. Cara Setting APN Indosat di Smartphone Android dan iOS Stabil dan Kencang - IME Android -->

Cara Setting APN Indosat di Smartphone Android dan iOS Stabil dan Kencang

Konten [Tampil]

Cara Setting APN Indosat  - Indosat merupakan salah satu provider terbesar yang digunakan di Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan seluler yang bisa dipakai pengguna android , iOS maupun jaringan perangkat lain. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara setting APN Indosat  yang dapat diterapkan oleh pengguna android.

Cara Setting APN Indosat

Pengaturan APN Indosat dapat dijumpai hampir pada semua perangkat seluler, Misalnya Oppo, Xoami, Vivo, iPhone, dan lain sebagainya dengan mengatur ulang APN indosat yang tersimpan default dan mengubahnya sesuai dengan keinginan memakai APN tercepat sesuai dengan daerah kalian.

Apa Itu APN ?

Sebelum beranjak ke  Cara Setting APN Indosat , Sebenarnya apakah kalian sudah mengetahui pengertianny dari APN itu Sendiri?

APN  kepanjangan dari Access Point Name adalah suatu gerbang bagi jaringan GPRS, GSM, 3G dan 4G telepon seluler yang berperan  sangat penting sebagai koneksi perangkat android Anda ke jaringan internet.

Tanpa disadari oleh pengguna smarphone android maupun iphone APN ini berperan penting dalam adanya koneksi jaringan internet, dan umumnnya anda tidak memerlukan setting APN apapun karena sudah ada setelan default indosat, Telkomsel, XL dan Lain sebagainya.

Hal Ini untuk menghindari kesalaahan pengaturan APN Indosat atau provider lain yang dapat menyebebakan koneksi jaringan internet ponsel anda menjadi bermasalah.

Untuk Itu, Sebagai bekal pembahasan cara setting APN Indosat Kali ini saya haruslah terlebih dahulu menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan APN. Dampaknya cukup Fatal Apabila kesalahan melakukan pengaturan.

Jadi Secara kesimpulan APN Merupakan Gateway antara Koneksi Internet Jaringan Seluler Seperti GSM, GPRS, 3G,4G,5G.

Smartphone wajib memiliki konfigurasi memakai Access Poin Name supaya di sampaikan dan diterima oleh operator seluler. APN dipakai Untuk mendapatkan Memberikan IP Adress Telepon Seluler yang akan diidentiikasi Oleh Perangkat Jaringan.

Selanjutnya Operator akan memeriksa terkait dengan jenis koneksi jaringan apa yang harus dibuat. Misalnya IP adress mana yang perlu ditetapkan ke perangkat Khusus Nirkabel serta Metode keamanan Apay yang wajib digunakan.

Ya, APN Mempunyai beberapa fitur penting yang bisa di Setting, hal ini tidak terpaut hanya pengguna Indosat saja, melainkan dapat digunakan oleh pengguna seluler operator lain juga.

  • Pencari dan penentu Setelan APN default dari operator.
  • Pengaturan favorit berbagai jenis aplikasi.
  • Pemeriksa kondisi status jaringan tersedia.
  • Pencarian secara otomatis pengaturan APN SIM card.
  • Pelapor penggunaan dan pengaturan APN baru.
  • Terdapat Widget berfungsi memonitor penggunaan data internet.

Dan dalam APN memiliki sejumlah informasi penting yang terkandung didalamnya yang Bisa di setting misalnya , profil, Username, password, proxy, autentikasi dan lain-lain.

Dan Berbagai Info tersebut akan dipakai sebagai bahan pertimbagan provider untuk memberikan akses Internet pada ponsel kalian. APN terdiri atas dua Struktur yakni Network Identifier dan Operator Identifier.

Baca Juga : Mengatasi Smartphone tidak Bisa terhubung dengan WIFI

# Network Identifier

Network Identifier merupakan elemen penting yang wajib dipakai dalam APN. Ini karena pengenal jaringan berperan dalam mengidentifikasi jaringan eksternal yang terhubung dengan GGSN. Fitur ID jaringan sangat berbeda dari ID host.

Oleh karena itu, jangan bingung dan tertukar antara ID jaringan dan ID host. Jika ID jaringan adalah bagian dari alamat IP yang dipakai sebagai penunjuk ke jaringan komputer yang terhubung, ID host menampilkan server, router, workstation, dan semua host TCP/IP di jaringan.

# Operator Identifier

Ini adalah fitur opsional yang ada dalam APN. Pengidentifikasi operator adalah jaringan paket pembawa khusus tempat GGSN berada yang mengandung kode negara seluler.

Mobile country code merupakan jenis kode jaringan seluler yang dapat melakukan fungsi penting yakni Fungsinya pengenal operator otomatis.

Fungsi APN

Kesimpulan utama dari  fungsi APN adalah untuk menyambungkan Seluler (Perangkat) dengan operator penyedia layanan internet seusai dengan jenis kartu yang kalian gunakan. Baik Itu Mentari, IM3 dan Jenis Produk Indosat lain maupun Operator lain.

APN bekerja menjadi gerbang dan memberikan akses internet android sesuai dengan jenis provider yang digunkaan dan pastinya Memiliki bentuk Setting APN berbeda antara Indosat dan XL, Telkomsel,3.

Tidak hanya itu, APN secara umum melakukan identifikasi Android / PC ke Jaringan Internet sehingga memperoleh IP Publik dan mendapat koneksi jaringan.

Setting APN Indosat

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa setiap pengguna smartphone dapat mengatur ulang APN yang diinginkan. Sangat Mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, Namun Bersifat sensitif sehingga kesalahan Setting APN Indosat Android atau iPhone anda dapat berujung tidak bisa terhubung dengan Internet.

Bagaimana mengatur APN Kartu Indosat Di Hp Android?  Kalian cukup Masuk menu dan Buka halaman pengaturan > Ketuk opsi "penyambungan" > "jaringan seluler" >  "nama akses point" Kemuian pilih "tambah" dan Masukkan APN indosat yang ingin digunakan.

Setelah memasukkan data APN Indosat Selesai , berikutnya ketuk titik tiga pada  bagian pojok kanan atas halaman lau tap "simpan"

Apakah dapat Memperkuat sinyal Indosat di Hp Xiaomi atau perangkat lain?

Tidak jarang Melakukan perubahan setelan APN membuat penasaran beberapa pengguna Ponsel, Apahakah memperkuat sinyal, Mempercepat internet , Atau apa dampaknya dengan Setting Ulang APN indosat yang terpasang default pada smartphone.

Pemakaian APN yang tepat pada Provider dan Wilayah dapat memberikan layanan Jaringan internet lebih stabil, dan sebalikanya kesalahan dalam pengaturan APN juga bisa berakibat buruk.

Disinialah pentingnya memilih data setting apn indosat 3g tercepat, apn indosat unlimited terbaik sehingga dapat mengantarkan anda dalam menerima layanan jaringan internet menjadi lebih cepat dan stabil.

Setting APN Indosat di Hp Android.

Pada beberapa Ponsel android mungkin mengalami sedikit perbedaan menu Pengaturan APN, Misalnya Antara Oppo Dan Xiaomi,  Antara Samsung dengan Realme dan lain nya.

Secara Umum Untuk mengubah Setting APN Indosat di Hp android bisa mengikuti langkahnya seperti diabawah dalam Versi berbeda dari Cara diatas:

  1. Masuk menu kemudian pilih Settings di hp Android.
  2. Lalu Buka pengaturan mobile network. 
  3. Kemudian tap menu "Network & Internet / Koneksi", lanjut pilih "Mobile Network atau Jaringan Seluler"
  4. Setelah berada dalam Network Settings, lanjut klik  "Advanced" >> pilih  "Access Point Names".
  5.  Di halaman APNs, Silahkan tambahkan pengaturan baru dengan mengetuk tanda “+” / Tambah.
  6. Lalu Atur APN sesuai daftar settingan APN Indosat Ooredoo yang akan dipakai.
  7. Setelah selesai, Pilih Opsi Simpan.
  8. Setelah selesai membuat Settingan APN Indosat, Silahkan Pilih APN baru apabila akan dicoba dan digunakan.

Cara Setting APN Indosat Ooredoo di iPhone

Berbeda dengan pengguna iPhone dalam melakukan Langkah perubahan APN. Namun Pada dasarnya sama-sama bisa diganti dalam pemakaian pengatuan APN indosat yang akan di pakai.

1. Buka pengaturan iPhone > menu Settings > pilih Cellular.

2. Kemudian Pilih opsi Cellular Data Network

3. Silahkan Isi Pengaturan LTE (Opsional) > settingan APN di iPhone sesuai yang anda inginkan.

Daftar APN Indosat 4G Cepat dan Stabil

Dan saya ingatka kembali, bahwa pemakaian data APN tidak sembarangan yang bisa berakibat ponsel anda tidak terhubung ke internet.

Mengatur APN Indosat di Iphone Dan android sama mudahnya, namun kalian harus mengenakan salah satu settingan APN indosat cepat dan Stabil dibawah.

Langkahnya , Silahkan Ikuti instruksi pengaturan APN ponsel anda sesuai langkah diatas baik itu perangkat android atau iOS. Dan berikut data Setelan APN kartu Indosat IM3, Mentari dan Lain sebagainya agar lebih cepat dan Stabil.

Baca Juga :  Cara mengecek Nomor Indosat Sendiri

1. APN Default Indosat

Berikut ini merupakan data Setting APN Indosat Ooredoo yang resmi maupun setelan default saat ini yang tertera pada ponsel anda. Apabila mengalami kendala internet dan jaringan , Maka kamu bisa memeriksa terlebih dahulu data APN yang dipakai apakah sudah sama dengan dibawah.

Nama apn indosat apn 1
APN : indosatgprs
Proxy :10.19.19.19
port : 8080
nama pengguna : indosat
kata sandi : indosat
server : Jangan di isi
mmsc : Jangan di isi
proxy mms : Jangan di isi
port mms ; Jangan di isi
mcc :510
MNC : 01
Jenis autentikasi : Jangan di isi
Jenis apn : default,supl
Protokol apn : ipv4
Protokol roaming apn :ipv4

Baca Juga : Cara menampilkan kecepatan internet di HP

2. APN Indosat 4G Super Internet

Terdapat jenis Setting APN Indosat selain di atas sangat cocok untuk pengguna Super Internet dengan kecepatan koneksi hingga 42 Mbps dan jaringan DC-HSPA+. 

Nama : Indosat 4G
APN : indosatgprs
Proxy : 10.19.19.19
Port : 8080
Username : indosat
Password : indosat
Server : wap.indosat.com

3. Setelan APN Indosat 4G Stabil

Pengaturan APN Indosat 4G jenis lainnya juga bisa diterapkan dengan data settingan APN untuk pengguna dengan Hp dan paket internet Indosat 4G jaringan Indosat Ooredoo. 

Nama : INDOSAT
APN : internet
Nama Pengguna : Kosongkan
Kunci : Kosongkan

4. APN Indosat LTE Tercepat

Banyak jenis varian setelan APN indosat yang bisa diaplikasikan untuk menghasilkan koneksi internet trcepat pemakain kartu indosat, Misalnya mengganti APN sesuai data lain dengan Nama APN dan ketentuan seperti dibawah:

4.1. Nama APN: indosat apn 1  | APN: lte

Sedangkan pengaturan proxy dan lain-lainnya, Kalian tidak perlu melakukan pengaturan atau perubahan ulang. Biarkan saja Cukup ganti nama APN dan APN Seperti diatas. 

4.2. Nama APN: indosat apn 2 | APN: free

Sedangkan setelan proxy serta lainnya tidak perlu melakukan perubahan ulang. Biarkan saja Cukup ganti nama APN dan APN Seperti diatas. 

4.3. Nama APN: indosat apn 3 | APN: internet

Pada bagian proxy dan lain-lain  tidak perlu diubah pengaturannya. Abaikan Cukup ganti nama APN dan APN Seperti diatas. 

4.4. Nama APN: indosat apn 4 | APN: indosatooredoo.com

Sedangkan settingan proxy dan lainnya tidak perlu diubah. Biarkan saja, kalian cukup mengganti nama APN dan APN Seperti diatas. 

Baca Juga ; Penyebab Internet Lambat dan Cara mengatasinya

5. Setting APN Indosat Ooredoo Stabil

5.1. APN: wap.indosat-m3.net | Server: nakula.indosat.com

5.2. APN: 363.net | Server: 8.8.4.4

5.3. APN: mms.satelindogprs.com | Username: satmms | Password: satmm

5.4. APN: indosatunlimited/indosatgprs | Server: indosatm2.com

5.5. APN: internet.globe.com.ph | Server: 8.8.8.8 atau google.com

5.6. APN: vodafone | Server: wap.vodafone.com | Jenis Autentikasi: Tak Satupun |Server: www.google.com.

5.7. APN: internet | Server: 8.8.8.8

5.8. APN: indosatooredoo.com / indosatm2 | Username: indosat | Password: indosatgprs | Server: 202.155.0.25

Baca juga : Cara lengkap Menghemat Kuota Internet

Setelah melakukan perubahan pengaturan APN indosat pada ponsel anda maka sebaiknya melakukan soft reset jaringan dengan mengaktifkan Mode pesawat sejenak lalu aktifkan kembali.

Untuk pengujian kecepatan yang dihasilkan dapat memakai Aplikasi Speedtest atau memaai browser , bedakan kecepatan sebelum ganti APN Indosat dan sesudah. Jika justru membuat koneksi melambat maka kemungkinan tidak pas dengan area tempat tinggal anda, silahkan cari Settingan APN indosat lain hingga menemukan koneksi Cepat dan Stabil.

Biasanya gagal dalam koneksi dikarenakan karena settingan APN diwilayah anda atau Lokasi Tempat tinggal kalia tidak terjangkau Oleh BTS indosat. 

Itulah pembahasan lengkap cara setting apn indosat di xiaomi maupun di hp oppo,Realme, Vivo hingga pengguna iPhone.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel