. Mengenal Apa Itu Prosesor hp yang Ada pada Hardware Ponsel - IME Android -->

Mengenal Apa Itu Prosesor hp yang Ada pada Hardware Ponsel

Konten [Tampil]

Apa Itu Prosesor Hp - Halo netizen,Pada artikel kali ini saya akan masih membahas tentang komponen pada hp yang biasa kita kenal dengan kata hardware.

Ada dua peranan inti yang dimiliki smartphone yakni hardware dan software.

Pada hardware ,cukup banyak jenisnya dan salah satunya adalah prosesor.

Bagi anda yang pernah belajar tentang teknik komputer mungkin tidak asing, beberapa penamaan dan satuan dari komponen ponsel mempunyai kesamaan.

Contohnya Prosesor, pada umumnya digunakan di komputer, tetapi seiring dengan kemajuan teknologi hp berevolusi menjadi smartphone akhirnya penggunaanya saat ini sudah merambah ke alat komunikasi..

Apa Itu prosesor Hp., Mari kita bahas terkait dengan peranannya pada Smartphone.

Mengenal jenis Prosesor HP dan fungsinya


Artikel ini saya akan mengulas tentang apa itu prosesor dan fungsinya?

Jika kita amati susunan hardware pada smartphone saat ini sama,dapat kita lihat hardware dari smartphone salah Seperti RAM,Processor, dan masih banyak lagi kesamaan dalam struktur hardware yang sama pada komputer dan prosesor.
Apa Itu Prosesor
Sering kita temui tentang ulasan Smartphone dengan tabel spesifikasinya menjelaskan tentang hardware dan software yang diantaranya terdapat spek prosesor dari smartphone tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa sudah banyak prosesor smartphone terbaik saat ini.

Pada artikel saya sebelumnya saya sudah membahas tentang jenis prosesor,nama prosesor hp memiliki banyak varian sehingga kita sendiri kadang tidak hafal dengan urutannya mulai dari paling rendah hingga paling tercepat.

Prosesor Dual Core ,Quad Core dan Octa Core yang digunakan pada ponsel / smartphone dan serta bagaimana kinerjanya sesuai dengan jumlah inti core yang berbeda.

Baca juga: Cara mengatasi Hp sering restart sendiri dengan Mudah!!

Apa itu prosesor Octa core,Quad Core dan Dual Core.

Lihat apa yang kita saksikan saat ini teknologi smartphone kini setara dengan kecanggihan laptop maupun komputer,bahkan salah satu beberapa merek smartphone yang telah mengeluarkan tipe gaming dengan spek yang tidak biasa.

Hardware hp pun memiliki nama nama yang sama dengan halnya komputer,seperti RAM,Processor,dan lainya,meskipun ada beberapa perbedaan   seperti untuk penyimpanan jika pada smartphone menggunakan Internal storage (Chip) namun pada komputer menggunakan hardisk yang umumnya berisi kepingan.

Tidak hanya itu saja,kemampuan smartphone saat ini terus di upgrade sehingga dapat dikatakan melebihi dari kemampuan komputer.

Bisa kita lihat saat ini bahkan smartphone sudah banyak yang mengadopsi kamera digital dan kemampuanya mampu menandingi kamera profesional DSLR dengan tanpa trik foto hasilnya bokeh.

Perbedaan Prosesor pada teknologi Inti (Core)

Central Processing Unit adalah nama lain dari prosesor dari situ kita dapat simpulkan adalah salah satu komponen dengan fungsi sebagai modul yang memiliki peranan utama dalam melakukan kinerja atau performa smartphone maupun komputer.

Seluruh perintah yang dilakukan oleh user kemudian diproses oleh CPU kemudian dibagi dengan cepat bersinergi dengan komponen lainya serta software (Sistem operasi).

Saat ini teknologi dari prosesor terus berkembang dan semakin memberikan kecepatan (canggih) di persiapan sebagai salah satu alasan menghadapi teknologi yang terus berkembang.

Setiap produsen prosesor tidak mau ketinggalan pastinya dalam ikut andil hal tersebut.

Pada umumnya saat ini ponsel smartphone menggunakan teknologi prosesor dual core,quad core ,octa core pastinya dari masing masing prosesor tersebut memiliki spesifikasi dan teknologi yang berbeda beda sehingga kita sebagai pengguna mempertanyakan  urutan prosesor android dari yang terendah sampai tertinggi.

Baca juga,Gpu dan Chipset Terbaik android 2020 Hingga Saat ini

Mengenal Prosesor Dual Core ,Quad Core serta Octa Core.


Mengenal lebih dalam tentang prosesor hp ,karena tuntutan teknologi yang semakin hari semakin menuntut kecanggihan serta kecepatan dengan di imbangi perangkat lunak yang terus berkembang sehingga tidak terbantahkan lagi penggunaan prosesor dengan core tunggal saat ini sd 1 .

Apa yang dimaksud Dengan Dualcore, Quadcore dan Octacore?

Perkembangan teknologi processor dari waktu ke waktu terus berimbang dengan perkembangan perangkat lunak serta kebutuhan masyarakat.

Jika pada waktu yang lalu sebuah smartphone masih menggunakan processor dengan core tunggal atau single core karena pada saat itu kebutuhan pengguna dalam menjalankan aplikasi juga masih masih terbilang tidak terlalu banyak.

Hingga seterusnya perkembangan aplikasi serta sistem operasi meningkat dengan pesat maka kebutuhan pengguna smartphone dalam menjalankan berbagai aplikasi smartphone juga bertambah banyak sehingga beban komponen smartphone terutama processor juga semakin berat jika tidak mengalami peningkatan kemampuan kerja.

Perkembangan prosesor dengan perkembangan teknologi yang lebih tinggi dari sebelumnya dengan penambahan kapasitas kerja hingga hadir generasi dengan dibekali ini 2 dengan kita kenal dengan prosesor dual core ,kemudian disusul dengan yang lebih tinggi dengan inti prosesor yang lebih banyak seperti Prosesor Quad Core (4 Inti Prosesor ) serta dengan namanya Octa core yakni dengan Inti prosesor 8.

Artinya jika anda melihat spek hp dengan prosesor Quad Core maka artinya sudah memiliki kecepatan yang sudah cukup baik di imbangi dengan kapasitas RAM dan Internal Storage.

Ini menjadi salah satu acuan wajib karena jika ini tidak seimbang maka jelsa hasilnya tidak terlalu bagus,Anggap saja RAM dan Internal Storage adalah pelayan yang harus melayani Prosesor.

Anda bisa bayangkan bukan jika Secepat apapun pekerja jika pelayannya lambat maka hasil dari pekerjaan pun tetap lambat.

Baik,kita akan sederhanakan mengenai kinerja dari prosesor !

Aplikasi saat ini yang berkembang menuntut pada kinerja atau spek prosesor yang lebih tinggi itu menjadi salah satu alasan mengapa HP lama relatif lebih lambat ,bahkan ada istilah dengan "Dapat di install pada Minimal RAM XGB",kesimpulanya sudah jelas pentingnya dari spek prosesor yang dimiliki pada HP akan sangat berpengaruh terhadap kinerja atau performa pada smartphone.

Kecepatan sebuah prosesor memiliki satuan GHz sebagai acuan Speed yang dimiliki dari Prosesor tersebut .Apa Itu GHZ berikut penjelasannya.
Baca juga: Cara cek LCD,Touchscreen dan Kerusakan pada hp asus

Istilah Speed processor Dan pengertian GHz

Tidak jarang kita dalam memilih jenis hp yang akan kita beli hp baru biasanya kita melihat CPU atau prosesor,kemudian RAM,internal Storage ata kamera.

Namun Tahukah anda tentang kemampuan yang dimiliki pada prosesor dapat anda lihat dari jumlah nilai dalam bentuk satuan GHz.Nah GHz Itu memiliki kepanjangan dari GigaHertz yaitu sebagai satuan kecepatan kerja Prosesor dalam pengolahan data dalam kapasitas tertentu.

Dengan kata lain sebuah smartphone memiliki prosesor dan prosesor yang di dalamnya memiliki kapasitas yang berbeda beda tergantung dari Hp /Merek dll,Dengan besarnya kapasitas /kecepatan prosesor menggunakan satuan GHz (GigaHertz) yaitu penggabungan dari satuan kapasitas dan frekuensi Hertz.

Kemudian perlu kita ketahui bahwa 1GHz yaitu sama dengan 1000 MHz kemudian 1 MHz Sama dengan 1000 KHz,artinya jika anda melihat spek hp dengan satuan MegaHertz artinya kecepatan dari hp tersebut masih dalam jangka ratusan sehingga kecepatan yang dihasilkan masih bisa dikatakan lambat.

Itulah sedikit tentang penjelasan dari pengenalan prosesor pada hp yakni salah satu komponen yang sangat mempengaruhi pada kecepatan / performa smartphone.

Cukup banyak keluaran terbaru para produsen berlomba lomba membuat  prosesor smartphone terbaik saat ini.

Jika ada  prosesor smartphone tercepat yang saat ini anda gunakan adalah berada salah satunya sedang anda gunakan maka tidak untuk tahun tahun depan,inovasi teknologi terus berkembang maka sudah pasti belum ada titik akhir.

Demikian artikel saya kali ini tentang mengenal Apa Itu prosesor hp Dan Fungsinya.Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel