. Cara bayar pajak Online Lewat Hp anda Mudah dan Cepat - IME Android -->

Cara bayar pajak Online Lewat Hp anda Mudah dan Cepat

Konten [Tampil]
Cara bayar pajak online melalui Hp android kali ini menjadi pembahasan utama dalam penulisan artikel kali ini.

Berkaitan dengan maraknya smartphone mempermudah penggunanya sudah dapat melakukan pembayaran hanya dengan HP.

Banyak dari kita yang belum tau tentang cara bayar pajak online,saat ini pemerintah berusaha membuat kita mudah dalam melakukan pembayaran pajak ,baik pajak motor,Mobil ,tanah dan lainya.

Cara bayar pajak online merupakan bukan suatu hal yang baru karena mulai dari tahun 2016 sudah diberlakukan hanya saja seperti yang saya alami masih terpaku dengan cara lama yakni ke kantor/samsat langsung.

Seperti yang kita tahu bahwa pajak yang kita bayarkan merupakan sumber dari pemasukan pendapatan negara untuk kelangsungan pembangunan nasional. Pembangunan secara berkesinambungan tentu adalah salah satu jenis feedback yang dari penggunaan dana pajak yang dikelola negara dari pembayaran anda.

Cara Membayar pajak Online Lewat Hp android


Jenis pajak sendiri cukup banyak yang wajib dibayarkan diantaranya pajak penghasilan,pajak bumi dan bangunan dan pajak tanah,pajak pendapatan dan masih banyak lagi yang telah di atur pemerintah dan taat pajak merupakan cerminan masyarakat yang terus mendukung pembangunan negara.

Dan sayangnya seperti yang pernah kita dengar beberapa waktu lalu tentang pengampunan pajak / tax amnesty yang jumlahnya sangat besar hal ini merupakan salah satu gambaran bahwa penunggakan pajak pada negara ini artinya cukup besar.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor pastinya,, entahlah atau memang proses sulit,atau malas antre dll namun dengan hadirnya proses bayar pajak via online diberlakukan maka sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak.

Penggunaan dana pajak sangat penting sekali maka kesadaran masyarakat harus benar benar diterapkan supaya pendapatan negara besar pastinya yang akan dikembalikan untuk pembangunan dan penggunaan lainnya dan berikan contoh jenis pajak dan penggunaan dananya.

Baca juga: Cara cek dan bayar pajak kendaraan via samsat online

Penggunaan dana pajak yang dibayarkan

Pada artikel saya sebelumnya saya sudah menulis tentang cara bayar pajak online motor namun tahukah kita penggunaan dana pajak tersebut,? berikut beberapa penggunaan dana pajak seperti :

Penggunaan dana pajak untuk membiayai segala pengeluaran negara yang bersifat self liquidating atau lainya bisa kita ambil contoh adalah pembiayaan proyek barang ekspor produksi.

Selain itu juga penggunaan dana pajak juga dikeluarkan untuk hal hal produktif seperti pengeluaran yang bisa memberikan keuntungan ekonomis langsung terhadap negara contohnya seperti anggaran untuk pertanian.

Selain itu dana pajak juga digunakan untuk biaya hal hal non produktif dan non self liquidating namun mempunyai manfaat buat masyarakat seperti biaya pengeluaran untuk membangun objek rekreasi ,pembangunan monumen bersejarah.

Banyak sekali manfaat dari dana pajak tersebut atau bisa untuk pembiayaan atau pengeluaran yang bersifat tidak produktif namun diperlukan negara seperti pengadaan senjata sebagai penguatan pertahanan negara atau untuk santunan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Artinya sudah jelas bukan manfaat dari dana pajak ,semua fasilitas pembangunan jalan penerangan jalan dan lainya tentu kita nikmati sendiri ,selain infrastruktur juga pertahanan negara senjata,pelatihan,subsidi ,transportasi massal dan masih banyak lainya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Baca juga: Cek bayar pajak kendaraan jawa barat dengan Aplikasi (online )

Membayar Pajak Online Melalui E-Billing Pajak.

Fasilitas kini sudah banyak diperbaiki oleh pemerintah harapannya adalah masyarakat akan sadar dengan pentingnya membayar pajak,selain itu dari sisi pelayananya cara bayar pajak kini dapat dilakukan dengan cara online.

Hal ini berfungsi untuk mempermudah bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk membayar pajak kini dengan mudahnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone.

Berdasarkan DJP ( Direktorat jenderal pajak EBilling Merupakan sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan sistem pembayaran mendapatkan kode billing atau ID Billing sebagai kode unik untuk melakukan pembayaran E-billing ,E Billing sendiri merupakan pengganti pembayaran lama yang dilakukan dengan cara manual menggunakan media surat setoran pajak (SSP) yang biasa anda lakukan.

Pada bulan januari tahun 2016 sistem tersebut sudah secara penuh dapat berfungsi dengan baik hingga sekarang dengan secara perlahan sistem ini menggantikan pembayaran pajak secara manual,selain memudahkan knowledge tentang bayar pajak online perlu dipelajari bagi wajib pajak termasuk  Aplikasi bayar pajak online.

Apa sih manfaat e-Billing pajak Online ini?

Tentu tidak lepas dari manfaat e billing ,karena pastinya sistem ini dibuat memiliki tujuan yang bermanfaat buat penggunanya contohnya :

Dapat melakukan bayar pajak secara online dan mudah karena dengan memiliki ID E-Billing maka wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak dimana saja dan kapan saja meskipun dengan Hp.

Menekan terjadinya kesalahan pencatatan transaksi yang dapat terjadi ketika melakukan pembayaran secara manual.

Transaksi secara real time data hasil transaksi akan langsung tersimpan pada sistem Direktorat jenderal pajak.
Baca Juga: Aplikasi bayar Pajak Motor terbaik

Bagaimana Cara   Bayar Pajak Online.

Cara bayar pajak Online
Source : https://www.cermati.com/

Nah jika anda mau bayar pajak online baik PBB,Pajak Motor maupun pajak apapun saya kira anda wajib tahu dulu caranya supaya tidak bingung berikut skema atau cara melakukan pembayaran.


Yang Pertama Membuat kode ID Billing.

Ini salah satu langkah yang penting yang harus anda lakukan yaitu membuat kode billing,berikut beberapa cara membuatnya.

  1. Melalui Aplikasi Online pajak yang sudah di sahkan oleh direktorat jenderal pajak ,aplikasi tersebut adalah satu satunya ASP atau Application Service Provider yang telah disahkan dan disetujui DJP Untuk Membuat ID Billing sesuai dengan keputusan KEP-72/PJ/2016.
  2. Melalui teller Bank yang telah disetujui seperti BNI ,BCA,BRI,Mandiri,Citibank serta kantor pos indonesia.
  3. Melalui SSE2 melalui website pajak.go.id melalui DJP Online
  4. Melalui HP untuk pelanggan Telkomsel dapat menggunakan SMS ID Billing dengan Dial Nomor *141*500#.
  5. Via layanan Billing di kantor pelayanan pajak KPP atau anda dapat melalui kantor penyuluhan dan konsultasi perpajakan (KP2KP) yang bisa anda lakukan secara mandiri.
  6. Menggunakan Hp / Telepon dengan layanan Kring pajak Di nomor 1-500-200 namun ini hanya dapat pada Pajak pribadi,sedangkan melalui internet BANKING dapat dilakukan namun hanya terdapat pada BANK tertentu saja.

Cara bayar pajak e-billing yakni dua cara yang pertama anda membuat ID billing diatas kemudian proses pembayaran online

Baca juga: Cara bayar pajak Motor Di jawa barat

Cara Bayar pajak Online

Saya asumsikan anda sudah memiliki ID billing sesuai dengan cara diatas maka pada tahapan berikutnya adalah tahapan pembayaranya.

Cara bayar pajak di bank yaitu anda sudah tidak perlu datang langsung ke bank dengan menggunakan fitur bayar pajak online pada nasabah BNI dan CIMB anda bisa membayar via ATM.

Selain Itu anda juga dapat mendatangi langsung BANK terdekat atau melalui kantor pos,internet banking,agen branchless banking bahkan anda juga dapat menggunakan aplikasi Mobile banking.

Anda juga dapat menggunakan mini ATM yang dapat anda temukan Di KPP atau KP2KP.


Berikut tahapan yang harus anda lakukan untuk membayar pajak online.


1.Silahkan daftarkan Perusahaan anda ke onlinepajak karena sebelum anda menggunakan sistem e-billing via ASP anda diwajibkan mendaftarkan terlebih dulu perusahaan dan mengisi secara lengkap perusahaan anda termasuk NPWP (Nomor pokok   wajib pajak).

2.Buat ID billing via ASP ,cara untuk membuatnya.
Menggunakan SPT (Surat pemberitahuan Tahunan (SPT) yang ada pada Online pajak,ID Billing berlaku selama 7 hari ,setelah lewat tujuh hari maka jika terlewat maka tidak berlaku lagi.

3.Bayar pajak Via Online  caranya masukan ID Billing yang telah anda peroleh khusus CIMB niaga ,ATM ,Internet banking,sms banking atau langsung ke teller.

Kemudian anda akan mendapatkan nomor tanda penerimaan negara atau NTPN setelah menyelesaikan pembayaran,selanjutnya masukan NTPN tersebut ke laporan SPT ketika melakukan e-filing atau pelaporan bayar pajak.

Mudah bukan cara bayar pajak online lewat hp,internet banking dan lain sebagainya.. nah dengan demikian kita sebagai wajib pajak akan merasakan kemudahan dalam melakukanya dan harapan pastinya pemasukan pendapatan negara makin bagus yang akan di   digunakan untuk pembangunan.Demikian artikel kali ini di imeandroid.com semoga bermanfaat.

Sumber
https://www.cermati.com/
#Cara Bayar pajak Online
# Cara bayar pajak lewat hp

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel