. Cara hapus Aplikasi Bawaan Vivo Tanpa Root - IME Android -->

Cara hapus Aplikasi Bawaan Vivo Tanpa Root

Konten [Tampil]

Cara hapus Aplikasi Bawaan Vivo - Sebelum kalian memasang berbagai tools yang diperoleh dari paltform penyedia resmi maupun non resmi , setiap perangkat memiiki setelan default termasuk apps yang ada didalamnya.

Aplikasi standar tersebut sengaja ada dan setiap ponsel memiliki versi yang berbeda-beda. Biasanya disebut dengan istilah bloatware, terkadang kita membutuhkan dan terkadang juga tidak memerlukannya sehingga menginginkan untuk menghapus.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara menghapus aplikasi bawaan vivo tanpa root. Secara umum saat akan menghilangkan apl bawaan tidak semudah yang diperoleh dari google play.

Menghapus Aplikasi bawaan Vivo

Manfaat Menghapus aplikasi bawaan memang terlihat sepele , namun saya pikir itu juga menjadi kepuasan tersendiri saat hanya terapat beberapa apps yang sesuai dengan keinginan saja.

Disamping itu manfaat lain menghilangkan aplikasi bawan diantaranya adalah mampu mengurangi penyimpanan yang ada pada ponsel Vivo kalian sehingga performa tetap terjaga. Pasalnya kebanyakan aplikasi bawaan memang jarang digunakan. Bisa kita sebut hanya pelengkap saja.

Aplikasi bawaan hp biasanya memiliki notifikasi , iklan , yang membuat tidak nyaman, itulah beberapa alasan mengapa kita ingin menghapusnya.

Aplikasi Bawaan Vivo Yang Aman Di Hapus

Tidak semua aplikasi aman dan boleh dihapus , hal itu menyangkut dengan fungsi dari fitur lain, Untuk itu pastikan kalian sudah mengetahui setiap fungsi dan jenis apps yang diperbolehkan untuk uninstall. Berikut daftar apps yang bisa di hapus.

  1. Vivo App Store, Merupakan aplikasi yang berkerja sebagai penyedia apl lain. Sehingga dalam hal ini sudah dapat tergantikan oleh Google play store.
  2. Email Bawaan vivo. Kalian sudah dapat memakai produk google, dan tentunya membutuhkan gmail dibanding bawaan perangkat tersebut untuk akses YouTube, Play store, Google drive dan produk layanan lain
  3. Browser bawaan , Sama halnya alat perambahan google. Apps ini juga bisa kalian gantikan dengan cara hapus dan memakai Chrome, Operamini dan Bing dan Aplikasi Browser terbaik pilihan kalian.
  4. I Theme, sebenarnya bisa dibilang antara perlu dan tidak, tetapi harus dipertimbangkan ulang suatu saat ingin mengubah tampilan ponsel
  5. Google play Musics, juga menjadi salah satu apl default yang bisa diganti dengan pemutar musik lain.

Dan masih ada banyak aplikasi-aplikasi bawaan lainnya yang boleh dihapus. Namun sebaiknya dilakukan secara hati hati dikhawatirkan akan mempengaruhi fitur lain dan menyebabkan eror.

Baca juga, Cara mengecek Memori dan RAM Vivo

Cara hapus Aplikasi Bawaan Vivo

Cara hapus Aplikasi Bawaan Vivo

Sebenarnya cara menghapus aplikasi bawaan hp vivo membutuhkan akses root agar sistem dapat terbuka. Pasalnya setiap aplikasi default standar pabrik umumnya dalam kondisi terkunci dan apabila salah menghapusnya dapat menyebabkan eror ke apl lain.

Alternatifnya kalian bisa menonaktifkan, memungkinkan apl tidak mengganggu kinerja ponsel karena penggunaan ram yang berjalan pada latar belakang. Ya Kalian dapat bisa mengikuti langkah dibawah:

Baca juga, Cara mengetahui tipe Hp Vivo dengan Cek Cepat

1. Menonaktifkan Aplikasi

Menonaktifkan beberapa bloatware vivo menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa kalian gunakan untuk menghadapi permasalahan tanpa perlu menghapus dan mengambil resiko error terhadap fitur lain.

Dengan mematikannya maka secara teknis aplikasi tidak melakukan aktifitas dibelakang layar dan menggangu performa ponsel vivo kalian. Berikut langkahnya mematikan aplikasi bawaan vivo yang tidak digunakan.

  • Silahkan Masuk ke Menu dan menuju pengaturan Hp Vivo Kalian.
  • Kemudian , gulir kebawah dan pilih "Menu Lainnya"
  • Tahap berikutnya akan diarahkan ke beberapa opsi,silahkan klik "Aplikasi".
  • Lalu pilih Aplikasi Bawaan yang akan di nonaktifkan.
  • Tap menu "Perizinan",Matikan semua izin aplikasi tersebut.
  • Langkah terakhir, buka Secara default aplikasi, tap "Dilarang".

Setelah sudah melakukan tahapan di atas maka kalian sudah tidak perlu menghapusnya juga tidak masalah. Karena secara fungsi aplikasi tersebut telah dalam kondisi dibekukan dan tidak dapat melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya.

2. Update OS

Cara yang kedua adalah dengan update sistem operasi. Langkah ini jarang disadari oleh pengguna , bahkan karena malas. Padahal fungsi update terbilang penting, peranannya akan memperbaiki bug, pembaruan fitur hingga menghilangkan aplikasi bawaan. 

Funtouch OS , merupakan antarmuka yang digunakan Vivo Smartphone , mulai dari Y93, Y20, Y12 dan lain sebagainya hingga versi terbarunya. Umumnya setiap perangkat baru akan dibekali aplikasi bawaan ,misalnya Youtube, browser vivo,dan lain-lain yang tidak bisa di Uninstall begitu saja karena di proteksi.

Langsung saja, berikut cara memperbarui OS Vivo tanpa komputer dan mencoba untuk uninstall apps  di Hp Vivo.

  • Buka aplikasi , Masuk "pengaturan" di hp vivo anda.
  • Kemudian pilih menu, Tap System Update ( Pembaruan Sistem).
  • Apabila terdapat info update, klik download dan Install.
  • Tunggu sampai proses update selesai
  • Setelah selesai silahkan coba hapus aplikasi bawaan yang ingin kalian hilangkan.
Pastikan proses updete memiliki kuota yang cukup, Karena file firmware update biasanya memiliki ukuran berkas cukup besar.
Pastikan perangkat mempunyai kapasitas baterai minimal 50% untuk menghindari proses terhenti saat sedang melakukan pembaruan.

Baca juga, Cara mengubah bahasa di Hp Vivo

3. Hapus Apps Bawaan Via Adb.

ADB atau kepanjangan dari Android Debug Bridge merupakan fitur yang bisa kalian temukan pada perangkat dan disematkan didalamnya. Yakni memungkinkan ponsel dapat terhubung dengan ponsel melalui sambungan kabel data.

Adb juga bisa dimanfaatkan untuk hapus Aplikasi vivo, yakni memanfaatkan command prompt windows kalian dapat melakukan berbagai kegiatan pada ponsel.

Caranya.

  1. Silahkan Siapkan Komputer, install USB driver Vivo agar Ponsel dapat terdeteksi pada Komputer.
  2. Download Adb , kemudian Extrak dan pindahkan pada Dir C:/
  3. Hasil extrak bernama platform-tools , Buka dengan Cara tahan tombol Shift klik kanan pada folder.
  4. Pilih  "Open PowerShell window here". atau ‘Open command window here’ maka akan otomatis membuka CMD. Dan Adb Siap Digunakan
  5. Berikutnya mengubah Hp Vivo menjadi Mode pengembang.
  6. Kemudian Hubungkan Hp Vivo Ke PC , Pilih Opsi "File Transfer".
    Menghapus aplikasi bawaan

  7. Lanjut, ketik perintah pada comand promt "adb devices".
  8. Menampilkan aplikasi , ketik "pm list package" maka akan muncul aplikasi bawaan dengan nama package-nya.
  9. Lalu hapus salah satu , misal Youtube maka perintahnya "pm uninstall -k --user 0 com.android.google.youtube"
  10. Done, kalian bisa mengembangkan ke aplikasi lain.

Itulah beberapa cara hapus aplikasi bawaan di hp Vivo , dan seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa tindakan ini dapat menyebabkan kerusakan , error, masalah lain terhadap fitur. Jadi pastikan lakukan dengan hati hati, untuk paling aman bisa dengan menonaktifkan saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel