. Kartu sd tidak terbaca, Ini dia cara mengatasinya - IME Android -->

Kartu sd tidak terbaca, Ini dia cara mengatasinya

Konten [Tampil]

Imeandroid - Bagaimana menghadapi masalah Kartu sd tidak terbaca? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait dengan memori external sebagai media penyimpanan yang bersifat portable pada hp adroid maupun ponsel pintar lain. Tidak hanya itu , peranannya juga dapat sebagai media penyimpanan file pada perangkat lain, misalnya kamera, laptop dan lain sebagainya.

Fungsinya sangat penting, mungkinkan setiap perangkat dapat menampung lebih banyak file ,foto, Mp3 video, dan jenis berkas lain. Tujuan memakai Kartu SD pada prinsipnya sebagai media penyimpanan tambahan supaya ponsel dapat berkerja lebih optimal karena tidak dibebani dengan berkas lain.

Kelebihan lainya adalah dengan menyimpan berkas dalam memori external memungkinan lebih mudah dalam memindah Backup data ke laptop atau PC. Hal itu menekan terjadinya potensi kehilangan secara permanen.

Masalah kehilangan file juga tidak hanya terjadi saat ponsel bermasalah, namun hal tersebut juga dapat terjadi pada memori. Dan pada pembahasan kali ini saya akan mengulas terkait dengan kartu SD tidak terbaca dan cara mengatasinya.

Kartu SD Tidak Terbaca, Begini cara mengatasinya.

Kartu sd tidak terbaca

Saat sd card tidak terbaca merupakan peristiwa yang tidak nyaman, Terlebih saat didalamnya terdapat berkas file penting. Disinilah kita mengerti terkait dengan pentingnya melakukan mencadangkan data atau berkas smartphone sebagai persiapan masalah sd card tidak terbaca atau eror.

Tetapi saya tidak akan mengacu kerusakan terdapat pada kartu SD Pasalnya hal itu bisa saja terjadi karena masalah pemakaian kurang pas, kotor , hingga terdapat kerusakan pada slot memori.

Pada kesempatan kali ini saya memberitahu memperbaiki kartu memori tidak terbaca entah dikarenakan eror, rusak. Tidak menutup kemungkinan semua hal bisa terjadi sehingga menyebabkan masalah menjadi kartu memori tidak terbaca.

Dari berbagai varian merek dan kapasitasnya. Umumnya memory card terdiri dari beberapa kapasitas, dari yang terkecil 1GB,2GB, 4GB, 8GB, 16GB,128GB, 256GB,512GB hingga kini saat ini sudah mencapai 1TB berkemampuan menyimpan banyak berkas dalam memori card-nya.

Kemampuannya masing-masing, artinya tidak semua hp dapat menampung (Menggunakan memori) kapasitas besar.

 Misalnya ada Xiaomi bisa dipasangi 512GB atau yang tidak mampu. Dan Sebaliknya pada Hp OPPO ada yang bisa mampu membaca memori 1TB, dan juga ada varian yang hanya menampung max 16GB.

hal itu dipengaruhi oleh spesifikasi smartphone, biasanya pada hp keluaran lama tidak dapat dipasangi oleh memori besar.

Baca juga, Cara memasang dan keluarkan Kartu SIM Hp Oppo

Cara Mengatasi Micro SD tidak terbaca.

Berharap mendapat Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat,? Atau berencana memperbaiki kartu memori yang rusak total. Apapun itu, semua masalah pasti ada solusinya. Tetapi dari kebanyakan jika memori sudah rusak total (Chip Memori) maka tidak dapat diperbaiki kecuali mengganti baru.

Atau hal lain yang menimbulkan chip kartu memori tidak dapat terdeteksi di hp Vivo , Realme, Oppo, samsung, kalian. 

Artinya saat memori external tidak dapat terbaca , belum tentu dikarenakan oleh kerusakan pada salah satu antara hp dan kartu memori, tetapi bisa saja kerena tidak support dengan kapasitas besar. Oke langsung saja , inilah yang harus kalian coba ketika ingin mencoba memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca.

Baca juga, 7 Cara mengatasi Memori Full Samsung J2

1. Cek spesifikasi Hp dan Memori

Yang pertama adalah dengan mamastikan keduanya dari antara kartu memori dan hp yang anda gunakan, Bisa saja karena tidak kompatibel, atau ponsel tidak bisa menampung kapasitas besar.

Kalian bisa mencoba memasang kartu SD tersebut memakai perangkat lain. Jika masih normal , maka dapat dipastikan masalah pada perangkat. Kalian juga bisa mecoba memasang kartu memori lain lebih kecil , jika masih dapat mendeteksi artinya kedua SD card pertama dan hp kalian masih normal hanya saja tidak cocok.

2. Membersihkan Micro SD

Cara kedua adalah dengan membersihkan konektor chip memori memakai kapas dan alkohol pembersih, kalian juga bisa memakai minyak kau putih. Gosok bagian kuningan hingga bersih agar jamur atau kotoran yang menghambat dapat tersingkirkan dan lanjutkan dengan mencoba memasang kembali.

Apabila dipasang masih tidak dapat terdeteksi, maka kalian dapat mencoba untuk memasang ke Card Reader dan memasang ke laptop. Jika masih bisa terdeteksi artinya kalian dapat menganalisa ulang ponsel.

3. Membersihkan Slot Memori

Selain permasalah dari kartu tersebut , hal ini juga dapat dipicu karena slot pada hp android kalian mengalami masalah atau kotor. Pada slot terdapat konektor yang bekerja sebagai mendeteksi adanya memori tambahan, jika kotor atau rusak maka tidak bisa menemukanya dan dianggap tidak ada.

Untuk urusan ini kalian dapat menyerahkan ke teknisi smartphone, karena harus memperbaiki konektor pin.

4. Format Memori Ulang Via Laptop

Ketika kartu sd terbaca namun tidak dapat melihat sisi file, biasanya eror seperti ini masih bisa diperbaiki dengan cara format ulang. Biasanya hal ini terjadi karena virus, overload, hingga masalah lain yang menimbulkan terhubung namun tida bisa mendeteksi isinya.

Pada masalah seperti ini kalian dapat format ulang, mengosongkan kembali semua isi yang ada didalamnya dan dipastikan akan hilang semua isi file dan kemungkinan fungsi memori akan kembali normal.

Baca juga , Cara memindah file lagu , foto ke Kartu Sd

Itulah beberapa cara mengatasi Kartu Sd Tidak terbaca. Apabila semua langkah diatas tidak dapat memperbaiki, maka kemungkinan sudah rusak total dan hanya bisa mengganti dengan yang baru. Semoga dapat membantu kalian 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel