. Cara cek dan bayar pajak kendaraan via samsat online - IME Android -->

Cara cek dan bayar pajak kendaraan via samsat online

Konten [Tampil]

Cara cek Pajak kendaran - Setelah saya membuat artikel tentang cara mengecek biaya pajak hanya dengan menggunakan aplikasi,nah kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara membayar pajak melalui e-samsat dan cara cek biayanya.

Mari kita luruskan terlebih dahulu mengenai pajak kendaraan atau pajak apapun.

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayar oleh masyarakat indonesia ,perkara pembayaran pajaknya melalui online atau datang langsung ke tempat pembayaran pajak saya kira itu bukan suatu masalah.

Namun yang jadi permasalahan adalah anda yang tidak mau membayar pajak entah pajak motor atau pajak apapun.

Nah,Untuk pembayaran pajak kendaraan motor atau mobil kini sudah hadir dengan menawarkan kemudahan melalui e-samsat,yakni anda dengan mudah membayar pajak tanpa harus datang langsung ke samsat.

Namun ada beberapa masalah kecil yakni dengan adanya beberapa wilayah yang belum bisa menikmati kemudahan pembayaran pajak motor melalui e-samsat atau Online.Namun ada beberapa kota besar maupun pulau yang sudah dapat melakukan pembayaran pajak secara online seperti di bawah ini:

Untuk Wilayah DKI Jakarta anda dapat langsung mengunjungi website resminya  https://pajakonline.jakarta.go.id/,dengan begitu anda bisa mendapatkan informasi valid dan akurat.Tidak hanya itu saja buat anda yang tinggal di jawa barat juga bisa memperoleh info membayar pajak motor online melalui e-samsat di website http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ nah,kemudain apa ada alasan anda untuk tidak taat pajak?


Cara Cek pajak motor atau mobil melalui samsat online.


Hallo..ada orang di situ yang sedang ingin membayar pajak namun masih bingung karena waktu,ok semoga artikel saya saat ini menjadi jawaban atas kebingungan anda.

Anda yang rugi pastinya bukan karena setiap ada pemeriksaan anda akan kena   tilang,saya kira motor atau mobil adalah salah satu kebutuhan untuk mobilisasi yang cukup memiliki peranan penting jadi untuk apa kalau tidak taat pajak sementara ketika kita telat ada sanksinya loh,Ayo ..

Buat anda yang bertempat di Jawa Tengah maka anda cukup ke website  http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/,disana anda dapat mendapatkan informasi penting tentang pajak kendaraan anda.

Bagaimana dengan Jawa Timur tentu saja sudah tersedia silahkan meluncur kesini ya gaes http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas dan sedangakan untuk info pajak online Yogyakarta, http://infonjkbdiy.com/.
cara bayar pajak online motor dan mobil

Untuk daerah istimewa aceh anda dapat mengecek info pajak motor anda dengan melalui website resmi, http://esamsat.acehprov.go.id/,kemudian jangan kuatir juga untuk kepulauan rio bisa ke  http://dispenda.kepriprov.go.id/Home/InfoPajak disana anda dapat mengecek info pajak mobil maupun motor anda secara online.

Cara cek dan bayar pajak kendaraan secara online tidak hanya ada pada pulau jawa saja melainkan ada beberapa wilayah indonesia yang sudah dapat mengecek pajak kendaraan dan pembayaran pajak secara online,untuk wilayah Sulawesi Tengah anda bisa mengujungi, http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php.

Baca juga: Cara sms banking Bank BRI Transaksi langsung Di Hp Android.

Cara bayar pajak motor atau mobil lewat Online.

saya akan coba jelaskan sedikit cara membayar pajak online untuk kendaraan bermotor,Silahkan kunjungi situs resmi sesuai dengan wilayah anda tinggal ,nah saya ambil contoh Untuk kawasan DKI jakarta.
  • Yang pertama silahkan anda bisa kunjungi Situs samsat resmi PKB jakarta.
  • Kemudian masukan Nomor polisi kendaraan yang akan anda cek pajak pada bagian Nopol B.
  • Selanjutnya masukan Nomor KTP pada kolom NIK.
  • Kemudian Klik Tombol Proses.
  • Selanjutnya akan muncul informasi tentang kendaraan anda ,mulai dari nama pemilik,biaya pajak yang akan di bayar,masa berlaku STNK ,masa jatuh tempo status pajak.
Mudah bukan?? Dengan cara di atas anda dapat mengetahui jumlah pajak yang wajib anda bayar ,namun perlu di garis bawahi setiap pembayaran pajak biasanya akan dikenakan biaya administrasi sekitar Rp.25.000.

Bagaimana cek pajak pada Plat nomor yang hanya 3 Digit?

Ini adalah kondisi yang berbeda ,pada plat nomor kendaraan yang hanya 3 digit atau 2 digit yang intinya kurang dari 4 digit anda bisa menggunakan angka Nol (0) Di depan nya supaya bisa di cek.

Contohnya anda memiliki kendaraan dengan plat nomor B.567 XYZ maka yang perlu anda masukan menjadi B.0567 XYZ.
Kemudian setelah anda mendapatkan informasi jumlah pembayaran pajak motor atau mobil anda, silahkan lakukan pembayaran melalui online ATM.

Daftar Kota yang sudah dapat menerapkan sistem pembayaran pajak secara online.

Seperti yang telah saya ucapkan diatas bahwa belum semua wilayah dapat membayar pajak kendaraan online,berikut provinsi yang sudah bisa.

Provinsi DKI Jakarta
Jawa Timur  
Mekanisme bayar pajak kendaraan online Jawa Tengah http://bppd.jatengprov.go.id/
Jawa Barat
Aceh

Baca juga: Aplikasi Android cek pajak Kendaraan 

Buat provinsi Jawa Timur, berikut langkah yang harus kamu lakukan buat bayar pajak kendaraan bermotor lewat online.

Silahkan Buka web resmi e-samsat Jawa timur,kemudian silahkan isi data yang dibutuhkan seperti.

Kota kendaraan anda terdaftar, dan pilih samasay awal motor atau mobil anda terdaftar.
Masukan nomor polisi kendaraan yang akan di bayar pajak, di lanjutkan dengan mengisi captcha yang ada.

Selanjutnya akan muncul total pajak yang harus dibayar dan lakuan tahapan berikutnya supaya anda dapat bayar pajak online di jawa timur.

Masukan nomor Bpkb serta nomor rangka untuk memastikan validasi data, pilih samsat pengesahan STNK Kemudian   pilih bank pemerintah pembayaran.

Kemudian jika berhasil akan muncul informasi pilihan lokasi samsat mana yang akan anda ambil notif pajaknya.

Serta menampilkan daftar BANK serta fasilitas   perbankan untuk bayar STNK, Seperti ATM, Teler, SMS Banking, internet banking dsb.

Kemudian setelah anda mendapatkan kode bayar anda dapat melakukan pembayaran sesuai metode yang sudah anda tentukan.

Jika transaksi berhasil Bank akan mengeluarkan kode sebagai bukti pelunasan transaksi pajak kendaraan bermotor Atau PKB.

Nah demikian cara bayar pajak kendaraan secara online, mudah kan jangan bingung lagi ya mengenai cara bayar pajak motor atau mobil. Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat.

Sumber  https://www.moneysmart.id/ini-caranya-cek-pajak-kendaraan-bermotor-di-samsat-online/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel