. Bagaimana Cara screenshot Xiaomi Note 5A dan Pro series [ 2 cara] - IME Android -->

Bagaimana Cara screenshot Xiaomi Note 5A dan Pro series [ 2 cara]

Konten [Tampil]
Cara screenshot di Hp Xiaomi  Note 5A - Bukan imeandroid jika tidak membahas tuntas dari varian ponsel setiap trik dan tips yang dapat digunakan oleh pengguna smarphone. 

Dan pembahasan kali ini saya akan mengangkat judul cara screenshot pada hp xiaomi Note 5, jika sebelumnya sudah saya bahas harga dan spesifikasinya, Nah Cara ini pastinya dapat digunakan pada semua varian note 5.

Screenshot merupakan fitur yang sudah di bekalkan pada setiap ponsel android, baik Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo dan yang lainya.

Tetapi memang umumnya pada setiap brand yang berbeda, memiliki cara yang berbeda.Artinya cara screenshot xiaomi note 5A ini tentu tidak dapat digunakan atau diterapkan pada hp selain Xiaomi.

Tapi tenang saja, karena kami selalu melakukan update pembaharuan terkait informasi gadget, jadi bukan hanya xiaomi saja yang akan kami bahas.

SS biasanya ada dua tipe yakni dengan tipe pendek atau hanya selebar halaman yang terlihat saja, atau ada juga screenshot panjang yakni pengguna dapat mengatur seberapa panjang halaman yang akan diambil.

OK..

Sampai disini saya harap sudah paham,.tapi mengingatkan kembali bahwa setiap hasil screenshot maka akan secara otomatis tersimpan di ponsel dan memiliki format jpg.

Buat apa sih?

Kepentinganya berbeda beda, salah satunya adalah melakukan dokumentasi, berbagi tips yang dan malas untuk mengetik ulang, atau mengabadikan chat whatsapp, chat facebook dan masih banyak lagi.
Baca juga : Cara screenshot panjang dan pendek Xiaomi Redmi 5 Tanpa aplikasi

Cara Screenshot Di Hp Xiaomi Note 5 Series.


Sebelum ke langkah screen capture saya akan memberikan sedikit info bahwa, tutorial di bawah merupakan teknik memanfaatkan fitur bawaan sehingga tanpa tambahan aplikasi apapun.

Nah..

Artinya, jika anda mau bisa menggunakan aplikasi atau pihak ketiga yang dapat digunakan melakukan ss .Biasanya jika menggunakan app maka pengguna juga dapat mengatur sedemikian rupa sehingga bisa melakukan screen capture hanya dengan sekali tap.

Salah satu aplikasi favorit saya yakni DU recorder, selain sebagai aplikasi perekam layar hp android juga dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi melakukan SS dengan mudah pada ponsel apapun.

Kelemahan menggunakan aplikasi yakni dimana akan terdapat pengambilan sedikit free space internal storage untuk install.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi.

Nah masuk ke tahap cara pertama, cara ini merupakan teknik umum yang dapat dilakukan hampir pada seluruh ponsel.Dengan menekan tombol tertentu maka smartphone akan secara otomatis melakukan screen capture.

Tapi.. tahukah anda??

Cara ini selain umum  digunakan juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada tombol tersebut,nah contohnya: Screenshot hp samsung J5 menggunakan tombol "Power + Home + Volume Down" apabila sering dilakukan tombol - tombol tersebut bisa saja mengalami kerusakan pada swicth nya..

Efek terlalu keras dalam menekan dan lainya,,
Selain itu kelemahanya adalah ketika menekan tombol tidak bersamaan biasanya gagal screen capture. Tetapi mau atau tidak mau saya harus sampaikan caranya dan berikut langkah ss pada Xiaomi Note 5.

  • Yang pertama silahkan tentukan area atau halaman apapun yang akan di jadikan gambar.
  • Jika telah anda tentukan, proses pengambilan gambar layar cukup dengan tekan tombol "Power+Volume down" Secara bersamaan.
  • Jika berhasil maka akan terdengar suara shutter dan di iringi dengan kedipan layar.
  • Cek hasilnya di galeri ponsel anda, dan jika berhasil maka akan secara otomatis tersimpan disana.
  • Selesai.

2. Screenshot tanpa menekan tombol pada Xiaomi Note 5.


Saya anjurkan sebaiknya anda menggunakan cara ini saja, selain lebih mudah juga tidak menimbulkan potensi kerusakan pada tombol.

Memanfaatkan fitur ini pengguna dapat dengan mudah melakukan SS hanya dengan mengusap 3 jari anda ke layar maka akan secara otomatis area layar hp akan tersimpan menjadi gambar jpg yang siap dibagikan.

Tetapi sebelum melakukanya perlu mengaktifkan terlebih dulu, dan berikut cara mengaktifkanya.

  • Yang pertama silahkan buka menu hp anda, dan masuk ke pengaturan.
  • Silahkan pilih pengaturan lain / Pengaturan tambahan.
  • Pilih menu " Screenshot" dan silahkan aktifkan seperti gambar di bawah.
Pengaturan screenshot tanpa tombol

  • Telah aktif, silahkan keluar dan pilih area yang akan anda ambil gambarnya atau screen capture.
  • Usapkan tiga jari anda dari atas ke bawah, maka layar akan secara otomatis berkedip dan terdengar suara shutter menandakan proses berhasil.
  • Cek hasilnya di galeri.
  • selesai.
Mudah bukan, tidak berbeda jauh dengan Screenshot Xiaomi Redmi 6A bukan?

Sebenarnya ada tiga cara, cara ketiga ini akan sangat jauh lebih mudah namun hanya dapat dilakukan pada xiaomi dengan ROM MIUI8 Ke Atas.

Salah satu kelebihan MIUI 8 Selain ringan dalam digunakan, juga telah tersedia quick ball yang mampu menjadi shortcut yang salah satu fungsinya yakni untuk melakukan ss.

Quick ball tidak dapat dengan langsung muncul begitu saja, melainkan harus diaktifkan terlebih dulu.

Nah bagi anda yang akan mengaktifkan Quick ball berikut caranya.
Penutup
Demikian artikel kami tentang bagaimana cara screenshot pada Xiaomi 5A ,dan alternatif cara yang ketiga dapat kita simpulkan dengan mengaktifkan quick ball.Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel