. Mengatasi Hp Vivo Layar Macet, Mematikan paksa tanpa Cabut baterai - IME Android -->

Mengatasi Hp Vivo Layar Macet, Mematikan paksa tanpa Cabut baterai

Konten [Tampil]

Reboot paksa Hp Vivo - Mengatasi layar hp vivo macet dan cara matikan paksa, elektronik pasti pernah mengalami error.

.. termasuk dalam hal ini smartphone, yang dapat kapan saja mengalami masalah.

Jenis masalahnya beragam, salah satunya adalah layar macet tidak dapat menerima respon sehingga sulit dimatikan.

Contohnya saja pada smartphone Vivo  layarnya tidak merespon dan tombol fisik  tidak bisa digunakan sehingga harus melakukan restart paksa.

Pasti Anda sangat bingung, terlebih lagi Vivo menggunakan baterai  tanam atau Non-Removable itu membuat sulit dalam merestart ulang jika sewaktu-waktu terjadi error.

Bagi pengguna hp yang memiliki baterai removable memang akan lebih mudah dalam menanganinya, Anda bisa saja lepas paksa baterainya dan pasangkan kembali.

Cara Restart Paksa Hp Vivo tanpa cabut baterai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara restart paksa hp Vivo, tetapi sebelum itu saya akan menjelaskan apa saja penyebab layar Hp tidak merespon atau hang.
Mengatasi Hp Vivo macet layarnya
Vivo

Penyebab Layar Hang atau macet


Beragam yang dapat menyebabkan hp menjadi lemot, bahkan mampu menimbulkan layar ponsel tidak mau respon sama sekali.

Hal ini akan menjadi pengalaman yang cukup membuat kita kesal, dan seperti yang kita ketahui bahwa pentingnya ponsel kali ini bukan hanya sekedar alat komunikasi saja.

..Bahkan kini menjadi lebih keren lagi sebagai alat penghasil uang online, ya kita sebut saja mereka yang mampu memiliki pendapatan secara online hanya modal hp.

Ok, Apapun alasanya dan keperluan penggunaan smartphone yang pastinya masalah pasti ada penyebabnya dan berikut beberapa penyebab umum.

Prosesor dan RAM

Prosesor dan RAM dengan pemakaian berlebih akan berdampak pada layar Android Anda kadang tidak merespon saat akan digunakan.

Terlebih lagi Hp Vivo dengan kapasitas RAM yang kecil itu membuat lebih cepat menghabiskan ruang memori dan kerja prosesor pun akan terganggu.

Bagi Anda yang memakai Hp Vivo,  saya sarankan untuk sering membersihkan file-file yang tidak terpakai ( Cache )lagi supaya penyimpanan tidak melebihi jika menjalankan banyak aplikasi.


File System sudah Korup.

Untuk mengecek apakah aplikasi yang rusak akan berakibat tidak responnya layar pada hp Anda, Anda bisa mencobanya dengan buka aplikasi tersebut, jika ternyata macet Anda bisa uninstall terlebih dahulu aplikasi tersebut lalu menginstalnya kembali.

Jika aplikasi yang kita jalankan mengakibatkan layar hang dalam waktu yang lama, itu menandakan terdapat kerusakan pada sistemnya.

Jika itu terjadi hal  yang harus Anda lakukan yaitu dengan reset smartphone atau bisa lakukan cara flash bila parah.

Kerusakan file sistem umumnya terjadi pada ponsel yang sering di oprek, salah mengatur permission sehingga bisa mengakibatkan gagal fungsi.

Tidak hanya itu saja, paling buruk dapat menyebabkan bootloop.

Overload Proses Aplikasi

Ketika Anda membuka  aplikasi yang berjalan akan memperberat kinerja CPU begitu pula dengan RAM juga akan mempengaruhi. Jika layar Hp Anda sering hang kurangi beberapa aplikasi yang jarang Anda gunakan itu akan membuat kinerja prosesor dan RAM menjadi ringan.

Layar sentuh yang sudah rusak.

Tidak dapat kita abaikan begitu saja, pada sektor hardware juga dapat menyumbang dari susahnya mendapatkan respon karena Touchscreen yang telah rusak atau bermasalah.

Untuk cek kondisi layar sentuh anda dapat lakukan setelah reboot ponsel.

Memory Overload.


Banyak dari kita sebagai pengguna smartphone mengabaikan kapasitas memori internal, bahkan pembiaran penyimpanan hingga penuh.

Dan payahnya.. bukan hanya menjadi salah satu faktor penyebab hp vivo cepat panas namun dapat menyebabkan layar macet karena overload.

Cara Restart Paksa Hp Vivo

Tips 
Sebelum mematikan menggunakan cara dibawah sebaiknya anda coba terlebih dulu dengan melepaskan SIM Card, Memori External kemudian coba lagi untuk melakukan reboot.

Menekan tombol power


Jika Anda dihadapkan dengan hp dengan masalah  layar tidak merespon dan juga tombol fisik tidak bisa digunakan maka cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mematikan dan menghidupkan kembali hpnya dengan langkah sebagai berikut:
  • Tekan tombol power kira-kira 30 detik sampai layar  smartphone Anda padam dengan begitu smartphone akan melakukan reboot ulang.
  • Namun untuk tipe Vivo terbaru ada 2 pilihan jika Anda menekan tombol power yaitu matikan Hp dan  boot ulang.
  • Dan jika Anda sudah menekan tombol power tapi layar belum juga padam, langkah yang harus Anda lakukan yaitu ulangi tekan tombol powe jangan dilepas sampai  layar mati dengan sendirinya.

Cara kedua dengan mencopot baterai.


Langkah yang kedua ini cukup extreme, pasalnya untuk dapat membongkar atau melepas baterai haruslah mengetahui caranya.

cara membongkar cover belakang hp dengan baterai tanam memang tidak semudah dengan ponsel baterai removable yang kapan saja bisa di lakukan.

Namun, yang pastinya untuk cara ini anda dapat lakukan sebagai solusi mematikan paksa hp vivo.

Cara yang ketiga dengan melalui Menu Recovery Mode.

Langkah yang ketiga ini cukup extreme, pasalnya jika dengan menekan dan menggunakan cara diatas tidak berhasil maka anda dapat mencoba dengan masuk ke Mode recovery.

  • Caranya, silahkan tekan tombol "Power dan Volume Up" hingga beberapa detik hingga hingga muncul opsi pada layar, kemudian silahkan Pilih "Select Boot Mode".
  • Kemudian Pilih "Recovery mode"  maka anda akan dibawa ke mode recovery Vivo.
  • Gunakan Tombol Volume atas, volume bawah, dan tombol power untuk navigasi dan arahkan pilih reboot dengan tombol "power".
  • Tunggu hingga proses reboot selesai.

Mudah bukan, Apabila cara cara diatas tidak berhasil maka pastikan semua tombol fisik pada hp anda masih berfungsi dengan baik.

Baca juga : Cara lengkap Screenshot Hp Vivo

Penutup

Itulah cara restart paksa Hp Vivo jika smartphone yang Anda gunakan tidak merespon dan tombol fisiknya juga macet. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel