. Cara menghitung persen di kalkulator Hp - IME Android -->

Cara menghitung persen di kalkulator Hp

Konten [Tampil]

 Cara menghitung persen di kalkulator - Menjual produk atau membeli bahkan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keuangan , pengeluaran hingga pinjaman terkadang kita penasaran dengan presentasenya. 

Dari seluruh aktifitas yang dikerjakan kerapkali dihitung dengan skala persen. Untuk sebagian orang mungkin dapat dengan cepat menghitung jika sekedar 50% dari Jumlah, Atau 100% dari nilai. 

Namun saat menemukan permasalahan angka dengan koma persentase dari nilai tertentu, misal 1.2%, 2.5% biasanya membutuhkan kertas untuk menghitung ulang. Dari sini harus dihitung dengan teliti, sehingga apabila terdapat kesalahan akan menghasilkan jumlah berbeda.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahasnya, menghitung nilai presentase dengan memakai kalkulator yang ada di hp kalian. Sehingga langkah ini menjadi lebih praktis dan cepat menemukan hasilnya.

Smartphone merupakan device yang mempunyai jutaan fungsi, terdapat banyak fitur yang dapat digunakan dalam mempermudah segala pekerjaan yang bersifat digital.

Hampir semua smartphone mempunyai aplikasi bawaan kalkulator, baik platform android hingga iPhone.

Tidak hanya itu, menghitung presentase juga bisa dilakuan dengan cara online. Sehingga saat kalian tidak menemukan fitur kalkulator pada hp anda , maka bisa memakai platform tool kalkulator online untuk menghitung yang dapat diakses melalui browser. 

Cara menghitung persen di kalkulator Hp

 

Cara menghitung persen di kalkulator Hp

Hitung cepat bisa saja terjadi dimana saja dan kapanpun. Sehingga untuk kalian yang tidak siap kalkulator merasa bingung dan kalah cepat dengan teman lain. Kondisinya tidak melulu dengan teman,misalnya ditengah meeting,menghitung diskon, percakapan masalah pembagian keuntungan berdasarkan persen, nilai bunga pinjaman online, hingga hal lain yang bersifat dialog dan spontan maupun menentukan diskon produk.

Persen memiliki cara yang berbeda dengan menjumlah, sehingga untuk nilai tertentu membutuhkan alat atau hitung melalui komputer,coretan manual, kalkulator fisik hingga pendukung lain untuk melakukan hitung persen secara cepat. Termasuk memakai hp android.

Kalian tidak perlu bingung, pasalnya dapat dengan cara menghitung persen di kalkulator Hp secara mudah asal sudah mengetahui caranya. Sehingga tidak perlu melakukan coretan kertas, cukup buka aplikasi kalkulator bawaan atau tambahan yang diperoleh dari play store.

Baca juga, Mengalikan keyboard hp android hilang atau error'.

Aplikasi menghitung " Kalkulator"

Dikutip dari wikipedia kalkulator adalah alat yang berfungsi untuk menghitung dari jenis perhitungan sederhana mulai dari pengurangan ,perkalian, penjumlahan, pembagian, hingga kalkulator Sains yang bisa menghitung rumus tertentu.

Hingga saat ini mesin penghitung juga telah disematkan kedalam beberapa perangkat, misal komputer, Handphone hingga platfrom online yang bisa melakukan pekerjaan dari kalkulator fisik dengan cara diakses secara online.

Umumnya jumlah nila kalkulator standar mampu menghasilkan hingga 12 Digit -15digit. Namun pada jenis kalkulator ilmiyah mampu menghasilkan hitung angka 1 Googol memakai rumus tertentu. Sehingga dapat disimpulkan saat ini ada dau jenis kalkulator yang populer, yakni standar dan Siens.

Kabar baiknya keduanya dapat kalian peroleh langsung di hp android atau iphone kalian yang sudah tersemat secara default tanpa melakukan install apapun. Sehingga kalian tidak perlu melakukan coretan kertas saat akan menghitung persen, cukup mengetahui cara menghitung persen pada kalkulator hp saja sudah cukup dan mampu menjawab dengan cepat akurat.

Cara hitung % di Hp awalnya mungkin akan kesulitan karena aplikasi tersebut hanya menampilkan angka dari 0 - 9, AC / C= Untuk menghapus reset keseluruhan , tombol hapus ,icon bagi, Kali, (=) sama dengan , (-) Kurang ,dan  tombol persen (%) di sana.

Baca juga , Kalkulator menghitung berat logam

Hitung Persen di Kalkulator Hp Biasa

cara menghitung persen bunga pinjaman

Pertama silahkan buka menu dan Cari Aplikasi Kalkulator di hp kalian.

Misalnya kalian akan menghitung 5% dari sejumlah nilai yang sedang menjadi pokok yang akan menentukan nilai prensentasi setelah mengalami perhitungan. Contohnya menghitung 5% dari 500.000.

Yang harus kalian ketahui sebagai dasar menghitung persen adalah berasal Per 100 , Sehingga apabila nilai 5% berarti berasal dari 5/100.

Sama dengan hitung dengan kalkulator di hp kalian , yakni bisa melalui mengubah nilai nya menjadi desimal terlebih dahulu. Jadi untuk menghitung 5% dari 500.000 maka cara menghitungnya sebagai berikut.

  • Silahkan Ketik 5/100 (Lima bagi Seratus) di kalkulator hp kalian.
  • Maka akan muncul hasil (5/100 = 0.05) 0.05 sebagai bilangan desimal.
    cara menghitung persen di kalkulator iphone

  • Setelah itu hasil tersebut silahkan kalikan dengan 500.000 Karena yang akan di cari adalah 5 persen dari angka tersebut.
  • Menjadi 0.05 X 500.000 =  maka kalian akan melihat hasilnya dari 5% dari 500 ribu.
    cara menghitung persen di excel

  • Selesai.
Dan dapat diterapkan pada nilai yang berbeda, misalnya 30 persen dari 5juta, atau 10 persen dari diskon harga 100.00 dan lain sebagainya.

Sehingga kalian bisa mengetahui 10 persen sama dengan berapa , 30 persen sama dengan berapa dari nilai uang 7juta.

Cara kedua, Kalkulator hp standar tapi ada Icon persen (%).

Cara hitung persen di Kalkulator smartphone ini masih mengacu pada nilai 5% dari 500ribu. Hal ini supaya menjadikan logika atau penggunaan aplikasi bisa dapat dipahami .

  • Buka kalkulator , kemudian langsung tekan 5 dan lanjutkan klik icon %. Maka akan secara otomatis menampilkan perhitungan dari 5/100 dan hasilnya 0.05.

cara menghitung persen diskon

  • Berikutnya tinggal tap icon kali (×) 500.000 maka menjadi perintah 0.05×500.000 dan tap = (Sama dengan ).
  • Hasilnya Adalah 25 ribu.

Teknik tersebut dapat diterapkan ke berbagai smartphone dari berbagai merek, oppo, vivo, xiaomi, iphone dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas kalian dapat menyaksikan video dibawah.

Menghitung Persen di Kalkulator ilmiah di Hp 


Pada prinsipnya melakukannya penghitungan persentase di hp sama saja, baik memakai Kalkulator model standar maupun model ilmiah.

Kalkulator ilmiah didesain dengan adanya banyak fitur perhitungan ,mulai dari akar , pangkat dan lain sebagainya.

Kalian tidak perlu bingung saat memakainya ,apalagi hanya untuk hitung persen saja. Tidak perlu memperhatikan tombol lain seperti cos ,tan, dan jenis lainya.

Yang perlu kalian perhatikan adalah tombol % dan bagi saja.

Jika metode yang akan kalian hitung adalah mendesimalkan dengan penggunaan bagi , maka rumusnya adalah :

Nilai persen di bagi seratus, sehingga dalam penulisannya menjadi 5/100 atau 5÷100 lanjutkan tap = (sama dengan).

Apabila akan mendesimalkan dengan memakai icon %, maka kalian cukup menulis angka yang menjadi patokan persentasenya dan lanjutkan klik icon %.

Sehingga dalam penulisan di kalkulatornya cukup 10 + %.

Dari hasil per seratus di atas tinggal dilanjutkan mengalikan dengan nilai jumlah pokok. Sehingga misal mencari 10% dari 1 juta maka dapat mengetik di kalkulator sientific 10 (+) % (×) 1000.000 (=) 100.000.

Dan perhitungan seterusnya , pada prinsipnya kalian hanya perlu memahami dari konsep menghitung persen.

Apakah bisa menghitung persen secara online ?

Tentu bisa ,saat ini sudah tersedia web tools kalkulator online yang dapat diakses dan digunakan untuk melakukan segala macam aritmatika.

Sehingga ini sangat cocok untuk kalian yang sudah menghapus aplikasi bawaan hp kalkulatornya. 

Cara penggunanya sama dengan di atas,hanya saja peranan kalian untuk mengaksesnya membutuhkan browser dan koneksi internet .

Caranya ,buka browser terbaik kalian dan ketik pencarian kalkulator online. Maka di sana akan muncul kalkulator yang bisa digunakan secara langsung untuk hitung persen.

Penutup

Itulah pembahasan cara menghitung persen di hp android atau smartphone lain. Semoga bermanfaat, saya harap kalian memahami konsep dan cara kerja dari menghitung nya bukan mengandalkan tools. Sehingga saat tidak dalam memegang hp , kalian tetap bisa mengetahuinya dengan cara manual di kertas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel