Bagian dan fungsi Arduino Uno [IoT Breadboard]

Mempelajari Bagian dan fungsi Arduino Uno

IME android - Masih berkaitan dengan belajar IoT dengan arduino yang sedanga saya buat pada artikel sebelumnya,untuk mempelajari Internet of Thing kita harus sedikit bersabar dan ulet untuk mempelajarinya terlamsuk mengenal arduino.

Dapat kita lihat pada arduino terdapat pin,IC dan lain sebagainya mungkin akan membuat kita bingung jika kita adalah seorang pemula.Nah tujuan dari artikel ini adalah mengenalkan bagian dan fungsi yangterdapat pada papan arduino sehingga akan menjadi familiar dalam penyebutanya.

Pada artikel saya kali ini akan memabahas dari bagan ardunio uno,kita tau bahwa jenis arduino cukup banyak namun untuk belajar arduino untuk pemula yang paling di rekomendasikan adalah dengan menggunakan board arduino uno.

Hmm kebayang gak sih jika kita belajar dalam membuat prject IoT tidak mengenal nama dan fungsi bagian arduino,dengan mengenal komponen komponen pada board merupakan menjadi salah satu dasar yangharus kita pelajari karena tersebut akan terus di ikut sertakan dalam sebuah project anda.

Bagi anda yang sudah pernah mempelajari elekro mungkin sudah tidak asing lagi melihat komponen arduino ini karena pada dasarnya hampir sama dengan rangkaian yang lainya yang berisi dengan IC pin dan sebagainya .
bagian dan fungsi arduino
Source: https://referensiarduino.wordpress.com


Bagian bagian dari board arduino


  1. Yang pertama Universal Asynchronous Receiver/Transmitter (UART) yaitu antar muka yang di pakai untuk komunikasi serial seperti pada RS-232, RS-422 dan RS-485.
  2. Yang kedua tidak kalah pentingnya yakni 2KB RAM pada memory kerja bersifat volatile yang bersifat sementara dan akan hilang ketka sudah di matikan , Menyimpan variable-variabel di dalam sebuah program.
  3. Sama dengan no dua 32KB RAM flash memory bersifat non-volatile, fungsinya untuk menyimpan program dari komputer. Selain program, flash memory juga berfungsi menyimpan bootloader.
  4. Bootloader pengertianya sebuah program inisiasi yang memiliki ukuran kecil, dan dijalankan oleh CPU ketika daya dihidupkan. kemudian bootloader selesai dijalankan maka program selanjutnya di dalam RAM akan dieksekusi.
  5. Selanjutnya 1KB EEPROM juga memilki sifat non-volatile, Berfungsi sebagai menyimpan data yang tidak boleh hilang ketika daya dimatikan,ini memiliki sifat berlawanan dari RAM. ini tidak digunakan di papan Arduino (red: tetapi dapat diakses/diprogram oleh pemakai dan digunakan sesuai kebutuhan).
  6. CPU (Central Processing Unit ), Adalah IC atau bagian microcontroller fungsinya menjalankan setiap instruksi dari perintah proggram.
  7. Bagian berikutnya Port input/output,yaitu  pin-pin sebagai menerima data (input) digital atau analog, kemudian menjadikan data (output) digital atau analog.

Itulah beberapa bagian bagian utama dari microcontroller  menjadi komponenn utama pada ATmega , Kemudian kita akan mengenal  beberapa bagian-bagian papan Arduino itu sendiri. dapat anda lihat sebuah papan Arduino dengan tipe USB, seperti gambar dibawah:
bagianpenjelasan arduino uno

Bagian dan fungsi dari Arduino UNO.

Tahapan belajar arduino untuk pemula yang berikutnya dalah pengenalan pada bagian serta memahami fungsinya,ini sifatnya sangat dasar sekali untuk anda yang sedang akan belajr membuat project IoT maupun Roboticknya.

Pemahaman seperti ini biasanya bagi yang sudah ahli adalah suatu hal yang di luar kepala artinya mereka sudah paham benar terkait nama dan fungsi.

1. Power USB
Yang pertama anda dapat melihat dari gambar diatas adalah sebuah port dengan menggunakan kabel USB yang dapat di hubungkan dari dan ke komputer Anda. 

2. Power (Barrel Jack)
Pada Board Arduino dapat support langsung dari listrik AC power supply melalui menghubungkannya ke Barrel Jack 

3. Voltage Regulator
Berfungsi untuk mengatur /control tegangan diberikan untuk papan Arduino dan mengstabilkan tegangan DC yang akan gunakan oleh prosesor serta elemen lainnya.

4. Crystal Oscillator
Bekerja membantu arduino menangani masalah waktu yakni hal ini di percayakan pada Crystal Oscillator,dengan jumlah cetak kristall arduino adalah 6.000H9H dan ini memberitahu bahwa  adalah 16.000H9H. 

5. Arduino Reset
Arduino reset berfungsi melakukan reset dan memolai program anda molai dari awal,anda bisa mengatur board arduino dari awal.Anda dapat mengatur ulang board UNO melalu dua cara  yang pertama dengan menggunakan Tombol reset 17 pada papan dan yang kedua dapat menghubungkan tombol reset external ke arduino pin berlabel reset(5)
6, 7, 8, 9. Pins (3.3, 5, GND, Vin)
3.3V (6) - Pasokan 3,3 Output volt
5V (7) - Pasokan 5 Output volt
Sebagian besar komponen yang digunakan menggunakan papan Arduino bekerja dengan baik pada  3,3 volt dan 5 volt.
GND (8) (Ground) - Terdapat beberapa pin GND pada Arduino, serta apapun yang dapat digunakan untuk ground sirkuit Anda.
Vin (9) - pin ini juga bisa digunakan untuk daya board Arduino dari sumber daya eksternal, seperti power supply AC.

10. Analog pins
Board Arduino UNO adalah lima pin input analog A0 melalui A5. pin ini dapat membaca sinyal dari sensor analog seperti sensor kelembaban atau sensor suhu dan mengubahnya menjadi nilai digital yang dapat dibaca oleh mikroprosesor.

11. Main microcontroller
Pada Setiap board Arduino merupakan mikrokontroler sendiri (11) dan bisa di sebuat dengan otak utama dari sebuah program anda.
IC utama (integrated circuit) pada Arduino memiliki sedikit berbeda dari board ke board dengan Mikrokontroler yang biasanya  dari Perusahaan ATMEL.Untuk melihat datasheet AVR tipe ATMEGA.Seharunya kita tau sebelum loading program baru dari arduino IDEInformasi ini tersedia di bagian atas IC. Untuk rincian lebih lanjut tentang pembangunan IC dan fungsi, Anda dapat merujuk pada DataSheet

12. ICSP pin
Sebagian besar, ICSP (12) adalah AVR, header pemrograman kecil untuk Arduino terdiri dari mosi, miso, SCK, RESET, VCC, dan GND. Hal ini sering disebut sebagai SPI (Serial Peripheral Interface), yang dapat dianggap sebagai "perluasan" dari output. Sebenarnya, Anda bekerja keras perangkat output ke master dari bus SPI.

13. Power LED indicator
LED ini seharusnya menyala pada saat pasang Arduino Anda ke sumber listrik untuk menunjukkan bahwa forum Anda diaktifkan dengan benar. Jika lampu ini tidak menyala, maka ada sesuatu yang salah dengan koneksi.

14. TX and RX LEDs
Di forum Anda, Anda akan menemukan dua label: TX (transmit) serta RX (menerima). Mereka hadir di dua tempat pada board Arduino UNO. Pertama, pada pin digital 0 dan 1, untuk menunjukkan pin bertanggung jawab untuk komunikasi serial. Kedua, TX dan RX dipimpin (13). TX Memiliki kecepatan berkedip yang berbeda ketika mengirim data serial. Kecepatan berkedip bergantung pada baud rate yang digunakan oleh dewan. berkedip RX selama proses penerimaan.

15. Digital I/O
Pada Board Arduino UNO memiliki 14 digital I / O pin (15) (dimana 6 memberikan PWM (Pulse Width Modulation) output. Pin ini bisa dikonfigurasi untuk bekerja sebagai input pin digital berfungsi membaca nilai logika 0 atau 1 atau untuk digital output pin drive modul yang berbeda seperti LED, relay, dsb pin berlabel "~" Bisa digunakan untuk menghasilkan PWM.

16. AREF
Merupakan singkatan Analog Referensi (AREF) Kadang-kadang digunakan sebagai mengatur tegangan referensi eksternal (antara 0 serta 5 Volt) sebagai batas atas untuk pin input analog.

Demikian artikel saya kali ini tentang mengenal dari bagian serta fungsi dari papan arduino,nama komponen dan fungsi pada board arduino merupakan salah satu dasar dari kita yang sedang akan belajar arduno pemula.Cukup banyak bukan ??? Komponen arduino jika anda merasa senang dengan belajar maka akan lebih mudah dalam penerimaan belajr,semoga sukses dan terimakasih
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.