. Penyebab dan cara mengatasi Samsung J2 lemot dan cepat panas - IME Android -->

Penyebab dan cara mengatasi Samsung J2 lemot dan cepat panas

Konten [Tampil]

Cara mengatasi Hp Samsung Galaxy J2 Cepat panas dan Lambat - Samsung J2 merupakan smartphone yang dapat dikatakan memiliki harga murah, namun dibalik harga murahnya tentu tidak mengesampingkan kualitas sebagai ponsel pintar. 

Meskipun tidak memiliki spesifikasi tinggi, hal ini tetap bisa memiliki performa yang baik asal pengguna masih dalam batasan atau sadar akan kapasitas spek hp tersebut.

Tidak jarang mereka yang mempunyai hp ini mengeluh lemot, setelah kita lihat cukup mengejutkan .. Terdapat banyak aplikasi aplikasi berat yang di install, game, sosial media banyak terinstall dan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet secara terus menerus.

Cara mengatasi Hp Samsung J2 Lelet

Bukan hanya lambat, ini juga dapat mempengaruhi masa pakai baterai ponsel, semakin banyak aplikasi terinstall maka akan membutuhkan banyak ruang penyimpanan terpakai yang menimbulkan kerja sistem menjadi berat.
Cara mengatasi Samsung J2 Lelet
IMG Src: GSM Arena

Tidak bisa kita pungkiri bahwa bukan hanya dari perlakuan pengguna saja yang menjadi faktor hp lambat, namun spesifikasi smartphone yang rendah juga jadi perhitungan. 

Dapat dilihat spesifikasi samsung j2 hanya memiliki RAM 1GB dan penyimpanan internal 8 GB.


Penyebab Hp Samsung J2 Lemot dan Cepat panas


Jangan heran jika sering terjadi force close program, atau not responding ketika melakukan mengoperasikan smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Karena RAM 1GB tidak dapat melakukan multitasking dalam dalam jumlah yang banyak. 

1.Memori Internal Penuh atau free space sudah mulai penuh, ini harus perhatikan .

Untuk menghindari Hp sering Lag, pastikan memori internal memiliki free space yang cukup supaya sistem tidak berat.

2.Terlalu banyak aplikasi terinstall, jika hp dengan spesifikasi rendah sebaiknya lakukan filter aplikasi yang diperlukan saja.

Memang sangat menggiurkan memiliki banyak aplikasi, namun percuma saja kalau dampaknya hp tidak dapat bekerja dengan baik.

3.Baterai sudah tidak sehat atau tidak normal bisa menjadi faktor menjadikan suhu cepat meningkat

4.Sinyal di area anda tinggal juga perlu anda perhatikan, jangan sampai kita berasumsi kemana mana mengenai hp cepat panas dan lemot sementara ternyata di pengaruhi oleh sinyal yang buruk.

5.Malware, salah satu jenis virus ringan namun tidak bisa diabaikan begitu saja.Pastikan samsung j2 terbebas dari malware atau virus lain.

6.Aplikasi Update,   meminta update dalam jumlah banyak ini dapat mempengaruhi kinerja smartphone yang menjadi lebih berat. Pada dasarnya setiap update, berarti aplikasi terbaru adalah yang terbaik.

7.Hp menjadi cepat panas dan Lemot setelah di Root, Jika hal ini menjadi penyebabnya maka kemungkinan terjadi kesalahan yang berakibat sistem menjadi tidak normal.

8.Kerusakan hardware, biasanya jika hp sering restart sendiri, cepat panas, lemot tidak melulu disebabkan oleh software saja melainkan bisa karena salah satu komponen smartphone didalamnya ada yang sudah lemah atau rusak.

Inilah 8 penyebab umum yang dapat menyebabkan samsung j2 kinerjanya lambat dan cepat panas.
Baca juga, Cara mereset Hp Samsung J2 dengan mudah

Cara mengatasi samsung j2 lemot dan cepat panas.


Solusi hp yang suhunya mudah naik adalah Dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu, dengan kata lain harapannya dapat menganalisa yang real dari hp itu sendiri.

Namun apabila tidak dapat menganalisa maka anda dapat melakukan trik, tips berikut mengatasi samsung j2 lambat.

1. Uninstall Aplikasi

Yang pertama anda dapat melakukan audit aplikasi yang terinstall pada handphone 

Jika memang perlu silahkan uninstall aplikasi yang tidak terpakai seperti Game, sosial media yang jarang digunakan, aplikasi bawaan atau bloatware atau bahkan aplikasi tidak tau kapan menginstallnya.

2. Atur ruang penyimpanan.

Memberikan ruang penyimpanan yang cukup dengan kata lain silahkan atur segala penyimpanan di memori external saja.

Biarkan memori internal sebagai media penyimpanan sistem dan aplikasi.
Lakukan pembersihan cache, bila perlu gunakan alat pembersih karena penumpukan file cache juga ikut menyumbang hp lemot dan cepat panas.

3. Pastikan Sinyal.

Jangan lupakan sinyal yang di area anda, jangan sampai kita sibuk mencari penyebab lain sementara lemot sendiri di sebabkan oleh sinyal yang buruk. 

Bukan menyebabkan lambat saja, ini juga dapat menyebabkan hp yang cepat panas karena sistem terus menerus melakukan search jaringan sehingga hardware mudah meningkat suhunya.

4. Pastikan Hp sehat dari virus 

Virus bekerja sangat unik dan sulit di ketahui oleh pengguna, anda dapat pastikan hpanda tidak terkena virus atau maleware.Gunakan anti virus android yang cocok, scaning secara bekala.

5.Kembalikan ke pengaturan pabrik ( Factory Reset)

Apabila dari beberapa tahapan diatas tidak membuahkan hasil maka dapat dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik atau factory reset.

Cara ini terbilang cukup ampuh karena hp akan dikembalikan ke dalam pengaturan default pabrik.

Artinya seharusnya ini adalah solusi terbaik dan secara performa maka hp akan kembali seperti hp samsung j2 baru .

5. Flash Ulang.

Nah ini sedikit xstream karena bagi anda yang belum memiliki keahlian flashing mungkin akan membutuhkan orang lain untuk melakukan flash samsung, cara ini akan menjadi langkah akhir dalam mengatasi permasalahan lemot maupun cepat panas.

Idealnya adalah jika permasalahan tersebut disebabkan karena software maka flash ulang adalah proses mengganti firmware yang lama dengan yang baru.

Bug atau kerusakan file di sini akan di perbaiki, dan hp akan kembali normal namun harus ada beberapa hal yang sangat krusial yang harus anda perhatikan dalam melakukan flashing.

6. Periksa kerusakan hardware

Yang terakhir apabila dilakukan flashing tidak membuahkan hasil  maka kemungkinan besar disebabkan oleh komponen dari hp tersebut ada yang tidak bekerja dengan optimal atau ada yang rusak.

Banyak hal yang perlu kita lihat, salah satunya jika mudah panas yang paling sederhana bisa di sebabkan oleh baterai hp melembung atau rusak.saya kira hal ini anda sudah paham tentang ciri - ciri baterai rusak.

Jika kerusakan kemungkinan dari perangkat keras maka saya sarankan untuk melakukan konsultasi dengan service center terdekat.

Penutup
Demikian artikel saya kali ini membahas samsung j2 lemot dan cara mengatasinya, semoga artikel ini adalah jawaban yang sedang anda cari.Adapun artikel ini saya buat dengan tujuan sebagai pembelajaran bersama .

Segala sesuatu resiko yang terjadi merupakan sepenuhnya bukan tanggung jawab dari imeandroid.com.Untuk itu selalu lakukan backup sebelum bertindak untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel