. Kartu tri tidak ada sinyal , Begini Solusinya - IME Android -->

Kartu tri tidak ada sinyal , Begini Solusinya

Konten [Tampil]

Dan pada artikel di imeandroid.com kali ini akan membahas tentang bagaimana mengatasi Kartu tri tidak ada sinyal. Memang itu bukan suatu hal yang sering terjadi, namun hal ini juga bisa saja terjadi oleh berbagai faktor.

Jaringan kartu 3 saat ini sudah terbilang bagus sekali, menjangkau semua daerah hingga beberapa titik pelosok. Ya, Salah satu alasanya yakni karena kini sudah digandeng indosat.

Tetapi karena alasan tertentu bukan berarti tanpa masalah, sehingga menimbulkan jaringan tersedia hilang dan tidak bisa berkomunikasi melalui telepon maupun sms hingga pemakain kuota data internet.

Sebelum beranjak ke akar permasalahan mengatasi kartu tri tidak ada sinyal, saya akan mengajak kalian untuk memahami terlebih dahulu penyebabnya.

Seacara umum jelas dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni faktor eksternal dan internal. Berikut pembahasanya..

Baca Juga: Cara mengecek pulsa kartu 3

Penyebab kartu tri Tidak ada sinyal.

Kartu Tri Tidak ada Sinyal

 Kejadian kartu tri tidak ada layanan bisa saja terjadi pada siapapun, dan bahkan bisa terjadi pada pengguna provider lain. Meskipun ini biasanya jarang terjadi, untuk itu perlu dipahami beberapa penyebab kartu tri tidak mendapatkan jaringan.

Nah, Tidak perlu khawatir berlebih, simak penjelasan beberapa penyebab kartu 3 tidak ada jaringan sama sekali.

Diluar jangkauan, penyebab pertama dapat dikarenakan kalian tidak dalam jangkauan. Meskipun jaringan sinyal kartu ini sudah menyebar luas, namun bisa saja di beberapa titik wilayah masih belum dapat memperoleh jaringan tersebut.

Kartu Sudah mati , kasus lain juga karena banyak menggunakan kartu lain dan lupa mengisi dapat menyebabkan hangus. Tentu semua pengguna sudah mengetahui untuk bisa menikmati layanan harus selalu melakukan perpanjangan dengan cara isi pulsa tri kalian secara berkala.

Masalah lain yang menimbulkan kartu 3 tanda silang tidak mendapat jaringan juga bisa dikarenakan kerusakan komponen smartphone sehingga tidak bisa mendeteksi SIM card. 

Sebelum melakukan tindak lanjut cara mengatasi kartu tri tidak mendapat jaringan, memang sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu penyebab atau faktor yang memincu terhadap kerusakan tersebut.

Kesimpulan dari penyebab Kartu 3 Tidak ada Sinyal dapat di garis besar oleh , Gangguan jaringan dari provider, Kartu SIM rusak, Slot Kartu pada smartphone sudah rusak, Kerusakan hardware ponsel, SIM Card Ponsel anda sudah mati dan lain sebagainya.

Lalu Apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki jaringan kartu tri bermasalah atau tidak mendapat sinyal.

Baca Juga: Cara mengecek Masa aktif kartu tri

Cara Mengatasi Sinyal Kartu 3 Bermasalah atau Tidak Ada jaringan

Setelah mengalami berbagai hal diatas, tentunya kendala menjengkelkan saat kartu sim tidak ada jaringan. Apapun jenis kartunya, entah 3, Simpati, Mentari dan lain sebagainya.

Karena Kartu Tri tidak ada jaringan, hal ini sudah pasti ponsel tidak bisa di hubungi, tidak dapat mengakses internet, tidak bisa melakukan apapaun yang berkaitan dengan kebutuhan yang memakai sinyal 3.


Berikut Beberapa cara mengatasi kartu sim yang tiak mendapatkan jaringan pada Provider atau pengguna 3.

1. Cek jaringan tri

Yang Pertama adalah melalui tahapan memastikan jaringan tri dari provider sedang baik baik saja. Tidak perlu menyimpulkan kesalahan lain terlebih dahulu, sebaiknya memastikan jaringan tri tidak bermasalah.

Biasanya kendala masalah jaringan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal yang bisa menghambat ponsel sehingga tidak ada sinyal. 

Misalnya, karena gangguan perbaikan pada BTS Sinyal Tri Terdekat, Kesalahan Pengaturan, Cuaca buruk dan lain sebagainya.

2. Memeriksa SIM Card Tri Kalian


Jika dalam urusan jaringan semuanya normal-normal saja, maka cara mengatasi masalah ini yang kedua melalui memastikan kondisi sim card.

Tidak dipungkiri, terkadang jaringan kartu baru tidak ada sinyal. Ya, Ini bisa saja terjadi karena chip kotor, rusak dan lainnya.

Untuk itu, tipsnya. Kalia bisa melepas Chip SIM Tri dari ponsel , kemudian memeriksa memastikan dalam kondisi normal. Caranya simple, pindahkan dari slot sim satu ke Slot SIM dua, jika normal berarti kesalahan pada Slot SIM card.

Bukan hanya itu saja, Memeriksa pemasangan juga harus diperhatikan. Ini Sering terjadi, Pemasangan yang tiak sesuai bisa mengakibatkan Kartu kalian tidak terbaca dan tidak ada layanan.

Baca Juga: Cara mengecek Kuota Tri Internet

3. Restart Ponsel atau Aktifkan Fitur Mode Pesawat


Perbaikan lainnya sebagai tindakan mengatasi kartu 3 tidak ada layanan  adalah dengan mencoba reboot ponsel. Yakni kalian bisa mencoba mematikan dan mengatifkan kembali agar sistem bisa mengatasi kesalahan kecil yang disebabkan oleh cache.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengambil langkah paling sederhana melalui mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa menit. Hal ini bertujuan agar perangkat bisa melakukan refresh ulang sistem yang mengatur jaringan kedalam frekwensi terbaru.

Baca Juga : Mengatasi Hp tidak Bisa Connect Wifi

4. Setting APN Ponsel 

Berikutnya yang mungkin jarang dibahas ketika jaringan smartphone bermasalah adalah dengan menentapkan APN.

Kesalahan pengaturan APN 3 Bisa menyebabkan tidak mendapatkan sinyal, silang atau tidak memperoleh akses jaringan apapun.

Hal ini buat anda yang sudah merasa pernah mengubah APN , Maka sebaiknya cek terlebih dahulu mengakses jaringan melalaui APN sesuai provider.

Caranya, Silahkan menuju Menu ponsel dan Ke Pengatran >> Jaringan >> Jaringan Seluler >> APN.

Kalian bisa memakai APN Kartu 3 dibawah:

Name Tri APN / Bebas
APN 3data
Username 3data
Password 3data

Setelah mengubah APN, Silakan restart ponsel kalian atau mengaktifkan mode pesawat beberapa saat seperti biasa.

Baca Juga: Cara menukar Poin BONS Tri

4. Mengubah Jaringan Kartu 3

Bagaimana ? Seharunnya solusi diatas sudah berhasil mengatasi sinyal tri hari ini yang tidak munncul,  kartu 3 tidak ada jaringan 4g atau permasalahan lain.

Namun masih ada hal lain yang bisa kalian lakuan dalam hal in. Cobalah untuk mengeceknya mengubah prefrensi sinyal pada ponsel kalian.

Yakni anda dapat menetapkan penggunaan sinyal, Misalnya Memakai 2G, 3G, 4G LTE dan lain sebagaianya. Anda bisa mengubbah jga jaringan mamakai WCMA only, HSDPA, GSM Onlu dan WCDMA prefered.

Dalam Mengakses Pengaturan tersebut biasanya terdapat pebedaan antar merek ponsel satu dan lainnya. Sebagai alternatif bisa memakai Aplikasi mengubah jaringan, atau bisa mengecek cara mengunci sinyal jaringan Android masing masing.

Baca Juga: cara registrasi kartu 3,XL, Telkomsel dan Lainnya

5. Memperbaiki Hardware.

Seperti pada penjelasan terkait dengan penyebab, Dalam hal ini kesalahan sinyal tri hari ini tidak muncul bisa dikarenakan oleh kerusakan hardware.

Biasanya, bagian slot SIM, atau IC penguat sinyal maupun komponen lain yang mengakibatkan jaringan tidak bisa memperoleh jaringan pada perangkat.

Pada metode ini biasanya dilakukan oleh teknisi ponsel, sebaiknya anda bisa mendatangi lokasi service center maupun konter yang menyediakan perbaikan.

Penutup

Itulah pembahasan lengkap ketika kartu tri tidak ada sinyal. Secara kesimpulan terdapat beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan ponsel bermasalah dengan jaringan. Selain itu, anda bisa mencoba memperbaiki sendiri , namun jika kesalahan terjadi karena kerusakan hardware dapat konsultasikan kepada teknisi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel