. Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Hp Android - IME Android -->

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Hp Android

Konten [Tampil]

imeandroid.com - Smartphone android merupakan salah satu perangkat yang sangat populer diantara iPhone dan produk lainnya. Setiap vendor mempunyai ketetapan setelan default maupun standar pabrik, misalnya aplikasi bawaan.

Berbeda dengan Apps yang diperoleh dari play store, Aplikasi bawaan tidak dapat uninstall kecuali memakai teknik khusus bantuan PC.

Sebelumnya Saya sudah pernah membahas Cara menghapus aplikasi bawaan, tetapi pada artikel kali ini membahas cara menonaktifkan Aplikasi bawaan sehingga tidak berjalan menjadi beban RAM.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan terpasang selain tidak bisa di hapus melalui metode uninstall, juga terbilang jarang digunakan. Tidak ada cara lain kecuali menonaktifkan, sehingga mampu meningkatkan kerja smartphone menjadi optimal.

Performa ponsel menjadi lebih baik karena setiap proses berada dibelakang layar yang dilakukan oleh aplikasi bawaan sudah tidak berjalan ( telah di stop / Hentikan).

Bagi sebagian orang mungkin masih belum mengetahui aplikasi bawaan bisa dihentikan. Pada prinsipnya semua Apl yang sudah terpasang pada android kalian dapat dinonaktifkan , bukan hanya Apps bawaan termasuk Aplikasi WhatsApp , Oh, FB , baik itu fi hp Samsung , Xiaomi atau lainnya.

Jika Menghapus aplikasi di Android bawaan tidak bisa, maka solusinya dengan memaksa untuk berhenti supaya aktifitasnya tidak mengganggu kinerja ponsel.

Teknik ini bersifat sementara, sehingga jika sewaktu- waktu kalian ingin mengembalikan lagi ke kondisi semula sangatlah mudah.

Hal ini menimbang banyak bloatware yang tidak digunakan sama sekali, selain itu terkadang Apps bawaan juga mengganggu karena menampilkan iklan.

Manfaat Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Hp Android

Tentunya sangat penting menonaktifkan apps bawaan ,hal ini tentunya harus menimbang secara fungsi. Sehingga kami menyarankan jika aplikasi tersebut mempengaruhi fungsi lain , sebaiknya biarkan aktif.

Selain itu manfaat menonaktifkan aplikasi bawaan akan meningkatkan kinerja ponsel. Karena seluruh kemampuannya tidak terbagi untuk menjalankan bloatware , lebih fokus terhadap aplikasi hasil instalasi sendiri.

Sistem operasi menjadi lebih ringan dalam menjalankan setiap apps dan pekerjaan multi-tasking menjadi lebih gesit.

Hal ini karena semua proses yang dikerjakan dibelakang layar dari apl bawaan dihentikan. Perlu kalian ketahui , proses yang berjalan belakang layar merupakan pekerjaan yang sudah di set default , sehingga itu menjadi pekerjaan pokok sistem meskipun kalian tidak membukanya.

Ini menyebabkan kinerja ram menjadi lebih sibuk, ram bekerja terbagi dengan berbagai proses yang tidak kalian ketahui. Artinya dengan cara menonaktifkan apps bawaan dapat mengoptimalkan performa ponsel menjadi lebih baik.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Hp Android

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan saat akan memberhentikan aplikasi bawaan yang ada di perangkat android kalian. Biasanya metode dan pengaturannya mempunyai perbedaan akses antara hp Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo , Realme dan merek lain.

Meskipun demikian, pengaturan akses stop aplikasi pada umumnya tidak mempunyai perbedaan yang jauh. Artinya biasanya mempunyai banyak kemiripan.

Menghentikan Aplikasi Bawaan Hp Via Beranda

  1. Buka Halaman menu uttama aplikasi ponsel Android kalian.
  2. Buka Menu melalui mengetuk icon 3 titik vertikal.
  3. Dalam menu tersebut lanjutkan tap opsi Hapus Instalasi / Nonaktifkan Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi hp yang ingin kalian hentikan.
  5. Jika Keluar notifikasi Nonaktifkan Aplikasi , Klik OK.
  6. Selesai maka apps tersebut sudah dalam kondisi me-disable.

Itulah cara pertama yang dapat kalian gunakan untuk menghentikan apps melalui halaman beranda, apabila kesulitan kalian bisa mengakses settings atau pengaturan.

Baca juga, Cara Mengubah Akun Instagram menjadi privat

Menonaktifkan Apps Bawaan Hp melalui Pengaturan

Cara berikutnya adalah dengan mengakses pengaturan ponsel kalian. Yakni fitur settings dapat dipastikan dapat kalian temukan pada semua merek perangkat ponsel android dan iPhone sekalipun.

  1. Buka Menu kemudian masuk Pengaturan / Settings di hp Android.
  2. Biasanya pada menu pengaturan akan melihat banyak menu, silahkan gulir dan temukan Manager Aplikasi atau Aplikasi terinstall.
  3. Maka akan melihat semua aplikasi terpasang, lalu silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan di-nonaktikan.
  4. Pilih apl Nonaktifkan maka kalian akan menemukan pilihan / infomasi aplikasi. Tap Paksa Berhenti.
  5. Jika Muncul konfirmasi , Klik OK.

Selesai , kalian bisa memilih aplikasi berikutnya yang akan dihentikan agar tidak mempengaruhi kinerja RAM.  Jadi Kalian bisa mengoptimalkan kinerja ponsel dengan cara disable apl tersebut.

Kedua teknik di atas sangat berbeda dengan menghapus, Sehingga kapanpun kalian dapat mengaktifkan kembali. Tentu akan lebih elegan jika saya paparkan juga cara mengembalikan aplikasi yang sudah di nonaktifkan.

Baca Juga, Mengembalikan Keyboard Android Hilang

Cara Aktifkan Kembali Aplikasi bawaan Yang Sudah Disable.

Sepintas sebenarnya langkahnya sama dengan metode di atas,namun perbedaanya adalah antara memulihkan kembali dan mematikan.

  • Buka Menu lanjutkan ke Settings Android.
  • Pilih Manager Aplikasi atau App Terinstall
  • Pada Pilih Dinonaktifkan (Disable) untuk mengetahui daftar apps yang sudah dinonaktifkan.
  • Silahkan tap aplikasi yang akan diaktifkan lagi.
  • Maka akan masuk kedalam informasi apl, kemudian tap aktifkan.

Setelah melakukan metode diatas maka secara otomatis akan menjadi normal. Semua kegiatan dan fungsinya akan kembali seperti semula.

Penutup

Itulah dua cara menonaktifkan aplikasi bawaan yang bisa dilakukan pada semua perangkat android. Oppo vivo, lenovo , Xiaomi dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel