. 12 Jenis Controler Arduino lengkap [ Belajar IoT dengan Arduino ] - IME Android -->

12 Jenis Controler Arduino lengkap [ Belajar IoT dengan Arduino ]

Konten [Tampil]
Jenis Arduino  - Untuk membuat sebuah project robot maupun IoT salah satunya membutuhkan Controller ,mungkin banyak jenis controller yang dapat anda gunakan salah satunya adalah Arduino.

Banyak hal yang perlu digunakan dalam belajar arduino salah satunya adalah mengenal bahasa pemrograman arduino.Sebelum beranjak ke bahasa pemrograman maka kita perlu mengenal jenis controller dari arduino.


Tipe dan jenis Kontroler Arduino untuk IoT dan Project lainya


Jenis kontroler arduino memiliki banyak tipe yang mungkin akan membuat bingung bagi pemula untuk menentukan jenis apa yang akan dipilih untuk project pertamanya.

Spesifikasi arduino ini akan menentukan jenis project yang akan dikerjakan namun bagi anda seorang pemula direkomendasikan untuk mulai belajarnya dengan arduino Uno.

Secara umum manfaat atau fungsi dari arduino adalah sebagai microcontroller single board yang dirancang untuk mempermudah penggunaan elektronik dalam pengembangan project IoT maupun Robotiknya.Banyak kalangan yang menggunakan arduino karena banyak kelebihannya.


Kelebihan Menggunakan Arduino. 

Harga Murah – Papan  Arduino memiliki harga   relatif murah dijual antara 125rb sampai  400 ini memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan microcontroller platform lain. Ini menjadi salah satu alasan yang cukup kuat bagi mereka yang akan belajar IoT dengan Arduino  lebih direkomendasikan.

Dirancang Sederhana mudah pemrogramannya ,dalam pengembangan atau membuat project IoT maupun Robotik menggunakan Arduino maka kita perlu menginstall program yang berisi sebuah perintah perintah dalam bentuk bahasa pemrograman arduino.

Jika anda bukan seorang programer tidak perlu kuatir ,pasalnya arduino menggunakan bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari serta memiliki desain board yang sederhana namun powerfull, menggunakan bahasa pemrograman dengan basis Processing.

Software dan Hardware Open source - Dipublikasikan sebagai software Open source dengan basis pada Bahasa  C dengan mengembangkan dari C++ sehingga buat anda yang pernah belajar bahasa C akan menjadi lebih mudah belajar program dari arduino.

Dengan hardware berbasis Microcontroller ATMEGA 168,ATMEGA8,ATMEGA 1280 serta ATMEGA 328 dengan produk terbaru ATMEGA2560.

Artinya siapa saja yang ingin belajar mengembangkan project IoT maupun project robotiknya dapat dengan mudah dan dengan biaya yang murah,serta dengan bebas menjualnya kembali.

Untuk Bootloadernya sudah tersedia langsung dari Hardware Arduino IDE dan dapat menggunakan Breadboard untuk membuat perangkat arduino dan periferal -Periferal lain yang dibutuhkan.


Apa  kelebihan lainya Menggunakan Arduino?

  • Sudah tidak membutuhkan chip programer karena pada arduino sudah di lengkapi dengan bootloadernya yang mempermudah upload program dari komputer.Dilengkapi dengan Port USB sangat membantu dan familiar dengan kita bagi yang pada laptopnya tidak dilengkapi dengan Port RS323.Dilengkapi dengan Modul siap pakai yang bisa dihubungkan pada board arduino seperti GPS maupun Ethernet.
  • Socket USB fungsinya sebagai disambungkan dengan laptop mengirim/install program ke arduino serta sebagai port com serial.
  • Input dan output menggunakan pin pin yang dapat sebagai menghubungkan Arduino dengan komponen atau instalasi digital project yang sedang anda kembangkan ,contohnya ketika membuat LED kedip maka LED tersebut dipasang pada pin input atau output serta ground.Komponen lainya menghasilkan komponen digital atau menerima input digital dapat dihubungkan ke pin pin ini.
  • Input analog atau analog pin adalah pin2 yang fungsinya sebagai menerima sinyal dari komponen/rangkaian analog. Sperti contoh potensiometer, sensor suhu, sensor cahaya, dsb.
  • Catu daya pin yang dapat sebagai input tegangan untuk komponen atau project yang terhubung dengan arduino .Pada bagian catu daya terdapat Vin dan reset yang memiliki fungsi jika akan memberikan tegangan langsung ke arduino tanpa tegangan USB atau Adaptor dapat menggunakan Vin.Sedangkan Pin berfungsi untuk memberikan sinyal reset baik melalui tombol maupun external project.
  • Adaptor atau socket baterai di fungsikan menyuplai arduino dengan tegangan dari baterai atau adaptor 9V untuk arduino tidak dihubungkan dengan komputer.

Baca juga Belajar IoT Untuk pemula menggunkan Arduino


Jenis- jenis Board Arduino 


Mengenal macam macam arduino dan spesifikasi adalah pondasi dasar untuk menentukan project yang akan anda kerjakan sehingga tidak salah pilih menentukan jenis arduino.Nah kali ini artikel saya yang aduhai akan membahas tentang jenis arduino supaya kita semua paham nih gaes...

Apalagi yang sedang berencana membangun project IoT maupun Robotiknya ,,Hmmm apa saja ya??

1. Arduino Uno. 

jenis arduino
Source :www.reichelt.com
Untuk jenis yang pertama pada tipe arduino yang akan saya sebutkan adalah arduino UNO,Pada tipe ini yang paling direkomendasikan untuk seorang pemula yang akan mengembangkan atau membuat project IoT maupun robotiknya.

Untuk Versi terakhir pada arduino UNO yaitudengan UNO R3 menggunakan ATMEGA328 sebagai micro controllernya dengan 14 Pin I/O digital dan Input analog 6 Pin sedangkan pemrogramannya cukup dengan USB type A atau B seperti USB Printer.


2. Arduino Due.

Jenis dan fungsi arduino
Source :www.reichelt.com
Ada perbedaan pada arduino Due dibandingkan dengan Arduino Uno ,jika pada UNO menggunakan ATMEGA maka pada Arduino Due menggunakan Microcontroller lebih tinggi yaitu   ARM Cortex CPU dengan 54 pin I/O digital serta 12 Pin Input analog.

Untuk flashing program atau pemrograman mungkin lebih mudah lagi yaitu menggunakan port Micro USB yang digunakan pada smart Untuk pemrogramannya menggunakan Micro USB, terdapat phone.


3. Arduino Mega. 

jenis controler arduino
Source :www.reichelt.com

Arduino mega lebih mirip dengan arduino uno  yakni sama sama menggunakan USB type A /B untuk melakukan pemrograman ,Namun Arduino Mega telah menggunakan Chip control yang lebih tinggi yaitu ATMEGA2560.Jumlah Pin I/O yang dimiliki pastinya lebih tinggi dari Arduino UNO.


4. Arduino Leonardo. 

jenis arduino Leonardo
source : it.rs-online.com
Arduino Leonardo memiliki banyak kesamaan dengan Arduino UNO mulai bisa kita lihat dari jumlah Pin I/O digital serta Pin Input Analognya sama.Namun Pada Leonardo Menggunakan Micro USB sebagai Port Pemrograman yang membedakan dari keduanya.


5. Arduino Fio.

jenis arduino belajar Iot pemula

Pada varian Controller arduino yang satu ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda yang terutama pada bagian socketnya ,Namun pada jumlah pin I/O digital serta input analognya memiliki kesamaan dengan arduino uno dan arduino leonardo, namun Arduino Fio memiliki jenis XBee.

XBee membuat Arduino Fio bisa digunakan untuk proyek yang berhubungan dengan wireless.


6. Arduino Lilypad.

jenis arduino dan fungsi
Arduino Lilypad

Arduino jenis ini saya melihat bentuknya cantik seperti hiasan dengan bulat melingkar 360 derajat yang biasanya digunakan untuk membuat project Unik.Dengan dilengkapi 14 pin I/O digital dan pin input analog dengan jumlah 6 dengan versi lamanya menggunakan microcontroller ATMEGA168 namun versi terbaru menggunakan ATMEGA 328.


7. Arduino Nano. 

jenis arduino nano
Nano V3.0 Board
Pada Board microcontroller ini memiliki ukuran yang kecil dan bentuk yang sederhana ,meskipun dengan ukuran yang kecil memiliki banyak fasilitas dan sudah di lengkapi dengan FTDI untuk memprogram melalui Micro USB.

Dengan memiliki jumlah Pin I/O digital 14 , serta 8 jumlah Pin input Analog yang artinya lebih banyak dari Arduino Uno. Pada Arduino ini menggunakan Chip ATMEGA168, dan ATMEGA328.


8. Arduino Mini. 

arduino mini

Arduino mini 05 memiliki fasilitas yang sama dengan Arduino Nano  yang hanya dilengkapi dengan micro USB untuk pemrograman.sedangkan pada   Arduino Pro Mini adalah board mikrokontroler menggunakan chip ATmega328. dilengkapi dengan 14 digital pin input / output yang mana  6 dapat digunakan untuk output PWM, dan 6 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk pemasangan pin header.

Pada header enam pin bisa dihubungkan ke kabel FTDI atau Sparkfun board breakout sebagai suplai daya USB serta komunikasi untuk board.


9. Arduino Micro. 

Jenis jenis Micro cotroler arduino lengkap
Source :Amazon

Jenis arduino berikutnya adalah arduino Micro yang memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari nano dan mini dengan dilengkapi 20 pin I/O digital dan 12 Input analog.


10. Arduino Ethernet.

Belajar Iot dengan Arduino

Masih ada lagi jenis arduino yang wajib kita ketahui yaitu arduino jenis ethernet yang sudah dilengkapi dengan port ethernet sehingga anda dapat membuat project dengan terhubung dengan jaringan LAN komputer dengan jumlah pin I/O maupun Analog sama dengan arduino uno.


11. Arduino Esplora. 

jenis arduino lengkap
Source :www.reichelt.com

Arduino ini sangat menarik yakni jika anda akan membuat project dengan membutuhkan joystick,button,dll maka jenis ini cocok.


12. Arduino Robot. 

jenis jenis arduino lengkap
Source :arduino.cc

Arduino Robot merupakan paket komplit dari Arduino yang telah di assembly dan berbentuk robot. Sudah dilengkapi LCD, Speaker, Roda, Sensor Infrared, dan semua yang anda butuhkan untuk robot sudah ada pada Arduino tersebut.Untuk pengembangan robotik dan Iot Menggunakan arduino robot ini akan menjadi sebuah project luar biasa.

Demikian artikel saya kali ini membahas jenis dari arduino,dari 12 jenis ini adalah yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah project baik robotik maupun dengan membangun project Iot dengan arduino.

Tidak mau ketinggalan bukan sebagai generasi muda yang ingin mengembangkan bakat menjemput kemajuan teknologi maka sejak dini belajr pengembangan IoT maupun robotik...

Mau bikin Apa Ya...?? baca dulu di bawah biar tambah yakin.. :D terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel