. Cara cek hp Xiaomi Bekas atau Baru secara menyeluruh - IME Android -->

Cara cek hp Xiaomi Bekas atau Baru secara menyeluruh

Konten [Tampil]
Cara Cek Hp Xiaomi Bekas- Cara mengecek kerusakan hingga fungsi berbagai fitur hp xiaomi, kali ini saya akan bahas secara lengkap dan detail. Hal ini dapat dimanfaatkan pada saat akan beli gawai melalui memeriksa beberapa bagian penting.

"Ketika bisnis jual beli hp" saat ini sudah mulai dilakukan dari pemilik ke pembeli langsung ke tangan pembeli secara Online.

Maka artikel ini dapat jadi referensi penting bagi yang ingin cek Xiaomi pada saat akan melakukan transaksi jual beli. 

Pasalnya jual beli pemilik ke pembeli saat ini bisa dikatakan cukup sederhana. Dan resiko membeli hp xiaomi yang sudah tidak bagus bisa terjadi apabila tidak teliti.

Hebatnya lagi ini akan menjadi hal sulit untuk melakukan komplain terkait dengan minus fitur, kerusakan, maupun kekurangan lain, yang tidak diketahui sebelumnya.

Sebut saja mawar si penjual nakal, !! 

Ups mawar adalah inisial samaran yang mainstream. Nah apapun nama samaran yang akan saya gunakan itu bukan garis besar.

Tetapi yang akan ditekankan disini adalah kesulitan melakukan klaim jika bertemu dengan penjual nakal online. Apalagi penjual tersebut tidak memiliki toko fisik yang jelas.

COD, kita sering melihat postingan jual ponsel Xiaomi, maupun ponsel lain. Bagi penjual nakal akan memanfaatkan arena jual beli online menjadi ladang, mencari korban dengan menjual hp rusak /minus harga tinggi.

..Ini yang perlu kita waspadai. Maka harus banyak mengetahui cara cek hp Xiaomi bekas, atau cek kerusakan, pengujian fitur dan lain sebagainya.

Cara cek Hp Xiaomi Bekas Tes Semua Fitur


Dengan cara mengecek hp Xiaomi Second, Kita akan mengetahui terkait kondisinya masih normal atau ada yang bermasalah.  Khusunya hp bekas, Siapapun bisa mengetahui semua fiturnya meneliti dengan cepat kerusakan.

Jika beli hp baru mungkin telah di jamin oleh garansi pihak produsen. Artinya pada saat masa garansi masih xiaomi masih berlaku sesuai tenggang waktu yang diberikan dan terjadi kerusakan, maka pembeli dapat mengajukan klaim perbaikan gratis di service center Xiaomi.

Tetapi untuk Meraka yang beli smartphone bekas, yang tidak ada jaminan kualitas .. maka harus teliti mengecek hp Xiaomi secara menyeluruh supaya bisa mengetahui kondisinya secara utuh.

Itu menjadi tips dan poin penting sebelum beli hp Xiaomi second, dengan mengecek secara keseluruhan beberapa fitur dan fungsi ponsel.

1. Cek dan Tes Hp Xiaomi Bekas secara Manual. 

Berikut beberapa tips tes hp xiaomi secara manual secara lengkap mulai mengetuahi kondisi Touchscreen, Audio, Fitur dan berbagai fungsi lain. 

Langkah ini dapat dijadikan tips sederhana yang ampuh mengetest xiaomi bekas yang bisa dilakukan ke semua tipe. Redmi 4x, 4a, 6a, Mi series, note series.

Yang paling utama adalah dengan memperhatikan visual secara visik, seluruh bodi, temukan beberapa kejanggalan atau memastikan kondisi sebenarnya. Misalnya Cacat, Gores, layar terdapat spot putih, hingga memeriksa semua bagian.

#1.1. Mengecek speaker dan microphone.


Kalian dapat mencoba test fungsi speaker dan mic dengan cara menelpon ke hp lain. Jika fungsi masih bagus penerima panggilan dapat mendengarkan suara jernih yang kalian ucapkan.

Kemudian pada speaker dapat mendengarkan suara dari hp penerima, maka dari itu pastikan bahwa secara fungsi normal / sember.

Selain speaker kecil juga biasanya terdapat speaker besar. Untuk mengecek fungsi suara luar apakah pecah atau tidak dapat dengan cara loud speaker atau memutar musik.

Mengecek kondisi speaker hp Xiaomi ini cukup penting. Terkadang karena visual masih mulus, lalu lalai tidak full cek fitur.

#1.2. Cek dan cara tes sensor pada Xiaomi.

 Ini tidak kalah penting nya meskipun tidak berkaitan langsung dengan performa kecepatan perangkat.

Fungsi sensor proximity pada hp xiaomi maupun smartphone lainya adalah melakukan peredupan (mematikan pencahayaan)  layar ketika hp sedang melakukan panggilan.

Cara kerjanya adalah, lampu layar akan mati secara otomatis jika sensor tertutup sehingga memungkinkan touchscreen tidak aktif dan tetap aman ketika menempel pipi pada saat melakukan panggilan.

Cara cek kondisi sensor proximity yaitu melakukan panggilan kemudian tutup menggunakan tangan, dimana letak sensor proximity ?  Untuk letaknya anda bisa lihat gambar di bawah.


Cek kerusakan sensor hp xiaomi

Jika sensor masih normal layar akan otomatis mati ketika sensor ditutup.

Sebaliknya jika sudah rusak maka layar hp akan tetap menyala ketika sensor tertutup menggunakan tangan.

#1.3. Cek kondisi baterai

Hal ini cukup vital untuk kelangsungan hidup dari smartphone,   tidak terlalu sulit untuk mengecek kesehatan baterai xiaomi.
  • Untuk memastikan kesehatan baterai, pertama dapat melihat permukaan casing belakang pastikan kerataan masih dalam batas wajar. 
  • Dapat terisi ketika di charge /cas  terdapat indikator pengisian daya dan terdapat peningkatan persentase volume daya. 
  • Pastikan tidak ada kerusakan pada socket usb / charge, jika memang memungkinkan pastikan untuk test transfer file menggunakan pc sehingga kita dapat mengetahui ketidak sesuaiannya. 
  • Cek kesehatan dan kapasitas baterai menggunakan aplikasi CPU - Z. 

#1.4. Cek LCD pada hp xiaomi.

Sebagai langkah awal mengecek nya dapat melihat secara visual. Caranya, teliti dan apabila terdapat spot putih, maupun spot hitam yang terdapat pada LCD adalah sebuah kondisi abnormal.

Lihat semua sudah lcd, pastikan semua tidak ada keretakan atau dead pixel.

#1.5. Cek mengetes Kamera Xiaomi.

Cek kamera Hp Xiaomi

Cek kamera secara manual dapat dilakukan dengan menggunakannya untuk memotret objek.  Apabila terjadi penyimpangan atau ketidak sesuaian maka akan terdeteksi.

Kamera menjadi bagian sangat penting pada ponsel, jika salah satu dari lensa nya rusak mungkin tidak akan mengganggu kecepatan. 

Disisi lain kita merasa kurang nyaman. 

#1.6. Mengecek Tombol

Cek fungsi tombol hp Xiaomi

Tidak kalah pentingnya kalian juga bisa mulai memeriksa setiap tombol yang ada pada perangkat terebut. Misalnya memastikan Tombol volume bawah dan atas, pastikan masih bisa bekerja dengan baik.
 
Selain tombol volume juga bisa mulai memeriksa tombol power yang biasa digunkan untuk menyalakan ponsel dan mematikannya.

Metodenya sederhana, saya kira target utamanya adalah memastikan setiap tombolnya masih normal.

Itulah beberapa teknik mengecek kondisi hp Xiaomi secara manual. Nah sebenarnya ada cara yang lebih praktis sih.

2. Cara tes kualitas dan Cek Xiaomi Bekas dengan kode. 

Pengecekan diatas pastinya mengandalkan ketelitian, jika kurang teliti bisa ada yang terlewat untuk mengetaui apakah fitur masih normal atau sebaliknya.

 Selanjutnya kamu bisa mengecek kondisi ponsel Xiaomi second secara menyeluruh hanya dengan fitur kode cepat.

2.1. Cek Kesehatan Baterai

 *#*#4636#*#*Mengetahui kesehatan Baterai
Memakai kode tersebut maka kalian dapat melihat berbagai informasi terkait dengan baterai yang ada pada perangkat Xiaomi. Mulai dari Statistik pemakaian, status, dan kapasitas hingga kesehatan baterai.

2.2. Mengecek Jaringan

 *#*#232339#*#* Cek Masalah Jaringan Dan SInyal Smartphone Xiaomi
Kalian dapat bisa mulai menganalisa masalah lain yang terdapat dalam ponsel Xiaomi. Misalnya mengetahui normal atau tidak "Wireless LAN", hotspot dan jaringan lain.

2.3. Mengecek Kondisi Touchscreen

 *#*#2664#*#*Mengecek Layar Sentuh ponsel Xiaomi
Mulai dari display dengan mengetahui kondisi touchscreen smartphone dianggap menjadi salah satu hal wajib ntuk dilakukan memastikan tingkat sensitif dan respon dari setiap titiknya.

2.4. Mengecek Flash dan Getar

*#*#0842#*#* Mengecek Layar Sentuh ponsel Xiaomi
Seringkali terlewatkan menganalisa kondisi hp bekas dengan tidak mengecek lampu flash dan getar.. Kalian bisa mulai memastikan secara fungsi masih baik dengan memakai kode cek diatas pada perangkat xiaomi.

2.5. Full Cek Fitur Xiaomi Kode general Test

*#*#6484#*#*Engineering Mode / CIT
Tidak perlu melakukan semua kode diatas satu persatu. Hampir semua perangkat android sudah dibekali dengan adanya engineering mode.

Merupakan fitur penting yang dapat diakses menggunakan kode dial dan menampilkan berbagai fitur pengecekan menyeluruh untuk menganalisa masalah pada perangkat Xiaomi Kalian.
Biasanya dikenal dengan istilah kode rahasia android xiaomi, dial numerik acak telah ditetapkan vendor sebagai aksses ke fitur pengujian hingga lainnya.

Mode ini sangat cocok ketika akan beli hp bekas dan ingin mengetahui semua fungsi fitur, meastikan masih dalam kondisi normal.

Langsung saja silahkan masuk ke engineering mode xiaomi dengan menggunakan kode rahasia xiaomi. Ketik kode (Wajib ketik tidak copy)  *#*#6484#*#* maka akan muncul mode cit seperti gambar dibawah :
Cek kerusakan hp xiaomi
Kemudian setelah muncul enginering mode silahkan pilih "Single test".

Single Test merupakan mode yang dipakai melakukan pengecekan kondisi fitur Xiaomi  satu persatu berdasarkan keinginan.

Seperti pada saat cek pilih "LCD", maka sistem akan menampilkan mode pengetesan yang dapat di pakai untuk pengujian pada layar ponsel. Sehingga hasilnya juga menyangkut dengan kesehatan LCD saja.

Fitur mode Enginering Xiaomi pada singel Test ini Adalah.
  1. Key, berfungsi untuk mengetes kondisi dan fungsi tombol. Silahkan pilih, dan ikuti perintahnya. Maka disana akan terlihat apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah error dari masing masing tombol.
  2. Bluetooth, mengecek kondisi dan mengetahui koneksi nya masih normal atau tidak.
  3. Spekaer, merupakan menu yang bisa di pakai untuk tes sound yang ada di hp Xiaomi. Dari sana bisa dianalisa, apakah normal atau rusak.
  4. FM, berfungsi mengetes koneksi radio. Dalam mode pengujian ini harus menggunakan headset sebagai pengganti antena.
  5. Tourch, adalah menu mengecek kondisi fungsi Blitz atau lampu Xiaomi. 
  6. Proxymity Test, adalah mode pengujian sensor Proxymity. Caranya buka menu tersebut, lalu coba tutupi sensor menggunakan tangan.
Dan masih banyak lagi metode pengecekan kondisi hp Xiaomi menggunakan manual for tersebut. Seperti tes lcd, SIM card, kamera, receiver, dan lain sebaginya.

Namun untuk mendapatkan hasil mengetahui kondisi hp secara keseluruhan, saya sarankan menggunakan mode otomatis.

Disana semua fitur yang ada pada perangkat akan di uji fungsinya secara otomatis berurutan sehingga jika terdapat error' atau rusak akan mudah terdeteksi.

Baca juga, Cara cek IMEI Xiaomi

Penutup

Demikian artikel saya kali ini mengulas tentang cara cek hp xiaomi bekas, menggunakan kode rahasia maupun manual. Semoga mampu menjadi tambahan ilmu untuk kita semua, semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel