. 5 Menit :Cara upgrade versi android (Jelly bean ,Kitkat,Lollipop,Marshmallow) - IME Android -->

5 Menit :Cara upgrade versi android (Jelly bean ,Kitkat,Lollipop,Marshmallow)

Konten [Tampil]

Cara upgrade versi hp android ,versi android terus berkembang dari masa kemasa dan versi android begitu cepatnya berkembang di dampingi dengan terua meningkatkan perbaikan kinerja OS.

Akan tetapi sebelum di perbaiki sebaiknya di pertimbangkan terlebih dahulu menurut jenis Hpnya apakah kira kira mampu menggunakan versi yang akan di aplikasikan.

Urutan Versi Android dari awal sampai akhir

Android v1.0 Astro (Alpha)

Sebenarnya sebelum mereka memberikan nama-nama kudapan sebagai nama untuk versi OS nya, Android sempat memiliki 2 versi awal dengan nama Android Alpha dan Beta.

Nama untuk versi pertama ini sendiri sebenarnya adalah Android Astro, namun karena alasan hak cipta (trademark), nama astro tidak jadi digunakan.

Di versi awal ini belum ada perangkat dengan sistem operasi Android yang dijual secara komersil.

Android v1.1 Bender (Beta)

Versi ini dirilis pada tanggal 5 November 2007 yang merupakan versi lanjutan dari Android Astro (Alpha). Sama seperti versi awalnya, nama Bender juga juga tak jadi digunakan karena alasan hak cipta (trademark). Kemudian lahirlah telepon seluler pertama dengan sistem operasi Android yang dijual secara komersil yakni HTC Dream.

Android v1.5 Cupcake

Android Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009.
Ini merupakan versi pertama yang menggunakan nama makanan manis sebagai kode nama untuk setiap versi Android yang kemudian seterusnya hungga sekarang untuk menamai versi Android dengan nama makanan manis masih diteruskan hingga saat ini.

Android v1.6 Donut

Pada tanggal 15 september 2009 tepat setahun setelah rilis android versi cupcake akhirnya android merilis android versi donut.

Versi ini dihadirkan untuk menutupi bug pada versi sebelumnya, sekaligus untuk penambahan beberapa fitur seperti misalnya dukungan untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar.

Android v2.0 – 2.1 Eclair

Tidak sampai satu tahun akhirnya android merilis lagi perilisan kedua versi android yang di komersilkan yakni pada tanggal 26 oktober 2009.

Mereka masih fokus untuk menutupi bug yang ada dan juga menambahkan beberapa fitur seperti Bluetooth, flash pada kamera, fitur digital zoom pada kamera, multi-touch, live wallpaper, dan lainnya. Hadirnya perangkat seri Nexus dari Google yang pertama kali muncul yakni HTC Nexus One juga menggunakan versi OS Android Eclair.

Android v2.2 Frozen Yoghurt

(Froyo)Rilis pada tanggal 20 Mei 2010. Perangkat dengan OS Android semakin banyak dan kehadirannya mulai dilirik oleh pasar.
Meski masih jauh dibawah kepopuleran OS lain seperti Symbian dan Windows Mobile, tetapi android memang menyuguhkan ribuan aplikasi yang membuat para pengguna smartphone merasa di suguhkan hal yang berbeda.

Android v2.3 Gingerbread

6 Desember 2010 merilis versi gingerbread bersamaan dengan dihadirkannya Nexus S yang merupakan perangkat smartphone seri Nexus yang diproduksi oleh Samsung.

Versi OS ini juga mengawali kesuksesan Android di jagad smartphone meskipu belum sepopuler dengan BlackBerry OS.

Beberapa vendor Smartphoen mulai serius untuk menggarap perangkat dengan OS Android.  Pada saat itu dengan Galaxy series nya berperan besar dalam kesuksesan Android. Promosi yang luar biasa gencarnya membuat orang awam mulai mengenal sistem operasi Android.

Bahkan saat itu sebagian besar orang beranggapan bahwa OS Android adalah milik Samsung, karena kuatnya merek yang dilakukan oleh Samsung. Ini juga menjadi awal mula kejayaan Samsung di jagad smartphone.

Android v3.0 – 3.2 Honeycomb

dirilis 10 Mei 2011 dan dirancang khusus untuk perangkat tablet, yang waktu itu mulai populer di pasaran salah satunya berkat promosi Samsung dan juga kepopuleran Apple iPad.

Android v4.0 Ice Cream Sandwich

Dirilis pada 16 Desember 2011. Bisa dibilang merupakan Android Honeycomb yang disempurnakan, dan dioptimalkan untuk penggunaan baik smartphone maupun tablet.

Perubahan yang paling terlihat dari versi ini dibanding dengan versi sebelumnya adalah dari segi User interface yang nampak lebih bersih dan elegan. Versi ini juga lebih dioptimalkan untuk urusan multitasking.

Bersamaan dengan diperkenalkannya Android ICS, Google juga memperkenalkan perangkat Galaxy Nexus yang merupakan seri smartphone Nexus yang diproduksi oleh Samsung.

Setelah versi ini, Google kemudian secara rutin memperkenalkan perangkat seri Nexus pada tiap kali mereka memperkenalkan versi Os Android terbaru.

Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean

Dirilis pada 9 Juli 2012. Bersamaan dengan diperkenalkannya versi OS 4.1 pada 27 Juni 2012, Google juga memperkenalkan Nexus 7 yang diproduksi oleh ASUS. Nexus 7 (generasi 1) merupakan seri Nexus pertama yang merupakan perangkat tablet.

Jelly Bean mengalami 3x update versi yakni 4.1, 4.2 hingga 4.3. Selanjutnya mereka memperkenalkan
Android v4.2 bersamaan dengan dihadirkannya Nexus 4, smartphone yang diproduksi oleh LG plus Nexus 10, perangkat tablet yang diproduksi oleh Samsung.

Pada saat versi 4.3 dirilis, Google juga merilis Nexus 7 generasi 2 yang masih diproduksi oleh ASUS yang mana ia memiliki beberapa peningkatan seperti misalnya penambahan kamera belakang serta dukungan untuk konektivitas internet.

Android v4.4 Kitkat

Nama Kitkat diambil dari sebuah produk cemilan wafer berlapis coklat yang dimiliki oleh Nestle. Sebelumnya Android versi “K” ini disebut-sebut sebagai Key Lime Pie, namun atas beberapa pertimbangan akhirnya Google lebih memilih untuk memberi nama Kitkat.

Ceritanya, Kitkat adalah salah satu cemilan yang tersedia di dapur kantor yang biasanya juga menemani para programer Google. Hingga seseorang berkata“Hey, kenapa kita tidak menamainya sebagai Kitkat?”.

Sesaat setelah ide itu muncul, Google segera menghubungi pihak Nestle sebagai pemilik merk dagang Kitkat dan mereka menyetujui pemberian nama Kitkat untuk versi Android K. Karyawan Google sendiri tidak mengetahui bahwa Android 4.4 akan diberi nama Kitkat karena yang mereka tau versi Android K adalah Key Lime Pie.

Mereka baru mengetahuinya setelah patung maskot Android Kitkat diletakkan di kantor pusat Google.Versi ini diklaim lebih ramah terhadap perangkat dengan spesifikasi seadanya.

Bahkan perangkat dengan RAM 512 MB masih bisa menjalankan OS versi ini dengan mulus.

Berbeda dengan Jelly Bean yang minimal harus memiliki RAM diatas 756 MB agar dapat berjalan dengan mulus. Bersamaan dengan dirilisnya Android Kitkat pada tanggal 31 Oktober 2013, Google juga merilis Smartphone Nexus 5 yang diproduksi oleh LG.

Android v5.0 – 5.1 Lollipop

Dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014, versi OS ini mengusung perubahan besar dari segi UI yang nampak lebih flat dengan konsep material design.

Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit sehingga sudah memungkinkan untuk penggunaan RAM diatas 3 GB pada hardware perangkat.

Penggunaan prosesor 64-bit pun makin banyak diadopsi oleh para vendor, mulai dari penerapan pada perangkat flagship hingga perangkat kelas menengah kebawah.

Bersamaan dengan dirilisnya versi ini, Google juga memperkenalkan perangkat smartphone Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola, yang mana saat itu Motorola juga masih menjadi milik Google. Perangkat smartphone Android pertama yang menggunakan RAM diatas 3 GB adalah ASUS Zenfone 2 yang mengusung kapasitas RAM 4 GB. 

Android v6.0 Marshmallow

Versi Android ini resmi dirilis pada bulan September tahun 2015. Bersamaan dengan dirilisnya versi ini, untuk pertama kalinya Google juga memperkenalkan 2 perangkat smartphone Nexus sekaligus yang diproduksi oleh 2 vendor yang berbeda.

Nexus 5X adalah versi smartphone Nexus kelas menengah dengan ukuran layar 5.2 inch yang diproduksi oleh LG.

Sedangkan yang satunya lagi memiliki bentang layar yang lebih lebar yakni 5.7 inch yang diberi nama Nexus 6P yang merupakan smartphone flagship hasil kerjasama Google dengan Huawei.

Android v7.0 Nougat

Resmi diperkenalkan pada akhir Juni 2016. Banyak netizen yang berspekulasi bahwa kemungkinan besar, pemberian nama untuk Android versi “N” ini adalah Nutella. Namun Google menepis kabar tersebut setelah resmi memperkenalkannya bersamaan dengan dipamerkannya patung icon Android yang berdiri diatas potongan Nougat.

Sebelumnya, Google telah mengundang para penggunanya untuk memberikan ide penamaan pada versi ini. Beberapa nama termasuk Nutella dan Nastar pun muncul, hingga akhirnya Google lebih memilih nama Nutella.Nah itulah urut-urutan versi Android yang saat ini tersedia.

Intinya, urutannya tersebut sama dengan urutan pada alphabet yang kemudian akan dijadikan karakter pertama untuk pemberian kode namanya (misal C untuk Cupcake, D untuk Donut dan seterusnya).

Semoga saja mimin ingat untuk terus melakukan update pada artikel ini ketika versi terbaru lainnya mulai bermunculan di kutip dari sumber :techijau.com

OREO Versi 8.0

( versi terbaru saat ini 25 juni 2017) saat kontent di buat yang sebelumnya di gadang gadang dengan nama Oreo /Android Versi oreo sekarang netizen sudah banyak menuliskan bahwa android versi O ini ternyata di beri nama Oatmeal Cookie,tidak berbeda jauh dari nama nama versi sebelumnya masih menggunakan dengan nama makanan ringan yang rasanya manis.

mungkin android masih ingin menyuguhkan versi OS dengan cita rasa yang menyerupai makanan ,dan lebih ke makanan ringan,manis.RINGAN & MANIS lebih di tonjolkan dalam fitur fitur dari android,atau mungkin di masa depan android akan menamai teknologi OS nya dengan makanan berat seperti gulai kambing,rendang sapi ? kita tidak tau nantikan saja kabar selanjutnya..


Android Pie.

Masih sama dengan nama nama sebelumnya dengan mengusung nama yang berasal dari nama makanan,dengan di lengkapi beberapa fitur menarik yang canggih lainya di nilai versi android pie memberikan banyak kelebihan di dalamya.Selengkapnya tentang Pie

Cara upgrade / Mengganti versi Hp android pada Hp Samsung.

# Cara Pertama Upgrade on the fly

Cara upgrade Versi android pada Hp samsung yang pertaa adalah melalui upgrade OTF atau on the fly.

.,untuk dapat melakukan upgrade melalui OTF hp anda harus terhubung melalui Wifi / nirkabel jaringan.

Dan jaringan yang akan anda gunakan usahakan memiliki kualitas koneksi internet yang cukup cepat dan stabil,karena file ugrade cukup besar.

Pertama Aktifkan Samsung Account untuk perangkat Android samsung anda dengan cara
masuk ke "Pengaturan > Akun dan Sinkronisasi > Tambah akun > Samsung". 

Mengaktifkan Samsung Account,  isi data dengan benar seperti email, password, dan lainya,setelah akun samsung anda telah aktif maka kita lanjutkan ke langkah berikutnya.


Selanjutnya ke "menu" Menu => Pengaturan => Tentang ponsel => Update software tetapi Pada type Smartphone terbaru Menu => Pengaturan => Lanjutan => Tentang Perangkat > Update Software, pada intinya bisa anda cari di bagian pengaturan ponsel anda.

Klik pada pilihan “Update“ apabila ketersedianya untuk perangkat / firmware terbaru untuk perangkat anda ,maka anda akan di minta atau ada konfirmasi untuk melakukan upgrade firmware dengan versi yang terbaru.

Tunggu hingga proses upgrade selesai,proses upgrade memakan waktu cukup lama karena file firmware cukup besar dan pastikan koneksi internet anda tidak ada halangan. Ukuran file firmware kurang laebih 800MB.

Setelah proses upgrade selesai maka akan ada notifikasi untuk melakukan reboot,silahkan reboot.

Cara upgrade versi android
Upgrade
Cara ini cukup mudah tanpa harus menggunkan Pc cukup dengan menggunakan atau membutuhkan koneksi internet yang stabi,dan perlu anda ketahui untuk cara ini tidak dapat dilakukan pada perangkat yang sudah di root.

# Cara kedua : Menggunakan Samsung Kies



Pada cara kedua menggunakan cara upgrade melalui Samsung Kies,samsung kies adalah adalah aplikasi yang bisa kita digunakan untuk  backup, sinkronisasi, dan jga melakukan update firmware Hp Samsung.

Untuk dapat melakukan upgrade silahkan anda bisa download samsung kies dan mengintsall pada komputer anda.

Setelah terinstall pada pc atau komputer anda maka anda bisa melakukan restart Pc anda dan hubungkan ke internet.

Hal penting yang perlu anda ketahui sebelum anda melakukan download dan menginstall samsung kies,maka pastikan terlebih dahulu versi android pada perangkat / smartphone dan selanjutnya silahkan download dan install samsung kies sesuai dengan versi android anda.


Sobat bisa mendownload Samsung Kies di tautan ini : http://www.samsung.com/id/support/usefulsoftware/KIES/ anda bisa mendownload terlebih dahulau samsung kies nya.

setelah di download anda bisa mengisntall silahkan hubungkan Hp samsung anda ke PC menggunakan kabel data original samsung (recomended).

  • Setelah terhubung maka Android samsung / perangkat anda akan terdeteksi oleh samsung kies software,setelah tampilan seperti di bawah silahkan tekan "Firmware upgrade".


Cara upgrade versi android
Upgarde Android (kies)

  • selanjutnya anda akan diarahkan kehalaman seperti dibawah,silahkan ceklist untuk memastikan proses bisa segera dilakukan.
Cara upgrade versi android
Upgarde firmware

  • Aplikasi akan otomatis melakukan download Komponen yang di perlukan untuk ugrade.
Cara upgrade versi android  samsung
Upgrade Android

  • Stelah selaesai downoad komponen-komponenya maka akan di molai proses upgrade Firmware dan pastikan selama proses upgrade tidak mengalami gangguan apapun.
Cara upgrade versi android samsung
Upgarde android samsung


Setelah proses download selesai , Hp android samsung anda sudah selesai untuk melakukan upgarde silahkan restart hp.

upgrade sendiri selain dari dua cara upgrade diatas masih ada satu cara lagi untuk melakukan upgrade versi android pada samsung.

Baca :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel