. 100% Cara praktis memindah foto hp ke laptop - IME Android -->

100% Cara praktis memindah foto hp ke laptop

Konten [Tampil]

Cara memindah foto hp ke laptop tanpa mengurangi resolusi apakah bisa? Tentu sangat bisa.

Dan pada malam yang syahdu ini saya ingin berbagi tentang memindahkan isi hp ke komputer atau laptop. Hal ini cukup penting terkait dengan ruang simpan pada smartphone cukup terbatas.

Tidak disadari oleh pengguna , bahwa semua yang ada di memori internal hal bisa saja hilang. 

Tidak serta Merta hilang tanpa sebab, melainkan ketika memori internal penuh dan terjadi pembiaran terus menerus bisa mengakibatkan Bootloop.

Jika hp sudah Bootloop ,tidak ada satu foto pun yang tersimpan pada memori internal dapat di selamatkan. Jangankan pindahkan ke laptop, untuk memindahkan ke flashdisk atau memori saja sudah terlambat.

Hal ini karena memperbaiki hp yang sudah terlanjur mentog logo hanya bisa di lakukan dengan dua hal.

Pertama melalui flash ulang, dan yang kedua dengan cara hard reset via recovery mode.

Apapun yang berhasil dari kedua cara di atas, yang pasti hal ini kan menyebabkan semua data hilang dan tidak bisa di kembalikan. 

Bukan hanya foto, proses flash ulang maupun mereset hp ke pengaturan pabrik merupakan teknik atau metode mengembalikan smartphone menjadi normal kembali dan dalam kondisi default.

Artinya , semua data dan aplikasi yang bukan bagian dari standar pabrik akan di hapus secara permanen.

Foto- foto, lagu, file ,folder dan kontak akan hilang. 

Isi hp menjadi kosong, tanpa aplikasi lain selain dari ketentuan dari standar gadget baru di beli.

Tentu saja pemilik ponsel akan lebih memilih kehilangan foto di bandingkan hp nya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk itu sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya memindah foto ke laptop. Bukan hanya foto sih, tetapi berbagai file lain yang di anggap penting.

Apa iya bisa Bootloop?

Tentu saja, disini bukan untuk menakuti tetapi saya akan memberikan gambaran yang realistis.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan hp menjadi rusak, sehingga bukan hanya Bootloop tetapi bisa juga mati total.

Namanya juga perangkat elektronik, sebaik apapun pasti memiliki life time dan masa jaya nya sendiri. 

Apapun penyebab bootloop nya, tetapi kaitannya dengan foto adalah "Kapasitas memori internal hp".

Semua perangkat, baik itu hp merk terbaik maupun hp standar rakyat biasa sepeti saya. Tentu gadget nya memiliki kapasitas memori internal , yang mana semakin banyak isi nya maka akan semakin penuh.

Dan buruknya, apabila memori penuh hp menjadi lelet , dan berpotensi hanya mentog logo karena sistem tidak bisa menopang beban berat yang dalam memori internal nya.

Disinilah perbedaan antara memori internal dengan ram. Jika ram hanya menampung data secara sementara dan akan kembali kosong ketika ponsel di reboot namun tidak untuk internal storage.

Karakteristiknya menyimpan file dan data lain secara tetap tidak terpengaruh oleh restart. Hanya bisa di kurangi kapasitasnya hanya dengan memindah , menghapus , data yang ada di dalamnya.

Penting sekali menjaga kesehatan memori internal. Caranya juga mudah, yakni hanya dengan memberikan free space supaya terhindar dari Bootloop.

Meskipun foto berukuran kecil, tetapi apabila jumlah yang ada cukup banyak tentu nya sama saja. Nah untuk itu pastikan selalu memindah kan ke tempat lebih aman,sepeti laptop, hardisk, google Drive dan lainya.

Cara memindah foto ke laptop

Pembahasan kali ini adalah beberapa cara memindah foto hp ke laptop. Tidak hanya dengan satu metode saja , mari kita simak pembahasan lengkap yang bisa di gunakan.

Cara memindahkan foto hp ke laptop.

Setelah mengetahui pentingnya memberikan ruang kosong pada memori internal , disisi lain juga ini sangat penting terhadap kerahasiaan foto dan sebagai upaya backup.

Smartphone cukup riskan terhadap kehilangan, pada saat berpindah tangan di khawatirkan terjadi penyalahgunaan gambar dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah salah satu contoh pentingnya mengirim foto hp ke laptop secara berkala. Selain memberi ruang bebas terhadap penyimpanan ponsel juga aman.

Cara yang bisa di pakai untuk memindah foto dari hp ke laptop cukup banyak. Mulai direct langsung atau melalui media lain.

Paling rekomendasi sih langsung, karena hal ini tidak akan mengubah resolusi karena tidak melewati compres gambar otomatis.

Baca juga , Cara menghapus background foto tanpa aplikasi apapun.

Cara memindahkan foto ke Laptop dari smartphone.


Memindah foto dapat di lakukan hampir pada semua merk hp android maupun OS lain seperti iPhone. 

Semua merek hp hampir semua nya memiliki kemampuan membidik sebuah objek menjadi gambar berkat kamera nya.
Begitu sayang apabila di hapus begitu saja, apalagi foto tersebut memiliki kenangan .

Foto keluarga, foto pernikahan , foto sama pacar atau hal lain yang di anggap merupakan momen penting dan patut di simpan untuk kenangan.

Nah untuk kamu pengguna Oppo, Vivo ,Xiaomi,Lenovo,Realme, Samsung, Nokia , Advan, Infinix ,Phocophone, atau Merek hp lainya silahkan ikuti instruksi di bawah ketika akan memindah foto ke komputer.

1. Memindahkan gambar foto dengan Kabel USB.

Cara pertama adalah menggunakan kabel data untuk memindah foto yang terdapat pada smartphone ke laptop.

Tentu semua pengguna smartphone sudah tidak asing dengan kabel USB. Pasalnya hampir semuanya menggunakan sebagai penghantar arus dari adaptor ke baterai.

Selain itu fungsinya juga menjadi mediator penghubung antar laptop dan smartphone melakukan transfer data.

Namun jangan sampai salah, karena ada juga jenis kabel yang belum support terhadap kirim file.

Dia hanya berfungsi melakukan charging saja, sehingga tidak dapat di pakai untuk proses transfer data antar laptop dan hp.

cara memindah foto hp ke laptop
Langkah pindahkan gambar ke laptop.
  1. Pertama silahkan nyalakan laptop, dan hubungkan hp dan laptop menggunakan kabel charger yang telah support transfer file.
  2. Slide ke bawah notifikasi bar pada ponsel, lalu pada umunya akan terdapat notifikasi silahkan pilih "  transfer file " Supaya drive smartphone terdeteksi pada laptop.
  3. Buka Drive / penyimpanan smartphone yang telah terdeteksi pada PC, lalu cari file foto yang akan di pindah. Untuk melakukan multi select gunakan tombol "Ctrl" pada keyboard , dan klik setiap foto nya.
  4. Jika semua sudah di pilih , klik kanan dan pilih. "Cut " atau menggunakan shortcut keyboard "Ctrl+x".
  5. Lanjutkan ke Drive laptop anda, silahkan pilih folder penyimpanan yang akan di gunakan atau bisa membuat yang baru. Dan tekan "Ctrl+v " untuk menyimpan nya .
  6. Selesai, ulangi sesuai kebutuhan.

Selain memakai kabel data sebagai penghubung keduanya , anda juga dapat melakukan transfer file tanpa kabel data.

2. Memindahkan foto dari HP ke Laptop menggunakan Google Drive

Teknik memindahkan foto dari HP ke laptop dari google Drive ini akan sedikit lebih repot meskipun tanpa kabel data.

Karena apabila di perhitungkan ada dua pekerjaan yang seharusnya tidak ada , yakni proses upload dan Download.

Kelemahannya,.

Proses ini sangat tergantung dengan data paket internet yang anda miliki. Sehingga apabila ketika proses upload atau download sedang berjalan tidak boleh terjadi disconnect jaringan.

Tentu akan gagal, sedangkan kelebihannya adalah kamu bisa memiliki backup 2 sekaligus.

Jika file gambar di laptop terhapus, kamu masih punya cadangan pada google Drive serta dapat di akses kapanpun memakai perangkat mana saja.

Artinya setelah semua ter-upload dan di simpan di google Drive, file tersebut sudah tidak terikat pada device atau PC manapun. Selama anda mempunyai akses email akun GDrive ,bisa mengunduh kembali via hp manapun.

Langkah 1, Buka aplikasi Google Drive di hp ada atau bisa memakai Browser langsung dengan mengunjungi url https://drive.google.com/ kemudian masuk menggunakan akun Gmail Anda.

Langkah 2, Kemudian pilih icon + untuk membagikan foto atau gambar yang akan di uplaod. 

Langkah 3,Lanjutkan tap logo upload dan Pilih gambar sesuai keinginan untuk melanjutkan proses upload ke penyimpanan google Drive.

Memindah gambar ke Google drive

Langkah 4, Pilih daftar foto yang akan di unggah secara bersamaan . Lalu tap "ok" pada pojok kanan atas. Tunggu hingga proses selesai.

Langkah 5, Setelah semua selesai untuk memindahkan ke laptop, cukup akses akun google Drive anda melalui laptop. Kemudian pilih simpan. Tunggu hingga proses download selesai.


3. Cara memindahkan foto dari HP ke laptop dengan Bluetooth.


Selain via google Drive pengguna smartphone juga dapat memanfaatkan bluetooth untuk memindahkan suatu file.

Ini berlaku juga untuk merk Vivo,Oppo, Asus yang akan mengirim foto ke laptop tanpa kabel data.

Bluetooth adalah fitur Transfer data tanpa kabel yang cukup populer di gunakan antara hp dan laptop. Prosesnya cepat dan terbilang tidak ribet.

Selain itu fitur tersebut juga banyak di pakai pada komponen elektronik lain yang dapat di hubungkan langsung. Sepeti printer,kipas angin, pemutar musik dan antar ponsel lainya.

Bagaimana cara mengirim foto nya, berikut tata cara yang bisa di praktekan.

Langkah 1, Pertama nyalakan bluetooth laptop dan silahkan buka hp kamu, gulir notifikasi bar kemudian tap icon Bluetooth untuk menyalakan.

Langkah 2, Langsung menuju gambar atau foto yang akan di kirim dengan buka galery ponsel anda. Lalu pilih foto yang akan di kirim ke laptop dengan menandainya.

Langkah 3, pilih kirim dan gunakan fitur bluetooth maka secara otomatis akan mencari sambungan yang tersedia. Jika id Bluetooth sudah di temukan, silahkan pilih dan kirim. Tunggu hingga selesai.

4. Memindahkan file foto dengan OTG.

Cara memindahkan foto dengan OTG


Banyak  cara memindahkan file dari HP ke Laptop. Diantaranya kamu juga dapat memakai fitur OTG pada smartphone.

Fitur tersebut memungkinkan dengan mudah penggunanya melakukan transfer file secara langsung dari device ke flashdisk tanpa bantuan laptop.

Disinilah perbedaan antara hp keluaran lama dan terbaru. Yang akan saya tekankan disini berarti tidak semua smartphone sudah memilikinya.

Jadi smartphone dapat mengakses langsung flashdisk secara penuh, baik copy data atau transfer data.

Jadi secara konsep yang akan di lakukan adalah pertama "Mengirim file ke flashdisk " kemudian dari FD langsung di alihkan ke laptop.

Caranya,

Pertama , Siapkan kabel OTG dan flashdisk , lalu hubungkan ke smartphone. Tunggu sampai terdeteksi atau terbaca.

Kedua , setelah terbaca silahkan pilih gambar yang akan di pindah. Gunakan multi select supaya tidak lama dalam memindah satu satu.

Ketiga ,silahkan pilih pindah, dan arahkan ke flashdisk tempat penyimpanannya baru nya.

Keempat, Cabut flashdisk dari ponsel dan colokan ke port USB laptop , silahkan cut dengan cara tekan "Ctrl+x" , lalu menuju penyimpanan laptop sesuai folder yang di inginkan dan tekan "Ctrl+v" sebagai perintah paste.

Baca juga,  Cara memindahkan Foto dari HP ke Flashdisk

5. Menggunakan kartu memori eksternal.

Cara memindahkan foto dengan card reader

Saat ini banyak smartphone yang tidak di Bali dengan slot memori External. Dan mulai Diani juga kapasitas penyimpanan internal menjadi banyak yang menawarkan spek dewa.

Tetapi bukan hal yang tidak mungkin apabila kapasitasnya menjadi penuh.

Tidak ada pilihan kecuali pisahkan atau delete sebagian file maupun aplikasi supaya ponsel tetap prima.

Jika file atau data itu penting , cukup pisahkan ke laptop menggunakan memori eksternal juga bisa kok.

Langkahnya.

  • Pertama buka tray SIM card dan gunakan 1 slot kartu SIM untuk di pakai menempatkan kartu SD.
  • Masukan kembali , dan pilih beberapa foto maupun file lalu pindah kan ke kartu SD. Lalu buka ambil kartunya.
  • Gunakan card reader untuk menghubungkannya dan memindahkan ke laptop sama halnya teknik di atas .

Itulah cara lengkap yang bisa di pakai pengguna smartphone ketika Kana memindah foto di hp ke laptop .

Sekian dari saya ,semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel