Caranya, Silahkan lakukan panggilan video seperti biasa. Hingga tersambung, silahkan usap layar iPhone anda dari bagian atas kebawah untuk mengakses kontrol iPhone kalian.
Lalu, ketuk icon screen recorder hingga proses rekam layar iPhone panggilan video WA  berlangsung dan siap dihentikan kapan saja saat sudah selesai.
 
Itulah cara merekam video Call WhatsApp yang dapat dilakukan dengan aplikasi atau tanpa aplikasi dikerjakan pada semua merek hp baik itu oppo, Vivo, Realme, Dan lain sebagainya.
 
Perlu diketahui, banyak yang bingung kenapa saat rekam video call wa tidak ada suara nya. Kalian dapat mengecek fungsi microphone , apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.  Kalian juga bisa mengatur sumber suara dari hp, atau dari eksternal. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel