. Lengkap ! Cara mengecek RAM dan Memori HP Realme - IME Android -->

Lengkap ! Cara mengecek RAM dan Memori HP Realme

Konten [Tampil]


Cara cek RAM Realme - Salah satu smartphone yang terbilang laris di pasaran yang memiliki desain menarik dan spesifikasi gahar.

RAM dan memori internal menjadi salah satu komponen yang wajib di lirik sebagai penunjang performa hp pintar. Dalam hal ini tidak hanya Realme, semua merek dalam akan sedikit banyak terpengaruh dengan kapasitas dari internal Storage dan RAM.

Kapasitasnya sangat penting mempengaruhi kemampuan perangkat. Meskipun berbeda fungsi dari keduanya namun sama pentingnya.

Hal ini lah yang menjadi alasan ketika akan beli hp, selalu cek RAM Dan Kapasitas Memori internal yang di bawa nya.

Alasan nya sederhana, jadi secara umum semakin kecil kapasitas RAM nya maka kemungkinan semakin lambat kinerja Ponsel.

Dan sama halnya Internal Storage, semakin sedikit kapasitasnya juga memungkinkan cepat full dan menjadi lemot.

Memilih merek hp Realme menjadi keputusan tepat ,pasalnya rata-rata produknya dari berbagai tipe yang telah di rilis ke pasar mempunyai spesifikasi ram dan memori cukup besar.

Cek ram hp realme
Mungkin sudah familiar kedua nama komponen tersebut ,tetapi apakah sudah tau fungsi utama dari ram serta memori.

Nah, mari kita bahas lebih luas sebelum mengetahui cara cek ram dan memori Realme .

Baca juga: Begini Cara Mengatasi RAM Penuh di Hp Android

Fungsi RAM dan Memori internal Hp Realme.

Tidak terpaut terhadap merek hp maupun tipe nya. Fungsinya meskipun di hp Xiaomi,Oppo dan lainya tidak akan berubah.

Atau pada tipe Realme C3, Hp Realme 5i dan lain sebagainya. Tentunya keberadaan Ram serta memori mempunyai peranan yang sama.

Cukup besar peranan nya  ram dan memori internal. Sama halnya pada komputer, mungkin pada awalanya ram hanya bisa di temukan pada perangkat komputer saja, tetapi dengan kemajuan teknologi kini smartphone juga telah di bekali chip tersebut.

Sebelum membahas terkait cara mengetahui kapasitas ram hp lebih lanjut, saya akan bahas terlebih dulu pengertian nya.

Fungsi RAM Hp Realme.

Ram realme

Pada dasarnya ram adalah komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Tetapi sifatnya hanya sementara, sehingga pengguna tidak bisa menggunakan secara langsung "Menyimpan file, hapus file, copy data" karena semua nya telah di kerjakan secara otomatis oleh sistem.

Keberadaan nya sangat penting, yakni semakin besar kapasitas nya hal ini memungkinkan ponsel bisa menyimpan data dalam jumlah cukup banyak.

Kapasitas ram biasanya memiliki satuan MB (Mega Byte) , GB (Giga byte). Nah, anda bisa lihat ram hp realme , kini rata - rata memiliki kapasitas GB. Contohnya di tulis 2GB,4GB,6GB,8GB.

Secara sederhana dapat di simpulkan bahwa semakin besar nilai atau kapasitas nya , maka hal tersebut merupakan hal baik. 

Dan tentunya biasanya harga hp relatif lebih mahal .

Fungsi RAM adalah sebagai media penyimpanan data proses secara sementara. Ketika hp Realme di gunakan ,maka secara keseluruhan aktifitas akan secara otomatis tersimpan pada ram.

Karena karakternya hanya sementara , maka semua data akan terhapus secara otomatis ketika melakukan reboot atau setelah di matikan.

Dan kabar buruknya RAM Juga dapat penuh yang bisa menimbulkan efek tidak menyenangkan loh..

Jika RAM Penuh ..

Tidak hanya berlaku untuk hp Realme saja, secara umum manfaat ram sama saja di perangkat manapun. 

Menjadi komponen cukup penting untuk menunjang performa hp , sehingga apabila sampai terjadi kapasitasnya penuh bisa berakibat sebagai berikut.

1. Hp menjadi Error' atau tidak merespon , mungkin sebagai pengguna kita pernah mengalami berbagai masalah yang di timbulkan karena RAM full, tetapi tidak sadar. Contohnya, aplikasi menutup secara tiba tiba, tidak merespon sentuhan bahkan tidak terbuka.

2. Smartphone menjadi Lemot , Sekian dari penyebab yang cukup membuat jengkel yakni lelet. Terlalu banyak aplikasi terbuka menimbulkan kapasitasnya penuh berakibat ponsel menjadi lambat untuk di gunakan.

3. Aplikasi menutup sendiri ,Alasannya adalah setiap proses baru akan tersimpan di RAM, nah bisa di bayangkan apabila telah penuh maka tidak dapat memproses aktifitas lain.

Hal tersebut sering terjadi , Aplikasi Froce close secara tiba-tiba karena sistem tidak bisa memproses kedalam ram.

4. Hp Menjadi cepat panas proses yang berlebihan dan beban berat pada hp Realme , hal tersebut dapat menimbulkan suhu baterai menjadi cepat panas.

5. Realme Reboot sendiri, banyak faktor lain yang bisa di timbulkan karena memori ram full. Diantaranya mengakibatkan sistem melakukan reboot secara otomatis.

Secara garis besar efek nya yang terjadi adalah penurunan performa ponsel , baik dalam bentuk lah, restart maupun suhu ponsel meningkat.

Disinilah pentingnya sebagai pengguna untuk menjaga kestabilan agar tetap dalam kondisi prima. 

Tips Membersihkan ram Realme agar tidak full.

  1. Selalu menutup aplikasi terbuka apabila sudah tidak di gunakan.
  2. Tidak melakukan multi tasking secara berlebih.
  3. Membersihkan file cache ponsel untuk mengurangi beban , dan melonggarkan ram.
  4. Gunakan aplikasi pembersih file sampah ,atau secara manual.
  5. Lakukan restart hp Realme untuk menyegarkan kembali sistem dan mengosongkan Ram.
Hal tersebut merupakan upaya agar stamina hp tetap terjaga dan kecepatan stabil. Meskipun hp merek terbaik sekalipun, RAM menjadi faktor penting.

Manfaat mengetahui RAM Dan Memori internal.

Ada beberapa alasan mengecek ram dan memori internal hp. Tentu tidak lepas dari urusan performa, efek yang di timbulkan atau masalah yang terjadi seperti yang telah di sampaikan di atas.

Sebelum membahas lebih lanjut cara menampilkan RAM di Realme UI atau melihat kapasitas dari masing- masing tipe, kira- kira apa manfaatnya ya.

Cukup banyak keterkaitan alasan penguna harus cek memori internal maupun ram, berikut pointnya.

1. Terkait harga hp Realme.

Kita sepakat bahwa semakin spesifikasi Realme tinggi maka harga nya juga semakin mahal, dan sebaliknya semakin rendah berarti semakin murah.

Apabila mengutip dari "spesifikasi" maka cukup luas. Sehingga tidak hanya mengacu pada chipset saja, atau kapasitas baterai. 

.. ya, Spek hp merupakan uraian secara lengkap dari keterangan produk. Dalam hal ini juga menyangkut ram dan memori.

Ini berlaku pada hp baru maupun bekas, jadi cek spek ram,memori ,display adalah sebuah ritual wajib ketika akan beli hp atau menjual sesuai pasaran.

2. Install Aplikasi.

Memaksa menginstall aplikasi yang membutuhkan RAM tinggi itu tidak baik. Nah dengan mengetahui RAM Realme yang kita miliki biasanya kita bisa control jenis aplikasi yang akan di install dan disesuaikan dengan kemampuan perangkat supaya tidak lemot.

3. Keputusan memindah file.

Mengecek sisa memori internal dan memutuskan untuk memindah kan ke flashdisk atau laptop. Beberapa model hp yang tidak di lengkapi slot sdcard mengharuskan penggunanya memindahkan data ketika memori sudah full adalah sebuah keharusan supaya ponsel bisa berjalan dengan baik.

Dan masih banyak lagi keterkaitan pentingnya cek ram hp dan memori internal.

Fungsi Memori internal Hp Realme.

Setelah mengetahui pengertian ram, fungsi serta beberapa masalah yang timbul akibat ram full , maka kita beralih ke memori internal.

Secara umum berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen dan createable. Artinya pengguna dapat menyimpan data, menghapus data sesuai perintah yang dilakukanya.

Karakteristik dari memori internal smartphone berbanding terbalik dengan RAM Yang hanya sementara dan akan otomatis terhapus ketika perangkat di matikan.

Memori internal tidak terpengaruh dengan hal itu, kecuali user menghapus nya atau menambahkan data.

Dampak memori internal hp Realme full.

Mungkin hadirnya kapasitas memori yang relatif besar dan tidak ada slot sdcard memungkinkan penyimpanan full tidak terkontrol.

Selain melihat RAM , di harapkan pengguna juga dapat mengecek sisa Memori yang ada pada gadget. Pasalnya hal tersebut bisa berakibat buruk. Diantaranya berpotensi Bootloop.

Berikut beberapa hal yang di timbulkan akibat dari memori Internal full.

  1. Hp Realme cepat panas.
  2. Tidak dapat install aplikasi.
  3. Pengguna tidak bisa menyimpan file.
  4. Hp menjadi lemot, lelet kinerja nya.
  5. Ponsel berpotensi Bootloop dan sering lag.

Baca juga:

Cara cek ram Realme semua tipe.

Berikutnya adalah mengecek kapasitas yang dimiliki pada Realme. Cara ini bisa di terapkan di berbagai tipe , untuk anda yang ingin mengetahui RAM Realme.

Setiap perangkat terdapat informasi seputar spesifikasi secara lengkap, baik itu pada dus box maupun di gadget itu sendiri.

Yaah.. mungkin untuk yang pertama dapat kamu lakukan untuk melihat ram hp realme paling sederhana bisa melihat pada dus. Biasanya di sana terdapat spek singkat dari ponsel.

Dan yang kedua mengecek pada hp langsung. Ada dua cara yang bisa di lakukan , mari kita simak step by step mengecek sisa ram dan kapasitas memori internal Realme.

1. Mengecek RAM Realme tanpa Aplikasi.

Cara pertama adalah teknik melihat kapasitas yang di lakukan langsung melalui perangkat tersebut . Nah hp yang saya gunakan kali ini adalah Realme C3 dengan One UI.

Langkah 1, Buka menu kemudian pilih pengaturan.

Langkah 2, Silahkan Gulir dan tap "Tentang Telepon".

Mengecek RAM realme

Maka tampilannya seperti di atas, terdapat banyak informasi tentang perangkat diantaranya kapasitas RAM Realme.

Tetapi di sana tidak dapat melihat sisa ram terpakai , atau yang di gunakan.  Nah , cara mengetahui sisa ram terpakai perlu mengaktifkan terlebih dulu.

Baca Juga: Cara melihat Foto Yang diatur Pribadi Di HP Realme

2. Mengecek Total Penggunaan RAM yang Terpakai.

Kapasitas pemakaian ram relatif dinamis , sehingga kondisinya berubah-ubah tergantung dari pemakaian atau aplikasi aktif.

Pengguna Realme dapat mengetahui jumlah ram yang terpakai, Cara Cek penggunaan RAM di hp Realme cukup mudah.

Langkah 1, Buka menu dan pilih pengaturan pada smartphone.

Langkah 2, Pada menu Pengaturan ,Silahkan pilih "Pengaturan tambahan".

Mengecek sisa pemakaian ram realme

Langkah 3, Kemudian aktifkan  "Pengelola tugas terbaru" , seperti gambar di bawah.


Langkah 4, Untuk memastikan sisa ram terpakai di hp reelme setelah mengaktifkan seperti diatas kamu tinggal tekan tombol "Recent" pada bagian kiri bawah. 

Mengecek sisa ram hp realme

Setelah itu pada bagian bawah terlihat total kapasitas ram dan  jumlah bebas tersedia seperti gambar di atas.

Itulah dua cara mengecek kapasitas ram tanpa aplikasi tambahan apapun.

Baca juga: Cara Masuk Ke Menu Engineering Mode Realme

3. Cek RAM Dan Memori Menggunakan Aplikasi.

Pengguna Realme juga bisa mengetahui kapasitas memori internal yang di gunakan. Mengecek secara langsung pada smartphone akan lebih akurat. Hal itu bisa di lakukan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Bagaimana cara mengecek memori internal di hp Realme tanpa aplikasi?

Step 1, Pertama buka Menu ,dan pilih aplikasi "Pengaturan" Kemudian "Pengaturan tambahan".

Step 2, Pada pengaturan tambahan ,pilu "Penyimpanan" maka tampilannya seperti dibawah.

Cara cek memori realme

Step 3, Setelah memilih "Penyimpanan" maka secara Otomatis akan muncul informasi terkait memori internal. Mulai dari kapasitas keseluruhan, Sisa terpakai dan jenis file yang telah tersimpan disana.

Mengecek memori internal realme
Cukup mudah kan, tampilan diatas adalah perincian dari pemakaian memori internal. Selain itu kamu juga bisa melihat detail memori External

Melihat memori internal atau media penyimpanan tanpa aplikasi  bisa di lakukan di berbagai tipe realme.

Selain dari semua cara diatas pengguna juga bisa memakai alat bantu aplikasi untuk cek spesifikasi hp realme .

1. Melihat kapasitas RAM Dan Memori Realme dengan Cpu-Z.

Aplikasi yang pertama dapat di download secara gratis dan di pakai secara menyeluruh mengecek spesifikasi. 

Bukan hanya ram dan memori internal saja, menggunakan CPU- Z Juga dapat di gunakan untuk melakukan berbagai pengujian dan mengetahui kondisi perangkat. Diantaranya adalah kesehatan baterai.

Step 1, Download aplikasi CPU-Z dan install di smartphone realme.

Step 2, Setelah selesai terinstall buka aplikasi dan tunggu sebentar proses analisis.

Step 3,  Untuk mengetahui spek kapasitas ram dan memori silahkan pilih tab "Device" maka tampilannya seperti dibawah.

Cek ram dan memori hp dengan aplikasi

Disana anda bisa melihat Total RAM  dan Available yang bisa di gunakan. Pada informasi internal storage juga bisa terlihat kapasitas total dan tersisa.

2. Melihat ram dan memori dengan Aplikasi Aida64.

Sama halnya aplikasi CPU-Z, AIDA 64 juga bekerja membantu pengguna ponsel pintar untuk melihat secara keseluruhan informasi spek.

Langkahnya,

Pertama, Download dan install aplikasi AIDA64 Di Hp Realme 

Kedua , Buka aplikasi setelah selesai terinsta dan tunggu hingga seluruh data ponsel terbaca oleh app.

Ketiga, pilih Sistem info untuk mengetahui RAM Hp dan Memori internal terpakai dan total kapasitas.

Cek ram dan Rom realme

Seperti contoh di atas , terdapat infomasi spesifikasi hp mulai dari Installed RAM , Total memori  kapasitas Memori internal dan lain sebagainya.

Selebrasi

Itulah cara cek ram dan memori internal hp Realme secara lengkap. Semua tutorial diatas bisa diterapkan ke berbagai tipe, C11, Realme 5, C15, Realme 8i, C2, C21y, Dan Lain Sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel