. Penyebab video call terjeda Dan Cara Mengatasi - IME Android -->

Penyebab video call terjeda Dan Cara Mengatasi

Konten [Tampil]

Penyebab video call terjeda - Smartphone merupakan perangkat yang sangat penting saat ini diperlukan oleh semua orang. Alat komunikasi multifungsi yang dapat digunakan untuk panggilan suara / telp, SMS, Kirim Pesan singkat WA (Chat) , Mengirim berkas hingga melakukan berbagai kegiatan bisnis.

Saat ini ponsel cerdas bukan hanya sekedar alat komunikasi saja , Smartphone banyak berperan pada sektor bisnis menunjang pendapatan. Memanfaatkan untuk menjual / beli online,memasarkan produk, hingga aktifitas lain yang dapat dikerjakan pada gadget dalam menghasilkan Uang.

Salah satunya, belakangan sedang ramai pinjaman online. Siapapun dapat melakukan pengajuan meminjam dana hanya melalui ponselnya. Pihak penyedia jasa keuangan akan meminta beberapa syarat dan ketentuan berkas pengajuan.

Berikutnya hingga tahap pengajuan disetujui pihak penyedia jasa akan melakukan verifikasi data pemohon dengan cara Video Call. Disinilah salah satu pentingnya melakukan pembahasan penyebab video call terjeda, memungkinkan setiap panggilan yang kalian kerjakan dapat berjalan dengan baik.

Penyebab Video Call Terjeda.

Penyebab video call jeda

Ada beberapa kemungkinan yang dapat menghambat video call menjadi terjeda. Kejadian seperti ini dapat terjadi pada hampir semua perangkat smartphone, baik itu merek Samsung, Xiaomi, Oppo ,Vivo, iPhone sekalipun.

Semuanya mempunyai potensi masalah yang sama dalam video call terjeda. Masalah tersebut dapat dipengaruhi oleh 3 Faktor, pertama Device, Piranti lunak, jaringan.

Dari ketiganya memiliki peranan penting yang sama dalam memberikan kelancaran video call. Berikut peranan panggilan video 

Smartphone Bermasalah.

Salah satu sumber masalah panggilan terjeda atau tidak bisa terhubung bisa dikarenakan oleh smartphone itu sendiri. Misalnya saat digunakan untuk VC modul Lensa mengalami disconect dengan mainborad yang disebabkan oleh panas.

Tidak hanya modul kamera sajam , potensi lain dari komponen yang ada didalamnya juga bisa mempengaruhi panggilan video jeda karena tansfer data cpu mengalami delay.

Tapi ini terbilang jarang, justru saat lensa bermasalah dapat berakibat fatal. Misalnya gagal terhubung, atau kamera tidak merespon,biasanya terdapat notifikasi " Kamera terhenti".

Baca juga, Mengatasi Kamera Xiaomi Eror

Data Cache Atau File Sampah.

Pengaruh kedua ini terbilang sepele dan sering dilupakan , Tetapi terbilang fatal bisa menyebabkan sistem mengalam crash gagal menjalankan proses. Data cache memiliki peranan penting dalam menunjang multi-tasking proses yang mampu menyingkat kinerja prosesor dan menjadikan performa ponsel lebih gesit.

Ironis justru file tersebut juga mampu menimbulkan masalah lelet, gagal mengolah data hingga berujung botloop atau lag dan gangguan lain termasuk panggilan video ter-jeda.

File cache, dan data sampah lain yang memenuhi memori sangat penting di manage supaya Smartphone tetap mempunyai free space ideal.

Sistem Operasi Bermasalah.


Selain dua faktor di atas kalian juga tidak dapat melupakan peranan sistem operasi. OS Menjadi framework yang dapat melakukan segala fungsi hardware dan mengerjakan input user dan melakukan segala pekerjaan dari segala fungsinya termasuk menjalankan kamera.

Namun hal ini terbilang jarang menjadi penyebab , Pastikan memakai OS terbaru saat sudah tersedia update, Tidak Melakukan Root / Tweak Custom ROM, dan aktifitas lain yang menimbulkan Operating sistem bermasalah.

Sehingga merasa tidak pernah melakukan hal yang aneh terhadap OS , maka kemungkinannya kecil menjadi penyebab. 

Terdapat masalah pada Aplikasi

Cara agar vc tidak terjeda diantaranya memperhatikan aplikasi. Lebih tepatnya semua sektor mempengaruhi kinerja ponsel.

Jarang disadari saat sedang panggilan video dan jeda terus justru disebabkan oleh aplikasi. Maksudnya adalah , kalian perlu memperhatikan jenis aplikasinya , WhatsApp , Zoom , Instagram.

Yakni memastikan aplikasi yang dipakai untuk VC kompatible dengan device kalian. Mulai dari versi yang terpasang, kapasitas dan device required, dan lain sebagai nya.

Modul Lensa Rusak.

Modul Lensa Rusak.

Dalam menghadapi masalah tertentu kadang sibuk dengan masalah lain ,misalanya dalam mengatasi VC tidak terhubung justru sibuk Oprek pengaturan video call samsung, atau device kalian.

Ya memang tidak salah mengecek secara keseluruhan , namun tidak jarang pula kalian perlu mengetes / memastikan bahwa kemera ponsel masih dalam kondisi baik.

Cara cek kamera hp masih baik atau tidak bisa dilakukan dengan melalui engineering mode. Di sana kalian akan menemukan berbagai opsi tes mulai dari cek kesehatan baterai, kamera , layar dan fitur lain yang ada dalam ponsel.

Baca juga , Cara mengatasi kamera hp tidak berfungsi.

Internet

Penyebab dan mengatasi video call terjeda

Merupakan inti dari segala komunikasi sambungan suara ,video maupun perambahan yang dikerjakan melalui. aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Misalnya WhatsApp, Zoom , Instagram , dan aplikasi lain yang memakai jaringan internet sebagai layanan saluran sambungannya.

Sudah dapat dipastikan saat sedang vc tiba tiba paket data hapus , maka hubungan kalian akan putus. Ya , hubungan video call nya, bukan silaturahmi atau percintaannya.

Selain kuota kalian juga tidak dapat meng-kesampingkan kondisi atau faktor cuaca. Koneksi jaringan bisa berjalan dengan lancar saat sinyal stabil , apalagi Vc yang notabene koneksi paket data yang membutuhkan sambungan lancar.


Cara Mengatasi Video Call Lag Terjeda

Oke kita telah membahas beberapa penyebabnya yang menjadi penghambat ponsel tidak bisa VC. Secara umum masalah di atas dapat terjadi pada semua merek smartphone ,Samsung, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, Realme, Vivo maupun merek lain.

Bagaimana cara memperbaiki hp tidak bisa video call ,selalu terjeda.? Mari kita bahas lebih lengkap solusinya.

1. Memeriksa Kamera Hp

Cara yang pertama kalian dapat mulai dari memeriksa kondisi kamera hp. Mengecek pengaturan video call hingga modul yang di miliki oleh perangkat dalam kondisi baik.

Mengecek lensa yang paling mudah adalah melalui mencoba di pakai untuk merekam, memotret. Jika dapat bekerja dengan norma maka dapat dipastikan kendala nya bukan disitu.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa memastikan akses izin aplikasi ke kamera kalian. Biasanya terdapat pengaturan izin mengakses kamera saat pertama kali memasang WhatsApp, instagram atau aplikasi lain.

Jika tidak dalam waktu install ,Mak saat akan video call apabila ada notifikasi penggunaan kamera pastikan pilih "Allow".

Misalnya pada pengaturan "Whatsapp" kalian dapat mengaturnya, Masuk Menu "Settings" lalu manager "Aplikasi" kemudian pilih "Whatsapp" > "Permision / Perizinan" > Ceklis Kamera (Allow).

Selain itu kalian juga perlu mengaktifkan Microfone untuk akses Whatsapp > Pengaturan > Aplikasi Whatsapp > Centang Bagian izin Mirophone.

2. Update Aplikasi

Cara kedua mengatasi masalah jeda adalah dengan melakukan update aplikasi yang kalian gunakan. Hal itu memungkinkan perbaikan bugs atau kejadian lain yang membuat kamera sulit terhubung.

Pentingnya memperbarui aplikasi juga biasanya untuk melakukan pembaruan fitur, atau adaptasi terhadap recuirment dari sistem operasi sehingga dapat berjalan dengan baik.

Caranya, Kalian dapat membuka google play, lalu ketik nama aplikasi yang akan di perbarui. Setelah ketemu silahkan klik, kemudian pilih "Update". Tunggu proses pembaruan selesai dan mencoba untuk panggilan video.

Atau Jika memakai aplikasi MOD , kamu bisa mencoba hapus terlebih dahulu dan memasang kembali aplikasi lain.

3. Hapus File Cache.

Menghapus file cache dapat dilakukan langsung secara keseluruhan yang ada dalam perangkat atau melalui hapus satu persatu sesuai dengan aplikasi yang tidak bisa menggunakan video.

Cara menghapus cache bisa melalui instruksi dibawah:

  • Buka Aplikasi Pengaturan , Pilih Manager Aplikasi
  • Gulir dan temukan aplikasi yang akan kalian bersihkan Cache
  • Lalu pilih penyimpanan > Data cache > hapus Cache.
  • Kemudian Kalian bisa mencoba untuk video Call.
Atau kalian bisa menghapus semua data cache semua apps dengan cara " Menu Lalu Settings > Penyimpanan > Pilih Data dalam Cache  >  Kemudian OK.
Mungkin saja setiap pengaturan gadget berbeda antar merek satu dan lain nya, namun secara umum letaknya hampir sama.

4. Koneksi Internet Stabil

Saat video call mengalami lag , gagal terhubung dapat dikarenakan internet yang kalian gunakan sedang mengalami masalah. Pasalnya aktifitas ini terbilang membutuhkan akses koneksi internet cepat dan stabil, hal itu perlu dilakukan pengecekan dan memastikan kembali jaringan.

  • Memastikan Paket data masih cukup dan Aktif.
  • Sinyal dan jaringan di Lokasi kalian dalam kondisi baik.
  • Menghapus cache aplikasi dan memulihkan kembali.
  • Aktifkan mode pesawat, lalu kembalikan.
Setelah semua kemungkinan di atas sudah dicoba, maka kalian sudah dapat mencoba kembali VC. Itulah beberapa cara mengatasi dan Penyebab Video Call Terjeda di Hp kalian. Semoga dapat membantu masalah kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel