. 2 Cara mengirim aplikasi lewat wa [Whatsapp ] - IME Android -->

2 Cara mengirim aplikasi lewat wa [Whatsapp ]

Konten [Tampil]

Cara mengirim aplikasi lewat whatsapp - Sangat banyak sekali fungsi wa, bukan hanya sekedar melakukan panggilan maupun mengirim pesan namun dapat mengirim aplikasi . Banyak sekali share apps yang dapat digunakan dan dapat kita download.

Namun perlu kita ketahui, jika tidak memiliki aplikasi share aplikasi maka anda dapat menggunakan wa sebagai mengirim aplikasi. Hal ini memungkinkan membagikan file apk melalui chat.

Kelebihan whatsapp memang banyak sekali, bahkan kita dapat menggunakan whatsapp web ketika akan menggunakan pada pc maupun laptop.

Di sisi lain keuntungan menggunakan aplikasi wa adalah kita dapat melakukan panggilan dalam negeri maupun luar negri tanpa pulsa, hanya menggunakan kuota internet panggilan video, panggilan suara maupun pesan singkat.

Tidak hanya itu saja , pengguna juga dapat melakukan kirim apk. Cara mengirim aplikasi lewat wa juga mudah, bahkan kita tidak terhalang dengan radius.

Jika mengirim aplikasi meggunakan bluetooth di tentukan oleh jarak / radius jangkauannya, maka melalui wa tidak berlaku.

Syarat utama mengirim aplikasi melalui wa adalah kouta,jadi pengiriman akan dilakukan melalui kuota internet.

Mungkin berbeda jika menggunakan infrared, atau bluetooth yang tanpa membutuhkan kuota untuk melakukan transfer file.

Cara Mengirim Aplikasi Melalui Whatsapp.


Mengirim  aplikasi memang banyak sekali caranya, namun apabila akan mengirim dengan jarak penerima yang lumayan jauh maka dapat menggunakan whatsapp.

Cara mengirim aplikasi lewat wa yakni yang akan dikirim adalah file jenis apk, Jika menggunakan Share it maka setiap aplikasi yang terkirim akan secara otomatis di convert menjadi apk.

Jika anda tidak memiliki file apk yang akan dikirim , maka bisa menggunakan aplikasi tambahan agar melakukan convert dari aplikasi hp menjadi installer ( Apk) dengan cara di backup terlebih dulu.

Cara Backup Aplikasi Terpasang di Hp Android


Yang pertama kita membutuhkan aplikasi bantuan supaya dapat me-backup software yang ada di hp .

Gunakan ES File Explorer , silahkan download dan install terlebih dulu aplikasi tersebut yang nantinya akan berperan sebagai converter.


Download ES File Explorer

Kemudian setelah download dan install, silahkan buka dan klik APP, Kemudian disana anda akan melihat semua aplikasi yang sudah terinstall Di Hp anda.

Kemudian silahkan pilih yang akan anda kirim, dengan melakukan Backup aplikasi terlebih dulu , Caranya Klik dan tahan (tandai) Kemudian pilih "Cadangkan".


cara kirim aplikasi lewat wa
Backup aplikasi


Setelah proses backup selesai, maka anda dapat melihat aplikasi yang sudah di extrak sebagai di "Penyimpanan Interna" >> "Backup" >> "apps" Seperti gambar di bawah.

Disini saya mensimulasikan mengirim apk hago, ke teman.


kirim aplikasi lewat wa

Nah selesai sudah, dan berikutnya adalah bagaimana cara kirim aplikasi lewat wa yang sudah kita extrak.

Ini mungkin sangat berbeda dengan shareit apk yang notabene aplikasi berbagi apk android tersebut akan secara otomatis meng-convert menjadi apk.

1. Cara kirim apk android lewat whatsapp. 


Berikutnya adalah langkah mengirim aplikasi yang sudah menjadi apk. Sebenarnya tidak harus menggunakan wa, banyak cara lain seperti via email, telegram bahkan jika jarak dekat kita dapat mengirim aplikasi lewat Bluetooth (Asal terjangkau).

Tetapi, yang kita bahas saat ini adalah cara mengirim apk via whatsapp.

Ya, saya anggap langkah diatas untuk menjadikan aplikasi terinstall menjadi apk sudah dilakukan. Maka tahap berikutnya adalah membagikan kepada teman aplikasi tersebut, berikut caranya.

  • Yang pertama silahkan anda menuju tempat penyimpanan aplikasi tersebut seperti sudah dijelaskan diatas, yakni di folder "Backups" kemudian buka "app". 
  • Setelah ketemu aplikasi yang akan anda kirim, tap dan tahan / tandai aplikasi. 
whatsapp

  • Kemudian pilih kirim. 
  • Pilih via whatsapp, lalu akan di arahkan ke daftar no hp yang ada di ponsel anda. 
cara kirim apk via wa

  • Pilih teman yang akan anda kirimi aplikasi, dan tekan logo kirim. 

Sudah, selesai dan mudah cepat,!

Mengapa harus kita covert menjadi file apk terlebih dulu?

Ya, memang sedikit lebih ribet jika kita harus mengcovert file tersebut terlebih dulu, cara ini biasanya digunakan pada aplikasi yang tidak tersedia di playstore.

Namun apabila yang akan kita kirim adalah aplikasi umum yang tersedia di playstore, maka kita cukup mengirim link saja yang nantinya penerima akan di direct langsung ke playstore.

Baca Juga.. Cara install 1 Hp dua aplikasi Whatsapp

2. Cara membagikan Aplikasi via Whatsapp dengan Tautan. 


Cara yang kedua anda dapat berbagi aplikasi melalui tautan, artinya cara ini dapat anda lakukan jika aplikasi tersebut sifatnya umum atau sudah di publikasi d8 playstore. 

Bukan hanya playstore saja sih, bisa juga bersumber dari link yang tersedia di web download atau penyedia aplikasi lainya. 

Tetapi yang akan saya simulasikan adalah melalui tempat resmi download untuk android. 

Berikut berbagi aplikasi melalui tautan.
  • Yang pertama silahkan kunjungi playstore kemudian cari aplikasi yang akan anda bagikan. 
  • Kemudian tap tiga titik pada bagian pojok kanan atas lalu pilih bagikan.
bagikan aplikasi

  • Selanjutnya pilih whatsapp, maka akan diarahkan ke daftar teman yang ada di kontak hp anda. 
  • Tentukan teman yang akan anda kirimi aplikasi tersebut,jika sudah ditentukan maka akan terdapat tanda centang. 


Yang selanjutnya klik logo kirim, maka link aplikasi yang anda bagikan akan terkirim.
Selesai, dengan begitu seseorang akan menerima tautan yang akan di direct langsung menuju aplikasi yang dibagikan.

Penutup
Demikian artikel saya kali ini membahas tentang cara mengirim aplikasi  lewat WhatsApp, Semoga bermanfaat dan mampu menjadi jawaban apa yang sedang anda cari. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel