. Bahaya Gadget bagi anak dan balita yang harus di ketahui orang tua - IME Android -->

Bahaya Gadget bagi anak dan balita yang harus di ketahui orang tua

Konten [Tampil]
Bahaya gadget anak - Bahaya teknologi kali ini mengancam anak anak, atau bisa kita kemas ulang menjadi manfaat teknologi luar biasa untuk belajar anak.

Dari kalimat diatas adalah mewakili kondisi teknologi yang bisa terjadi pada anak balita, tidak heran jaman sekarang mereka lebih menyukai main hp / smartphone bukan bermain dengan lingkungan langsung.

Banyak para pakar psikologi mengatakan bahwa gadget bahaya untuk anak,cenderung anti sosial dan menutup diri karena   lebih menyukai game dan   lebih peduli terhadap fitur game dari pada lingkungan.


Bahaya kecanduan gadget untuk anak- anak

Anak Kecanduan game bisa lupa diri!!

Jangan bingung kalau tidak peduli dengan lingkungan dan bukan hanya terhadap lingkungan saja bahkan sang anak bisa menyebabkan lupa diri. Mementingkan kondisi hp ketimbang kondisi dirinya.

Sang anak akan protes apabila game yang ada pada smartphone yang biasa dimainkan telah di uninstall, bukan hanya itu mereka lebih mudah mengenali jenis game dan cara memainkanya daripada mengenali dirinya sendiri.

Bagaimana tidak!! 

Mandi, makan ataupun kebutuhan lainya bisa dilupakan..  Mereka asyik dengan gadget yang di tangannya. Maka apapun kondisinya maka bisa saja dilupakan..  Lapar menjadii tidak dirasakan, bahkan hal yang menjadi kewajiban sang anak pun diabaikan.



Bahaya smartphone bagi anak membuat tidak bisa melihat !!

Kebutaan menghantui,mungkin dalam jangka panjang balita yang suka memainkan gadget dalam berjam-jam   dapat meningkatkan mengakibatkan kerusakan pada mata salah satunya kemungkinan bisa terjadi adalah kondisi mata menjadi minus.
 
Bukan hanya menyebabkan mata minus tetapi hal yang lebih buruk lagi adalah menyebabkan tidak bisa melihat (melihat sekitar)  artinya mungkin lebih tepatnya tidak dapat melihat kondisi sekitarnya karena hanya fokus terhadap gadgetnya.

Disini saya tidak mengulas dampak negatif dari radiasi cahayanya karena mungkin saya bukan pakarnya.

Tetapi banyak blog yang mengatakan bahwa dampaknya cukup berbahaya untuk anak, seperti yang di langsir dari http://tekno.kompas.com/read/2017/01/16/10260057/ ini.


..bahaya layar smartphone bagi mata anak tertulis disana, bahwa cahaya gadget untuk anak adalah permasalahan. Secara medis pada mata yang menjadi kurang baik seperti penglihatan menjadi kabur, mata seperti gatal dan efek tersebut berdampak lebih luas lagi seperti penurunan prestasi anak di sekolah.

Menurut para peneliti bahwa penyakit mata kering pada anak kurang terdeteksi, mereka menyarankan untuk mengendalikan pemakaian gadget pada anak untuk menekan resikonya.

Baca juga 12 Aplikasi belajar anak SD kelas 1


Gadget bisa membuat anak anak tuli!! 

Bahaya
yang menghantui pada anak selain menjadi malas belajar adalah bisa menyebabkan tuli. Selain radiasinya berbahaya juga hp android bisa menyebabkan tuli tetapi tuli disini yang saya bahas bukan tuli secara medis , tetapi tuli yang saya maksud adalah tidak mendengarkan kata kata / himbauan orang tua atau cuek.


Mungkin bagi anda yang sudah memiliki anak dan anak anda suka main game mengalami buah hati anda cuek, acuh bahkan tidak ada respon untuk perintah orang tua ketika sedang ngegame!

Hal ini apabila di biarkan tentu menjadi hal yang tidak baik, dikhawatirkan tingkat tidak peduli meluas menjadi sebuah karakter,itulah bahaya dari gadget untuk anak.


Smartphone bisa membuat anak menjadi bodoh!

Malas belajar,pelajaran di sekolah susah masuk bisa saja terjadi pada anak anak , serta prestasi yang semakin hari menjadi semakin menurun itulah yang terjadi apabila sang anak gila main gadget.

Bahaya teknologi suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, telah mengancam pada anak anak kita., akan tetapi bukan hanya bahaya! 

Saya kira ada juga manfaatnya, bahkan manfaat yang luar biasa untuk anak terkait dengan teknologi saat ini. 

Anak dan gadget saat ini sedikit sulit dipisahkan, ketika merasa kesepian dan tidak ada teman bermain maka sang anak meminta hp /smartphone.  Bahkan seusia anak saya 2 tahun sudah fasih mengoperasikannya, mulai dari menyalakan sampai mencari video favoritnya di youtube. 

Anak usia 2 tahun sudah bisa menginstall aplikasi game melalui playstore! 

Ini bukan prestasi melainkan suatu hal yang menurut saya mengerikan..

Yang saya khawatirkan anak tidak tertarik dengan dunia nyata, melainkan hanya tertarik dengan dunia digital game di bandingkan bermain dengan anak sebayanya.

Saat ini bahaya gadget untuk balita nyata harus di tekan, sebagai orang tua yang cerdas kita harus mampu mengalihkan yang awalnya bahaya menjadi manfaat.

..  karena selain bahaya tentunya disisi lain "manfaat "yang bisa didapatkan melalui smartphone. 

Menggeser dari dampak negatif menjadi Dampak yang positif.
Seperti yang sudah saya katakan tentang anak saya yang usianya 2 th sudah bisa install aplikasi game melalui playstore.

.. sudah bisa main game dengan sempurna bahkan game yang menurut saya pribadi cukup sulit dimainkan seperti : game membuat es cream dalam hal ini saya menggeser menjadi sebuah belajar.



Hanya install game yang mengandung unsur belajar anak. 

Menginstall game tidak sembarangan asal anak suka, tetapi game yang mengandung unsur edukasi atau belajar disesuaikan dengan usia sang anak.

Sedikit pengalaman yang sudah saya lakukan untuk anak saya dan smartphone.

.. anak yang pertama usia 4,5 tahun dan yang anak yang kedua usia 2,5 tahun. Keduanya memang agak sulit lepas dengan game pada smartphone. Sampai hp menjadi lemot karena terlalu banyak aplikasi yang di install oleh kedua anak saya. 

Nah hal ini berbahaya apabila saya biarkan terus menerus terjadi sang anak tertarik hanya dengan game - game yang tidak ada unsur edukasi. Disitu kita mulai banyak terlibat dalam hp tersebut termasuk mengganti game yang bermanfaat saja. 

Hasilnya luar biasa anak saya yang pertama sudah bisa hafal dan membaca huruf hijaiyah walaupun belum bisa membaca huruf hijaiyah yang digandeng, hafal dan dengan alfabet a-z dan banyak lagi yang bisa membuat saya bangga dengan anak yang usianya baru 4,5 tahun dan belum sekolah paud ataupun TK. 

Sedangkan anak saya yang kedua sedikit berbeda, dia hanya bisa membuat huruf alfabet dengan jari jari kecilnya   dengan mewarnai di smartphone / hp.  

Dampak negatif dari gadget atau smartphone atau tab untuk anak balita / anak anak tentu bisa di tekan siapa lagi kalau bukan orang tua, nah mulai saat ini silahkan cari alternatif atau cara untuk menyiasati anak supaya bisa belajar melalui smartphone.


Baca juga
10 Aplikasi android belajar ngaji,iqra dengan cepat
Aplikasi Android Belajar baca PAUD - TK -SD cepat pintar baca


Hal yang cocok yang tepat untuk anak.

bahaya smartphone untuk anak
Creatif anak

Anak anak yang cerdas bukan anak pandai main game pada smartphone,yang pastinya kita sepakat ong pastinya mengenai anak yang kreatif cerdas dan sehat adalah kebanggan bagi orang tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel