. Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Android - IME Android -->

Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Android

Konten [Tampil]

 Cara Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis - Smartphone merupakan ponsel yang mempunyai sifat fleksibel menyesuaikan keperluan pemiliknya dalam install aplikasi. Dengan mudah pengguna memasang , menghapus setiap tools di dalamnya sesuai kebutuhan.

Didukung dengan jutaan aplikasi gratis yang bisa diperoleh melalui google play atau download apk dari sumber internet (Situs).

Pengembang dari seluruh dunia menciptakan aplikasi , mulai dari game, keperluan bisnis, hingga beragam apl lain. Berbagai fitur bawaan aplikasi sesuai yang telah ditentukan pengembang , biasanya batasannya ditentukan berdasarkan versi.

Aplikasi juga dapat kadaluarsa loh, sehingga saat hal itu terjadi dapat menimbulkan masalah. Misalnya menjadi eror, tidak berfungsi, sehingga menimbulkan hp lemot.

Itulah salah satu pentingnya update aplikasi. Tetapi tenang saja ,sistem operasi Android mempunyai setelan default dapat update otomatis setiap apps terpasang.

Sehingga kalian tidak perlu mengubah apapun, aplikasi akan otomatis update saat terhubung dalam jaringan WiFi atau koneksi internet lain.

Namun hal tersebut terkadang menjadi masalah tersendiri, sebagian pengguna justru tidak menginginkan update otomatis aplikasi.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menonaktifkan update otomatis aplikasi di hp android. Dengan demikian setiap aplikasi terpasang hanya dapat diperbarui ketika anda menginginkannya.

Cara menonaktifkan Update Otomatis aplikasi di hp android.

Cara menonaktifkan update otomatis

Kelebihan update otomatis ini sebenarnya sih cukup baik untuk kalian yang tidak mau repot memperbarui. Didamping itu pembaruan terbilang penting , pasalnya hal itu menyangkut dengan fitur dan kinerja dari aplikasi tersebut.

Baca juga, Penyebab dan mengatasi Hp Sering Mati Sendiri. 

Kelebihan dan kekurangan mematikan update otomatis.

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan pembaruan otomatis mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yakni tergantung dari situasi , spesifikasi hp.

Berikut beberapa manfaat update Aplikasi.

  • Memperbaiki bugs Aplikasi.
  • Mendapatkan fitur terbaru sesuai dengan jenis pembaruan.
  • Kinerja aplikasi menjadi lebih ringan.
  • Mengatasi eror , biasanya saat bermasalah dapat menyebabkan terjadi aplikasi tiba-tiba terhenti hp Oppo, Xiaomi, Vivo, dan dapat terjadi ke berbagai merek lain.
  • Meringankan kinerja ponsel karena script telah menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.
  • Dan lain sebagainya.

Tetapi disisi lain pengguna juga malas apabila update terus dan tidak ada perubahan apapun. Selain itu masih banyak lagi alasan untuk menghentikan update otomatis.

Sebelum membahas cara menghentikan update otomatis , berikut beberapa alasan menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di ponsel android.

Menyebabkan hp menjadi lemot.

Hal itu dikarenakan proses pembaruan dilakukan secara bersamaan oleh beberapa aplikasi.

Atau dikarenakan oleh versi android dan spesifikasi hp tidak mumpuni justru tidak direkomendasikan dilakukan pembaruan.

Kouta internet boros.

Saat mempunyai kuota internet pas-pasan , terkadang tiba-tiba habis membuat kita jengkel. Hal itu bisa juga disebabkan oleh download aplikasi otomatis, melakukan pembaruan yang tidak diketahui oleh pemilik.

Temperatur ponsel menjadi panas.

Kerja secara berlebihan tanpa henti menjadi salah satu penyebab hp menjadi cepat panas. Diantaranya ketika sedang melakukan pembaruan otomatis , perangkat mendownload dan memasang setiap aplikasi yang sudah usang secara bersamaan mengakibatkan temperatur ponsel meningkat.

Pemakaian memori meningkat.

Dampak lainnya yang jarang disadari adalah terjadi peningkatan pemakaian memori yang disebabkan oleh update aplikasi.

Hal itu dikarenakan ukuran file apk update mempunyai perubahan menjadi lebih besar. Misalnya kapasitas aplikasi awalnya berukuran 10MB , setelah update otomatis menjadi 18Mb maka apabila ada 10 aplikasi sudah dapat diperkirakan 8x10 maka mengalami peningkatan 80Mb. 

Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis.

Pada prinsipnya pembaruan sangat penting dilakukan. Untuk itu jika sudah mematikan update otomatis maka sebaiknya dapat memperbarui aplikasi secara manual dan tetap dilakukan.

Selain itu kalian juga bisa mengubahnya dari pembaruan memakai kuota utama menjadi update saat terhubung dengan WiFi.

Sehingga bisa diartikan perangkat akan melakukan pembaruan aplikasi saat memakai koneksi WiFi saja.

Berikut cara mematikan update otomatis yang bisa kalian lakukan agar setiap aplikasi yang sudah terpasang hanya dapat memperbarui sesuai keinginan anda.

Mematikan Auto Update Playstore

  1. Silahkan masuk menu kemudian buka aplikasi playstore yang ada di smartphone android.
    Menonaktifkan update otomatis

  2. Kemudian klik icon yang ada di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih menu setelan atau Settings. 
    Mematikan aplikasi update otomatis

  3. Lalu tap opsi preferensi Jaringan. 
    Mematikan aplikasi otomatis update

  4. Berikutnya pilih "Update Otomatis Aplikasi" Seperti gambar di bawah. 
    Matikan download update otomatis hp android

  5. Maka kalian akan melihat tiga pilihan tersedia, " Melalui jaringan apapun, Melalui Wifi Saja, Jangan update otomatis" . Silahkan Pilih opsi "Jangan update aplikasi otomatis".
    Matikan otomatis update aplikasi

  6. Selesai, silahkan simpan. 

Kemudian setelah mengubah setelan update aplikasi seperti di atas, maka pastikan kalian sering cek pembaruan saat mengalami masalah pada aplikasi.

Penutup

Itulah cara menonaktifkan update otomatis pada aplikasi HP android. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel