. Cara claim BPJS Online menggunakan HP [Cairkan Uang BPJS Ketenagaakerjaan Dengan Cepat ] - IME Android -->

Cara claim BPJS Online menggunakan HP [Cairkan Uang BPJS Ketenagaakerjaan Dengan Cepat ]

Konten [Tampil]

Cara Klaim BPJS- Baik Netizen kali ini saya akan membahas tentang cara klaim BPJS online ,mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan setelah sekian lama bekerja kini sudah bisa cairkan online.

Kebetulan hari ini saya mencoba langsung melakukanya dan ternyata caranya mudah gaes!!

Sayang bukan, ? kalau uang yang selama ini setorkan tidak di ambil apalagi jika masa kerjanya sampai puluhan tahun hmm,,cukup tuh buat modal usaha.

Sebelum melakukan klaim BPJS Online pastikan kepesertaan  sudah tidak aktif,karena jika status kepesertaan masih aktif masih belum bisa diurus ya.

Dan kebetulan ingin fokus ngeblog sebulan yang lalu ,sehingga memutuskan untuk tidak bekerja di PT atau perusahaan lagi .

Berapa lama kita menunggu non aktif BPJS ketenagakerjaan ?? 

Yang saya alami adalah  menunggu kurang lebih selama sebulan ,jadi kepesertaan setelah 1 bulan lebih sudah tidak aktif ,dan tombol klaim sudah bisa digunakan pada aplikasi HP ponsel .

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya dapat melakukan pencairan dana BPJS yakni syarat mutlaknya adalah harus sudah  tidak dalam bekerja atau kepesertaan  sudah tidak aktif.

Tetapi di samping itu untuk dapat melakukan e klaim bpjs ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan ,berikut syarat syarat melakukan e klaim bpjs lewat hp atau melalui website resminya :


Syarat E Klaim BPJS Ketenagakerjaan.

  • Foto KTP Yang pertama adalah harus menyiapkan  foto KTP atau scan KTP yang masih berlaku ,dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan nama,tanggal atau alamat pada identitas .
  • Foto Scan paklaring, Paklaring menjadi salah satu bukti bahwa pernah bekerja di perusahaan tertentu. Dan ini juga menjadi syarat wajib pastinya,Jika tidak memiliki paklaring dan akan melakukan e-claim BPJS tanpa paklaring apakah bisa?? Tidak. Apabila keluar kerja dengan cara baik baik maka silahkan datangi kembali PT tempat anda kerja dan meminta paklaring.
  • Scan Buku tabungan BANK Selain paklaring dan foto copy KTP untuk syarat mencairkan BPJS ketenagakerjaan online yang berikutnya adalah foto scan Buku tabungan. Yang nantinya Nomor rekening tersebut digunakan untuk menerima pencairan dana Bpjs.
  • Scan Kartu keluarga  Ini merupakan salah satu persyaratan wajib juga gaes,,, Nah bagi yang belum memiliki kartu keluarga maka harus sesegera membuat kartu keluarga terlebih dulu. Jika memang sudah ada ,silahkan Scan dulu kemudian pastikan tidak ada kesalahan penulisan pada KK ,KTP maupun data yang terdapat pada BPJS. Dari beberapa kasus teman bahwa Cukup sulit untuk mencairkan dana BPJS jika data data identitas terdapat salah penulisan mulai dari Nama,NIK,Tanggal Lahir,alamat dan lain sebagainya.
  • Scan kartu Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan jika malas scand kartunya ,maka anda dapat mengunduh foto kartu tersebut melalui aplikasi BPJS yang terinstall pada smartphone.
Itulah syarat cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online yang harus dilengkapi,jika sudah lengkap maka kita lanjutkan ke tahapan / cara yang pertama,mengapa cara pertama?

Karena ada 2 cara untuk mencairkan dana jamsostek atau Bpjs,yang pertama melalui aplikasi Hp android dan yang kedua melalui laptop dengan mengunjungi situs resminya di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.


Cara mencairkan dana Jamsostek / Bpjs ketenagakerjaan Via Website.


Saya membahas klaim yang digaris bawahi dengan syarat secara kepesertaan bpjs sudah tidak aktif. Bukan perkara cara klaim bpjs ketenagakerjaan mengundurkan diri.

karena pada dasarnya meskipun mengundurkan diri asal memiliki paklaring dan sudah tidak aktif pastinya bisa melakukan e-claim sesuai dengan syarat syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan 2018 seperti yang sudah disebutkan diatas.

...............................................................
Baca juga
Ide Bisnis Online yang modal kecil
5 Strategi meningkatkan penjualaan Online
...............................................................

FAQ.

Bagaimana cara mencairkan bpjs yang masih aktif?
Nah saya ulangi lagi supaya tidak ada dusta diantara kita yakni untuk dapat mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan wajib dalam kondisi sudah tidak aktif secara kepesertaannya.

Apa ini cara klaim Bpjs ketenagakerjaan online 2018?
Entahlah kebijakan dan cara ini apa masih bisa digunakan hingga tahun 2019,2020,2021,2022 dan sebagainya namun yang pastinya saya lakukan dengan cara dan syarat ini sudah berhasil.

Bagaimana jika tidak memiliki Buku tabungan atau rekening?

Bisa meminjam buku tabungan atau nomor rekening dari saudara atau istri,suami kerabat yang bisa dipercaya.  Jika kurang yakin,bisa mendatangi langsung kantor bpjs setempat.

Tempat kerja dan tempat pencairan tidak sama,apa bisa ?

Ya bisa , kebetulan sebelumnya bekerja di perusahaan swasta di daerah cikarang kemudian saya melakukan e-claim di kampung lebih tepatnya di tegal.

Tetapi saya mendapatkan surat rujukan dari perusahaan tempat saya kerja dan dirujuk ke disnaker disana lalu di legalisir oleh pihak disnaker.

Baik untuk melakukan ecliam yang pertama adalah melalui website resmi nya silahkan kunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian silahkan login menggunakan akun anda.

Claim bpjs ketenagga kerjaan online
E-claim
Setelah masuk maka akan tampil seperti di bawah ini kemudian silahkan pilih "KLAIM SALDO JHT" ,kemudian pilih data data dan alasan claim.

cara mencairkan bpjs online

Setelah selesai maka klik tombol " SUBMIT FORM" maka anda akan diarahkan ke halaman form pengajuan.
cara claim bpjs online
Isi data Lengkap
Selanjutnya silahkan isi data data form klaim diatas dengan benar,
  • Cabang silahkan isi cabang BPJS yang ada di kota anda yang nantinya akan menjadi tempat pencairan dana.
  • No peserta silahkan isi nomor peserta sesuai dengan nomor kepesertaan yang tertera pada kartu jamsostek / BPJS.
  • Isi Nomor rekening yang akan menerima dana pencairan " Nama ,Nama bank,Nomor rekening" dan lanjutkan dengan upload semua syarat yang sudah discan seperti yang di kotak merah diatas.
  • Jika semua sudah selesai silahkan klik "Submit"
Jika semua tahapan diatas sudah selesai ,maka akan mendapatkan email notifikasi ,silahkan tunggu panggilan untuk datang ke kantor cabang BPJS sesuai yang telah anda pilih.

Proses validasi data biasanya membutuhkan waktu satu pekan,kemudian jika sudah mendapatkan panggilan ,silahkan bawa dokumen yang telah diUpload ketika melakukan eclaim BPJS ketenagakerjaan online.

Proses berikutnya akan dipanggil untuk mengurus proses transfer saldo BPJS ketenagakerjaan dengan jangka waktu normal kira kira 10 hari sampai dana di kirim ke nomor rekening yang sudah anda terapkan.

Selesai sudah melakukan pencairan dana BPJS online melalui website resminya,mudah bukan!! ,selanjutnya cara e klaim melalui aplikasi hp android.
Baca juga: Cara transfer uang melalui SMS Banking BRI

Cara claim BPJS JHT via aplikasi Hp android.

Nah alternatif yang kedua dapat menggunakan aplikasi smartphone yang dapat diunduh secara gratis.

Kemudian syaratnya juga sama dengan seperti di atas, hanya saja tampilannya melalui aplikasi mobile dalam bentuk terinstall pada ponsel.

Cara claim BPJS menggunkan aplikasi
Aplikasi ini membantu dalam mengurus pencairan BPJS menggunakan Hp android,tidak perlu mengantri panjang di kantor.

Yang terpenting adalah lengkapi syarat syarat di atas kemudian silahkan download aplikasi e-Klaim BPJS ketenagakerjaan melalui playstore.

Itu adalah aplikasi yang pertama namun saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi yang kedua dengan nama "BPJSTKU" karena apps ini resmi untuk melakukan mencairkan dana BPJS  silahkan download.
calim bpjs via aplikasi
BPJSTK
Mengapa menggunakan aplikasi ini,ya karena ini setau saya yang resmi udah gitu aja,untuk penggunaanya juga sama dengan seperti yang via website e klaim bpjs.

BPJSTK adalah Aplikasi yang  resmi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan untuk pengganti aplikasi BPJSTK Mobile yang lama.

Fungsinya sebagai media layanan Informasi program BPJS ketenagakerjaan serta media pengaduan atas ketidaksesuaian status kepesertaan ,seperti jumlah upah,jumlah karyawan yang bisa kita akses dimana saja dan kapan saja.


Fitur di BPJSTKU Adalah:

  • Melakukan pendaftaran menggunakan Data kependudukan.
  • Sebagai aplikasi untuk Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) dengan cara Online cepat serta akurat.
  • Terdapat fitur simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT).
  • Banyak Informasi Program.
  • Mendapatkan Informasi Kantor Cabang sesuai tempat tinggal.
  • Informasi Pusat layanan serta Sosial Media.
  • Dilengkapi dengan Layanan Pengaduan.

Demikian artikel saya kali ini tentang cara mengurus klaim BPJS online yang dapat anda lakukan menggunakan website atau aplikasi android yang dapat didownload secara gratis,dengan cara ini akan mempermudah dalam melakukan klaim tanpa repot repot atri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel