. Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things] - IME Android -->

Belajar iot dengan arduino Untuk Pemula [Internet of Things]

Konten [Tampil]

IME android - Arduino IoT,Ini Akan terkesan sedikit melenceng dari tema android maupun smartphone dengan membuat artikel tentang belajar IoT arduino.Artikel ini menjadi salah satu catatan penting untuk saya pribadi untuk mengenal dan belajar IoT.

Bagi anda yang baru mendengar dengan kata Arduino Atau IoT mungkin asing sehingga terkesan bahwa ini tidak ada korelasinya dengan smartphone dan android.

Saya kira kurang tepat jika anda menganggap bahwa IoT dengan arduino tidak memiliki hubungan dengan smartphone,pasalnya ini akan sangat erat sekali memiliki hubungan dengan dunia internet ,smartphone.

Ini mungkin catatan awal artikel tentang pembelajaran IoT bagi saya,hal ini saya katakan sekali lagi bukan karena saya ahli dalam pemrograman arduino dan mengenai IoT melainkan menjadi sebuah catatan Ilmu yang ingin saya pelajari dan saya bagikan supaya kita sama sama belajar dan siap menghadapi era digital dan IoT.

Mengenal IoT and Arduino 

Belajr arduino untuk pemula lengkap

Sebelum kita lanjutkan ke yang lebih jauh mari kita bahas setiap stepnya supaya kita memiliki persepsi yang sama..

Apa itu IoT ,Kok Susah di sebutnya..

Internet of Thing ,ya merupakan kepanjangan dari IoT yang Ahir Ahir ini sering muncul menjadi salah satu pembahasan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi .


Pengertian IoT.

Kita lanjutkan lebih dalam untuk mengenal dari pengertian IoT terlebih dulu karena pembahasan tentang ini akan panjang serta pembelajarannya juga tidak sebentar.

Internet of Thing awalnya di sarankan oleh Kevin asthon melalui Auto-ID Center di MIT sebuah institusi riset swasta dan universitas di Amerika (Tentang MIT).

Sedangkan pengertian dari IoT sendiri merupakan sebuah konsep dengan memiliki tujuan memperoleh manfaat dari konektivitas internet yang terhubung secara terus menerus  seperti dapat kita saksikan saat ini smartphone yang bisa dikatakan tidak putus dengan internet.

Namun dalam hal ini kita dapat mengartikan lebih dalam lagi yaitu menghubungkan / berbagi data dengan benda dalam dunia nyata sehingga kita dapat mengontrol benda benda apa saja seperti ,bahan pangan,peralatan kerja,listrik,koleksi,elektronik yang akan kita hubungkan dengan jaringan lokal maupun global melalui sensor yang ditanamkan dan selalu aktif.
belajar iot arduino pemula
Belajar IoT

Apa yang anda pikirkan?

Entahlah apa yang saya pikirkan juga setelah kita mencoba mengenali dari konsep dasar IoT. IoT sendiri pada dasarnya mengacu pada benda yang bisa diidentifikasikan secara unik dan direpresentasi kan virtual dalam struktur yang berbasis internet.

Saat ini sudah banyak contoh dari produk IoT yang dapat anda ambil seperti ,mengontrol CCTV Melalui hp android,menyalakan lampu ,kontrol rumah jarak jauh dan masih banyak lagi sehingga sedemikian rupa kita dapat mengontrol dari benda yang ada dalam dunia nyata melalui internet.

Is this really!? Yes of course you wanna try ..

Nah loh,ngomong apa itu..namun dalam hal ini untuk menghubungkan dari benda benda tersebut maka akan membutuhkan sebuah alat yang salah satunya adalah arduino.

Oh..arduino,..
Tidak.semudah itu kita beli arduino kemudian tempelkan dengan benda yang akan kita hubungkan dengan internet melainkan ada beberapa tahapan dalam IoT,sebaiknya mari kita jalan dulu sama Arduino.


Mengenal IoT dengan Arduino.

iot dengan arduino pemula
Starter Kit Belajar arduino

Setelah kita memahami konsep dari Internet of Thing maka kita akan membahas dan molai berkenalan dengan perangkat yang menunjang untuk membangun projects tersebut.Belajar IoT dengan Arduino merupakan pilihan yang tepat untuk kita sebagai pemula sehingga kita mampu memahami dari konsep konsep dasar dan cara kerja dari program yang akan di install pada arduino.

Benda apa sih arduino ?
Awam banget ,serius !! Saya awam dalam dunia IoT namun apa salahnya kita pelajari siapa tahu bermanfaat setidaknya saya pernah baca dan mendengar nya jika di kemudian hari konsep ini menjadi salah satu gaya hidup yang populer.

Arduino sendiri adalah pengendali micro single-board yang sifatnya open source yang diturunkan dari working platform yang dirancang untuk kemudahan membangun projects atau elektronik dalam berbagai bidang.

Dengan dilengkapi prosesor Atmel AVR dan memiliki bahasa pemrograman sendiri.


Hardware Dan Software.



Masih berkaitan dengan dua tersebut dimana dalam pengembangan atau membuat project IoT selalu membutuhkan hardware dan software Microcontroller yang kita kenal dengan arduino ini adalah sebuah papan board yang dapat dengan mudah kita gunakan dan kita pelajari untuk membangun sebuah project Iot Untuk pemula.

AVR adalah sebuah sebuah controller yang masih kerabat dengan intel,ini banyak digunakan dan diaplikasikan pada arduino.selain itu kita juga bisa menjumpai arduino dengan menggunakan Kontroler ARM dan Atheros seperti Arduino YUN.Tipe papan Board yang akan anda gunakan tentu memiliki banyak variasi maka cukup dengan memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis papan Arduino.
belajar iot dengan arduino

Kemudian jika anda akan belajar dengan arduino maka anda mau atau tidak harus mulai mengenal dengan papan board arduino.Banyak tipe papan board arduino membuat kita sebagai pemula cukup bingung untuk menentukan yang cocok di gunakan untuk belajar IoT dengan arduino yang tepat.

Untuk pemula banyak yang menyarankan untuk menggunakan Arduino Uno karena papan tipe ini merupakan papan yang cukup compact dengan dilengkapi port Input dan output (I/O) baik analog maupun digital.

Kemudian pada tahapan selanjutnya belajar IoT dengan Arduino adalah dengan mempelajari dari bagian bagian Arduino itu sendiri.
Tak kenal maka tak sayang sepertinya akan berlaku juga terhadap belajar yang satu ini ,,:D nah kabar baiknya jika anda sudah menguasai microcontroller maka artinya anda sudah 40% menguasai arduino ,Mengapa? Karena mikrokontroler adalah arduino itu sendiri hanya mengubah cara memprogram dan mengaplikasinya dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Download Datasheet Mikrocontroller AVR Tipe ATMEGA328 PDF

Baca


Sudah mengerti tentang Iot arduino? Kemudian pada tahapan berikutnya saya akan buat artikel tentang memperdalam tentang arduino ,di dalam arduino sendiri banyak hal yang akan dibicarakan dan dapat membuat kita harus tarik ulur nafas.

sudah siap membuat iot project? masih banyak hal yang perlu kita gali,maka artikel tentang internet of thing saya buat dengan bertahap,tujuannya adalah menjaring pemula untuk mudah paham.Demikian artikel saya semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel