. Cara Restart HP Xiaomi Saat Hang atau Macet - IME Android -->

Cara Restart HP Xiaomi Saat Hang atau Macet

Konten [Tampil]

Ada banyak alasan mengapa kita perlu sesekali melakukan restart hp xiaomi. Pada prinisipnya saat perangkat ini dimatikan dan maka akan menyala kembali dalam kondisi segar dan performanya akan kembali normal. Cara restart hp xiaomi sangat mudah kok, yakni dapat memakai tombol power maupun tanpa pencet tombol.

Alasan mengapa restart hp xiaomi.

cara restart hp Xiaomi

Banyak hal terjadi saat penggunaan ponsel, misalnya xiaomi menjadi lambat, kesalahan dalam pengoperasian hingga hal lain.  Dalam hal ini tentunya peranan tombol power dan fitur reboot menjadi penting adanya, ya.. mungkin anda masih belum mengatahui beberapa manfaat penting memulai ulang ponsel xiaomi.

Bagaimana cara restart xiaomi tanpa memakai tombol  power atau kondisi yang hang?

Oke , sebelum membahas lebih lanjut. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu restart karena masih banyak yang masih salah pengertian. 

Restart adalah upaya atau kegiatan mematikan dan menyalakan kembali hp xiaomi. Sehingga proses ini dikerjakan secara otomatis, dengan skema sederhananya seperti berikut:

Hp Xiaomi menyala > Restart > Ponsel akan mati > Kemudian menyala kembali secara otomatis. 
Sehingga dapat disimpulkan yakni proses mematikan dan memulai ulang tanpa menekan tombol daya.

Bukan Reset ulang ponsel ke standar pabrik ya.. Karena Hard reset biasanya akan menghapus semua berkas dan aplikasi secara permanen dari ponsel.

Sehingga sampai sini paham dong... Masa tidak.

Baca Juga: Cara Split Screen Xiaomi dengan mudah

Fungsi Restart Xiaomi.

Mari kita bahas fungsinya, tentu bukan sekadar iseng saja melainkan terdapat tujuan.  Sebenarnya memang banyak sekali manfaat melakukan reboot xiaomi, salah satunya adalah mengatasi Layar hp Xiaomi yang hang atau tidak merespon.

Secara umum dengan reboot ponsel Xiaomi yakni memulihkan kondisi perangkat, mengembalikan semua proses. Setiap proses bisa saja terdapat kesalahan kecil, dan dengan memulai ulang menjadikan perangkat Xiaomi lebih optimal kembali.

Berikut beberapa manfaat reboot Xiaomi Android anda.

  1. Mengatasi gagal proses, saat menginstall aplikasi baru terkadang tidak bisa langsung digunakan dan membutuhkan reboot sistem. 
  2. Aplikasi sering froce close, terdapat beberapa kemungkinan terjadi ketika ponsel xiaomi anda sering mengalami menutup tiba-tiba. Diantaranya adalah kesalahan kecil pada sistem yakni bisa diatasi cukup dengan restart ponsel anda.
  3. Memperbaiki bug kecil pada sistem, memungkinkan terjadi kesalahan proses karena cache. 
  4. Ponsel melambat, biasanya hal ini dikarenakan RAM pada Ponsel sudah tidak dapat proses. Dengan mulai ulang perangkat maka semua akan dirilis menjadi seperti semula.
  5. Mengatasi eror jaringan, Eror baterai, dan kendala lain yang dikarenakan oleh kesalahan sistem.

Dan masih banyak lagi manfaatnya , pada prinisipnya memungkinkan memberikan waktu sejenak istirahat dan pemulihan sistem operasi agar kinerja hp Xiaomi menjadi lebih optimal.

Baca juga: Penyebab dan Mengatasi Aplikasi di Hp Xiaomi menutup tiba-tiba

Cara Restart Hp Xiaomi memakai Tombol Power

Restart Xiaomi Dengan tombol Power

Saat melakukan booting ponsel Xiaomi mapun mematikan kebanyakan ponsel Android memakai tombol power. Selain fungsinya sebagai tombol menyalakan, juga bisa dipakai untuk melakukan reboot xiaomi.

Tombol fisik ini umumnya diletakan bagian samping perangkat, bisa anda temukan diberbagai tipe xiaomi. Misalnya A1, Note 4, redmi 6, Redmi 7, redmi 8 dan lain sebagainya. Fungsinya sedrrhana, ketika tombol tersebut ditekan maka sistem akan membaca sebuah perintah untuk mematikan atau menghidupkan hp xiaomi mati.

Tombol power ini juga bisa menjadi upaya anda menghidupkan layar ketika padam (idle) menjadi siap digunakan. Namun kini sudah banyak perngakat yang memakai sensor sidik jari, bahkan bisa mengaktifkan ketuk dua kali.

Ok, Langsung saja bagaimana cara restary ponsel Xiaomi memakai tombol power, Berikut langkahnya:

  • Silahkan lihat bagian samping ponsel, temukan tombol daya Kemudian tekan dan tahan beberapa detik.
  • Maka sistem akan merespon dan memberikan beberapa pilihan, mulai dari Mode pesawat, diam, Mulai Ulang, Matikan.
  • Jika ingin reboot, klik "Mulai Ulang" dan tunggu perangkat akan mati dan menyala kembali secara otomatis.
  • Selesai.

Sangat simple kan?

Tetapi berbagai pendapat pengguna yang saya temui menyatakan bahwa proses ini dinilai memiliki kekurangan.

Yakni seiring dengan proses menekan tombol daya sering , penetrasi berlebihan memungkinkan memicu switch rusaak dan tidak responsif kembali. Untuk itu disarankan selalu lakukan dengan hati-hati jangan sampai tombol jebol dan tidak merusak tombol power.

Baca Juga: Penyebab Hp Xiaomi Sering Restart Sendiri

Cara Restart Hp Xiaomi Bootloop / Mati.

Cara restart Hp Xiaomi Mati

Ini menjadi masalah tersendiri ketika ponsel mengalami bootloop. Cara restart Hp Xiaomi Mati ini cukup berbeda dengan lainnya, pasalnya anda tidak akan menemukan pilihan reboot seperti diatas.

Sehingga memerlukan cara khusus agar mendapatkan opsi reboot. 

Ketika ponsel gagal booting umumnya akan berada dalam kondisi muncul logo saja, dan sayangnya untuk pengguna yang belum mengetahui tekniknya akan bingung.

Ya secara ektrim bisa mencoba buka back cover dan melepas baterai, maka ponsel akan mati tanpa menekan tombol apapun.  Tetapi pada pembahaasan kali ini saya akan memaparkannya tanpa mencongkel baterai.

Caranya:

  • Ketika Hp Xiaomi dalam kondisi mati tidak bisa masuk menu dan anda ingin reboot, silahkan pencet dan tahan tombol daya + Volume bawah secara bersamaan.
  • Tujuannya adalah supaya bisa masuk kedalam mode recovery Xiaomi, Hingga muncul logo Xiaomi Lepas tombol Power dan Volume.
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke halaman recovery mode. Jika Sudah di halaman pemulian, silahkan pilih "Reboot Sistem Now". 
  • Setelah berhasil ,maka ponsel akan mati otomatis dan menyala kembali.

Biasanya jika halaman mode pemulihan tidak mendukung layar sentuh, gunakan tombol volume bawah dan turun untuk navigasi dan tombol power untuk memilih.

Baca Juga: Cara Mereset Hp Xiaomi Ke Pengaturan Pabrik

Restart Smartphone Xiaomi Tanpa Tombol Power.

Cara restartHp Xiaomi tanpa Tombol Power
bhinneka.com

Dan kabar baiknya saat intensitas anda dalam reboot ponsel sering dilakukan , maka sudah waktunya mencoba restart xiaomi anda tanpa pencet tombol power.

Hal Ini meminimalisir terjadinya potensi kerusakan pada tombol daya. Yakni berkat adanya fitur Quick ball, berisi pintasan untuk fitur tertentu yang bisa anda pakai reboot ponsel.

Langkahnya, silahkan anda aktifkan Quick ball Xiaomi terlebih dahulu dengan cara masuk ke Menu dan pilih pengaturan > Pengaturan Lainnya > Quick Ball.

Berikutnya aktifkan Fastball dan pilih Pintasan > Tekan dan tahan Tombol daya.

Setelah quick ball aktif dan menambahkan pintasan reboot maka anda sudah bisa meggunakan restart ponsel xiaomi tanpa memencet tombol power.

Caranya:

Klik Icon Quiq Ball > Kemudian Pilih Logo daya > Reboot.

Maka Ponsel akan mati dan menyala kembali secara otomatis seperti biasa. Anda bisa menggunakan langkah ini ketika akan mematikan juga.

Kesimpulan

Saat ini terdapat 3 cara restart Hp Xiaomi, Menggunakan Tombol daya, melalui menu recovery mode yakni untuk ponsel yang bootloop dan cara terakhir memakai fitur quick ball.

Manfaat reboot cukup penting, menjadi solusi terbaik ketika perangkat mengalami masalah kecil. Performa akan kembali karena semua data proses telah dirilis , RAM menjadi lebih optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel