. 3 Cara mengatasi Hp samsung bootloop [Eror, stuck Logo, Lemot] TERCEPAT - IME Android -->

3 Cara mengatasi Hp samsung bootloop [Eror, stuck Logo, Lemot] TERCEPAT

Konten [Tampil]

Hp Samsung Mentok Logo-  Cara mengatasi hp samsung bootloop dapat saya katakan relatif sederhana. Bagi anda yang mengalami hp samsung dinyalakan hanya muncul logo dapat kita katakan hal itu adalah bootloop

Hal ini bisa saja terjadi pada beberapa merk hp android d bukan hanya pada samsung melainkan potensinya bisa terjadi pada hp lainya seperti xiaomi, asus, oppo, andromax dan lainya.

.."Mentog Logo" merupakan salah satu permasalahan yang umum bisa terjadi namun hal ini bukan suatu hal yang fatal, nah artinya kejadian seperti ini bukan hal yang tabu dan bisa kita perbaiki.


Cara mengatasi Hp samsung muncul logo.


Cara memperbaikinya ada beberapa teknik, dan ini tergantung pada seberapa parah.

.. jika disebabkan oleh kerusakan pada komponen maka yang perlu di lakukan adalah mengganti hardware tersebut terlebih dulu. Tetapi jika hanya disebabkan oleh software maka bisa diatasi via recovery mode atau flash.


FAQ. 

Apakah hp bootloop bisa diperbaiki? 

Hp bootloop atau mentok logo ketika dinyalakan dapat diperbaiki? untuk cara yang paling extream adalah dengan flash ulang, cara memperbaikinya juga mudah bisa menggunakan pc maupun tanpa pc.

Bagaimana cara mengatasi bootloop tanpa pc? 

Cara mengatasi smartphone bootloop tanpa pc yaitu dengan melalui wipe data and factory reset, atau bisa juga flash langsung melalui hp tersebut.

Bagaimana cara mengatasi bootloop menggunakan pc? 

Cara mengatasi bootloop menggunakan pc yaitu melalui dengan cara flash hp samsung anda, dengan menggunakan tool ODIN, Frimware sesuai Tipe hp, dan flashing.

Penyebab hp bootloop dan jenisnya. 


Penyebabnya hp android hanya muncul logo dapat kita katakan hal ini terjadi karena kerusakan pada firmware /software.  Sehingga sistem tidak dapat bekerja dengan sempurna melakukan starting.

Tetapi disisi lain juga bisa disebabkan oleh terjadi kerusakan pada komponen hardware.
Samsung bootloop
Samsung bootloop

Samsung merupakan salah satu merek hp android cukup populer di indonesia. Pengguna nya sudah berbagai generasi.
Pentingnya pemahaman dalam penggunaan smartphone dapat menekan terjadi bootloop.

Akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengalami kegagalan sistem disebabkan adanya modifikasi sistem dengan cara root.

Root hp android memang salah satu praktek dapat membahayakan sistem pada hp anda, potensi terjadi stuck logo, lemot, sistem eror bisa saja terjadi.

Bukan hanya itu saja,root pada hp juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu anda ketahui.

Baca juga
Cara atasi Samsung J3 bootloop tanpa Flash ulang
Cara mengatasi hp samsung A3 Bootloop tanpa flash


Jenis - Jenis bootloop pada hp.


Sebelum beranjak ke arah solusi pada hp samsung Bootloop, maka sedikit pengertian tentang jenisnya.

Secara umum jenisnya dibagi menjadi tiga yakni Ringan, sedang, dan berat.  Mungkin anda pernah mendengar dengan istilah lain bootloop , seperti softbrick, hardbrick atau bootloop ringan dan berat.

Bootloop ringan ciri cirinya adalah kita bisa menghidupkan smartphone hingga dapat masuk ke menu utama, tetapi selang beberapa saat smartphone mendadak hang atau lag, dan melakukan restart sendiri.

Ini bukan hal normal pastinya.. hape menjadi lemot dan sering restart sendiri. Itu adalah ciri ciri bootloop ringan pada samsung anda.
Jangan biarkan, hal ini harus segera mungkin diatasi agar hp dapat kembali normal.

Bootloop Berat,salah satu permasalahan pada hp samsung adalah kerusakan terhadap sistem yang dapat menyebabkan hp tersebut hanya muncul logo saja ketika dinyalakan (Bootloop).

Jenis ini dapat kita katakan salah satu jenis   bootloop berat ,sehingga hp samsung tidak dapat masuk kedalam menu utama sama sekali.

Mengatasi hp samsung yang bootloop sebenarnya tidak sulit bahkan dapat saya katakan setiap orang dapat melakukannya tanpa harus memiliki komputer. Kecuali kondisi yang mengharuskan melakukan flash ulang hp anda.

Meskipun flash hp sendiri tidak melulu harus menggunakan komputer, pasalnya cara mengatasi hp samsung bootloop pun dapat dilakukan dengan flashing tanpa komputer.


Cara mengatasi hp samsung bootloop Tanpa pc.


Jika anda sedang bingung mencari mengatasi hp yang error berhenti sampai logo saja, hp sering melakukan restart sendiri, atau hp samsung lemot. Hal ini yang intinya berkaitan dengan sistem / Firmware pada smartphone anda maka anda dapat mengatasinya dengan cara berikut :

Mengatasi bootloop tanpa pc melalui recovery mode. 


Recovery mode adalah salah satu fitur atau menu yang di sematkan pada hp / smartphone, fitur ini sangat penting dan banyak sekali manfaatnya. Menu recovery mode pada hp samsung dapat anda lihat di bawah ini dan fungsinya.


Cara atasi hp bootloop
Recovery mode samsung

  • Reboot system Now berfungsi memberikan perintah restart hp anda, jika anda sudah melakukan sesuatu bisa bisa dengan langkah reboot. 
  • Apply Update from external storage adalah berfungsi melakukan instalasi / update firmware atau melakukan custom ROM dll. 
  • Wipe data and Factory reset adalah menghapus data dan mengembalikan hp samsung anda dalam kondisi ke pengaturan pabrik. 
  • Wipe cache partition berfungsi menghapus file cache pada hp samsung anda, menghapus file cache partition ini berguna untuk membersihkan   file sampah pada hp anda. 
  • Apply update from cache fungsinya melakukan update dari cache files. 


Kemudian apa hubungannya dengan mengatasi hp samsung bootloop?? Berikut cara pertama mengatasi hp eror / lag, lemot, bootloop.


1. Cara mengatasi samsung bootloop via Recovery mode. 


Mengatasi bootloop hp samsung tanpa flash ulang paling mudah dengan mengakses recovery mode berikut langkahnya.

  • Pertama silahkan matikan perangkat , kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi " Volume Up + menu + Tombol power "  Secara bersamaan. Setelah muncul logo samsung silahkan lepaskan tombol Power dan tombol power hingga masuk recovery mode seperti gambar diatas. 
  • Gunakan tombol "Volume Up dan Volume down"  untuk navigasi mengarahkan keatas dan kebawah, sedangkan tombol "Power"  untuk memilih. 
  • Selanjutnya silahkan arahkan ke "Wipe data anda factory reset"  dengan tombol volume, jika sudah silahkan pilih menggunakan tombol "Power".
  • Tunggu hingga proses wipe data selesai, apabila sudah selesai silahkan pilih reboot, kemudian hp anda akan melakukan restart dan meminta untuk melakukan setting / konfigurasi dasar.. Ikuti langkahnya hingga selesai dan hp kembali normal. 


Itulah cara pertama melakukan wipe data factory reset untuk mengatasi hp samsung bootloop.  Jika cara tersebut tidak berhasil dapat menggunakan cara flash ulang hp anda.


2. Cara mengatasi hp samsung bootloop dengan flash tanpa pc. 


Flashing adalah cara yang seharusnya mampu mengatasi permasalahan terkait dengan Software. Pasalnya dengan flash ulang dapat kita asumsikan mengganti file firmware baru pada smartphone(akan di flashkan). Berikut langkah flash hp samsung tanpa pc.


  • Silahkan download file firmware sesuai dengan tipe hape (Wajib Sesuai).
  • Simpan file stock ROM yang telah anda download di Memori Card, dan pastikan beri nama mudah diingat dan letakan di tempat mudah di cari.
  • Selanjutnya silahkan matikan ponsel kemudian nyalakan kembali dengan masuk ke recovery mode. Caranya tekan tombol kombinasi "Volume Up dan Menu  + Tombol Power"  secara bersamaan, setelah masuk ke logo samsung lepas tombol Power hingga masuk ke recovery mode. 
  •  Setelah berada di menu recovery mode silahkan gunakan tombol volume untuk navigasi naik dan turun, arahkan ke  "Wipe cache partition," tunggu sampai selesai dan dilanjutkan ke "Apply  upfade from external storage"  dan silahkan pilih file firmware yang telah anda download. 
  • Setelah ketemu silahkan pilih, dan ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai, setelah selesai silahkan reboot smartphone samsung anda. 
  • Jika susah selesai dan berhasil maka hp anda akan meminta untuk melakukan setting dasar seperti hp yang pertama dibeli, ikuti langkahnya dan selesai. 

Mudah bukan cara flash ulang samsung tanpa pc, tetapi jika merasa sulit dengan cara diatas anda juga bisa melakukan dengan cara flash ulang via odin.


3. Cara flash hp samsung via ODIN. 


Cara yang ketiga ini tergolong sebuah langkah terakhir mengatasi permasalahan software pada smartphone, pasalnya semua masalah yang terjadi pada piranti lunak flash ulang seharusnya jalan terakhir.

Tetapi jika hal ini gagal , kemungkinan beberapa kondisi seperti di bawah :

- File yang di download tidak cocok dengan tipe hape, pastikan file Stock ROM yang anda unduh sudah sesuai dengan tipe smartphone.

- File yang telah anda unduh mengalami corrupt/ file sudah rusak, pastikan ketika download memiliki koneksi internet yang stabil.

- Hp mengalami kerusakan pada komponen sehingga file tidak dapat di flashkan ke dalam smartphone, solusinya silahkan bawa ke service center terdekat.

Untuk langkah flash hp samsung via odin sudah saya buat artikelnya secara terpisah silahkan anda bisa baca, dan download firmwarenya.

Baca :
Cara flash hp samsung J3 Series Via Odin

Itulah tiga cara mengatasi samsung yang bermasalah pada sistem, baik itu dalam bentuk bootloop, sering eror, sering mati sendiri atau force close,cepat panas dan masih banyak lagi.

Perlu anda garis bawahi hp yang dapat di flash adalah ponsel yang secara komponen masih normal dan menggunakan firmware yang tepat sesuai dengan tipe hp anda.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel