. Cara menghapus Aplikasi bawaan Oppo - IME Android -->

Cara menghapus Aplikasi bawaan Oppo

Konten [Tampil]

 Cara menghapus aplikasi bawaan oppo - Setiap smartphone secara otomatis akan terdapat aplikasi yang sudah terpasang meskipun baru pertama kali dinyalakan. Hal itu normal terjadi adanya pada semua merek, Oppo , Xiaomi , Realme dan lain sebagainya.

Tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus, pihak vendor telah mengunci menetapkan aplikasi standar.

Biasanya agar bisa menghapusnya memerlukan akses root, dan terbilang bahaya. Karena dapat membuat hp menjadi eror , fitur bermasalah yang tidak digunakan. Berikut pembahasan nya.

Cara menghapus aplikasi bawaan oppo

Menghapus aplikasi menjadi salah satu solusi mengatasi memori full di hp Oppo, memberikan space dari pemakaian. Meskipun bukan jalan satu-satunya , namun salah satu manfaat lain hapus aplikasi bawaan adalah membuat hp menjadi lebih ringan dan tidak terlalu penuh dengan aplikasi jarang terpakai.

Pada prinsipnya smartphone android Oppo memiliki sifat fleksibel seperti ponsel.pintar pada umumnya , yakni dapat dipasangi aplikasi lain dari google play dan sumber download di internet.

Sehingga kesimpulannya ada dua jenis aplikasi di hp Oppo kalian, Aplikasi bawaan standar dan tambahan. 

Perbedaanya, aplikasi bawaan tidak bisa dengan mudah dihapus dan pasang ulang, sedangkan aplikasi hasil download mudah di uninstall.

Saat tidak bisa di hapus , maka pilihannya dapat melalui Menonaktifkan aplikasi bawaan , sehingga meskipun shortcut masih ada tetapi secara fungsional apps tersebut tidak bekerja di belakang layar.

Baca juga, Cara mengecek RAM dan Memori internal Hp Oppo.

1#. Menggunakan Komputer untuk Hapus Aplikasi Bawaan.

Cara pertama adalah memakai bantuan komputer. Dan seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk uninstall aplikasi bawaan Oppo tidak mudah , membutuhkan teknik khusus agar bisa berhasil.

Dan kabar baiknya teknik ini dapat dilakukan tanpa root hp Oppo kalian. Berikut caranya :

  1. Silahkan download minimal ADB fastboot yang akan dipakai di komputer atau laptop. Download Disini
  2. Ekstrak file hasil download ,maka kalian akan melihat file ekstensi exe. Klik kanan dan pilih "Run As Administrator". Lakukan pemasangan hingga selesai.
  3. Lanjutkan ke hp, silahkan aktifkan mode pengembang Oppo Smartphone kalian Menu > Settings > Tentang Ponsel > Ketuk Berulang hingga 7 Kali "About phone". Hingga berhasil menjadi mode pengembang ditandai dengan "You are now a developer".
  4. Kemudian aktifkan USB debuging dengan buka menu Additional Settings kemudian pilih "Opsi Pengembang" lalu aktifkan USB debuging.
  5. Hubungkan ponsel Oppo kalian ke komputer menggunakan kabel data.
  6. Buka file minimal ADB yang terpasang pada komputer.
  7. Kemudian klik dua kali file "py_cmd.py" hingga cmd terbuka.
  8. Lalu tulis ketik " adb devices " maka akan muncul serial number ponsel Oppo kalian. Sebaliknya apabila perangkat tidak terdeteksi maka terdapat kesalahan pengaturan atau bisa cek ulang kabel data yang dipakai.
  9. Lanjutkan tulis "adb Shell".
  10. Lalu lanjut hapus aplikasi bawaan smartphone Oppo kalian dengan ketik "pm uninstall -k -s user 0 namapackage.
  11. Lanjutkan mengubah naman package aplikasi yang akan dihapus. Melalui file manager > memori internal > Android > Data. Misalkan aplikasi gmail, yakni dengan name package "package name com.google.android.gm".
  12. Yakni dengan perintah "pm uninstall -k -user 0 com.google.android.gm" lalu enter.
  13. Selesai maka akan terhapus.
Kalian dapat mengulangi beberapa aplikasi lain yang akan dihapus sesuai dengan keinginan, dengan mengecek terlebih dahulu name package dan lakukan perintah seperti di atas.

Cara di atas dapat digunakan ke berbagai tipe ponsel oppo , misalnya   di hp Oppo A5s, menghapus semua apps bawaan seperti YouTube , game bawaan dan lain sebagainya.

#2. Cara menghapus game center di hp oppo

Berikutnya kalian juga bisa menghapus aplikasi game center Oppo. Teknik ini dapat dilakukan pada ponsel Oppo yang memiliki aplikasi App Store yang telah terpasang sebelumnya. Yang biasanya disebut sebagai App market setelah diperbarui.

Berikut Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hot Games dan Ikon Aplikasi Hot Games yang bisa kalian lakukan pada smartphone Oppo.

Silahkan Masuk ke [OPPO App Store/App Market] > [Umum] > [Pengaturan] > kemudian nonaktifkan [Folder Layar Utama Populer].

Silahkan tunggu sekitar 8 detik untuk mulai ulang.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hot Games

Selesai , maka icon game bawaan hp Oppo kalian akan hilang dan terhapus tanpa pakai komputer maupun root terlebih dahulu.

Akhir kata,

Itulah 2 cara menghapus aplikasi bawaan di hp Oppo paling mudah yang bisa kalian lakukan pada berbagai tipe ponsel. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel