. Ketika Hp tiba tiba mati, Ini dia masalahnya - IME Android -->

Ketika Hp tiba tiba mati, Ini dia masalahnya

Konten [Tampil]

IMEandroid - Penyebab hp tiba-tiba mati akan menjadi pembahasan yang akan saya angkat kali ini.

Banyak hal yang harus kita koreksi, mungkin terkesan sulit awalnya tapi percayalah.. Untuk mendeteksi penyebabnya dan apabila memungkinkan dapat langsung diperbaiki.

Saya tidak membahas secara spesifik pada hp xiaomi atau samsung. Namun cara dan penyebab yang akan saya bahas berlaku pada semua hp android seperti hp oppo, asus, sony, pocophone, vivo dan lainya.

Jangan tidak perlu buru-buru di bawa ke jasa service hp, karena kemungkinan anda juga bisa atasi sendiri atau hanya karena masalah sepele.

Penyebab Hp tiba tiba mati


Tulisan ini dari pengalaman pribadi yang hp mendadak mati , yakni xiaomi 4A. Awalnya saya beranggapan terdapat kerusakan pada IC HP. Meskipun ini sangat mungkin menjadi salah satu faktor penyebab, tetapi kurang lengkap apabila belum dikoreksi.

Begini urutan yang dilakukan untuk memastikan mengatasi hp mendadak mati, nyala kembali.
Hp tiba tiba mati

Penyebab Hp Tiba-tiba Mati


Urutan yang perlu anda cek yang sebelum memperbaiki hp suka mati sendiri, maupun lemot serta cepat panas.

Secara umum terdapat dua faktor, yakni dari sisi hardware dan software. 

Ini cukup kompleks, sehingga jika salah dalam menganalisa kalian tidak dapat menemukan penyebab yang tepat.

Dengan mengerti sumber penyebabnya, maka disana pastinya terdapat solusi atau cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab hp tiba-tiba mati :
Baca Juga : Penyebab dan cara memperbaiki baterai Hp tidak mau di Cas

1. Baterai sudah eror atau rusak. 


Hal pertama yang perlu kita koreksi adalah pada sisi penampungan daya yang mensuplai langsung ke perangkat.

Tidak bisa kita abaikan begitu saja, peranan baterai terhadap smartphone memiliki dominasi tinggi dalam urusan hp tiba-tiba mati.

Hp mendadak mati yang pertama biasanya disebabkan oleh baterai bocor atau sudah rusak. Meskipun belum parah ini bisa dikarenakan oleh kondisi kesehatan baterai yang sudah normal.

Kalian dapat memastikan, jika baterai sudah melembung maka kemungkinan masalahnya dari situ.

Cara mengatasi hp mati mendadak karena baterai? 

Yang pertama silahkan pastikan,! penyebab utama masalah hp mati karena baterai smartphone rusak.

Jika sudah positif, maka tidak ada alasan lain kecuali mengganti baterai baru original.

Kami tidak merekomendasikan untuk memperbaiki baterai rusak dengan cara cara yang tidak ilmiah.

Contoh yang pernah saya baca adalah, mengatasi baterai tanam melembung dengan cara dimasukkan freezer.

Permasalahan pada baterai yang paling tepat adalah dengan ganti yang original, ini berlaku pada ponsel semua merek. Samsung, xiaomi, oppo, asus dan lainya, pastikan mengganti baterai original mengingat dengan potensi bahaya yang dapat ditimbulkan.
Baca juga : Ciri ciri baterai tanam Bocor

2. Cache terlalu banyak.


Cache atau file sampah yang sudah menumpuk!
Ini merupakan permasalahan sederhana yang sering kali kita abaikan, namun untuk dampaknya dapat menyebabkan hp mati mendadak dan nyala kembali.

Ini karena terdapat penumpukan cache yang sudah melampaui batas kapasitas memori RAM .

File samah ini terjadi ketika anda membuka aplikasi,game ,browser dan cache akan merekam seluruh aktifitas yang telah anda lakukan.

Cara mengatasi Hp sering mati Sendiri.

Cara mengatasi Hp suka mati sendiri akibat cache penuh ,anda dapat menggunakan aplikasi pembersih sehingga RAM yang ada pada ponsel anda tidak keberatan dalam melakukan tugasnya.

Secara garis besar ini penyebabnya karena RAM Penuh, yakni berfungsi sebagai memori menyimpan sementara aplikasi sedang berjalan maupun yang telah ditinggalkan . Jika sudah overload maka sistem akan restart sendiri.

Salah satu ciri lainya seperti Sering terjadi force Close Program,umumnya terdapat notifikasi "Sayangnya aplikasi terhenti".
Baca juga : Cara hapus cache dan manfaatnya

3. Hp Setelah Root Atau Belum Update Sistem

Yang ketiga adalah karena terdapat Bug pada sistem baik dari kerusakan sistem setelah melakukan root hp android atau Karena belum update.

Untuk ini anda dapat memastikan dengan mudah,jika memang anda telah melakukan root hp dalam waktu dekat , Maka dapat di mungkinkan ini menjadi penyebab hp sering restart.

Namun jika tidak,Silahkan cek android sistem atau versi yang anda gunakan.Nah ,pada kasus yang saya alami langsung adalah pada Xiaomi yang seharusnya melakukan update MIUI tapi tidak dilaksanakan.

Ya, Al hasil yang dialami hp kadang kadang suka restart sendiri.

Solusinya?

Jika memang Hp anda telah Root , Disarankan melakukan unroot namun bila unroot tidak membuahkan hasil maka disarankan untuk melakukan factory reset atau flash hp android anda.

Dan solusi yang kedua anda dapat melakukan update sistem pada ponsel anda,jika pada Xiaomi anda dapat melakukan Update versi MIUI.


4. Aplikasi Crash Atau Tidak Update.

Terdapat aplikasi yang crash,beberapa aplikasi yang terinstall pada ponsel anda bisa saja ada yang mengalami crash atau tidak Update.

Ini dapat menyebabkan sistem tidak melakukan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga mengakibatkan sistem memutuskan untuk restart.

Solusinya
Silahkan cek aplikasi - aplikasi yang membutuhkan update,secara umum ini akan memperbaiki bug yang ada pada aplikasi tersebut.

5. Memori Internal Penuh

Ini bukan hal baik, Saya sarankan agar ponsel anda memiliki free space minimal 30% sehingga dapat bekerja secara optimal.

Salah satu penyebab hp lemot dan cepat panas hingga mendadak mati.

Masih ada bagian lain yang mungkin dapat berpotensi menjadi salah satu penyebab yang dapat anda koreksi, seperti dari hardware ( Komponen IC, Ic Power, Atau Swit Tombol On Off) atau dapat dipengaruhi oleh suhu sekitar,sinyal dan lain sebagainya.

Penutup
Demikian artikel kali ini membahas tentang cara mengatasi hp yang sering mati sendiri ,namun 5 penyebab hp tiba tiba mati di atas hanya mempengaruhi sebagian besar saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel