. Penyebab dan Cara menghilangkan tanda headset di hp xiaomi - IME Android -->

Penyebab dan Cara menghilangkan tanda headset di hp xiaomi

Konten [Tampil]

 Setiap apapun pasti ada masalah, Dalam hal ini termasuk dalam dunia teknologi Smartphone. Kini admin imeandroid.com akan membahas tentang cara menghilangkan tanda headset di Hp Xiaomi.

Pada umumnya tanda tersebut akan secara otomatis muncul ketika pengguna menghubungkan perangkat dengan earphone miliknya. Mode itu akan menghubungkan output Audio melalui earphone sehingga hanya dapat didengar saat dipasangkan ke telinga.

Dan sayangnya terkadang masalah kecil terjadi, yakni meskipun headset sudah dilepas namun tanda headset masih saja terlihat.

Dalam hal ini sistem pada perangkat mendeteksi ada earphone yang terhubung di sana, sehingga praktis ponsel tidak bisa mengeluarkan suara mode loudspeaker. Untuk memperbaiki hal tersebut maka anda harus mengembalikan ke mode normal dengan menghilangkan gambar headset di hp Xiaomi anda.

Mengapa ada tanda Headset di Hp Xiaomi

Cara menghilangkan tanda headset di hp xiaomi

Sebelum membahas lebih dalam pemecahan masalah atau terkait dengan Cara menghilangkan gambar headset di hp xiaomi, kalian sebaiknya paham dengan adanya mode tersebut.

Saat mode headset  dalam kondisi aktif, beberapa fitur lain akan mati secara otomatis , misal speaker, mikrofon. sehingga akan sulit mengendalikan suara dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Xiaomi anda tidak akan dapat memutar lagu, memutar video, atau merekam audio sebelum mengembalikan ke mode standar dan menghilangkan tanda headset. Tanda tersebut adalah kesalahan kecil yang seharusnya segera diselesaikan.

Baca Juga: Cara Mengganti Walpaper Kunci Layar Xiaomi

Penyebab Tanda Headset di Hp Xiaomi tetap Ada

Mungkin dari beberapa pengguna Xiaomi Masih bingung dengan adanya kesalahan ini yang membuat ponsel tidak bisa mengeluarkan suara seperti biasa. Hal Itu bisa dikarenakan beberapa hal, berikut penyebab tanda headset masih tetap ada mesikupn earphone telah dilepas.

Fenomena ponsel Xiaomi Selalu dalam Mode Earphone ini bisa saja terjadi diberbagai tipe, baik itu Xiaomi 4a, Redmi 5a, tipe Redmi 6a, Redmi 7, Note 4, 4x bahkan di hp terbaru sekalipun.

Berikut beberapa penyebab yang sering memicu perangkat dalam mode headset terjadi di hp Xiaomi.

Baca Juga: Cara mengapus File Cache Hp Xiaomi

1. Sistem Eror.

Penyebab pertama bisa saja terjadi karena Sistem Eror yang dikarenakan oleh kesalahan kecil. Faktornya beragam, Misalnya karena Cache , bug OS, dan lain sebagainya. 

2. Port Jack Audio Kotor

Kemungkinan penyebab terdeteksi mode headset paling sederhana dari masalah ini bisa juga dikarnakan oleh port jack audio kotor berdebu. Seiring waktu, lubang sambungan atau port audio jack 3.5mm debu, lembab air, atau bebragai hal kotoran tanpa sepengetahuan pemilik.

3. Port Audio Rusak.

Kemungkinan yang ketiga yakni terjadinya kerusakan pada Port Jack Audio sehingga sensor pada ponsel mendeteksi seolah olah masih terhubung dengan earphone.

4. Kesalahan pada pengaturan

Setiap perangkat Hp Xiaomi atau jenis dan merek lain biasanya terdapat pengaturan. Meskipun kemungkinan ini kecil terjadi, namun alangkah baiknya anda dapat memastikan kembali setiap setelan ponsel dalam mode normal.

Mode Headset aktif tanpa ada earphone yang terhubung ini menjadikan kesalahan yang jarang disadari sehingga sistem ponsel masih terdapat tanda headset. Kejadian seperti ini bisa juga sistem mengalami kesalahan identifikasi.

5. Komponen Audio Ada yang Rusak

Mungkin dari beragam kondisi yakni yang terberat apabila sudah menyangkut kerusakan pada hardware smartphone,. 

Banyak kemungkinan peranan hardware menimbulkan kesalahan lambang headset tetap muncul terus tidak mau hilang. Misal dari Port Jack yang sudah rusak, IC Audio,Hingga Peranan Dioda yang sudah mengalami masalah sehingga kinerja ponsel menjadi terganggu.

Cara Menghilangkan Tanda headset Di Hp Xiaomi.

Setelah memahami berbagai penyebabnya, Mari kita coba untuk langkah perbaikan menghiangkan tanda headset di hp Xiaomi Kalian.

Tidak perlu mempraktekan secara keseluruhan dari pemecahan masalah dibawah, anda cukup memilih alternatif terbaik paling relevan dari permasalahan yang kalian miliki dan menjadi solusi terbaik.

1. Membersihkan Port Audio

Langkah paling sedrhana yang bisa kalian coba untuk menghilangkan logo headset yakni dengan memebersihkan lubang port dari kotoran. 

Sebainya kejakan dengan sangat hati-hati, memakai berbagai bagan yang lembut dan tidak berpotensi merusak. Misalnya Cotton Bud, atau dengan menjemurnya apabila terdapat indikasi teerkana air.

Setelah proses membersihan sudah dilakukan, silahkan cek apakah lambang earphone tersebut sudah hilang.

2.Cek Pengaturan Mode Headset Xiaomi

Cara memperbaiki Hp Xiaomi ada Lambang Headset terus yang kedua adalah dengan memeriksa kembali pengaturan. Anda dapat mengakses Menu Setelan atau Settings > Sound and Vibration > Audio Settings.

Setelah dalam Pengaturan Audio Setting silahkan pilih salah satu tipe headset dari daftar yang tersedia disana. Berikutnya colokan kembali earphon kamu ke perangkat, lalu lepaskan dan Cek logo headset.

Sedangkan Pada beberapa ponsel Xiaomi Baru , Maka anda dapat ke Settings > Additional Settings > Headphones & audio effects dan melanjutkannya seperti tahapan diatas.

Baca Juga: Pengaturan keyboard Xiaomi lengkap

3. Restart Hp Xiaomi.

Saya kira kita semua sudah paham dengan cara restart hp Xiaomi jenis apapun. Reboot menjadi solusi terbaik dalam menyegarkan ponsel dan mengembalikan beberapa kesalahan kecil yang terjadi pada sistem perangkat yang menyebabkan tanda headset tetap muncul.

4. Mengembalikan Hp Xiaomi Ke Setelan Pabrik.

Kesalahan pengaturan mungkin bisa anda perbaiki dengan mudah dengan mengembalikan setelan menjadi seperti semula. Namun kabar burukanya adalah apabila masalah yang terjadi tidak dapat dianalisa secara detail terkait dengan kesalahan sistem.

Apabila kita bahas tentang sistem tentunya komplek, kesalahan bisa saja terjadi karena Maleware, Root ponsel, overload hingga cache dan lain sebagainya.

Dengan mengembalikan Hp Xiaomi ke Pengaturan pabrik maka bukan hanya tanda earphone saja yang teratasi, namun berbagai kendala lain yang disebabkan oleh sistem eror akan dikemabalikan ke pengaturan pabrik.

Namun pastikan anda sudah paham terkait dengan langkah reset ulang dan mengerjakan beberapa prosedur wajib untuk menghindari kejadian fatal ketika hard reset.

5. Update MIUI.

Bug sistem mengalami kendala juga bisa dikarenakan versi MIUI sudah tidak Kompatible dengan perangkat Xiaomi Milik anda. Silahkan Cek Pembaruan, apabila sudah tersedia maka lakukan Update memakai versi anyar dan setelah selesai, periksa kembali apakah lambang headset tersebut sudah hilang atau sebaliknya.

6. Flash Ulang Xiaomi.

Berurusan dengan sistem maka tahapan yang wajib anda coba terlebih dahulu yakni dengan melakukan update MIUI, Merset Ulang atau mengecek pengaturan. Tetapi jika semua upaya perbaikan piranti lunak tersbut sudah dikerjakan namun belum memecahkan masalah lambang earphone di Hp Xiaomi anda, maka jalan terahkhir dengan flash Ulang Hp Xiaomi.

Flashing merupakan solusi akhir yang berhubungan dengan perbaikan sistem.Jadi hingga proses berakhir seharusnya semua sudah kembali normal.

7. Service Perbaikan Hardware.

Setelah semua tahapan mulai dari Solusi Pertama dan Ke 6 Sudah dikerjakan tetapi belum berhasil mengatasi untuk menghilangkan icon headset, Sebaiknya anda mempertimbangkan kembali untuk memperbaiki hardware.

Sejauh ini indikasinya berarti telah mengarah pada perangkat keras. Ini Tidak spesifik sehingga harus dilakukan prosedur pengecekan yang tepat dan penggantian.

Silahkan kunjungi Service center Xiaomi terdekat dikota anda atau konter yang menerima perbaikan agar ditangani dengan tepat.

Penutup

Itulah pembahasan lengkap terkait dengan Penyebab icon earphone tetap ada dan cara menghilangkan tanda headset di Hp Xiaomi dengan metode yang tepat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel