. Cara Mengatur matikan getar dan Suara keyboard Hp Android - IME Android -->

Cara Mengatur matikan getar dan Suara keyboard Hp Android

Konten [Tampil]

 IMEandroid - Pengaturan keyboard smartphone biasanya pertama kali dinyalakan papan ketik terdapat getaran dan suara saat menyentuh atau mengetik. Hal ini terkadang membuat kita malah tidak nyaman. Hal ini selera masing-masing sih, Terkadang juga terdapat pengguna yang secara sengaja setting keyboard hp nya agar ada suara ketukan.

Tetapi hal itu bukan sebuah hal paten atau ini merupakan Flexibel, artinya kalian dapat mengatur mematikan getar dan suara keyboard dengan mudah tanpa harus modifikasi apapun. Setelan terebut telah secara sengaja dibekali oleh pihak vendor, sehingga siapapun bisa menyesuaikan keinginan mereka dalam menentukan getar keyboard hp nya.

Disisi lain dengan mematikan getar keyboard hp android juga dinilai sebagai salah satu upaya menekan konsumsi daya baterai. Memungkinkan menjadi Baterai lebih awet tahan lama dalam penggunaan.

Bagaimana cara mematikan getar keyboard hp android kali ini saya buat secara lengkap untuk beberapa merek, pengguna Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, lenovo dan merek lainya.

Berikut beberapa pembahasan mengatur keyboard hp mengaktifkan suara dan mematikan getar keyboard yang bisa kalian lakukan.

Mengatur Getar dan Suara Keyboard Hp android

Mengatur Getar dan Suara Keyboard Hp android

Secara umum mengatur keyboard pada ponsel cerdas nyaris serupa antar mereknya. Yakni dengan mengakses pengaturan yang ada dalam perangkat kalian, baik itu di Hp vivo, Oppo, Lenovo, Asus, Samsung , Realme dan lain sebagainya.

Didalam pengaturan terdapat opsi mematikan getaran keyboard, sehingga setiap kali pengguna mengetik biasanya perangkat akan bergetar menjadi silent..

Selain menonaktifkan getar disana juga bisa menemukan setelan untuk mengaktifkan suara sentuhan hingga menjadikan ketikan menjadi mode diam.

Pada prinsipnya untuk mengaktifkan Suara dan getar keyboard hp dapat mengakses ke pengaturan melalui Menu > Pengaturan > Language & Input > Kemudian temukan aktifkan Suara atau matikan, menonaktifkan getar atau mengaktifkannya.

Untuk lebih jelas dapat melalui berbagai langkah dibawah sesuai dengan merek hp kalian.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Aplikasi Keyboard terbaik

1. Cara Mematikan / Mengaktifkan Getar dan suara Keyboard Xiaomi

Xiaomi merupakan sebuah brand smartphone asal tirai bambu atau Tiongkok yang sangat terkenal dengan smartphone dengan harga yang terjangkau.

Mempunyai spesifikasi yang menarik, namun Xiaomi mampu menjual dengan harga yang terjangkau. Nah untuk menonaktifkan getaran keyboard pada hp Xiaomi, langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini cara menghilangkan getar keyboard hp xiaomi.

1.1. Mematikan dan Mengaktifkan Getar keyboard Xiaomi

  1. Masuk menu Ponsel  Xiaomi Kemudian "Settings atau Setelan".
  2. Kemudian lanjutkan memilih "Suara & Getaran".

  3. Gulir kebawah Silahkan pilih " Bergetar Saat di-Tap".
     
  4. Kemudian ubah menjadi mati. 
    Matikan getar

  5. Selesai , Maka setiap ketikan membuat pesan atau penggunaan sudah ada getaran.

Sama halnya dengan mematikan, ketika kalian ingin mengaktifkan kembali bisa melalui langkah di atas lalu ubah kembali menjadi status aktif.

  • Dalam Versi MIUI lain setelah Masuk Pengaturan dapat memilih "Language & Input atau Bahasa dan Masukan" dan pilih Google Keyboard atau Aplikasi keyboard ponsel yang digunakan.
  • Kemudian masuk ke "Menu Preferences atau Preferensi".
  • Berikutnya, silahkan nonaktifkan "Vibrate on keypress / Getar jika tombol ditekan".
  • Simpan dan selesai.

1.2. Cara Mematikan dan Mengaktifkan matikan Suara keyboard Xiaomi 

Sedikit berbeda dengan mengaktifkan dan mematikan getar papan ketik. Pada Xiaomi yang sudah memakai MIUI 11 Keatas dapat melakukan langkah dibawah:

Caranya:

Masuk Menu Settings Xiaomi  > Suara & Getaran > kemudian pilih setelan tambahan. 


Berikutnya > Silahkan matikan pada Opsi aktifkan toggle pada Opsi "Suara Ketukan". 

cara mematikan suara keyboard xiaomi
Selesai, kemudian kalian bisa melihat video dibawah terkait dengan cara mematikan suara keyboard dan getar di smartphone Xiaomi.

Untuk Lebih jelas dapat menyaksikan Video mematikan suara keyboard di hp xiaomi dibawah:

Baca Juga : Mengatasi Keyboard Hp android Tidak Muncul

3. Mengatur Getar dan Suara Keyboard Vivo

Vivo menjadi salah satu merek baru yang terbilang banyak diminati oleh pengguna ponsel cerdas. Harga yang ditawarkan terbilang murah dan mempunyai banyak fitur didalamnya.

Masih banyak juga yang masih bingung mengatur getaran dalam melakukan penulisan pesan. Nah kalian bisa mematikan suara dan getaran saat memakai keyboard Oppo dengan Cara berikut.

  1. Masuk Menu Kemudian pilih aplikasi pesan yang membutuhkan adanya papan ketik..
  2. Lalu Klik setelah keyboard melalui "ikon Pengaturan" yang terdapat di sana.
    Cara matikan Suara Keyboard di Hp Vivoa

  3. Berikutnya kalian akan melihat berbagai Opsi, silahkan Pilih "Preferensi".
    Mematikan suara ketik keyboard Hp Vivo

  4. Silahkan gulir, nonaktifkan bagian "Berbunyi Jika di tombol ditekan" dan "Bergetar saat tombol ditekan", Kondisi mati menjadi Abu-abu..
    Menonaktifkan Suara keyboard vivo

  5. Selesai dan silahkan gunakan mengetik.

3. Mematikan Getar Keyboard Oppo

Sama dengan xiaomi yang telah dibekali dengan fitur getaran dalam ketukan layar. Kalian juga bisa memperlakukan hal yang sama dengan cara menghilangkan suara keyboard hp oppo dan getaran nya saat merasa tidak nyaman.

Meskipun dibeberapa pengguna dianggap bermanfaat saat mengetik, sebagai tanda bahwa proses ketukan sudah direspon. Langsung saja berikut cara matikan getaran keyboard hp Oppo.

  1. Silahkan masuk ke menu Settings Pada smartphone Oppo Kalian.
  2. Kemudian pilih opsi Suara & Getaran.
    Cara matikan suara dan getar di Hp Oppo

  3. Berikutnya silahkan nonaktifkan pada bagian " Sentuh Getar dan Nada Tombol " Supaya saat mengetik tidak ada suaranya.
    Mematikan Getar dan suara Ketukan Keyboard Oppo

  4. Selesai.
Langkah di atas juga bisa diterapkan ke perangkat Realme, Karena antara Oppo dan Realme merupakan produk yang sama sama memakai ColorOS.

4. Cara Mematikan atau Mengaktifkan suara dan Getar Keyboard Samsung

Samsung Smartphone adalah gawai hingga saat ini masih banyak diminati. Model dan spesifikasinya kini telah mengalami banyak perubahan dari versi para pendahulunya.

Menampilkan berbagai desai lebih elegan dan banyak fitur yang ada didalamnya. Kemampuannya dalam segala kegiatan tidak lepas dari adanya keyboard sebagai papan ketik utama.

Tidak dipungkiri adanya getaran dan nada keyboard membuat kita terkadang ingin menonaktifkan, bagaimana caranya. Berikut Cara setting keyboard android samsung matikan atau mengaktifkan suara dan Getar:

  • Silahkan masuk Menu Samsung kalian dan Pilih Setting Atau Pengaturan.
  • Gulir dan temukan pilihan Sounds & Vibration atau Suara dan Getar.
  • Lanjut ke System sound and vibration.
  • Kemudian nonaktfikan Suara dan Keyboard vibration.
  • Selesai dan siap digunakan.
cara mengaktifkan getar keyboard samsung

Atau kalian juga bisa masuk ke "Pengaturan > Pengaturan Panggilan > Peringatan dan Nada dering Panggilan > Peringatan & Nada dering Panggilan > Matikan Ketukan Keypad > Matikan Getar".

Atau Opsi Lain masuk Settings kemudian klik Language & Input > Samsung keyboard > Pilih icon roda gigi Lalu Jangan centang pada Advanced > Key tab vibration.

Selesai. Dan sebaliknya cara mengaktifkan suara keyboard samsung kembali bisa melalui langkah di atas dan ubah toggle menjadi warna biru.

5. Mematikan / Mengaktifkan Getar dan suara Keyboard Asus

Selanjutnya untuk anda user Asus. Sama dengan perangkat merek lain seperti Infinix, Realme, Pocophone yang mempunyai pengaturan menonaktifkan atau mengaktifkan getar dan suara keyboardnya.

Kalian bisa mengikuti langkah dibawah saat ingin menghilangkan getar maupun suara ketukan pada papan ketik smartphone Asus Kalian.

  • Masuk ke menu >Settings atau Setelan.
  • Lanjutkan dengan memilih Sound & notification.
  • Berikutnya Gulir temukan dan pilih Other sound.
  • Selanjutnya, nonaktifkan atau aktifkan sesuai dengan tujuan kalian pada bagian Vibrate on touch.
  • Selesai.

Bagaimana Setting Keyboard android pada merek lain?

Pada prinsipnya sama saja, saat kalian memakai Lenovo, Advan, Evercross, infinix, dapat mengaktifkan suara keyboard atau getar maupun mematikan keduanya dengan cara mengakses menu pengaturan.

Sehingga untuk mengaktifkan suara keyboard menjadi seperti semula juga hanya melalui akses setelan. Opsi lain masuk setting juga bisa ditemukan pada Aplikasi keyboard itu sendiri saat membukanya, Biasanya dengan logo gear atau 3 titik.

Setidaknya mungkin sedikit berbeda antar merek satu dan lainya, kalian bisa mulai memeriksa dimulai dari Setting. Misalnya.

Masuk Settings Kemudian Language and Input > Android Keyboard kemudian silahkan kalian tap icon setting di samping tab ini, unceklist (jangan centang) pada Vibrate on keypress.

Masuk Settings lalu  Language & Input Klik Keyboard Setting > kemudian silahkan kalian unceklist ( jangan centang) pada Vibrate on keypress.

Tap Settings lanjutkan Language and Keyboard  Pilih Touch Input / Text Input, unceklist (jangan centang) pada Vibrate on keypress.

Akhir kata

Itulah pembahasan lengkap tentang mengatur keyboard di hp android. Mulai dari mematikan getar dan suara, hingga Cara mengaktifkan suara keyboard dan getar di berbagai merek ponsel android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel