. Cara mengatasi hp samsung mentok logo atau hanya muncul logo android - IME Android -->

Cara mengatasi hp samsung mentok logo atau hanya muncul logo android

Konten [Tampil]

Cara mengatasi Hp samsung Bootloop- Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi hp samsung mentok logo atau bootloop. Penyebabnya cukup beragam mulai dari over load, atau memori terlalu penuh, kena virus, sistem crack atau corrupt setelah flash, atau yang lebih sering lagi di sebabkan oleh modifikasi sistem.

Cara memperbaiki hp mentok logo apapun mereknya secara konsep yakni sama saja, dari beberapa penyebab diatas kita dapat analisa seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Apabila kerusakan pada smartphone tidak terlalu parah atau tidak terdapat pada kerusakan hardware,  maka anda dapat mengatasinya dengan cara hard reset.

..meskipun pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan banyak tentang cara hard reset, tetapi saya akan jelaskan kembali supaya kita lebih paham.

Sebelum kita beranjak ke praktek mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya kita paham penyebab ponsel mentog  logo .

...tujuannya agar di kemudian hari hal ini tidak terulang kembali apabila disebabkan oleh human error.

Penyebab Hp Samsung mentok Logo ketika dinyalakan. 

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa penyebab bootloop cukup beragam, mulai dari kena virus sampai dengan kerusakan hardware.

Hal ini merupakan gambaran umum dari penyebab yang mengakibatkan hal itu terjadi.

Berikut poin penting yang menjadi penyebab smartphone ketika dinyalakan hanya mentog sampai logo saja.
Baca juga : Cara memperbaiki hp lenovo yang mentok di logo

1. Aplikasi terlalu penuh

Sumber yang pertama anda dapat analisa adalah aplikasi terlalu penuh.

Tentu sebaiknya dalam install aplikasi mempertimbangkan juga dari kapasitas maupun spek hardware dari gadget tersebut.

Apabila terdapat aplikasi berat terlalu banyak seperti game, aplikasi drawing, dan lainya maka hal ini akan membuat kinerja smartphone dengan low spek akan menjadi lambat.

Potensi bootloop bisa terjadi ketika hape dinyalakan, sistem / Hardware tidak mampu mengangkat dengan baik program program di dalamnya yang akhirnya hanya mentog logo saja.

2. RAM dan Memori Internal

Ini berkaitan erat juga dengan aplikasi yang terlalu penuh sehingga media penyimpanan menjadi over.

Kinerja RAM tidak mampu mengatasi multitasking yang diinginkan pengguna menyebabkan lag atau sering terjadi force close program.

Itu dari sisi RAM, namun tidak kalah penting puladari sisi penyimpanan atau memori internalnya.

Semakin banyak  aplikasi terinstall maka akan banyak ruang yang dibutuhkan dan memakan space membuat ruang gerak sistem semakin sempit dan berat.

Tips
Usahakan free space pada memori internal minimal 50% Agar menghindari terjadi bootloop, usahakan penyimpanan file pada memori external saja.

3. Kerusakan pada komponen

Yang ketiga ini menjadi penyebab stuck logo yang cukup mengerikan hehe..

Jika Penyebabnya adalah pada kerusakan komponen, maka yang harus dilakukan adalah mengganti komponen tersebut.

Pada smartphone terdapat banyak komponen kecil di dalamnya, sehingga satu saja tidak berfungsi atau rusak maka dapat dipastikan akan ada masalah.

Namun hal ini perlu di pahami jenis komponen apa yang menyebabkan mentog logo?? silahkan pahami artikel berikut

Baca,  Jenis IC Smartphone dan fungsinya

4. Hp Gagal Root

Penyebab dari samsung yang dinyalakan hanya mentog logo selanjutnya adalah biasanya buat anda yang lagi belajar oprek sistem kemudian gagal root.

Salah satu bahaya root adalah ponsel tidak dapat masuk kedalam menu utama karena kerusakan sistem.

Proses root merupakan sebuah proses paksa membuka proteksi sistem dengan menggunakan aplikasi tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan sistem.

5. Gagal MOD sistem.

Penyebab berikutnya adalah gagal modifikasi file sistem, pada perangkat yang telah di root biasanya melakukan oprek file sistem dan akan berakibat fatal jika terjadi kesalahan.

Saya sendiri sudah pernah mengalami samsung nya hanya sampai logo samsung saja, tapi tenang bisa diperbaiki kok.

6. Hp terkena virus. 

Selanjutnya tidak menutup kemungkinan yang dapat menyebabkan lag atau bootloop selanjutnya adalah bisa karena oleh gangguan virus.

Sebut saja malware berbahaya yang terinstall dan berkembang biak hingga mengganggu file sistem.


Cara mengatasi hp samsung bootloop tanpa pc.

Cara pertama yang perlu anda coba untuk mengatasi hp bootloop yakni dengan teknik paling mudah, yakni dengan cara factory reset .

Fitur bawaan setiap android ini sangat penting sebagai pemecahan masalah pada firmware atau sistem.

Kondisi handphone akan dikembalikan / reset ke pengaturan pabrik dan normal kembali seperti ponsel baru

Disisi lain memang akan ada resiko yakni kehilangan data data yang terdapat pada smartphone . Proses factory reset akan menghapus seluruh file, aplikasi yang merupakan bukan standar pabrik. 

#1. Memperbaiki hp mentok logo via recovery mode. 

Cara mengatasi hp samsung bootloop
Hp Samsung Bootloop
  • Yang pertama silahkan matikan terlebih dulu hape anda. 
  • Nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi "Power + Home + volume up", jika tidak berhasil silahkan cek cara masuk Recovery mode samsung lengkap
  • Setelah selesai masuk di mode recovery maka anda bisa gunakan tombol volume up, volume down, sebagai navigasi dan tombol power untuk memilih. 
  • Selanjutnya arahkan ke "Cache wipe data /factory reset", ikuti instruksinya hingga proses selesai. 
  • Setelah selesai silahkan pilih "Reboot", proses reboot sedikit lebih lama dari biasanya. 
Jika berhasil maka hape meminta melakukan konfigurasi dasar seperti baru beli, ikuti instruksinya hingga selesai dan  kembali normal. 

Itulah cara mengatasi yang pertama, selanjutnya jika cara tersebut tidak berhasil maka dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan cara flash ulang. 

#2. Cara mengatasi hp bootloop lewat pc.

Nah pada solusi yang kedua ini memang sedikit ribet namun dinilai paling ampuh, bagaimana cara mengatasi smartphone samsung yang bootloop dengan cara ini?

Flash ulang, Ya benar dengan melakukan flash ulang maka hp android anda akan diinstal ulang sehingga menjadi seperti layaknya samsung baru!

Semua aplikasi yang pernah anda install akan hilang, bukan hanya itu saja, berbagai permasalahan yang berkaitan dengan software akan dikembalikan dalam kondisi pengaturan pabrik atau standar.

Cara mengatasi hape samsung yang hanya muncul logo dengan menggunakan PC seperti ini bukan kali pertama yang telah saya lakukan, artinya jika cara pertama sudah saya lakukan dan tidak membuahkan hasil maka yang saya lakukan adalah dengan melakukan flash ulang, dan berikut cara dan persiapan:


  • Yang pertama silahkan download aplikasi ODIN sebagai alat atau aplikasi flashing yang akan digunakan.
  • Yang kedua silahkan downlaod aplikasi USB driver samsung, kemudian install pada komputer anda.
  • Yang ketiga ini sangat penting yakni dengan download file firmware sesuai dengan tipe hp samsung yang anda gunakan, tidak boleh salah download file yang artinya harus benar-benar sesuai dengan ponsel anda.
  • Selanjutnya setelah semua bahan telah siap maka berlanjut ke tahap flashing, diawali dengan instal aplikasi USB driver yang telah anda download pada PC anda.
  • Selanjutnya matikan perangkat  yang akan di flash, selanjutnya nyalakan kembali dengan masuk ke mode download dengan cara tekan tombol kombinasi "Home + Power dan Volume down " Secara bersamaan hingga muncul halaman warning.
  • Setelah berada di halaman warning silahkan tekan tombol volume UP maka akan diarahkan ke mode download samsung.
  • Langkah berikutnya hubungkan dengan menggunakan kabel data Original hp anda ke komputer, jika Driver samsung anda terinstal dengan benar maka akan terdeteksi.
  • Buka Aplikasi ODIN yang telah anda download, di sana seharusnya HP anda akan terdeteksi dengan ditandai Port port ID:COM berwarna biru.
  • Pada menu AP di odin silahkan klik load firmware yang telah anda download, dan extrak.
  • Setelah itu klik start dan tunggu hingga proses flashing selesai, jika berhasil maka pada menu odin akan ada notifikasi Pass .
  • Restart hp samsung anda dan lakukan konfigurasi dasar, hingga hp berhasil kembali seperti semula.
Begitulah cara flash hp samsung secara umum, nah jika anda merasa bingung maka dapat melihat dari cara flash samsung J3 Di bawah ini yang yang lengkap dengan gambar.


Demikian artikel saya kali ini membahas tentang cara mengatasi hp samsung yang mentok logo atau bootloop, saya harap anda paham akan permasalahannya sehingga tidak perlu panik apalagi sampai salto, kayang, joged dll itu kurang baik. Tetap kalem dan lakukan hal diatas maka hp yang mentok logo niscaya akan kembali normal. Jangan lupa bismilah ya gaes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel