. Cara cek RAM dan Memori Internal HP Xiaomi - IME Android -->

Cara cek RAM dan Memori Internal HP Xiaomi

Konten [Tampil]

 Cara cek RAM Xiaomi - "Pentingnya mengecek memori dan Ram, karakteristik keduanya, serta dampak yang ditimbulkan  ketika Full". Postingan kali ini ditujukan pada pengguna smartphone dari negara asal Tiongkok. Xiaomi dikenal harga murah dan kualitas bagus. 

Spesifikasinya sudah tidak diragukan lagi, sejak pertama kali diluncurkan, xiaomi mempunyai daya tarik tersendiri. Mulai dari desain elegan.

Relatif tidak kaku , dan cocok digunakan para kaula muda dan orang tua dari berbagai kalangan. Produknya tersedia dari harga murah , sampai mahal, hp standar hingga gaming.

Kemampuannya dalam mengoperasikan aplikasi gaming sudah tidak di ragukan lagi. Hal ini tidak lepas dari kapasitas RAM Hp Xiaomi yang di bawanya.

Rata-rata memiliki kapasitas ram cukup besar ,yakni minimal 1GB, itu hp lawas nya.

Device keluaran baru nya sih sudah menggondol perbekalan cukup kuat. Mulai dari kapasitas RM 2GB, 4GB ,8GB,12GB dan lain sebagainya.

RAM pada smartphone menjadi sebuah kebutuhan penting. Di anggap menjadi komponen yang wajib di cek kapasitasnya. 

Bahkan kini ram menjadi salah satu poin pertimbangan yang tidak boleh di lewatkan ketika akan beli hp Xiaomi baru.

Setiap pengguna tidak lupa mengecek ram hp Xiaomi yang akan di belinya. 

Begitu juga dengan memori internal, seolah jika beli hp Xiaomi baru dengan memori internal kecil adalah sebuah kekurangan tersendiri.

Kapasitas memori internal menjadi sebuah ujung tanduk ketentuan kapasitas daya tampung smartphone dalam menyimpan file penggunanya. Baik itu gambar, file lagu, video,apk dan masih banyak lagi.

Meskipun pada dasarnya apabila kita mau bicara tentang kecepatan hp tidak hanya mengacu pada ram dan memori internal saja. Karena kita juga harus memperhatikan jenis chipset yang di bawa, atau jumlah inti prosesor yang ada didalamnya.

Banyak faktor lain juga yang mampu mempengaruhi smartphone menjadi lambat ,atau lemot. Hal tersebut berlaku pada semua merek hp .

Diantaranya pengunaan ram penuh, memori internal full, aplikasi terinstall memupuk atau gangguan lain yang melebihi dari kapasitas spek hp.

Sebelum mengetahui cara cek ram Xiaomi, saya akan jelaskan terlebih dulu terkait pengertian RAM, fungsi dan memori internal.

Cara cek Ram Xiaomi

Fungsi Ram dan Memori internal Xiaomi.

Sepintas apabila membahas terkait RAM Tentu akan terlintas " Kecepatan hp Xiaomi". Tidak jarang kita ber-asumi seolah-olah RAM Adalah komponen utama yang menjadikan smartphone menjadi cepat.

Mungkin benar, dan bisa juga tidak sepenuhnya benar. 

Dalam sebuah smartphone terdapat banyak sekali komponen hardware , tidak hanya ram disana. Tetapi ada juga chipset , ROM , Atau IC lain yang sama pentingnya dengan RAM.

Faktanya memang apabila hp dengan kapasitas RAM besar tentu lebih cepat . Atau sebaliknya jika kecil akan lebih lambat dalam melakukan pengoperasian menjalankan aplikasi.

Fungsi ram Xiaomi dan hp lainnya sama, bahkan komponen ini juga sama dengan yang ada di komputer.

Dalam dunia perangkat komputer disana juga terapat komponen yang mempunyai nama dan fungsi sama dengan yang terdapat pada telepon pintar.

Karakteristiknya sama, hanya saja bentuknya berbeda.  Pada komputer biasanya ram dapat di upgrade karena menggunakan sistem PNP (Plug and Play) atau socket dapat dengan mudah di lepas dan di gantikan ram kapasitas lebih besar.

Sedangkan Ram Xaomi Mi A1, Redmi 5A , atau Mi A2 dan tipe Xiaomi lainya masih menggunakan konsep on board. 

Sehingga "kalau pun" bisa di upgrade tentu tidak semua orang bisa melakukanya. Karena membutuhkan teknik khusus atau penanganan yang tepat.

Apakah RAM mempengaruhi kecepatan proses pada smartphone Xiaomi?

Iya, sangat berpengaruh tetapi ada faktor lain yang bisa membuat hp menjadi lambat. 

Apa itu ?

Pemakaian yang berlebihan sehingga melebihi kapasitas ram, sepeti multi tasking aplikasi berat , memori ram penuh dan lain sebagainya.

Kecepatan smartphone tidak hanya bergantung terhadap satu komponen saja. Bahkan selain dari sektor hardware , peranan software juga cukup menyumbang memberikan efek performa.

Contohnya pemakaian versi MIUI , ada yang berpendapat MIUI 10 Lebih ringan dari MIUI 11.

Atau pendapat lain ,MIUI 8 lebih ringan dari MIUI 11, dan MIUI 12 lebih ringan dari versi sebelumnya.

Dan apapun itu pendapatnya, yang pasti semua ada porsi nya masing-masing.

Fungsi RAM Di Hp.

Apabila menjawab fungsi ram ,maka harus di iringi dengan menjawab apa itu RAM.

RAM adalah sebuah memori yang berfungsi sebagai media menyimpan data-data proses yang di lakukan oleh pengguna.

Kemampuannya menyimpan sebuah data proses di batasi dengan kapasitas yang di milikinya. Yakni dengan satuan mulai dari terkecil "MB" hingga "GB".

Karena sejauh ini saya hanya baru bisa mengetahui 2 satuan memori diatas, jadi belum menemukan RAM terkecil 100 Kb ,atau terbesar 1TB.

Data data proses yang di simpan pada ram sifatnya sementara dan akan kembali hilang apabila di bersihkan , atau ponsel reboot.

Dan komponen ini merupakan sebuah post, atau persinggahan saja bukan lokasi penyimpanan file yang sebenarnya.

Artinya ,meskipun data yang tersimpan pada ram sudah hilang karena di bersihkan namun file yang sebenarnya tidak terhapus karena berdasi di memori internal.

Dengan adanya ram hal ini menjadikan proses hp menjadi lebih cepat untuk melakukan aktifitas.

Kemampuan multi tasking, proses membuka aplikasi dan lain sebagainya bisa di katakan cukup terpengaruh oleh chip satu ini.

Analogi paling sederhana supaya kita tau fungsi ram, bukan hanya mengetahui cara cek ram hp saja.

Contoh , Seorang pengguna membuka halam browser google chrome lalu meninggalkannya dan membuka aplikasi trading forex.

Disisi lain , dia juga membuka file manager, membuka aplikasi WhatsApp , dan lain sebagainya.

Dan semua aplikasi yang telah terbuka apabila belum di close, maka kondisinya sebenarnya terbuka dan tersimpan di RAM.

Pada saat pengguna akan kembali lagi , maka proses starting tidak seperti membuka pertama kali.

Misalkan, ternyata setelah semua diatas sudah terbuka pengguna kembali ke browser chrome setelah berada di aplikasi trading saham.

Maka yang akan anda temukan adalah, halaman terakhir yang di kunjungi dan proses membuka nya lebih cepat.

Itu berlaku pada semua perangkat yang memakai memori ram. Setiap proses dan aktifitas nya akan secara otomatis tersimpan.

Kemampuan menyimpan nya cukup terbatas. Maka dari itu ,semakin banyak aplikasi terbuka sudah pasti akan memakan space ram yang dapat menyebabkan lemot atau lag.

Contohnya seperti ini..

Anda telah membuka aplikasi , ABC xx. Dan ternyata semua aplikasi tersebut telah menggunakan 90% dari kapasitas ram yang di miliki ponsel Xiaomi anda.

Kemudian rencana kamu akan membuka kembali aplikasi baru yang membutuhkan space RAM 30% Dari yang dimiliki. Apakah bisa ??

Tentu tidak bisa, . Inilah yang sering terjadi apabila menemukan "Aplikasi tidak menanggapi   , Froce Close program " atau layar hp macet tidak merespon.

Jadi sampai disini saya kira sudah menjawab pertanyaan pengguna Xiaomi ketika mengalami , hp lag, layar macet dan lainya .

Jawabannya, ya ram sudah over , kapasitasnya penuh sehingga sudah tidak dapat membuka aplikasi lain.

Loh tapi kan saya mengecek Ram hp Xiaomi Mi A2 lite saya 3GB.

Lah iya, meskipun 3GB Kalau sudah full mau gimana.. 

Kamu bisa pastikan cek sisa ram Xiaomi yang dimilikinya ketika mengalami not responding. Jadi dari sana dapat memastikan ,apakah sumbernya dari sana atau faktor lain.

Karena faktor lainya seperti memori internal, sudah tau kan internal storage..?

Fungsi Memori internal di Hp Xiaomi.

Nah sebenarnya tidak hanya di Xiaomi saja ,memori internal secara umum mempunyai fungsi yang sama di berbagai merk hp terbaik lainya.

Atau bukan hp terbaik sekalipun. Memori internal berfungsi sebagai menyimpan data-data ,file sistem maupun jenis files lainya yang tersimpan secara tetap.

Karakteristik nya berbanding terbalik dengan ram. Apabila RAM menyimpan data proses secara sementara maka internal storage menyimpannya secara tetap tanpa terpengaruh dengan arus ,dan proses lain.

Sehingga setiap file yang telah tersimpan tidak akan hilang kecuali di hapus, error' (rusak) atau kejadian upnormal lainya.

Nah hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa memori internal membutuhkan kapasitas yang lebih besar.

Saat ini smartphone telah banyak mengadopsi perangkat tanpa slot memori External. Penggunanya secara keseluruhan harus memanfaatkan internal storage sebagai media penyimpanan utama.

Hal ini jika ingin tetap memakai dual SIM card ,atau jika ingin memakai memori internal terpaksa hanya pakai 1 kartu SIM saja.

Tidak kalah pentingnya memeriksa kapasitas memori internal. Ketika semua penyimpanan file hanya di centralkan pada internal storage , hal ini akan memicu kondisinya cepat full.

Cepat atau lambat itu juga terjadi, untuk itu bijak dalam memakai penyimpanan internal storage sangat di butuhkan.

Cukup serius efek yang di timbulkan pada saat penyimpanan internal hp Xiaomi anda full loh..

  • Hp menjadi lemot karena sistem tidak memiliki free space yang cukup .
  • Tidak dapat menginstall aplikasi ,tidak dapat simpan file baru.
  • Berpotensi Bootloop, sering lag cepat panas dan masih banyak lagi.

Baca juga , Cara pasang 2 SIM Card dan Micro SD di Hp Xiaomi.

Dari sanalah pentingnya kita harus memeriksa kapasitas nya dan menjaga supaya tidak full. Sisa ram dan memori yang terpakai di hp Xiaomi itu bisa di cek, hal ini mempermudah pengguna mengontrol pemakaian aplikasi, dan menjadi salah satu upaya perawatan ponsel agar stamina tetap stabil melalui menjaga ruang bebas selalu tersedia.

Cara mengecek RAM Xiaomi Dan Memori internal.

Teknik yang akan saya bahas Disni tidak terpaut pada versi MIUI, artinya bisa di aplikasikan ke semua versinya dan berbagai tipe hp Xiaomi, seperti Xiaomi Note 7,Note 8, atau tipe terbaru lainnya.

Setiap smartphone sudah dibekali informasi terkait dengan spesifikasi device nya. Sehingga pengguna dapat mengetahui secara detail ram, memori dan lainya.

Cara mengetahui ram xiaomi dan memori ini cocok untuk mereka yang akan beli hp Xiaomi second. Sebagai salah satu upaya memastikan bahwa apa yang di sampaikan sesuai dengan perangkat nya.

Bagaimana mengeceknya ram hp ,berikut langkahnya.

Pertama, Silahkan masuk ke menu ponsel Xiaomi sepeti biasa.

Kedua , Silahkan pilih Menu pengaturan atau setelan (Settings) biasanya dengan logo gerigi.

Ketiga, setelah berada dalam menu pengaturan, silahkan cari opsi "About phone", dan pilih. Maka tampilannya seperti dibawa.

Cara cek ram Xiaomi dan Memori

Setelah berada di menu "Tentang ponsel" maka tampilannya seperti di atas.  Maka di sana terdapat informasi RAM , Penyimpanan internal yang di miliki oleh perangkat .

Cara cek sisa ram terpakai Xiaomi.

Dari langkah memeriksa kapasitas ram di atas, di sana tidak ada informasi pemakaian yang telah di gunakan. Jadi pengguna hanya dapat melihat Spek ram yang dimiliki.

Tetapi pada bagian penyimpanan internal sih sudah bisa di cek pemakaiannya.

Jumlah total, sisa ruang bebas dapat di ketahui. Hanya saja, belum dapat mengetahui apa saja yang memakan ruang penyimpanan banyak, file audio, gambar ,atau lainya.

Ok saya bahas di bawah terkait file yang menyebabkan penyimpanan internal penuh, tapi kita cari tahu dulu nih, berapa sih.. ram yang telah terpakai.

Cara melihat aplikasi yang memakan RAM di Xiaomi cukup mudah. Cukup dengan klik tombol recent di smartphone sepeti gambar dibawah.

Cara mengecek sisa ram

Dari gambar di atas, anda bisa melihat jumlah ram terpakai dari total kapasitas yang dimiliki.

Dan cara membersihkannya mudah kok,cukup klik tombol x agar semua aplikasi yang terbuka akan di rilis.

Cara membersihkan ram hp Xiaomi juga bisa menggunakan aplikasi bawaan ponsel. Atau yang paling ampuh menyegarkan dan mengosongkan pemakaian ram dapat melalui restart ponsel.

Semua aktifitas di belakang layar memakai ram ponsel akan di tutup dan hp menjadi lebih ringan dan segar.

Cara cek sisa memori internal terpakai Xiaomi.

Selanjutnya adalah mengetahui file apa saja yang telah membuat memori hp penuh sih. ..

Dari informasi di atas tidak dapat di temukan jumlah pemakaian yang di gunakan oleh masing masing file, hanya terlihat kapasitas total memori internal dan sisa ruang bebas nya.

Dan berikut langkah mengetahui jumlah memori yang sudah dipakai berdasarkan jenis file nya.

Mengecek kapasitas Memori internal (Total dan Sisa ).

Langkah 1,  Buka menu dan pilih aplikasi setelan atau Pengaturan.

Cara mengecek sisa memori internal xiaomi

Langkah 2,  setelah membuka setting , berikutnya silahkan pilih "Penyimpanan" seperti Screenshot di atas.

Langkah 3, Tunggu hingga hp menganalisa keseluruhan memori dan jumlah yang telah di pakai.

Langkah 4, setelah selesai , kamu akan menemukan info memori internal "Tersedia dan total". Merupakan data free space dan total keseluruhan kapasitas internal storage perangkat.

Nah selesai, 

Baca juga, Cara membersihkan Cache di Hp Xiaomi.

Mengecek menggunakan aplikasi.

Selain bisa di lakukan pengecekan secara langsung, pengguna juga dapat melakukan cek secara menyeluruh menggunakan alat bantuan pihak ketiga.

Diantaranya adalah Cpu-z ,AIDA64 dan lain sebagainya. 

Cara pemakaiannya mudah , berikut melihat Spek ram dan memori Xiaomi Via aplikasi.

CPU-Z

Step 1, Download dan install aplikasi Cpu-Z Melalui google play atau ke "App cek hardware ".

Step 2, Setelah terpasang di hp silahkan buka aplikasinya, dan pilih tab Device 

Step 3, Gulir cek kebagian bawah maka disana anda akan menemukan info ram dan internal storage ponsel.

Cek ram dan memori Xiaomi dengan apliaksi

Keterangan 

  • Total ram adalah jumlah keseluruhan kapasitas nya yang dapat di gunakan.
  • Available ram ,adalah informasi terkait dengan jumlah bebas.
  • Available Storage ,adalah informasi kapasitas memori internal yang masih bebas.

Aplikasi tersebut juga dapat dipakai untuk menganalisa kesehatan baterai, spesifikasi lengkap ponsel dan lain sebagainya.

Selebrasi,

Itulah berbagai info terkait cek ram Xiaomi dan memori internal di hp. Mulai dari fungsi ,cara kerja, mengecek ram dan memori serta banyak lagi yang bisa di lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel