. Penyebab dan Cara mengatasi Aplikasi berhenti pada Hp Oppo - IME Android -->

Penyebab dan Cara mengatasi Aplikasi berhenti pada Hp Oppo

Konten [Tampil]

Aplikasi Berhenti di hp oppo - Cukup mengesalkan ketika menggunakan smartphone dan terpaksa terhenti gara-gara aplikasi tiba tiba tertutup. Ini bukan suatu hal berat kok, jadi tidak perlu panik karena kemungkinan besar masalah tersebut tidak ada kaitannya dengan kerusakan smartphone.

Hp Oppo kebanyakan memiliki spesifikasi yang memadai dengan kapasitas RAM, Memori internal seta chipset yang bagus. Namun hal tersebut bukan hal tidak mungkin jika pada suatu saat mengalami force close program dan menerima notifikasi pesan "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti".

Cara mengatasi aplikasi terhenti di hp oppo


Penyebab aplikasi Berhenti dan tidak menanggapi di hp oppo.

 Sebelum mengacu ke Cara Mengatasi  Aplikasi Telah Berhenti Di OPPO secara mendadak, hal ini tentu ada penyebabnya.

Tentu akan berulang apabila mengerti cara memperbaiki namun tidak tau penyebabnya. Untuk itu berikut penyebab aplikasi terhenti di smartphone oppo.

Penyebab Aplikasi keluar sendiri.

Yang mendominasi masalah tesebut umumnya yakni dari sisi software. Mulai dari sistem operasi hingga aplikasi terinstall.

Hal Ini menyebabkan komponen tidak dapat mengeksekusi atau menjalankan tugasnya sehingga keluar sendiri. Berikut penyebab aplikasi tidak menanggapi di hp oppo .

1. RAM full

Kembali ke fungsi RAM, yakni menyimpan data proses secara sementara ketika mengoperasikan smartphone oppo atau merek lainnya.

Masalah terjadi ketika ram full, space yang tersedia tidak dapat menampung data proses yang sedang anda lakukan sehingga sistem menutup secara paksa.

2. Memori internal penuh

Sama halnya dengan ram, Memori sebagai media penyimpanan yang mampu menampung berbagai jenis file penggunanya.

Hal ini tentu menjadikan memori terisi terus setiap hari , menyimpan data aplikasi, gambar , video sehingga tidak terasa menjadi penuh. Dan free space selalu di butuhkan nya, ketika pengguna akan membuka aplikasi maka disana akan ada aktifitas data yang sebelumnya tersimpan dari RAM menuju ke memori internal.

Masalah akan datang pada saat tidak tersedia tempat menampung data, hal ini menjadikan sistem memutuskan menghentikan aplikasi secara paksa dan keluar sendiri.

3. Spesifikasi Smartphone tidak mumpuni.

Disinilah pentingnya memilih jenis ponsel dan spesifikasi yang sesuai dengan penggunaan. Sangat penting kapasitasnya menyangkut dengan fungsi dan tujuan sebelu membeli.

contohnya, jika kamu memiliki hp oppo dengan RAM ,Chipset, Memori rendah lalu install aplikasi game yang membutuhkan kecepatan prosesor,rendering yang bagus , Memori internal yang besar tentu akan menjadikan smartphone keberatan karena beban tidak seimbang.

Artikel lain, Spesifikasi dan harga Oppo A93


4. Aplikasi crash atau tidak update.

Penyebab aplikasi terhenti di hp oppo yang ke empat adalah dari aplikasi itu sendiri. Diantaranya karena tidak update ,crash atau file rusak hal ini menyebabkan gagal fungsi.

Tidak heran kalau ketika akan di buka tiba-tiba tertutup atau tidak menanggapi, karena tidak support terhadap sistem operasi yang ada saat ini.

5. OS android Tidak update.

Sama halnya dengan aplikasi, OS yang tidak update juga menjadi salah satu faktor aplikasi keluar sendiri karena tidak dapat menjalankannya. Jika di perhatikan pada saat akan install aplikasi, pastinya di sana terdapat informasi Operating sistem Requirement.

Nah dari situlah pentingnya supaya antara aplikasi terinstall dan versi android dapat berjalan dengan baik.

Dan berbagai hal lain yang menyebabkan aplikasi tidak menanggapi terhadap aplikasi,fitur.  Diantaranya penyebab lain Tema atau launcher tidak tepat, HP root, dan lain nya.


Cara mengatasi aplikasi terhenti atau tidak menanggapi.

Setelah mengetahui sebagian besar penyebab app terhenti secara tiba tiba, maka bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.

Sama dengan merek lain, secara konsep hampir sama sih baik di hp samsung, xiaomi , vivo dan lain sebagainya.

1. Berikan ruang bebas memori internal dan RAM.

Cara memperbaiki aplikasi sering terhenti yang pertama adalah melalu audit data yang tersimpan pada ram dan memori internal.

Tips agar ram tetap longgar sebenarnya sederhana,yang perlu di lakukan adalah tidak membuka aplikasi dalam jumlah banyak secara berlebihan.

Setiap apps terbuka akan tersimpan secara otomatis di ram, data proses yang memungkinkan dapat dengan cepat bisa di panggil kembali. Namun ironis nya semakin banyak melakukan multitasking justru menyebabkan kapasitas penuh dan tidak bisa membuka apl lain dan terpaksa di hentikan sistem.

Sedangkan memberikan ruang bebas memori internal dapat melalui memindah file dari hp ke laptop,flashdisk atau SD Card.

2. Restart Oppo

Ini cukup sederhana namun jarang di lakukan, terkadang pengguna lupa bahwa perangkat juga membutuhkan waktu istirahat dan penyegaran.

Salah satu memperbaiki hp oppo force close program adalah melalui reboot. Hal ini akan mengembalikan berbagai rutinitas dan menyegarkan..

3. Paksa Berhenti ,Clear Cache dan Data Aplikasi.

Cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di OPPO berikutnya adalah dengan hapus cache  dan data aplikasi dan menghentikan secara paksa aplikasi.

Namun perlu di perhatikan, pada saat akan menghapus data ,pastikan kamu menyimpan dan ingat data login jika apps tesebut membutuhkan.

Langkahnya buka "Pengaturan ,lalu pilih "Aplikasi Manajer" >" Aplikasi " > "Semua " kemudian  pilih "Aplikasi yang terhenti ketika dibuka ", Pilih Hapus data dan  cache, selesai.


4. Reinstall atau Update Aplikasi

 Cara memperbaiki berbagai hal error ketika buka aplikasi di hp oppo diantaranya adalah dengan membarui aplikasi tesebut. 

Jika memungkinkan kamu juga bisa uninstall terlebih dulu lalu download aplikasi baru. Hal ini untuk memperbaiki penyesuaian aplikasi dengan sistem operasi yang anda gunakan ,memperbaiki bug apps dan lain sebagainya.

5. Reset App Preferensi

Berbagai cara mengatasi pesan eror pada saat membuka aplikasi di hp oppo bisa di lakukan, diantaranya dengan mengatur ulang preferensi apl.

Ini cukup ampuh memperbaiki muncul pesan error "Sayangnya aplikasi telah terhenti". Berikut Caranya, Buka Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> Semua >> Menu >> Atur Ulang Preferensi Aplikasi, lalu restart OPPO kamu.

6. Hapus Partisi Cache Ponsel via Recovery Mode

Salah satu upaya memperbaiki error pada saat membuka aplikasi, menutup secara tiba-tiba, kamu bisa melakukan hapus partisi cache sistem.

Untuk dapat melakukan cara ini hanya bisa di lakukan via recovery mode.

Caranya,

Matikan smartphone oppo dan nyalakan kembali dengan tekan tombol kombinasi "Volume up dan power" secara bersamaan.

Setelah berada di halaman mode pemulihan , kamu bisa memilih "delete partisi cache" , setelah proses hapus selesai silahkan pilih "Reboot".

7. Uninstall Launcher.

Memang launcher memiliki peranan cukup baik dalam memberikan tampilan tema, alih alih menginginkan hal tersebut,namun terkadang tidak support terhadap aplikasi maupun sistem operasi perangkat.

Hal ini bisa menjadi masalah tehadap app,error' maupun mendadak menutup.

Itulah pentingnya memilih jenis launcher yang tepat untuk perangkat.

Sebaiknya hapus aplikasi tema tersebut dan menggantinya dengan yang cocok atau bawaan saja.

10. Factory Reset.

Cara terakhir yang sudah pasti ampuh memperbaiki segala macam error' software. Factory reset hp Oppo adalah mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, sehingga semua data dan aplikasi terhapus permanen.

Ini berlaku ke semua tipe Oppo, Oppo A series, F Series , Reno Series dan lain sebagainya.

cara mengatasi aplikasi keluar sendiri dengan metode ini memang cukup riskan kehilangan data. Untuk itu , lakukan full backup terlebih dulu lalu bisa install ulang apps yang di inginkan.

Sejauh ini reset ulang bukan hanya memperbaiki aplikasi terhenti saja, bahkan berbagai masalah seperti mengatasi layar sentuh tidak merespon, lag, cepat panas,sinyal lemah dan apapun yang tidak berkaitan sama kerusakan hardware.

Penutup
Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi aplikasi terhenti di hp Oppo dengan lengkap. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel