Cara bayar pajak Online Lewat Hp anda Mudah dan Cepat

Cara bayar pajak Online Lewat Hp anda Mudah dan Cepat
IME android - Cara bayar pajak online melalui Hp android kali ini menjadi pembahasan utama dalam penulisan artikel saya kali ini,Namun perlu di garis bawahi bahwa memabar pajak online tidak hanya saja di lakukan menggunakan hp saja yang di tekankan namun lebih di tekankan metode secara online.Berkaitan dengan maraknaya smartphone maka anda sudah dapat melakukan pembayaran hanya dengan HP.
Banyak dari kita yang belum tau tentang cara bayar pajak online,saat ini pemerintah berusaha membuat kita mudah dalam melakukan pembayaran pajak ,baik pajak motor,Mobil ,tanah dan lainya.
Cara bayar pajak online merupakan bukan suatu hal yang baru karena molai dari tahun 2016 sudah di berlakukan hanya saja seperti yang saya alami masih terpaku dengan cara lama yakni ke kantor/samsat langsung.

Seperti yang kita tau bahwa pajak yang kita bayarkan merupakan sumber dari pemasukan anggaran negara untuk kelangsungan pembangunan nasional.Pembangunanan secara berkesinambungan tentu adalah salah satu jenis feed back yang dari penggunaan dana pajak yang di keloala negara dari pembayaran anda.

Membayar pajak Online Lewat Hp android

Jenis pajak sendiri cukup banyak yang wajib di bayarkan diantaranya pajak penghasilan,pajak bumi dan bangunan dan pajak tanah,pajak pendapatan dan masih banyak lagi yang telah di atur pemerintah dan taat pajak merupakan ceriman masyarakan yang terus mendukung pembangunan negara.

Dan sayangnya seperti yang pernah kita dengar beberapa waktu lalu tentang pengampunan pajak / tax amnesty yang jumlahnya sangat besar hal ini merupakan salah satu gambaran bahwa penunggakan pajak pada negara ini artinya cukup besar.hal ini di sbabkan oleh banyak faktor pastinya,, entahlah atau memang proses sulit,atau malas antre dll namun dengan hadirnya proses bayar pajak via online di berlakukan maka sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak.

Penggunaan dana pajak sangat penting sekali maka kesadaran masyarakat harus benar benar di terapkan supaya pendapatan negara besar pastinya yang akan di kembalikan untuk pembanguanan dan penggunaan lainya dan berikut contoh jenis pajak dan penggunaan dananya.


Penggunaan dana pajak yang di bayarkan

Pada artikel saya sebelumnya saya sudah menulis tentang cara bayar pajak online motor namun tahukah kita pengguanan dana pajak tersebut,? berikut bebrapa penggunaan dana pajak seperti :

Pengguanan dana pajak untuk membiayai segala pengeluatran negara yang bersifat self liquidating atau lainya bisa kita ambil contoh adalah pembiayaan proyek barang ekspor produksi.
Selain itu juga penggunanan dana pajak juga di keluarkan untuk hal hal produktif seperti pengeluaran yang bisa memberikan keuntungan ekonomis langsung terhadap negara contohnya seperti anggaran untuk pertanian.
Selain itu dana pajak juga di gunakan untuk biaya hal hal non produktif dan non self liquidating namun mempunyai manfaat buat masyarakat seperti biaya pengeluaran untuk membangun objek rekreasi ,pembangunan monumen bersejarah.
Banyak sekali manfaat dari dana pajak tersebut atau bisa untuk pembiayaan atau pengeluaran yang bersifat tidak produktif namun di perlukan negara seperti pengadaan senjata sebagai penguatan pertahanan negara atau untuk santunan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Artinya sudah jelas bukan manfaat dari dana pajak ,semua fasilitas pembangunan jalan penerangan jalan dan lainya tentu kita nikmati sendiri ,selain infastruktur juga pertahanan negara senjata,pelatihan,subsidi ,transportasi masal dan masih banyak lainya yang tidak dapat di sebutkan satu persatu.


Membayar Pajak Online Melalui E-Billing Pajak.

Fasilitas kini sudah banyak di perbaiki oleh pemerintah harapanya adalah masyarakat akan sadar dengan pentingnya memabyar pajak,selin itu daris sisi pelayananya cara bayar pajak kini dapat di lakukan dengan cara online.
Hal ini berfungsi untuk mempermudah bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk membayar pajak kini dengan mudahnya dapat di lakukan hanya dengan menggunakan smartphone.
Berdasarkan FJP ( Direktorat jedral pajak EBilling Merupakan sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan sistem pembayaran mendapatkan kode billing atau ID Billing sebagai kode unik untuk melakukan pembayaran E-billing ,Ebilling sendiri merupakan pengganti pembayaran lama yang di lakukan dengan cara manual menggunakan media surat setoran pajak (SPP) yang biasa anda lakukan.
Pada bulan januari tahun 2016 sistem tersebut sudah secara penuh dapat berfungsi dengan baik hingga sekarang dengan secara pelahan sistem ini menggantikan pembayaran pajak secara manual,selain memudahkan knowladge tentang bayar pajak online perlu di pelajari bagi wajib pajak termasuk Aplikasi bayar pajak online.

Apa sih manfaat e-Billing pajak Online ini?

Tentu tidak lepas dari manfaat e billing ,karena pastinya sistem ini di buat memiliki tujuan yang bermanfaat buat penggunanya contohnya :
Dapat melakukan bayar pajak secara online dan mudah karena dengan memiliki ID E-Billing maka wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak dimana saja dan kapan saja meskipun dengan Hp.
Menekan terjadinya kesalahan pencatatan transaksi yang dapat terjadi ketika melakukan pembayaran secara manual.
Transaksi secara real time data hasil transaksi akan langsung tersimpan pada sistem Direktorat jendral pajak.



Bagaimana Cara  Bayar Pajak Online.

Cara bayar pajak Online
Source : https://www.cermati.com/

Nah jika anda mau bayar pajak online baik PBB,Pajak Motor maupun pajak apapun saya kira anda wajib tau dulu caranya supaya tidak bingung berikut sekema atau cara melakukan pembayaranya.


Yang Pertama Membuat kode ID Billing.

Ini salah satu langkah yang penting yang harus anda lakukan yaitu membuat kode billing,berikut beberapa cara membuatnya.


  1. Melalui Aplikasi Online pajak yang sudah di sahkan oleh direktorat jendral pajak ,aplikasi tersebut adalah satu satunya ASP atau Aplication Service Provider yang telah di sahkan dan di setujui DJP Untuk Membuat ID Billing sesuai dengan keputusan KEP-72/PJ/2016.
  2. Melalui teller Bank yang telah di setujui seperti BNI ,BCA,BRI,Mandiri,City bank serta kantor pos indonesia.
  3. Melalui SSE2 melalui website pajak.go.id melalui DJP Online
  4. Melalui HP untuk pelanggan Telkomsel dapat menggunakan SMS ID Billing dengan Dial Nomor *141*500#.
  5. Via layanan Billing di kantor pelayanan pajak KPP atau anda dapat melalui kantor penyuluhan dan konsultasi pepajakan (KP2KP) yang bisa anda lakukan secara mandiri.
  6. Menggunakan Hp / Telepon dengan layanan Kring pajak Di nomor 1-500-200 namun ini hanya dapat pada Pajak pribadi,sedangakan melalui internet BANKING dapat di lakukan namun hanya terdapat pada BANK tertentu saja.

Cara bayar pajak e-billing yakni dua cara yang pertama anda membuat ID billing diatas kemudian proses pembayaran online


Cara Bayar pajak Online

Saya asumsikan anda sudah memiliki ID biling sesuai dengan cara diatas maka pada tahapan berikutnya adalah tahapan pembayaranya.
Cara bayar pajak di bank yaitu anda sudah tidak perlu datang langsung ke bank dengan menggunakan fitur bayar pajak online pada nasabah BNI dan CIMB anda bisa membayar via ATM.
Selain Itu anda juga dapat mendatangi langsung BANK terdekat atau melalui kantor pos,internet banking,agen branchless banking bahkan anda juga dapat menggunakan aplikasi Mobile banking.
Anda juga dapat menggunakan mini ATM yang dapat anda temukan Di KPP atau KP2KP.


Berikut tahapan yang harus anda lakukan untuk membayar pajak online.


1.Silahkan daftarkan Perusahaan anda ke onlinepajak karena sebelum anda menggunakan sistem e-billing via ASP anda di wajibakan mendaftarkan terlebih dulu perusahaan dan mengisi secara lengkap perusahaan anda termasuk NPWP (Nomor pokok  wajib pajak).

2.Buat ID billing via ASP ,cara untuk membuatnya.
Menggunakan SPT (Surat pemberitahuan Tahunan (SPT) yang ada pada Online pajak,ID Billing berlaku selama 7 hari ,setelah lewat tuju hari maka jika terlewat maka tidak berlaku lagi.

3.Bayar pajak Via Online caranya masukan ID Billing yang telah anda peroleh kusus CIMB niaga ,ATM ,Internet banking,sms bangking atau langsung ke teler.
Kemdudian anda akan mendapatkan nomor tanda penerimaan negara atau NTPN setelah menyelesaikan pembayaran,selanjutnya masukan NTPN tersebut ke laporan SPT ketika melakukan e-filling atau pelaporan bayar pajak.

Mudah bukan cara bayar pajak online lewat hp,internet banking dan lain sebagainya.. nah dengan demikian kita sebagai wajib pajak akan merasakan kemudahan dalam melakukanya dan harapanya pastinya pemasukan pendapatan negara makin bagus yang akan di  gunakan untuk pembanguan.Demikian artikel kali ini di imeandroid.com semoga bermanfaat.

Sumber
https://www.cermati.com/
#Carabayar pajak Online
# Cara bayar pajak lewat hp
Share This :