. 3+ Cara memindahkan File,lagu,video,foto dari hp ke kartu sd - IME Android -->

3+ Cara memindahkan File,lagu,video,foto dari hp ke kartu sd

Konten [Tampil]

Cara memindahkan file ke kartu SD Pada Smartphone bukan seuah keharusan. Tetapi hal ini menjadi sebuah control,dimana free space memori internal smartphone harus tetap terjaga.

Banyak hal yang bisa saja terjadi akibat overload ,untuk itu sebaiknya selalu memperhatikan kapasitas dan sesegera melakukan management folder pada hp dengan cara memindahkan file ke kartu SD maupun flashdisk.

Pahami terkait dengan kapasitas file, pada umunya yang mempunyai kapasitas cukup besar adalah MP3 (lagu), Mp4 (Video) , Foto atau gambar dan berkas unduhan.

Sebaiknya sebisa mungkin jenis file yang memakan kapasitas memori cukup besar untuk di simpan di kartu SD maupun flashdisk saja. Tujuannya agar ponsel tidak kelebihan beban. Penggunaan internal storage hanya untuk instalasi aplikasi dan file sistem saja.

Tetapi permasalahanya adalah saat ini kebanyakan ponsel tidak mempunyai slot memori external, sebab sehingga mau atau tidak mau dapat memakai Micro SD ,tetapi sifatnya hanya ketika di butuhkan saja.

Kadang sebagai pengguna memang kurang aware terhadap penyimpanan. Hanya pakai ,kemudian hari terjadi masalah bisa hilang semua.

Alih-alih tidak mau kehilangan foto, lagi maupun file penting pada hp, justru dapat menimbulkan hal buruk.

Jika ada backup di penyimpanan online sih.. mungkin dapat di restore,tetapi jika tidak ada cadangan tentu harus merelakan kehilangan.

Dan pada pembahasan kali ini, saya tidak hanya membahas terkait cara memindahkan lagu, video ke kartu SD saja. Namun saya juga akan bahas terkait resiko keputusan tidak pindahkan , numpuk dan menjadikan memori internal penuh.

Apa itu File ?

Sepintas pengertian file dan folder tampak pias, namun sejatinya berbeda. File bukan hanya ada di android saja , termasuk di komputer berbasis windows maupun Linux.

Definisi file menurut para ahli komputer menerangkan sebagai berikut.

"McLeod (Pearson)"

Menurutnya file merupakan rekaman saling berkaitan antara satu dan lainya .

"Rachmad Hakim S"

File adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu serata bisa di buka memakai alat atau aplikasi .

"Edi S. Mulyanta"

File adalah urutan data yang di pakai melakukan encode info digital berfungsi pertukaran seta penyimpanan data.

"Hendrayudi"

Menurutnya file merupakan data-data tersimpan pada media yang berisi informasi ukuran,tanggal ,jam simpan, ciri ,nama dan atribut file.

Kemudian definisi file?

Sebelum paham benar terkait memindahkan , kita juga membutuhkan informasi terkait file. 

File Adalah kumpulan data ,informasi saling berkaitan tersimpan pada ruang penyimpanan (Hardisk, SD card, memori internal , GDrive, dan lainya).

File juga bisa di terjemahkan menjadi data atau arsip tersimpan dalam sebuah perangkat baik komputer , atau telepon genggam (smartphone).

File mempunyai berbagai tipe , yakni tipe data numeric, Character, binary dan lainya.

File dapat memiliki sifat program yang berisi instruksi dan dapat di compile dengan compiler sesuai karakteristiknya.

Pada umunya penyimpanannya di tempat berbeda, apabila pada windows biasanya di drive c, dan pada android umunya jika belum root kondisinya "hide".

Mengenal file juga  mempunyai berbagai jenis extensi sesuai jenis dan peruntukan nya. Extensi adalah identitas sebuah file yang membedakan antara 1 dengan lainya. Contohnya ,apk ,jpg, gif,mp4,MP3, Avi,xml, dan lain sebagainya.

Jenis file dalam android mengacu dari hal diatas memiliki cukup banyak ,bahkan kemampuan smartphone juga telah mampu menjadi alat melakukan eksekusi file. 

Membuka, compile , dan lain sebagainya. Tentu sangat banyak sekali jenis nya ,dan hal ini terkadang membuat bingung pengguna terkait fungsi dan menjadikan ragu untuk memindahkan maupun menghapusnya.

Ya, memang harus berhati hati dalam menghapus file , atau memindahkan ke flashdisk. Apalagi untuk hp root, salah hapus file sistem bisa error' .

Apa itu file sistem di andorid?

Kita sederhanakan pengertian file sistem , adalah serangkaian / kumpulan data penting yang di pakai sebagai perintah.

Dalam hal ini file turunannya salah satunya bisa di sebut seperti file folder install aplikasi. 

Ini berbeda dengan file apk, file apk ketika belum di install hanya memiliki 1extensi yakni apk. Namun setelah di install, menjadi berbagai folder dan extensi , sesuai developernya.

Resiko memori Internal Hp penuh [Tidak memindahkan ke Kartu SD]

Meskipun memiliki resiko jika di biarkan memori penuh, tetapi kita terlebih dulu harus paham file mana yang boleh di pindah kan dan yang tidak di perbolehkan bisa menyebabkan error.

File umum dalam android yang bisa di pindah secara bebas, lagu, video, doc,xls atau berbagai format yang secara sengaja pernah mengunduh atau menyimpannya.

Bagusnya kemana file di pindahkan agar tidak memenuhi memori?

Ini pilihan sederhana, saya lebih menyarankan untuk memindahkan ke flashdisk, hardisk atau google drive.

Atau sebaliknya , hapus saja jika tidak penting, contoh nya file cache.


Sebagai pengguna yang bijak,sudah seharusnya memahami sebuah resiko yang di timbulkan oleh memori full.

Terlebih untuk perangkat yang notabene adalah low spek, seperti Samsung J2 Prime ,Samsung J1, dan produk lain yang spesifikasi memori internal relatif kecil.

Kelebihannya Samsung J2 Prime yakni tersedia slot memori eksternal, sedangkan pada beberapa tipe hp baru biasanya sudah tidak mengenakan SD card.

Memori bawaannya sudah di up, antara 16GB, 32GB ,64GB dan lain sebagainya. Sepeti hp Vivo, Xiaomi, Oppo ,Infinix, realme yang telah banyak mengadopsi dual SIM namun tidak ada slot memori .

Tetapi sebenarnya sih sama saja, meskipun tidak tersedia asalkan memanage dengan baik pastinya aman. Terlebih perangkat yang sudah support terhadap fitur OTG, dengan mudah memindahkan lagu dari hp ke flashdisk atau file lain.

Sayangnya masih banyak pengguna yang mengabaikan nya. Sehingga tanpa sadar kapasitas internal storage full dan berakibat buruk.

Apa saja resiko yang bisa terjadi ketika memori full dan file tidak di pindahkan ? 

✓ Kinerja smartphone terganggu dan tidak optimal. Banyak yang berasumsi melamarnya performa dominan disebabkan hanya faktor hardware saja.

Faktanya tidak demikian, smartphone lemot di pengaruhi banyak hal. Selain dari sektor hardware juga di sebabkan oleh software , (beban).

Loh file ini masuk dimana nya? 

Kita sepakat, sesuai dengan pengertian file. Bahwa file diakui cukup beragam ,termasuk dari file instal-an aplikasi. Ruang simpan yang sempit, dan beban yang berat ini akan berkakibat penurunan performa. 

Tentu bernada kinerja 2 ponsel yang sama , contohnya  ponsel 1,2.

 1. Full ori ,tidak install aplikasi tambahan apapun. Dan tidak menyimpan file apapun kecuali kontak.

2. Ponsel tidak install apapun , tetapi memori internal penuh dengan penyimpanan video, gambar, lagu, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya , kelebihan beban dapat menyebabkan hp menjadi lemot. 

✓ Smartphone cepat panas, sama halnya menyebabkan lemot. Efeknya kemana mana, selain lelet karena kinerja prosesor yang berat memungkinkan suhu ponsel cepat meningkat.

Pengguna Xiaomi pasti paham benar kondisi ini, meskipun tidak menjadi faktor tunggal namun setelah hapus cache dan memindah file ke flashdisk atau memori SD menjadi normal kembali.

Ini berlaku pada semua merek, .

✓ Berpotensi Bootloop, atau sering restart. Ini dapat di katakan sebagai kemungkinan terburuk dalam mengabaikan memori full. Dari beberapa kasus yang telah saya terima hp stuck logo,sering lag pulih normal setelah di reset.

Jadi ruang gerak sistem untuk mengoperasikan sebuah program terganggu. Disinilah pentingnya peranan RAM dan memori internal dan melakukan penyimpanan ketika multitasking membuka banyak folder , aplikasi dalam waktu bersamaan.

✓ Potensi kehilangan data, awal nya tidak mau menghapus file sampah, tidak pindahkan file ,gambar ,video lagu ke microSD justru bisa hilang semuanya.

Pasalnya jika sudah terlanjur error', stuck logo atau Bootloop maka tidak ada cara lain kecuali flash ulang atau hard reset.

Kedua opsi tersebut akan menghilangkan semau jenis file atau data yang bukan bagian dari standar.

✓ Aplikasi tidak terbuka , hal buruk lain yang di sebabkan karena memori full adalah sulit membuka aplikasi. Atau setidaknya apabila belum parah biasanya aplikasi menutup sendiri atau biasa di kenal dengan "Froce Close program".

Saya kira siapaun tidak nyaman dengan kondisi seperti itu, dan masih banyak potensi lain.

Dari serangkaian masalah , pengertian file sudah kita pahami. Maka selanjutnya adalah tahapan tentang cara pindahkan file lagu, atau video dan jenis lainya ke SD card.

Proses memindahkan enyimpanan internal ke kartu SD HP Samsung,Vivo ,Xiaomi dan merk hp lainya secara konsep sih sama.

Cara memindahkan file Di Hp ke kartu SD.

Cara memindahkan file ke kartu sd

Cara memindahkan file dari memori internal ke kartu SD dapat di lakukan menjadi dua cara. Pertama metode memori card terpasang di smartphone , dan yang kedua memanfaatkan fitur OTG.

Konsepnya sama , yakni kamu bisa melakukan cut " Pindah sepenuhnya " atau Copy , yakni membuat cadangan file serupa dengan cara menduplikasi dan menyimpannya di memori External.

Nah dari sekian banyak hp terbaru kini rata rata sudah di dukung dengan OTG (On the Go ). Yakni memungkinkan perangkat dapat secara langsung melakukan CRUD (Create Read Update Delete) pada isi flashdisk atau Micro SD.

Bukanya Micro SD hanya bisa di pasang di ponsel menggunakan slot tersedia ?

Tidak juga, kan ada card reader yang bisa di hubungkan dengan kabel OTG.

Cara pindahkan file hp ke Kartu SD.

Cara ini dapat di terapkan pada semua perangkat, Oppo ,Lenovo, Vivo ,Xiaomi berikut caranya.

1. Gunakan Slot SIM card untuk memori External.

Ini dapat di terapkan pada smartphone yang tidak memiliki slot khusus kartu SD. Jika hp tersebut belum OTG , maka salah satu cara memindahkan file lagu, video atau lainya dapat menggunakan slot kedua dari kartu SIM.

Langkahnya.

Pertama silahkan gunakan ejector SIM card ,buka kartu 2 dan letakan memori external.

Masukan kembali tray memori dan SIM, kemudian cek keberadaan nya apakah terdeteksi atau belum.

Berikutnya , setelah memori External telah terbaca pada smartphone lakukan pemilihan file melalui file manager pada perangkat.

Buka file manager , lalu pilih lagu ,gambar ,video yang akan di pindahkan.

Klik tiga titik , atau pilih opsi "pindah" setelah klik dan tahap pada file atau folder yang akan dipindahkan.

Berikutnya arahkan ke Micro SD, apabila ingin membuat folder baru silahkan pilih new folder.

Atau ke folder lama , tinggal pilih deh tempatnya.

Contoh simulasi memindahkan file di hp Samsung J2.

Buka menu > File saya > lalu pilih folder lagu, foto atau files lain yang akan di pindah.

Berikutnya tap 3 titik pada bagian pojok kanan atas dan pilih pindah.

Cara pindahkan file di hp samsung

Sedangkan pada hp Xiaomi juga secara teknis nyaris serupa. 

Pertama silahkan buka file manager, lalu pilih gambar atau video yang akan di pindah.

Biasanya jika pada ponsel Xiaomi sudah di klasifikasikan, seperti apk,dokumen,musik,Zip, unduhan dan lainya .

Memindahkan file hp xiaomi

Kemudian pilih file-nya, kamu bisa pilih beberapa sekaligus, lalu pilih 'pindah'.

Tahap berikutnya ,kamu bisa pilih lokasi micro SD untuk tempat lokasi penyimpanan yang baru.

Hal itu bisa di lakukan pada semua tipe merk , Oppo , Nokia ,Asus dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memindah beberapa file sekaligus dengan menandainya terlebih dulu.

2. Memindahkan ke memori menggunakan OTG.

Cara yang kedua adalah menggunakan batuan kabel OTG , tetapi cara ini hanya dapat di lakukan pada smartphone yang sudah mempunyai fitur tersebut.

Ya, OTG memungkinkan penggunanya dapat melakukan transfer file ke flashdisk,secara dia arah.

Ponsel dapat mengakses langsung tanpa bantuan komputer. Nah dalam hal ini untuk memindahkan berbagai file yang ada di memori internal ke kartu SD dapat memanfaatkan fitur tersebut.

Perbedaanya adalah , jika biasanya di hubungkan ke flashdisk tetapi kali ini menggunakan card reader yang telah disisipkan memori card.

Secara mekanisme sama dengan diatas, 

Pertama siapkan kabel OTG dan card reader yang telah di tanamkan memori External.

Berikutnya, buka manager file pada smartphone dan pilih data yang akan di pindah ke kartu SD.

Tekan dan tahan file , gunakan multi select agar bisa memindah secara bersamaan dalam jumlah banyak.

Berikutnya , pilih pindah dan arahkan ke kartu sd.

3. Memindahkan menggunakan bantuan aplikasi.

Cara yang ketiga adalah menggunakan bantuan pihak ketiga atau aplikasi pemindah file yang dapat di unduh via playstore.

Aplikasi ini cukup membantu untuk memindahkan data yang sulit di pindahkan. Namun kelemahannya, bisa saja file tersebut adalah penting untuk data pendukung dari aplikasi lain.

Sehingga pastikan memakai sesuai pengetahuan file , artinya apabila data tersebut merupakan dari aplikasi tertentu sebaginya biarkan. Hal ini mengindari error.

Caranya, pertama download aplikasi file to SD card yang ada di google play.

Setelah terinstall silahkan buka , dan lakukan pemilihan file sekaligus.

Cara memindahkan file ke kartu SD dengan aplikasi

Setelah memilih beberapa file ,foto video ,lagu maka tinggal pilih pindahkan ke SD card , buat folder baru atau lama.

Tunggu proses memindah selesai.

Aplikasi tersebut cukup rekomended , telah di download hingga 10 juta unduhan dengan rating yang bagus.

Tips agar memori internal tidak cepat penuh.

Gunakan memori internal hanya untuk file sistem dan data install aplikasi.

Selalu membersihkan file sampah / data cache untuk menjaga performa smartphone.

Setting otomatis penyimpanan hasil foto ke memori external. Jadi ketika anda memotret hasilnya akan tersimpan pada kartu SD tanpa perlu memindahkan ulang.

Akhir kata

Itulah beberapa cara pindahkan file di hp ke kartu SD. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel