.  Mengenal Apa Itu Firewall dan 4 Fungsi Utamanya - IME Android -->

 Mengenal Apa Itu Firewall dan 4 Fungsi Utamanya

Konten [Tampil]

IMEandroid - Dalam dunia smartphone dan komputer maupun perangkat yang terhubng dengan internet pastinya terdapat istilah firewall. Terutama Bagi Anda yang akrab dengan website dan komputer pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Namun untuk teman-teman awam, istilah ini mungkin masih belum familiar sehingga masih banyak juga yang bertanya-tanya apa itu firewall.

Secara mudah, firewall merupakan sistem proteksi dan keamanan untuk website, server, dan jaringan yang ada di internet.

Firewall dan Fungsinya

Cara kerja firewall adalah menyaring data atau paket, sehingga komputer dapat mengakses data yang tergolong aman dan menolak data yang bisa menyerang keamanan komputer. Untuk informasi lebih lengkap, yuk baca ulasan di bawah ini sampai habis.

Baca Juga: Cara menampilkan kecepatan Internet Hp

Pengertian Firewall


Firewall secara umum dimaknai sebagai pencegah berbagai hal yang bisa menyebabkan rusaknya komputer. Sedangkan secara khusus firewall adalah sebuat bentuk proteksi saat Anda ingin mengakses sebuah informasi, terutama yang sifatnya publik dan rentan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab seperti hacker.

Firewall berada di tengah-tengah antara satu perangkat dengan perangkat yang lain yang terkoneksi dengan internet atau LAN. Melalui firewall ini, Anda bisa mengatur data, informasi, dan kegiatan apa saja yang boleh berlalu-lalang dari jaringan internet ke komputer dan sebaliknya.

Baca Juga: Penyebab dan cara mengatasi Internet Lambat

Fungsi Firewall


Adapun fungsi firewall yang perlu Anda ketahui antara lain:

#1. Melindungi Data


Seringkali Anda tidak sadar dan lepas kontrol terhadap aktivitas akses internet. Dengan adanya kelonggaran semacam itu, peluang hacker akan lebih besar untuk melakukan peretasan data-data Anda. Untuk itu Anda dihimbau untuk selalu mengaktifkan sistem perlindungan dari firewall agar kegiatan berselancar di internet tetap aman dan nyaman.

#2. Monitoring Bandwidth

Fungsi selanjutnya adalah firewall bisa digunakan untuk membatasi dan memonitor layanan bandwidth yang bisa digunakan. Anda bisa menetapkan batasan untuk setiap konten berupa gambar, video, musik, atau hiburan lain. Anda juga dapat menentukan sendiri konten yang cocok dengan minat dan keinginan Anda, misalnya konten di bidang teknologi dan edukasi..

#3. Memblok Konten yang Tidak Diinginkan


Firewall juga bisa digunakan untuk memblok konten yang tidak diinginkan. Anda bisa melarang sebuah konten dari suatu alamat website untuk muncul di perangkat Anda. Anda juga dapat mengatur alamat URL apa saja yang tidak boleh untuk diakses pada device Anda.

#4. Mampu Mengakses Layanan VPN


Pada suatu waktu, ada pihak provider yang memblokir Anda agar tidak dapat mengakses suatu konten atau website. 

Oleh karena itu, firewall memfasilitasi adanya fitur VPN (Virtual Private Network) yang berfungsi untuk dapat mengakses berbagai akses konten atau website yang telah diblokir. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan sistem data sharing yang akan diimplementasikan.

Baca Juga: Tips Menambah Kecepatan Internet Hp

Manfaat Firewall


Setelah mengetahui fungsinya, berikut disajikan 3 manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan firewall.

1. Melindungi Komputer dari Peretasan

Manfaat adanya firewall yang pertama adalah melindungi perangkat Anda dari peretasan yang dilakukan hacker dari jarak jauh. Firewall mampu menyediakan konfigurasi OS yang benar sehingga bisa mematikan akses apapun termasuk kontrol penangkap jarak jauh.

2. Melindungi Perangkat dari Malware


Firewall dapat mencegah perangkat Anda terkena malware, mengingat kejahatan di dunia maya bisa terjadi kapan saja, yang mana salah satunya adalah malware.

3. Menjadikan Bermain Game Online Lebih Aman


Karena malware bisa datang dan terjadi kapan saja, maka tidak menutup kemungkinan perangkat Anda bisa terserang saat sedang bermain game online. Namun, dengan adanya firewall, virus-virus yang coba merusak bisa dicegah bahkan mampu diblokir.

Baca Juga: Cara unreg paket Internet dan Telepon Telkomsel

Cara Kerja Firewall


Cara kerja firewall terbagi menjadi tiga metode, antara lain:

#1. Penyaringan Data


Cara kerja yang pertama adalah proses penyaringan (filtering). Firewall melakukan pemilihan atau menyaring secara detail untuk menentukan mana informasi atau data yang perlu didistribusikan atau dibuang. Firewall akan meloloskan sebuah data atau informasi manakala data tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

 #2. Layanan Proxy


Metode berikutnya adalah layanan proxy, di mana informasi yang ada di internet diambil oleh firewall dan dikirim menuju sistem yang diminta. Hal tersebut dilakukan terus menerus secara berkelanjutan.

#3. Proses Inspeksi


Metode inspeksi ini termasuk metode baru, di mana sistem akan melakukan perbandingan bagian kunci tertentu dari paket dengan basis data yang terpercaya. Informasi firewall pada metode ini menentukan terkait karakteristik yang akan menunjukkan kecocokan, apakah data tersebut sudah sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh sistem.

Baca Juga: Cara ampuh Menghemat Kuota Internet di Hp


Nah, itulah tadi ulasan terkait firewall. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kita semua. Namun tidak hanya itu saja, firewall ternyata tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis. Jika Anda penasaran apa saja jenisnya, Anda bisa membaca informasi lengkapnya di jenis-jenis firewall.

Berbicara tentang firewall dan website, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa layanan pembuatan website yang terpercaya. Jetorbit menyediakan layanan unlimited hosting yang bisa membantu keperluan Anda di bidang bisnis, pribadi maupun organisasi. Layanan dari jetorbit akan terus membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Jadi tertarik bekerja sama dengan kami? Yuk mulai sekarang juga!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel