. Penyebab internet di hp lambat dan Cara mengatasinya - IME Android -->

Penyebab internet di hp lambat dan Cara mengatasinya

Konten [Tampil]
Penyebab Internet Hp lemot -  Internetan pake hp android lelet meskipun support jaringan 4G ketika sedang browsing loading nya lama.. ? Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa penyebab internet di hp lambat.

Internet menjadi sebuah kebutuhan di jaman teknologi sudah serba canggih. Saat ini koneksi internet sangat penting, aktifitas sehari hari - pun sudah tidak pernah lepas dari nya.

Sebelum membahas tentang cara mempercepat internet hp lebih jauh, kita harus paham beberapa faktor yang bisa mempengaruhi performa perambahan .

Penyebab internet di hp lambat.

Penyebab internet di hp lambat

Terkadang bingung mengapa koneksi internet di hp mendadak lambat. Digunakan Untuk menonton YouTube loading terus, buka fb lama hingga perambahan yang tidak kunjung terbuka halamannya.

Hal itu tentu ada penyebab internet di hp kalian menjadi lemot. Tidak mengenakan pastinya , kejadian ini bisa saja terjadi pada pemilik atau pengguna smartphone berbagai merek. Misalnya Samsung, Xiaomi, Oppo , dan lain sebagainya.

Sehingga, sebelum membahas cara mengatasi internet hp lambat kalian harus paham terlebih dahulu masalah yang bisa menghambat jaringan dan koneksi internet di hp Kalian.
  • Koneksi tidak stabil
  • Cache menumpuk memenuhi memori hp . 
  • Jaringan internet masih belum update ke yang terbaik (4G).  
  • Terlalu banyak aplikasi pada smartphone yang terhubung internet. 
  • Gangguan jaringan / sinyal buruk.
Bukan hanya untuk axis, indosat, telkomsel, xl atau apapun. Tetapi untuk seluruh provider. Ketika sedang bermasalah atau sedang gangguan , hal ini menyebabkan internet pada smartphone menjadi lemot /lambat.

Atau faktor dari koneksi tidak stabil disebabkan oleh ponsel. Misalnya terdapat kerusakan pada komponen perangkat yang menimbulkan tidak dapat menerima jaringan secara stabil. 

Atau justru karena aplikasi lain yang mengganggu dan menimbulkan kinerja internet ponsel menjadi terhambat dan tidak bisa berjalan secara optimal.

Sebagian besar yang telah saya sebutkan di atas sangat mempengaruhi koneksi atau kecepatan internet pada smartphone. Tetapi jangan khawatir, ada cara mengatasinya dengan mudah dan tanpa aplikasi.

Mengatasi Internet lelet di Hp Android

1. Pastikan menggunakan jaringan terbaik dan wilayah kalian. 

Ini mungkin jawaban yang anda cari tentang penyebab internet hp android lambat. Saat mengalami internet lemot, pastikan area sudah terjangkau jaringan dan memiliki kualitas sinyal yang baik / stabil

Trik android mengatasi internet lambat ini sebenarnya tidak perlu melakukan apa- apa. Cukup pastikan saja sinyal bagus /kuat, tetapi jika sudah bagus masih lambat maka cek di bawah ini.

2. Menggunakan browser yang ringan. 

Selain sinyal, kalau ingin internet cepat dan loading tidak lama, maka saya sarankan memilih browser ringan dan clean dari Malware.

Kalian Bisa mencoba menggunakan browser yang ringan cepat seperti opramini atau bing . Tetapi dari pada harus install coba deh anda hapus histori atau cache pada browser dulu.

Hindari browser yang banyak iklan, karena dengan seperti itu juga sudah menghemat kuota. Iklan yan bermunculan pada browser memaksa penggunaan kuota internet.

3. Aplikasi yang berjalan silahkan di tutup. 

Meskipun ponsel saat ini sudah sangat canggih dengan multi tasking-nya, tapi dalam hal ini aplikasi yang berjalan pada latar belakang yang terhubung pada internet dapat menghambat kinerja / koneksi internet jadi lambat.

Bukan hanya kuota anda menjadi boros, tetapi dari sisi lain juga mengkonsumsi daya sehingga baterai menjadi boros.

Tipsnya : Tutup aplikasi yang berjalan pada latar belakang smartphone.

Setting  hp android anda supaya aplikasi di tinggalkan akan di tutup, caranya sebagai berikut.

Mengatasi internet lambat pada hp android
Hp android
Pertama masuk pengaturan, selanjutnya silahkan pilih "Jaringan seluler"  kemudian silahkan pilih "Atur penggunaan data"  seperti gambar dibawah ini.
Cata internet pada hp jadi cepat
Selanjutnya geser /matikan per-izian penggunaan data latar belakang seperti dibawah ini gambarnya..
Nah mungkin caranya berbeda pada merek lain, cara ini saya lakukan pada hp xiaomi.

4. Matikan Fitur Auto Sycnc. 

Auto sinkronisasi pada hp android anda selain boros kuota, boros baterai, juga membuat internet anda menjadi lemot /lelet.

Untuk itu coba cek aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi secara berkala dan pastikan tidak menggunakan auto sycnc sepeti facebook, gmail, dan akun akun lain.

Cara menonaktifkan auto sycnc pada hp android anda caranya, masuk ke "Pengaturan > akun > pilih non aktifkan auto sycnc"  dengan begitu anda dapat melakukan sinkronasi sesuai dengan keinginan anda.

Nah dengan begitu internet anda menjadi lancar,browsing, download jaringan internet anda tidak terbagi bagi.

5. Paket data dari provider terbaik sesuai wilayah. 

Sia-sia jika melakukan sekian banyak trik sedangkan wilayah di tempat tinggal kalian tidak baik untuk provider yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa kecepatan Internet salah satunya bergantung pada ISP (internet service provider)  masing masing .

.. artinya bisa saja anda menggunakan sim card dari provider dengan sinyal kuat tetapi jaringan yang di gunakan tidak dapat mengakses / terjangkau jaringan 4G atau yang terbaik.

Setiap daerah memiliki kondisi berbeda-beda untuk jaringan internetnya, nah disinilah peran pengguna dapat memilih provider yang cocok untuk wilayah tempat anda tinggal.

6. Gunakan jaringan terbaik .

Saat ini jaringan internet tercepat adalah jaringan 4G yang sedang disusul 5G.  Namun apabila ponsel belum support dengan jaringan 5G  tidak masalah, cukup pastikan  kalian telah menggunakan jaringan terbaik menyesuaikan dengan kemampuan ponsel.

Caranya,Silahkan ke menu, "setting > wireless & network > mobile network  >" network mode setelah di sana silahkan pilih jaringan terbaik di ponsel tersebut.

7. Nonaktifkan Otomatis update Aplikasi. 

Pembaharuan secara otomatis memungkinkan pengguna tidak perlu memperbarui Apps Secara manual setiap kali terdapat pembaruan.

Pastinya akan memakai koneksi internet dan paket data kalian. Terlebih lagi ini akan membuat koneksi jaringan internet menjadi lambat arena kelebihan load secara bersamaan. Inilah salah satu penyebab , untuk itu kalian bisa mengubah pengaturan auto update menjadi manual.

8. Hapus cache dan riwayat.

Selain penyebab hp menjadi lemot, cache  yang sudah menumpuk juga bisa menggangu kestabilan internet hp.

Untuk tips memperbaiki koneksi internet pada hp kalian adalah dengan selalu membersihkan file cache aplikasi dan browser. Caranya anda bisa melakukan secara manual atau menggunakan aplikasi download di playstore.
Baca juga, Cara menghapus Cache di Hp android
Selesai sudah cara mempercepat koneksi internet pada hp android dengan mudah, cara di atas gak perlu anda repot repot harus di root dan sangat mudah..  Pasti berhasil. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel