. 5 Cara mengatasi format file tidak didukung di wa - IME Android -->

5 Cara mengatasi format file tidak didukung di wa

Konten [Tampil]

Cara mengatasi format file tidak didukung di wa ? Tenang saja.. 

Mengirim berkas apapun kini dapat dilakukan pada aplikasi WhatsApp, memungkinkan dengan mudah melakukan transfer file tanpa memakai email, maupun aplikasi share. Itulah salah satu kelebihan dari aplikasi percakapan WhatsApp.

WhatsApp menjadi aplikasi yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone android maupun iPhone. Hampir semua ponsel yang tersebar di berbagai belahan dunia memakai aplikasi tersebut.

Peranannya selain digunakan untuk video call , chating pengguna WhatsApp juga bisa mengirim berbagai file, Mulai dari foto, word, video, pdf, apk dan lain sebagainya. Tetapi terkadang terdapat masalah kecil dengan adanya notifikasi format tidak didukung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara mengatasi format file tidak didukung di wa.

Cara mengatasi format file tidak didukung WhatsApp

Cara mengatasi format file tidak didukung di wa

Mengatasi Format tidak didukung di wa memang bukan hal yang sulit ,pasalnya masalah tersebut didominasi pada software yakni aplikasi atau sistem operasi. Sehingga ini cukup melegakan karena bukan masalah dari kerusakan hardware smartphone kalian.

Sesuai dengan perkembangan teknologi setiap aplikasi biasanya mengalami perubahan dengan adaptasi dengan sistem operasi maupun menambah fitur. Hal tersebut bahkan menjadi salah satu sumber masalah format file tidak didukung karena bisa saja karena versi WhatsApp kadaluarsa.

Beberapa jenis extensi file menjadi eror dan tidak dapat terbaca dan mengalami masalah format tidak didukung. Apakah anda bingung? Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi format file tidak didukung WhatsApp.

Baca juga, Cara mengatasi GPS Loncat tidak akurat

Mengatasi Format File Tidak didukung Di WhatsApp

Apapun masalahnya saya harap kalian tidak perlu panik saat mengalami format file yang tidak didukung pada WhatsApp. Berbagai spekulasi kemungkinan , mulai dari veri WhatsApp, karena format file itu sendiri, hingga masalah aplikasi yang bermasalah sehingga tidak dapat mengenali jenis file tersebut.

Cara dibawah Cocok untuk kalian yang sedang akan mengatasi format video yang bisa dikirim via, tidak bisa mengirim gambar atau wa tidak bisa kirim foto,

Berikut beberapa solusi mengatasi format file tidak didukung :

#1. Update Aplikasi

Cara pertama adalah dengan mengecek versi aplikasi WhatsApp. Kalian dapat mengecek terlebih dahulu apakah sudah tersedia aplikasi terbarunya. Cara update aplikasi WhatsApp sangat mudah, yakni kalian dapat mengunjungi google play dan cari whatsapp. Setelah ditemukan , silahkan klik update hingga proses pembaruan selesai. Setelah selesai kalian dapat mencoba ulang.

#2. Kembali Ke WhatsApp Resmi.

Cara yang kedua adalah dengan mengembalikan versi WhatsApp ke official Apps. Untuk tahap kedua ini berlaku untuk kalian yang saat ini memakai versi WhatsApp mod. Masalah apapun bisa terjadi, apalagi wa mod yang sudah tidak di maintenance oleh pengembang sehingga tidak memiliki update.

#3. Hapus data Aplikasi

Selain melakukan dua hal di atas kalian juga dapat membersihkan data cache terlebih dahulu. Caranya, silahkan masuk Menu > Pengaturan  > Aplikasi terinstall / Manager Apps > Pilih WhatsApp. Di sana kalian bisa menghapus data cache wa dan silahkan coba aplikasi.

#4. Mengubah format File.

Apabila semua file di atas sudah dilakukan namun masih belum bisa mengatasi format tidak didukung maka kalian bisa mencoba mengubah format file. Hal itu bisa disebabkan oleh format file yang akan dikirim tidak dikenali oleh Apps wa, sehingga kalian dapat mensiasatinya dengan cara mengubah extensi file atau format.

Sama dengan cara mengubah file jpg menjadi pdf, pada prinsipnya berkas yang akan dikirim di ubah terlebih dahulu menjadi memiliki extensi lain.

  • Pertama silahkan buka file manager pada ponsel kalian, kemudian temukan file yang akan dikirim menggunakan WhatsApp.
  • Setelah menemukan file tersebut, maka kalian dapat mulai mengganti formatnya dengan cara klik dan tahan berkas tersebut kemudian pilih "pengaturan " dan Tap opsi "Rename".
  • Kemudian buat ektensi baru sesuai jenis file yang dikenali oleh wa. Misalnya dari Video menjadi txt. Rename Namavideo.mp4 menjadi namavideo.docx.
  • Setelah selesai, silahkan kirim ulang melalui wa.
  • Selesai

#5. Kompress File

Cara yang kelima adalah dengan melakukan kompres atau mengubah berkas ayang akan dikirim menjadi file zip atau rar. Kalian dapat menggunakan Aplikasi ZIP untuk membuat file rar yang bisa diperoleh melalui google play.

Langkahnya mudah, silahkan kunjungi play store kemudian temukan aplikasi kompres file dan download hingga selesai.

Buka aplikasi, kemudian mulai memilih file yang akan di kompress menjadi zip. Setelah selesai, kalian bisa mulai membagikan melalui WhatsApp.

Baca juga, Kamera WhatsApp tidak berfungsi

Itulah solusi menarik yang dapat kami sampaikan terkait dengan cara mengatasi format file tidak didukung di wa. Sehingga seharusnya sudah dapat dipastikan salah satu cara di atas mampu menjadi pemecahan masalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel