. 9 Cara Mengatasi Whatsapp tidak bisa mengirim pesan dan Gambar - IME Android -->

9 Cara Mengatasi Whatsapp tidak bisa mengirim pesan dan Gambar

Konten [Tampil]

Berbagai spekulasi terkait dengan masalah WhatsApp tidak bisa mengirim pesan gambar maupun teks. Aplikasi tersebut memang telah menjadi kebutuhan tersendiri yang wajib terpasang pada ponsel android sebagai alat komunikasi pengganti SMS dan panggilan suara. 

Peralihan dari konsumsi pulsa biasa menjadi pemakaian kuota.  Hal itu menjadi terobosan terbaru setelah adanya smartphone. 

Tetapi disisi lain masalah selalu ada dan kemungkinan terjadi kapan saja baik masalah kecil atau masalah besar yang berkaitan pada kerusakan ponsel. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait dengan WhatsApp tidak bisa mengirim pesan dan solusinya.

Whatsapp tidak Bisa kirim Pesan dan Gambar

Penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim pesan. 

Ada beberapa kemungkinan penyebab whatsapp tidak bisa mengirim pesan. 

Kenapa tidak bisa mengirim status di WA?  Pertanyaan tersebut muncul ketika masalah timbul dan ingin mengetahui penyebabnya. Masalah Whatsapp ketika tidak bisa mengirim gambar atau pesan biasanya di tengarai oleh masalah yang berkaitan dengan software maupun jaringan saja.

Sehingga tidak perlu panik, kalian hanya memerlukan sedikit pengecekan terhadap OS, Aplikasi WhatApp Atau memastikan jaringan. Sehingga tidak memerlukan service hardware, kecuali masalah tersebut dikarenakan Hp tidak ada Sinyal disebabkan oleh ic sinyal ponsel telah rusak yang berakibat terhadap perangkat tidak dapat terhubung ke Internet.

Berikut berbagai masalah menjadi penyebab Whatsapp Tidak bisa kirim Foto dan Pesan:

  1. Dikarenakan oleh Koneksi internet ,Secara otomatis pada saat data seluler ponsel kalian mengalami masalah terganggu secara otomatis wa tidak bisa kirim foto maupun menerima chat dari pengguna lain. Masalah ini dikarenakan paket internet kalian habis, kondisi nonaktif.
  2. Salah menulis Nomor, Penyebab kedua diantaranya adalah karena salah menulis dan menyimpan nomor. Nomor 
  3. Masalah terhadap jaringan bisa saja terjadi dari faktor interal maupun external. Kalian bisa mencoba mengecek memastikan setelan jaringan pada hp, dan area sekitar mempunyai sinyal jaringan yang baik.
  4. Aplikasi Eror , Penyebab berikutnya dapat dikarenakan Aplikasi Whatsapp yang kalian gunakan bermasalah karena eror.
  5. Nomor kalian telah diblokir oleh penerima. Salah satu Ciri-Ciri Nomor di blokir oleh pengguna lain adalah kalian tidak dapat mengirim pesan, gambar ditandai dengan Centang Satu Pesan WhatsApp.
  6. Aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan mengalami masalah dikarenakan Corrupt, Data Cache Full, Atau package rusak karena Virus dan masalah lain.
  7. Provider mengalami gangguan karena perbaikan sehingga koneksi dan jaringan terhambat.
  8. Whatsapp Mengalami gangguan karena , diblokir karena memakai WhatsApp Mod,Gangguan Server, maupun Faktor lain.

Itulah beberapa masalah yang menyebabkan tidak bisa mengirim gambar di wa. 

Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Kirim gambar dan Pesan

Itulah beberapa penyebab umum yang biasa menjadi penghambat dan menimbulkan whatsapp tidak bisa kirim gambar. Saat aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan atau chating, hal pertama yang bisa kalian coba adalah dengan memakainya untuk menelpon.

Apabila dipakai untuk panggilan suara bisa berjalan normal, maka tahap berikutnya kalian bisa mencoba memperbaiki dengan cara di bawah agar whatsapp bisa normal sesuai dengan fitur dan kemampuannya.

Cara  #1. Cek Koneksi Internet

Cek koneksi internet WhatsApp

Kalian dapat memulai perbaikan wa tidak bisa mengirim pesan dengan memastikan koneksi internet yang sedang kalian gunakan.  Mulai dari mengecek jumlah paket data ,jaringan tersedia, Kecepatan internet, hingga masalah gangguan jaringan.

Saat ini terkadang jumlah kuota bukan menjadi acuan utama, pasalnya banyak produk paket internet dengan berbagai pembagian. Untuk itu kalian tidak lupa juga untuk mengecek jumlah paket kuota sosial media.

Baca juga, Cara mengecek kecepatan internet

Cara 2#. Restart Smartphone

Restart smartphone mengatasi WhatsApp

Metode yang kedua adalah yang paling sederhana ,kalian dapat mencoba restart ponsel. Teknik ini merupakan cara paling sederhana untuk mengembalikan smartphone kedalam kondisi normal dan fresh kembali.

Sehingga ketika masalah aplikasi WA eror dikarenakan oleh cache menumpuk atau memori RAM full hingga bedampak pada proses terganggu , ketika reboot smartphone dapat dipastikan semuanya akan kembali normal.

Cara restart hp tentunya sangat sederhana dan lakukan seperti biasa saja, dan tunggu hingga ponsel kembali menyala dan cek kembali buka apps wa kalian.

Cara 3#. Update Aplikasi.

Update Aplikasi WhatsApp

Berikutnya salah satu mengatasi WA tidak bisa kirim gambar atau pesan yakni dapat mencoba untuk memperbarui Aplikasi WhatsApp yang terpasang pada perangkat kalian.

Tergantung jenis whatsapp nya, untuk pengguna Aplikasi MOD maka bisa mencoba menghubungi developer dan mengecek pembaruan.  Untuk pengguna aplikasi WA Resmi dapat update WhatsApp dengan cara melalui Google Play seperti biasa.

  • Buka Google Plas Store
  • Lanjutkan ketik "WhatsApp" Pada kolom pencarian.
  • Setelah ketemu silahkan klik , kemudian langsung klik upadate dan tunggu selesai.
  • Setelah Selesai, silahkan buka dan coba untuk kirim gambar atau Pesan ke pengguna lain.
  • Selesai.

Cara #4. Nomor Diblokir

Cek nomor terblokir

Pada saat kita chat hanya ceklis satu , profile penerima tidak muncul , itulah salah satu ciri kalian telah di blokir oleh nomor tujuan sehingga menimbulkan pesan tidak dapat mengarah dan diterima.

Hampir sama dengan no kontak tujuan tidak aktif dalam jaringan internet. Saat no kalian diblokir , maka bisa mencoba untuk menghubungi dengan cara menelepon panggilan suara.

Atau dapat mencoba menggunakan cara kedua , yakni coba mengirim pesan memakai akun nomor wa lain. Jika terkirim dan normal, maka dapat dipastikan no kamu sudah di blokir.

Cek juga , Cara blokir panggilan dan SMS Nomor hp .

Cara #5. Pastikan Nomor penerima Sudah Benar

Cek nomor penerima WhatsApp

Lama sudah tidak ada komunikasi dengan teman terkadang tidak menyadari bahwa no yang mereka gunakan telah ganti.

Hal ini cukup sering terjadi , sehingga mengakibatkan proses kirim chat gagal , tidak terkirim, dan lain sebagainya.

Kondisinya hampir mirip dengan diblokir, kalian tidak bisa melihat profile , chat centang satu dan tidak bisa menerima panggilan.

Jika sudah terjadi seperti ini maka kalian dapat mencoba menelponnya memakai pulsa atau panggilan biasa. Memastikan bahwa nomor tersebut masih aktif atau tidak, jika aktif dan mengangkat mungkin terjadi kendala pada ponsel mereka.

Dan sebaliknya apabila sudah tidak aktif, kemungkinan no sudah tidak digunakan dan memakai nomor baru.

Cara #7. Gangguan jaringan.

Cara memperbaiki WhatsApp tidak terkirim

Permasalahan ini tidak lepas dari kontrol jaringan dan koneksi internet yang menjadi penghubung utama WhatsApp.

Syarat komunikasi dapat berjalan lancar memakai WA diharuskan keduanya memiliki koneksi internet dan dalam jangkauan jaringan.

Ketika anda kirim chat namun tidak terkirim , maka bisa mencoba mengecek koneksi dan jangkauan jaringan pada ponsel kalian sendiri dan memperbaikinya.

  1. Mode terbang smartphone dan kembalikan lagi , berfungsi mencoba untuk pemulihan jaringan. Biasanya adaptasi seperti ini saat di area baru yang kalian kunjungi.
  2. Menghapus cache sistem, apabila cara diatas tidak membuahkan hasil , maka kalian dapat mencoba menghapus data cache menghindari sistem terpengaruh terhadap cache.
  3. Mengembalikan setelan jaringan ke Default. Pada pengguna yang pernah mencoba kunci jaringan 4G hp nya, maka bisa dikembalikan ke kondisi semula.
  4. Ganti kartu perdana apabila justru SIM card bermasalah atau perpanjang masa aktif apabila sudah masa tenggang.

Lihat juga , Cara mengatasi hp tidak bisa terhubung internet.

Cara #8. Hapus Data WhatsApp

Hapus data WhatsApp

Solusi selanjutnya adalah dengan mencoba menghapus data aplikasi yang menumpuk dan menjadi masalah koneksi WA.

Setelah proses hapus data , aplikasi akan dikembalikan kedalam standar dan menghapus semua riwayat yang bisa menyebabkan masalah.

Semua data tersimpan didalamnya akan dibersihkan , bahkan kalian akan diminta login kembali dan melakukan otentikasi nomor pengguna agar bisa masuk.

Cara ini terbilang mudah , namun sebelumnya pastikan kalian telah mencoba untuk update aplikasi. Dan berikut langkah hapus data Apps WA :

  • Masuk menu Ponsel , pilih pengaturan > Manager Aplikasi > Aplikasi terinstall > WhatsApp.

Kalian akan melihat banyak aplikasi yang terpasang pada perangkat ponsel kalian ,silahkan klik apps WhatsApp.

  • Setelah memilih nya , maka kalian akan melihat informasi detail terkait apps tersebut.
  • Silahkan pilih "Hapus data" ,dan tunggu hasilnya hingga penggunaan data kembali kosong .
  • Apabila ada notifikasi konfirmasi, silahkan klik "OK".
  • Selesai.

Apabila semua langkah diatas telah dikerjakan , kalian bisa kembali ke menu utama. Buka WA Kemudian login kembali memakai nomor ponsel yang digunakan untuk whatsapp.

Baca juga , Cara mengirim video Lewat WhatsApp Durasi Full

Cara #9. WhatsApp Di Blokir.

WhatsApp di Blokir

Saat kalian sudah semua cara dilakukan namun tidak membuahkan hasil maka patut dipertanyakan. Umumnya hanya dengan salah satu metode diatas seharusnya sudah teratasi.

Tidak ketinggalan pembahasan masalah blokir. Salah satu masalah ini kerap kali menghantui pada pengguna aplikasi WhatsApp mod.

Kemungkinan dapat terblokir bisa saja terjadi oleh pengguna. Biasanya disebabkan oleh melanggar kebijakan , melakukan spam sehingga nomor kalian di blokir oleh pihak WhatsApp atau pemerintah.

Apabila hal itu terjadi ,biasanya hanya anda yang nengalami sedangkan pengguna lain normal-normal saja. Sehingga pada kasus ini kalian tidak bisa berbuat banyak kecuali membuat akun baru dengan mendaftarkan nomor lagi sebagai pengguna baru.

Setelah selesai membuat akun baru, silahkan coba kembali mengirim gambar , foto ,video, chat teks , maupun aktifitas lain terkait pemakaian wa. Sudah pasti akan normal kembali.

Penutup

Pada saat akan melakukan install ulang atau hapus data pastikan kalian melakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu supaya terhindar dari kehilangan semua chat. Backup sangat penting yang jarang diketahui, pada pembahasan sebelumnya sudah saya jelaskan.

Itulah beberapa masalah penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim gambar maupun pesan. Kalian bisa mencoba satu persatu dan memastikan ulang setiap masalah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel