. Cara mengatasi hp samsung A3 Bootloop tanpa flash - IME Android -->

Cara mengatasi hp samsung A3 Bootloop tanpa flash

Konten [Tampil]
Cara mengatasi Samsung A3 Mentok Logo -  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi hp samsung A3 bootloop tanpa flash ulang. 

Memang flashing adalah cara paling ampuh bahkan dapat kita katakan gerbang terakhir untuk memperbaiki hp bootloop. Namun perlu anda ketahui juga bahwa untuk mengatasi Samsung a3 bootloop sebenarnya dapat kita lakukan tanpa harus flash ulang.

Samsung A3
Mengatasi Samsung A3 bootloop

Tidak jarang bagi hp android yang sering dilakukan oprek sistem maka potensi terjadi bootloop cukup besar, banyak faktor penyebab ponsel tersebut menjadi eror, ketika dinyalakan hanya muncul logo saja, tidak mau menyala hal ini dapat kita simpulkan adalah bootloop.


Jenis Bootloop dan Lag, error, Pada Samsung A3


Varian bootloop sendiri dapat kita simpulkan secara sederhana bisa kita golongkan menjadi dua, meskipun umumnya mengatakan ada tiga jenis bootloop namun secara umum dapat saya katakan 2 jenis.

1.  Bootloop ringan, yaitu kendala yang dialami oleh hp android mengalami lag, atau not responding. Hp bisa dinyalakan hingga masuk menu namun hanya sampai disini saja, sudah tidak mau merespon atau mengeksekusi aplikasi lainya.

Untuk mengatasi bootloop seperti ini yang pertama harus anda lakukan adalah coba koreksi aplikasi yang terinstall, pastikan hp anda mempunyai free space memori yang cukup.

"Uninstall aplikasi yang tidak dipakai, simpan file penting ke memori eksternal, hapus file yang tidak dipakai, bersihkan cache, kemudian restart "

2. Bootloop berat, nah bootloop yang satu ini jelas lebih mengkhawatirkan, jika manusia mungkin bisa dikatakan mengalami stroke, tekanan darah tinggi naik sehingga menyebabkan stroke. Namun jika pengobatan pada manusia membutuhkan biaya yang cukup mahal pada smartphone ini dapat kita atasi dengan cara yang mudah.

Ciri ciri bootloop berat adalah smartphone samsung A3 dapat kita nyalakan tetapi tidak dapat masuk ke menu utama, atau biasanya disebut dengan stuck pada logo samsung. Setelah terhenti pada logo hp tersebut sudah tidak dapat berfungsi seperti biasanya.. Hal ini perlu sedikit penanganan tanpa melakukan flash ulang gaes...

Itulah 2 jenis bootloop pada hp samsung, mari kita bahas cara mengatasinya tanpa flash ulang.

Baca juga: [Cekrekin] Cara screenshot Hp Samsung A3 keluaran lama

Mengatasi bootloop via Hard reset Tanpa Flash Ulang. 

Hard reset bukan hanya mengatasi hp samsung yang sedang bootloop namun dengan melakukan hard reset banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan setelah hp di hard reset seperti, hp menjadi normal, lebih ringan, akan kembali pada kondisi setelan pabrik, terbebas dari malware atau virus dll.

Tetapi melakukan hard reset juga mempunyai kekurangan yaitu, data data yang ada pada hp akan hilang, kontak akan hilang, foto akan hilang, aplikasi terinstall akan hilang kecuali aplikasi bawaan standar pabrik.

...untuk mengatasi menekan terjadinya kehilangan aplikasi maupun kontak, file penting maka anda bisa melakukan backup terlebih dulu, pindahkan file penting di memori eksternal, untuk kontak anda dapat melakukan backup ke sdcard tanpa menggunakan aplikasi dan dengan mudah cepat.

Baiklah,, setelah paham tentang hard reset dan resikonya maka kita lanjutkan ke tahap hard reset untuk mengatasi bootloop, sbb:


  • Pertama silahkan matikan terlebih dulu samsung A3 anda, kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi "Power + Home + Volume Up"  secara bersamaan. 

Cara hard reset samsung a3


  • Setelah nyala dan muncul logo samsung maka lepaskan tombol, hingga masuk ke menu recovery mode. 
Atasi bootloop tanpa flash

  • Kemudian berada di halaman recovery mode silahkan untuk navigasi gunakan tombol "volume up, volume down" dan gunakan tombol power untuk memilih.
  • Selanjutnya arahkan "Wipe data /Factory reset"  dengan tombol volume dan tombol power untuk pilih. 
  • Kemudian Tunggu sampai proses wipe data dan factory reset selesai. 
  • Kemudian setelah selesai arahkan ke reboot hp samsung A3 anda, dan lakukan proses konfigurasi dasar seperti hp samsung A3 yang baru dibeli, ikuti langkahnya hingga selesai dan hp samsung anda menjadi normal kembali. 

Tips supaya hp samsung A3 terhindar bootloop.

  • Tidak root hp samsung anda. 
  • Tidak melakukan tweak system, custom ROM, atau MOD sistem. 
  • Selalu menjaga kapasitas memori internal hp samsung A3, selalu berikan free space memori internal maksimal terpakai 70%.
Nah selesai sudah cara mengatasi hp samsung A3 bootloop tanpa flash, namun sedikit catatan jika cara diatas tidak berhasil bisa melalui flash via odin.

Flashing adalah langkah terakhir untuk mengatasi permasalahan bootloop, eror, dll. Demikian artikel saya kali ini   semoga berguna!. Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel