. Cara Flash Samsung semua tipe Dengan Cepat!! [Tutoral flashing Hp samsung] - IME Android -->

Cara Flash Samsung semua tipe Dengan Cepat!! [Tutoral flashing Hp samsung]

Konten [Tampil]
Cara flash hp samsung- Salam sejahtera dan damai indonesia, kali ini saya akan membahas hal yang sedikit komplek tentang cara flash samsung, gak komplek amat sih..

Tetapi harapan saya hal ini menjadi salah satu tambahan ilmu yang bermanfaat untuk pembaca.

Flash hp sering kita dengar mungkin terkesan bukan hal yang biasa atau terdengar identik mengerikan seperti film horor, sebenarnya tidak juga kok.

Justru menurut saya pribadi pengguna smartphone sudah seharusnya mengetahui langkah flashing smartphone.


Cara Flash Samsung via Odin dan langsung di Hp.

Flash bukan hanya terjadi atau terdapat pada hp samsung saja, tetapi bisa dilakukan ke semua merek ponsel mulai dari xiaomi, asus, lenovo, infinix, nokia, motorola dan lain sebagainya.

Cara flash hp samsung menurut saya pribadi dilakukan menggunakan tools yang paling mudah dan dapat anda download secara gratis,yakni "Odin".

.. artinya jika sudah memiliki aplikasi flash ini maka sudah dapat flashing samsung semua tipe. Tetapi ada beberapa ketentuannya.. Baca dulu sampai paham.


Gagal flash ulang hp samsung?




Mungkin anda pernah mendengar cara flash samsung tanpa pc, biasanya tutorial tersebut dilakukan untuk smartphone samsung yang masih bisa masuk kedalam recovery mode,

..tetapi untuk cara yang paling ampuh untuk flash samsung j2 prime,J5 atau cara flash Grand prime yakni menggunakan PC.

Tidak sedikit teman teman yang mengalami gagal flashing karena tidak mendapatkan tutorial yang tepat.

Atau kalaupun tutorialnya sudah benar kadang penulis dan pembaca tidak dalam satu pemahaman.

Nah sebaiknya jika anda sedang berada dalam artikel ini, baca baik baik agar penyampaian saya tentang melakukan flash hp dapat mengenai sasaran.

Bukan maksud dari kami untuk merendahkan sisi pembaca, tetapi saya mengakui bahwa keterbatasan bahasa penulis dalam menyampaikan sesuatu.
flash Hp samsung


Pengertian flash hp android.

Kita awali dengan menyamakan persepsi dengan pengertian dari flashing,.flash adalah sebuah teknik melakukan penggantian firmware atau stock ROM pada smartphone yang dapat dilakukan melalui hp langsung atau menggunakan alat bantu komputer.

Dalam hal ini biasanya dilakukan karena adanya masalah pada smartphone yang kaitannya erat sekali dengan software atau segala sesuatu dengan perangkat lunak.

Tujuan melakukan flash hp tentunya adalah sebuah langkah perbaikan terhadap masalah yang terjadi. Biasanya hp yang di flash ulang adalah hp yang mengalami bootloop, sering lag, lemot, kena virus, sering restart sendiri, sering error atau force close, permasalahan pada sinyal dan banyak lagi.

Dengan melakukan flashing maka smartphone anda akan dikembalikan pada posisi atau kondisi standar pabrik, .. segala sesuatu yang anda simpan pada memori internal akan terhapus, aplikasi yang sudah terinstall akan hilang dan dalam kondisi fresh kembali.

Baca juga Fungi TWRP Dan Cara menggunakanya di Hp android.


Firmware atau Stock ROM pada Smartphone.


Dalam melakukan instal ulang tidak akan lepas dari yang namanya firmware atau sering kita dengar dengan nama Stock ROM.

ROM kepanjangan dari Read Only Memori dalam hal ini mengacu ke sebuah file dimana hanya bersifat readable tidak Creatable.

..dalam dunia komputer mungkin bisa kita sebut dengan Sistem Operasi. Hal ini bukan hanya komputer saja sih tetapi memang setelah terinstal pada Hp android tersebut juga disebut dengan sistem operasi.

Tutorial flashing hp android samsung.

Untuk dapat melakukan flashing ada beberapa hal yang perlu anda siapkan tergantung dari proses yang akan anda lakukan,Artinya? Flash bisa anda lakukan langsung dari hp dan bisa juga melalui komputer.
Berikut Bahan yang harus anda siapkan :
Beberapa bahan diatas adalah yang perlu disiapkan ,tetapi dalam hal ini kita bisa saja tidak membutuhkan semuanya artinya yang perlu anda siapkan hanya firmware saja jika anda melakukan flash langsung di hp.

Ok... Kita skip Dulu, sebaiknya lakukan persiapan dibawah.
  • Backup Seluruh file yang da di memori Internal,
  • Backup kontak yang ada pada Hp android anda.
  • Backup Aplikasi Jika memungkinkan.
  • Isi Baterai minimal 70% agar proses flashing dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan kehabisan daya.
Setelah semuanya sudah siap maka kita bisa ke tahap Flashing yang pertama.

Tutorial Flash Hp langsung di hp tanpa PC.


Biasanya Selain sebagai solusi mengatasi masalah gangguan pada software,melakukan flashing juga bisa untuk melakukan downgrade atau menurunkan versi Firmware ke versi dibawahnya contohnya : Downgrade dari android Nougat ke android Marshmallow.

Untuk lebih detailnya pada langkah flashing ini anda perlu menyiapkan Firmware samsung yang sesuai dengan versi hp anda ,ini menjadi langkah awal yang harus anda siapkan,bisa anda download di situs resmi penyedia frimware samsung.

Baik selanjutnya saya asumsikan bahwa anda sudah download firmware dan mempersiapkannya,selanjutnya kita beranjak ke langkah selanjutnya..step by stepnya.
  • Letakan Firmware yang sudah anda download di memori eksternal,letakan di luar saja agar mudah dicari.
  • Mematikan Hp samsung anda dan nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi untuk masuk ke dalam Recovery Mode,tekan tombol "Power+ Volume Up+ Home ".
Cara Flash Samsung tanpa Pc
  • Kemudian setelah berada pada menu recovery mode seperti diatas gunkan tombol Volume Up ,Volume down,Untuk navigasi naik ,turun dan tombol power untuk memilih tau "pilih".
  • Selanjutnya arahkan menggunakan tombol volume ke apply update from external storage kemudian tekan tombol power untuk memilih.
  • Pilih atau arahkan ke firmware yang sudah anda simpan di memori external / Sdcard ,Jika sudah ketemu di lanjutkan dengan pilih menggunakan tombol Power.
Cara Flash Samsung
  • Tunggu hingga proses selesai,setelah selesai silahkan pilih reboot.
  • Lanjutkan melakukan konfigurasi dasar jika proses Flashing berhasil,maka hp samsung anda akan kembali seperti hp baru beli...
Apa ada Cara lain untuk flash hp android ? selain flash langsung dari Hp anda juga bisa lakukan dengan cara menggunakan PC. Sebagai alternatif jika mengalami kesulitan dengan cara di atas maka bisa anda lakukan dengan cara di bawah.

Tutorial Flash Hp Samsung Via ODIN.


Langkah ini adalah teknik flash yang menggunakan alat bantu komputer ,tentu ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan seperti yang sudah saya sebutkan diatas,silahkan anda download dan siapkan bahan nya.

Saya Ingatkan kembali alangkah baiknya gunakan kabel data samsung Original ,,setelah siap yuk kita ikuti langkah demi langkahnya biar tambah paham... Yuuu.


  • Silahkan Ekstrak USB Driver samsung telah download, kemudian install di pc /laptop .
  • Silahkan Extrak ODIN dan firmware yang sudah anda di download, Dilanjutkan Buka ODIN.
  • Install USB Driver samsung yang sudah anda download.
  • Kemudian Matikan ponsel anda,dan nyalakan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol secara kombinasi "Volume Down + Home + Power"sampai tampilan tulisan Warning!!

Cara Flash Samsung s

  • Kemudian pilih "volume Up" dan masuk ke mode Download,dan langkah selanjutnya adalah dengan Membuka Odin Yang ada di komputer anda Dan Hubungkan perangkat menggunakan kabel data.
Cara Flash Samsung

Odin Connect Dengan Smartphone

  • Klik Tombol cari file Firmware Samsung yang sudah anda Ekstrak, hasil dari extrak berekstensi.tar md5, Selanjutnya klik "start".




  • Setelah tahapan dari no 1 maka lanjutkan ke no 2 ,Tunggu hingga proses flashing Selesai.


  • Proses Flashing membutuhkan waktu tidak lama jika sudah selesai maka tampilannya seperti di bawah.

cara atasi hp samsung lemot


  • Dengan di tandai "PASS" artinya proses flashing telah berhasil,kemudian hp samsung anda akan otomatis melakukan reboot.
Mudah bukan Cara flash ulang Hp samsung,jika anda mengalami kesulitan koneksi antara komputer dan Hp anda maka bisa cek "Kabel data,USB Driver samsung" pastikan kabel data yang digunakan dalam kondisi bagus,dna pastikan USB driver samsung sudah terinstall.

Jika Proses Flashing gagal maka silahkan cek versi firmware yang anda gunakan apakah sudah sesuai dengan tipe hp anda? Untuk versi firmware saya harap anda lebih teliti sebelum melakukan download, pastikan versi yang anda download sudah 100% sesuai tipe samsung yang anda miliki. Terima kasih semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel