Peneyebab Dan Cara mengatasi Hp sering Mati sendiri,Panas,Lemot

IME android - Penyebab dan cara mengatasi hp sering mati sendiri akan menjadi pembahasan yang akan saya angkat kali ini.

Banyak hal yang harus kita koreksi, mungkin terkesan sulit awalnya tapi pecayalah.. Untuk mendeteksi penyebab hp restart sendiri tidak begitu sulit.

Saya tidak membahas secara spesifik pada hp xiaomi atau samsung. Namun cara dan penyebab yang akan saya bahas berlaku pada semua hp android seperti hp oppo, asus, sony, pocophone, vivo dan lainya.

Jangan tidak perlu buru buru di bawa ke jasa service hp terlebih dulu, karena kemungkinan anda juga bisa atasi sendiri.

Tulisan ini dari pengalaman pribadi yang hp sering restart sendiri secara tiba-tiba di hp xiaomi 4A. Awalnya saya beranggapan terdapat kerusakan pada IC HP, meskipun ini sangat mungkin menjadi salah satu faktor penyebabnya namun bukan berarti tidak ada faktor lain.

Begini urutan yang di lakukan untuk memastikan mengatasi hp yang suka mendadak mati, nyala kembali.
Penyebab Hp Suka mati sendiri


Penyebab hp suka Mati sendiri dan cara mengatasinya. 


Urutan yang perlu anda cek yang sebelum memperbaiki hp yang suka mati sendiri,maupun hp lemot serta cepat panas.

Secara umum terdapat dua faktor ,yakni dari sisi hardware dan software.Ini cukup kompleks,sehingga jika salah diagnosa tidak dapat menemukan penyebab yang tepat.

Dengan mengerti sumber penyebabnya maka disana pastinya terdapat solusi atau cara mengatasi hp lemot atai sering mati sendiri.


1.Baterai sudah eror atau rusak. 


Hal pertama yang perlu kita koreksi adalah pada sisi penampungan daya yang mengsuplai langsung ke perangkat.

Tidak bisa kita abaikan begitu saja, peranan baterai terhadap smartphone.

Hp sering restart sendiri yang pertama biasanya di sebabkan oleh baterai hp bocor atau sudah rusak. Meskipun belum parah ini bisa di sebabkan oleh kondisi kesehatan baterai yang sudah normal.

Anda dapat pastikan, jika baterai sudah melembung maka dapat di mungkinkan dari kondisi baterai yang sudah tidak baik.


Cara mengatasinya. 

Yang pertama silahkan pastikan hingga benar benar hp yang sering panas atau sering mati sendiri di sebabkan oleh baterai.

Jika sudah positif, maka tidak ada alasan lain kecuali mengganti.

Imeandroid.com tidak merekomendasikan untuk memperbaiki baterai rusak dengan cara cara yang tidak ilmiah.

Contoh yang pernah saya baca adalah mengatasi baterai tanam melembung dengan cara di masukan freezer.

Permasalahan pada baterai yang paling tepat adalah dengan ganti yang original, ini berlaku pada ponsel semua merek. Samsung, xiaomi, oppo, asus dan lainya, pastikan mengganti baterai original mengingat dengan potensi bahaya yang dapat di sebabkan.

Baca


2.Cache terlalu banyak.


Cache atau file sampah yang sudah menumpuk!
Ini merupakan permasalahan sederhana yang sering kali kita abaikan,namun untuk dampaknya dapat menyebabkan hp mati mendadak dan nyala kembali.

Ini di sebabkan karena penumpukan cache yang sudah melampaui batas kapasitas memori RAM .

File samah ini terjadi ketika anda membuka aplikasi,game ,browser dan cache akan merekam seluruh aktifitas yang telah anda lakukan.

Cara menatasi Hp suka mati Sendiri.

Crara mengatasi Hp suka matisendiri akibat cache penuh ,anda dapat menggunakan aplikasi pembersih sehingga RAM yang ada pada ponsel anda tidak keberatan dalam melakukan tugasnya.

Secara garis besar ini di sebabkan karena RAM Penuh ,yakni berfungsi sebagai memori menyimpan sementara aplikasi sedang berjalan maupun yang telah di tinggalkan . Jika sudah overload maka sistem akan restart sendiri.

Salah satu ciri lainya seperti Sering terjadi froce Close Program,umumnya terdapat notifikasi "Sayangnya aplikasi terhenti".

Baca
Cara hapus cache dan manfaatnya


3.Hp Setelah Root Atau Belum Update Sistem



Yang ketiga adalah di sebabkan karena terdapat Bug pada sistem baik yang di sebabkan dari kerusakan sistem setelah melakukan root hp android anda atau Karena belum update.

Untuk ini anda dapat memastikan dengan mudah,jika memang anda telah melakukan root hp dalam waktu dekat ,Maka dapat di mungkinkan ini menjadi penyebab hp sering restart.

Namun jika tidak,Silahkan cek android sistem atau versi yang anda gunakan.Nah ,pada kasus yang saya alami langsung adalah pada Xiaomi yang seharusnya melakukan update MIUI tapi tidak di laksanakan.

Ya,Al hasil yang di alami hp kadang kadang suka restart sendiri.

Solusinya?

Jika memang Hp anda telah Root ,Di sarankan melakukan unroot namun bila unroot tidak mebuahkan hasil maka di sarankan untuk melakukan factory reset atau flash hp android anda.

Dan solusi yang kedua anda dapat melakukan update sistem pada ponsel anda,jika pada Xiaomi anda dapat melakukan Update versi MIUI.


4.Aplikasi Crash Atau Tidak Update.

Terdapat aplikasi yang crash,beberapa aplkasi yang terisntall pada ponsel anda bisa saja ada yang mengalami crash atau tidak Update.

Ini dapat menyebabkan sistem tidak melakukan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga mengakibatkan sistem memutuskan untuk restart.

Solusinya
Silahkan cek aplikasi - aplikasi yang membutuhkan update,secara umum ini akan memperbaiki bug yang ada pada aplikasi tersebut.

5.Memori Internal Penuh

Ini bukan hal baik,Saya sarankan agar ponsel anda memiliki free space minimal 30% sehingga dapat bekerja secara optimal.

Salah satu penyebab hp lemot dan cepat panas di antaranya adalah faktor dari media penyimpanan ,terutama memori internal dan RAM.

Penutup
Demikian artikel kali ini membahas tentan cara mengatasi hp yang sering mati senidiri ,namun 5 penyebab diatas hanya mempengaruhi sebagian besar saja.

Artinya masih ada bagian lain yang mugkin dapat berpotensi menjadi salah satu penyebab yang dapat anda koreksi,seperti dari hardware ( Komponen IC,Ic Power,Atau Swit Tombol On Off) atau dapat di pengaruhi oleh suhu sekitar,sinyal dan lain sebagainya.Silahkan pastikan dan kembangkan lebih dalam lagi untuk mendapatkan analisa yang lebih mantap dan akurat.Terimakasih
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.