Jenis Controler Arduino lengkap [ Belajar IoT dengan Arduino ]

Jenis Controler Arduino lengkap [ Belajar IoT dengan Arduino ]

Mengenal Jenis Controler Arduino Untuk belajar IoT.


IME android - Untuk membuat sebuah project robot maupun IoT salah satunya membutuhkan Controler ,mungkin banyak jenis controler yang dapat anda gunakan salah satunya adalah Arduino.

Banyak hal yang perlu digunakan dalam belajara arduino salah satunya adalah mengenal bahasa pemrograman arduino.Sebelum beranjak ke bahasa pemrograman maka kita perlu mengenal jenis controler dari arduino.

Jenis controler arduino memiliki banyak tipe yang mungkin akan membuat bingung bagi pemula untuk menentukan jenis apa yang akan di pilih untuk project pertamanya.

Spesifikasi arduino ini akan menentukan jenis project yang akan di kerjakan namun bagi anda seorang pemula di rekomendasikan untuk molai belajarnya dengan arduino Uno.

Secara umum manfaat atau fungsi dari arduino adalah sebagai micro controler single board yang di rancang untuk mempermudah penggunaan elektronik dalam pengembangan project IoT maupun Robotiknya.Banyak kalangan yang menggunakan arduino karena banyak kelebihannya.



Kelebihan Menggunakan Arduino

Harga Murah – Papan  Arduino memiliki harga  relatif murah di jual antara 125ribu sampai  400 ini memiliki harga lebih murah di bandingkan dengan micro controler platform lain.Ini menjadi slaha satu alasan yang cukup kuat bagi mereka yang akan belajr IoT dengan Arduino  lebih di rekomnedasikan.

Dirancang Sederhana mudah pemrogramannya ,dalam pengembangan atau membuat project IoT maupun Robotik menggunakan Arduino maka kita perlu menginstall proggram yang berisi sebuah perintah perintah dalam bentuk bahasa pemprograman arduino.

Jika anda bukan seorang programer tidak perlu kuatir ,pasalnya arduino menggunakan bahasa pemprograman yang cukup mudah di pelajari serta memiliki desain board yang sederhana namun power full, menggunakan bahasa pemprograman dengan basis Processing.

Software dan Hardware Open source - Di publikasikan sebagai software Open source dengan basis pada Bahasa  C dengan mengembangkan dari C++ sehingga buat anda yang pernah belajar bahasa C akan menjadi lebih mudah belajar program dari ardunio.

Dengan hardware berbasis Micro controler ATMEGA 168,ATMEGA8,ATMEGA 1280 serta ATMEGA 328 dengan produk terbaru ATMEGA2560.

Artinya siapa saja yang ingin belajar mengembangkan project IoT maupun project robotiknya dapat dengan mudah dan dengan biaya yang murah,serta dengan bebas menjualnya kembali.

Untuk Bootloadernya sudah tersedia langsung dari Hardware Arduni IDE dan dapat menggunakan Breadboard untuk membuat perangkat arduino dan periferal -Periferal lain yang di butuhkan.


Apa  kelebihan lainya Menggunakan Arduino?


  • Sudah tidak membutuhkan chip programer karena pada arduino sudah di lengkapi dengan bootloadernya yang mempermudah upload program dari komputer.Dilengkapi dengan Port USB sangat membantu dan familiar dengan kita bagi yang pada laptopnya tidak di lengkapu dengan Port RS323.Dilengkapi dengan Modul siap pakai yang bisa di hubungkan pada board arduino sperti GPS maupun Ethernet.
  • Socket USB fungsinya sebagai di sambungkan dengan laptop mengirim/install program ke arduino serta sebagia port com serial.
  • Input dan output menggunakan pin pin yang dapat sebagai menghubungkan Arduino dengan komponen atau instalasi digital project yang sedang anda kembangkan ,contohnya ketika membuat LEDD kedip maka LED tersebut di pasang pada pin input atau output serta ground.Komponen lainya menghasilkan komponen digital atau menerima input digital dapat di hubungkan ke pin pin ini.
  • Input analog atau analog pin adalah pin2 yang fungsinya sebagai menerima sinyal dari komponen/rangkaian analog. Sperti contoh potensiometer, sensor suhu, sensor cahaya, dsb.
  • Catu daya pin yang dapat sebgai input tegangan untuk komponen atau project yang terhubung dengan arduino .Pada bagian catu daya terdapat Vin dan reset yang memiliki fungsi jika akan memberikan tegangan langsung ke arduino tanpa tegangan USB atau Adaptor dapat menggunakan Vin.Sedangkan Pin berfungsi untuk memberikan sinyal reset baik melalui tombol maupun external project.
  • Adaptor atau socket baterai di fungsikan menyuplai arduino dengan tegangan dai baterai atau adaptor 9V ketika arduino tidak di hubungkan dengan komputer.

Jenis- jenis Arduino 


Mnegenal macam macam arduino dan spesifikasi adalah pondasi dasar untuk menentukan project yang akan anda kerjakan sehingga tidak salah pilih menentukan jenis arduino.Nah kali ini artikel saya yang aduhai akan membahas tentang jenis arduino supaya kita semua paham nih gaes...

Apalagi yang sedang berencana membangun project IoT maupun Robotiknya ,,Hmmm apa saja ya??

1. Arduino Uno. 

jenis arduino
Source :www.reichelt.com
Untuk jenis yang pertama pada tipe arduino yang akan saya sebutkan adalah arduino UNO,Pada tipe ini yang paling di rekomendasikan untuk seorang pemula yangakan mengembangkan ata membuat project IoT maupun robotiknya.

Untuk Versi terahir pada arduino UNO yaitudengan UNO R3 menggunakan ATMEGA328 sebagai micro contolernya dengan 14 Pin I/O digital dan Input analog 6Pin sedangakan pemprogramanya cukup dengan USB type A atau B seperti USB Printer.


2. Arduino Due.

Jenis dan fungsi arduino
Source :www.reichelt.com
Ada perbedaan pada arduino Due di bandingkan dengan Ardunio Uno ,jika pada UNO menggunakan ATMEGA maka pada Arduino Due menggunakan Micro controler lebih tinggi yaitu  ARM Cortex CPU dengan 54 pin I/O digital serta 12 Pin Input analog.

Untuk flashing program atau pemprogramanya mungkin lebih mudah lagi yaitu menggunakan pord Micro USB yang di gunakan pada smartUntuk pemogramannya menggunakan Micro USB, terdapatphone.


3. Arduino Mega. 

jenis controler arduino
Source :www.reichelt.com

Arduino mega lebih mirip dengan arduino uno  yakni sama sama menggunkan USB type A /B untuk melakukan pemprogramanya ,Namun Arduino Mega telah menggunakan Chip control yang lebih tinggi yaitu ATMEGA2560.Jumlah Pin I/O yang di miliki pastinya lebih tinggi dari Ardunio UNO.


4. Arduino Leonardo. 

jenis arduino Leonardo
source : it.rs-online.com
Ardunio Leonardo memiliki banyak kesamaan dengan Arduino UNO molai bisa kita lihat dari jumlah Pin I/O digital serta Pin Input Analognya sama.Namun Pada Leonardo Menggunakan Micro USB sebagai Port Pemrogramanya yang membadakan dari keduanya.


5. Arduino Fio.

jenis arduino belajar Iot pemula

Pada varian Controler arduino yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda yang terutama pada bagian socketnya ,Namun pada jumlah pin I/O digital serta input analognya memiliki kesamaan dengan ardunio uno dan arduino leonardo, namun Ardunino Fio memiliki jenis XBee. 

XBee membuat Ardunio Fio bisa di gunakan untuk projek yang berhubungan dengan wireless.


6. Arduino Lilypad.

jenis arduino dan fungsi
Arduino Lilypad

Arduino jenis ini saya melihat bentuknya cantik seperti hiasan dengan bulat melingkar 360 drajat yang biasanya di gunakan untuk membuat project Unik.Dengan di lengkapi 14pin I/O digital dan pin input analag dengan jumlah 6 dengan versi lamanya menggunkan micro controlel ATMEGA168 namun versi terbaru menggunkan ATMEGA 328.


7. Arduino Nano. 

jenis arduino nano
Nano V3.0 Board
Pada Board micro cotroller ini memiliki ukuran yang kecil dan bentuk yang sederhanda ,meskipun dengan ukuran yang kecil memiliki banyak fasilitas dan sudah di lengkapi dengan FTDI untuk memprogram melalui Micro USB. 

Dengan memiliki jumlah Pin I/O digital 14 , serta 8 jumlah Pin input Analog yang artinya lebih banyak dari Arduino Uno. Pada Arduino ini meggunkan Chip ATMEGA168, atau ATMEGA328.


8. Arduino Mini. 

arduino mini

Arduino mini 05 memiliki fasilitas yang sama dengan Arduino Nano  yang hanya di lengkapi dengan micro USB untuk pemprogramanya.sedangkan pada   Arduino Pro Mini adalah board mikrokontroler menggunkan chip ATmega328. dilengkapi dengan 14 digital pin input / output yang mana  6 dapat digunakan untuk output PWM, dan 6 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk pemasangan pin header. 

Pada header enam pin bisa dihubungkan ke kabel FTDI atau Sparkfun board breakout sebagai suplay daya USB serta komunikasi untuk board.


9. Arduino Micro. 

Jenis jenis Micro cotroler arduino lengkap
Source :Amazon

Jenis arduino berikutnya adalah arduino Micro yang memiliki ukuran sediki lebih panjang dari nano dan mini dengan di lengkapi 20 pin I/O digital dan 12 Input analog.


10. Arduino Ethernet.

Belajar Iot dengan Arduino

Masih ada lagi jenis arduino yang wajib kita ketahui yaitu arduino jenis eternet yang sudah di lengkapi dengan port ethernet sehingga anda dapat membuat project dengan terhubung dengan ajringan LAN komputer dengan jumlah pin I/O maupun Analog sama dengan arduino uno.


11. Arduino Esplora. 

jenis arduino lengkap
Source :www.reichelt.com

Arduino ini sangat menarik yakni jika anda akan membuat project dengan membutuhkan joystick,button,dll maka jenis ini cocok.


12. Arduino Robot. 

jenis jenis arduino lengkap
Source :arduino.cc

Arduino Robot merupakan paket komplit dari Arduino yang telah di assymble dan berbentuk robot. Sudah dilengkapi LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan semua yang anda butuhkan untuk robot sudah ada pada Arduino tersebut.Untuk pengembangan robotik dan Iot Menggunakan arduino robot ini akan menjadi sebuah project luar biasa.

Demikian artikel saya kali ini membahas jenis dari arduino,dari 12 jenis ini adalah yang paling sering di gunakan untuk membuat sebuah project baik robotik maupun dengan membangun project Iot dengan arduino.

Tidak mau ketinggalan bukan sebagai generasi muda yang ingin mengembangkan bakat menjemput kemajuan teknologi maka sejak dini belajr pengembangan IoT maupun robotik...

Mau bikin Apa Ya...?? baca dulu dibawah biar tambah yakin.. :D terima kasih
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.