. Cara cek Infrared Hp android Lengkap Semua Merek - IME Android -->

Cara cek Infrared Hp android Lengkap Semua Merek

Konten [Tampil]

Sensor Infrared memang saat ini memang sudah banyak ditinggalkan penggunanya, Dalam hal ini pengguna sudah tidak memakai infra merah ketika akan transfer file atau menghubungkan dengan ponsel lain. Banyak cara mengirim berkas , Kirim file melalui bluetoot, whatsapp, atau aplikasi sharing lain.

Tetapi tidak disadari bahwa sensor tersebut masih bermanfaat, Misalnya ketika supaya hp bisa jadi remot tv, AC atau kipas, maka memerlukan adanya jaringan infra merah.

Lalu bagaimana cara cek inframerah di Hp android anda?

Berkat adanya fitur enginering mode pada ponsel android, penggunanya dapat mengecek sensor hingga spesifikasinya secara lengkap.

Infrared dapat dikatakan sebagai fitru legendaris, tidak hanya pada sistem operasi android saja. Dalam berbagai perangkat dapat ditemukan , mulai dari Hp Jadul, android, iOS, Bahkan Blackbarry.

Mengecek Infrared di Android Smartphone

Cara cek Infrared Hp Android

Meskipun keberadaanya seringkali diabaikan, tetapi tidak dipungkiri bahwa adanya Infrared menjadi salah satu pelengkap yang sangat bermanfaaat. Setidaknya apabila android anda kaya akan fitur tentu akan lebih baik dari pada minim bukan?

Cara cek Infrared memang tidak bisa dilakukan secara langsung pada perangkat melalui aplikasi bawaan, hampir berbagai merek perangkat tidak dilenkapi langsung sebuah pintasan untuk mengetahui secara pasti adanya infra merah.

Artinya anda sebagai pengguna memerlukan metode khusus sebagai teknik analisa adanya sensor inframerah. Ini hampir berlaku pada semua merek, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan lain sebagainya.

Anda hanya memerlukan metode khusus, memastikan kembali apakah ponsel android yang saat ini anda miliki apakah dibekali sensor infrared atau tidak.

Cara Cek Infrared di Android

Tidak perlu melakukan semua cara mengetahui infrared dibawah, anda hanya memerlukan satu metode pengecekan saja untuk memastikan 

Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara mengetahui apakah ponsel telah memiliki sensor infrared atau belum, kamu bisa menggunakan cek infrared di Android melalui langkah-langkah berikut ini.

Bagaimana cara mengecek Inframerah di Hp android Oppo, Vivo, Samsung , Infinix bahkan merek lainnya? Nah berikut pembahahasannya.

Baca Juga: Cara mengecek Semua Sensor di smartphone android

1. Cek Infrared di Android memakai Kode Dial

Kode dial seringkali disebut juga dengan Kode rahasia android yang berfungsi mengakses fitur tersembunyi yang secara default tidak disertakan adanya pintasan aplikasi.

Salah satunya bisa dipakai saat hendak mengecek sensor infrared, anda bisa memakai kode rahasia cek inframerah dibawah yang dapat dicoba pada perangkat merek Oppo , Vivo, Realme, Infinix, Xiaomi, Samsung dan lainnya.

  • Pertama silahkan Buka papan panggilan di Hp Anda.
  • Kemudian Lanjut ketik kode *#0*# .
  • Berikutnya anda akan diajak masuk dalam mode General Test Menu.
  • Apabila anda menemukan opsi test R LED, artinya ponsel anda sudah dilengkapi dengan sensor infrared.

Bagaimana ? Apakah Hp Android anda tersedia fitur infra merah, Jika ada kamu dapat memanfaatkannya untuk menjadi remot tv ,Kipas angin dan maupun produk dan perlengkapan rumah tangga lain.

Baca juga: Cara memanfaatkan Hp Rusak Jadi Remot

2. Cek Infrared di Android Secara fisik.

Selain dari memakai fitur dial, anda juga bisa mengecek secara fisik pada perangkat yakni diantaranya dengan Melalui Lampu Infrared.

Biasanya ponsel yang sudah dilengkapi dengan adanya infra mereah terdapat notch yang berfungsi sebagai pemacar gelombang dan terdapat lampu berwarna merah kecil. Bisanya letaknya pada bagian atas maupun samping.

3. Cek Infrared di Android Via Aplikasi

Aplikasi Untuk Cek Infrared android

Selain memakai teknik kode dial juga masih ada beberapa metode lain yang dapat anda lakukan sebagai opsional saat ingin mengetahui ponsel ada infra merah atau tidak.

Siapa yang belum mengetahui adanya Google play store, disana pengguna dapat menemukan berbagai jenis aplikasi gratis dan bermanfaaat salah satunya untuk melihat sensor inframerah ponsel.

  • Kunjungi Google play kemudian download aplikasi IR Test
  • Tunggu proses download dan Install, Setelah selesai Buka aplikasi IR Test yang telah di unduh
  • Apabila anda menemukan Pesan "YOU HAVE AN IR BLASTER", artinya ponsel kamu dilengkapi dengan fitur infrared
  • Dan Sebaliknyajika pada Aplikasi IR Test pesan Notifkasinya "YOU DON’T HAVE AN IR BLASTER", artinya device anda tidak adafitur infrared.

Install IR Test

Fungsi Infra Merah di Android

Penggunaan sensor infra merah memiliki banyak keuntungan karena beberapa perangkat elektronik seperti televisi, AC, dan teknologi lainnya masih menggunakan teknologi sensor infra merah.

Salah satu fitur inframerah Android adalah menjadikan ponsel Anda sebagai remote control. Artinya, Anda dapat menggunakan ponsel untuk mengelola berbagai perangkat elektronik yang masih menggunakan sensor inframerah didalamnya.

Jika ponsel Anda memiliki sensor inframerah, Anda dapat dengan mudah mengontrol perangkat elektronik seperti smart TV, TV tabung, dan AC dengan ponsel Anda alih-alih jarak biasa.

Sehingga dapat disimpulkan hingga detik ini adanya sensor infra merah dianggap masih dapat membantu beragam hal. Meskipun kegiatan transfer file jarak jauh sudah banyak digantikan memakai aplikasi dan fitur lain, namun koneksi inframerah juga masih penting untuk kontrol perlengkapan rumah.

Baca juga: Cara mengirim Aplikasi melalui Whatsapp


Cara membuat Infrared di Hp

Jika ponsel Anda tidak dilengkapi adanya inframerah setelah dilakukan pengecekan diatas. Jangan khawatir, karena Anda bisa memasang secara mandiri sensor infra merah ke perangkat keras atau alat tambahan yang bisa Anda beli langsung  sparepart di toko ponsel atau toko online.

Tidak hanya untuk Android, beberapa perangkat dengan sensor inframerah eksternal mungkin tersedia untuk pengguna iPhone.

Namun sebelum Anda membeli sensor eksternal di toko, sebaiknya terlebih dahulu memastikan bahwa deskripsi sensor inframerah sudah  sesuai untuk perangkat.

Penutup

Itulah beberapa cara cek infrared di Hp android yang bisa digunakan pada berbagai merek ponsel seperti samsung, Oppo, Realme, Vivo , Infinix, Xiaomi dan lain sebagainya. Sebagai informasi tambahan sejauh ini infrared secara langsung aktif, sehingga anda tidak perlu repot untuk mengaktifkan sensor tersebut ketika akan digunakan. Kecuali pada ponsel keluaran lama, mungkin butuh mengaktifkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel