. Cara Mencegah Website Down dan Cara Mengatasinya - IME Android -->

Cara Mencegah Website Down dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]

Website down ? Di Era digital , Website menjadi salah satu media yang memiliki peranan besar dalam berbagai lini bisnis. Branding perusahaan, Penjualan , hingga untuk keperluan monetisasi dengan Adsense atau media periklanan lain. Siapapun bisa mengakses website melalui internet dengan ponselnya. 

Segala hal pengguna internet kini bisa memakai smartphone nya, mengakses website anda , menemukan informasi menarik yang mereka cari. Namun, perlu digaris bawahi bahwa eksistensi situs anda harus dijaga melalui teknik seo, hingga pemilihan Penyedia Hosting yang tepat untuk menghindari Website down.

Website yang down tentu akan sangat merugikan karena bisa mengganggu kenyaman pengunjung website. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah website down. Lalu, bagaimana cara mencegah website down?

Baca juga: Mendapatkan Penghasilan dengan memiliki website

Cara Mencegah Website Down

Mengatasi Website down

Dalam mengatasi Website down dan tidak bisa diakses oleh pengguna internet, seorang pemilik situs harus memperhatikan semuanya. 

Ini perlu anda lakukan, Mulai dari pemilihan Hosting murah berkualitas, dan hal lain.

Agar dapat melakukan pencegahan, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab sebuah website bisa down. Berikut ini adalah beberapa pemicu yang membuat situs jadi down dan perlu dilakukan pencegahan. 

1. Kualitas Hosting yang Buruk

Penyebab atau pemicu sebuah website down adalah kualitas hosting yang kurang baik. Ini mengapa sangat penting bagi siapa saja untuk menentukan penyedia hosting yang memiliki kualitas baik. 

Selain dari hostingnya, biasanya website juga bisa down karena ada masalah pada koneksi internet. Kedua hal itu harus dipastikan terlebih dahulu mana yang menjadi penyebab utamanya. Jika sudah dicek nanti bisa melakukan tindakan pencegahan dan mengatasi website yang sedang bermasalah. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang berkualitas seperti Niagahoster. Hosting yang berkualitas akan menghindarkan Anda dari masalah website yang tidak dapat diakses atau server down. 

2. Lonjakan Traffic atau Pengunjung Website

Bagi orang yang mengelola website, mengalami peningkatan traffic tentu menjadi salah satu hal yang baik. Namun jika kenaikan traffic terlalu tinggi dalam waktu yang singkat, hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab website down. 

Server yang overload akan membuat website tidak bisa diakses dan perlu menambah kapasitas. Pencegahan yang perlu dilakukan adalah dengan memilih kapasitas cloud hosting yang sesuai dengan perkiraan jumlah traffic yang mungkin masuk. 

Niagahoster menyediakan hosting yang berkualitas serta ada vps Indonesia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Jika ada masalah pun pihak niagahoster siap melayani 24 jam penuh. Dengan layanan yang prima dari Niagahoster, website pun akan tetap bisa diakses dengan lancar meski sedang ada kenaikan traffic. 

3. Masalah Pada DNS

Website yang down juga bisa dikarenakan ada masalah pada pengaturan DNS. DNS merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk memudahkan pengguna internet dalam menemukan situs dengan menyematkan nama domain. 

Penggunaan DNS ini membuat pengguna tidak perlu mengingat angka alamat IP situs dan hanya perlu menginput nama domain sebuah situs. Namun DNS harus diatur dengan benar agar tidak terjadi masalah. Masalahnya, sering terjadi kesalahan pada pengaturan DNS ini yang pada akhirnya membuat masalah pada website.

Baca Juga: Mendapatkan Uang Jutaan setiap Bulan di Era Ponsel cerdas

Mengatasi Website Down dan tidak bisa di buka

Setelah mencari tahu apa saja yang menjadi penyebab sebuah website down serta mencoba cari tahu cara pencegahannya, saatnya mencari tahu apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi website yang sedang down. 

1. Mengecek Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil atau bermasalah bisa membuat website tidak dapat diakses. Jadi sebelum menyimpulkan server down pastikan dulu koneksi internet yang ada. Pastikan koneksi yang terhubung dengan perangkat memang lancar dan tanpa kendala.

Anda bisa mengecek kecepatan internet yang sedang dipakai pada gadget atau perangkat anda untuk memastikan. Sehingga proses analisa mengatasi website down menjadi lebih akurat.

2. Status Website

Jika website sulit untuk diakses atau dijalankan, bisa juga karena status websitenya sudah tidak aktif. Untuk itu selain melakukan pengecekan pada koneksi internet tanyakan status website yang bermasalah pada customer service yang bersangkutan.

3. Bersihkan Cache Browser

Website yang down juga bisa karena cache browsernya perlu dibersihkan. Cache itu sendiri merupakan data sementara yang disimpan pada sebuah browser. Terkadang cache yang bisa menjadi kendala situs tidak bisa dijalankan. Jadi untuk mengatasinya hapus cache browser yang menjadi penyebab server down.

4. Menghubungi Penyedia Layanan Hosting

Ketika website tidak bisa diakses cobalah untuk menghubungi juga penyedia layanan hosting. Tanyakan apa yang menjadi penyebab server down dan cari solusinya. Bisa jadi server yang dipakai sedang dalam perbaikan jadi website pun tidak bisa diakses. 

Itulah beberapa cara mencegah website down sekaligus cara mengatasinya. Memiliki website yang lancar diakses tentu menjadi impian setiap pemilik website. Untuk itu, pastikan Anda menerapkan berbagai cara pencegahan diatas agar website bisa selalu online! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel