. Cara Mengubah Format Video Di Android Langsung - IME Android -->

Cara Mengubah Format Video Di Android Langsung

Konten [Tampil]

Cara Mengubah Format Video di android  – beragam extensi video yang saat ini telah beredar , tidak hanya mp4 saja. Misalnya Avi, atau format video lainya. 

Kemampuan smartphone dalam mendukung kinerja dan aktifitas pengguna saat ini telah mengalami banyak perkembangan. Melalui ponsel pintarnya siapapun bisa menonton film streaming , berbelanja, berniaga, hingga aktifitas trading dan kegiatan hobi.

 Bahkan tidak jaring penggunanya sudah banyak mengacu terhadap perolehan pendapatan ,hanya modal smartphone bisa menghasilkan uang. Contohnya , memanfaatkan kamera membuat video lalu upload ke YouTube. Membangun chanel dan monetisasi memakai google adsense.

Dari sini kita bisa simpulkan bahwa kemampuan smartphone berkembang cukup luas. Tergantung dari sisi pemakainya ,apakah hanya untuk komunikasi saja , atau sekaligus menjadi alat penghasil uang.

Seperti yang telah saya singgung diatas terkait dengan pemakaian kamera smartphone menjadi alat produksi video konten YouTube. Dalam hal ini proses editing juga bisa dikerjakan langsung tanpa memakai komputer.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait dengan cara mengubah format video hanya memakai hp. Apakah bisa , atau harus menggunakan komputer.

Extensi file Jenis format video.

Tidak semua smartphone bisa memutar semua jenis video , sehingga harus di ubah terlebih dahulu menjadi mp4. Sebenarnya di beberapa format kalian tidak perlu mengubahnya ,pernah saya bahas sebelumnya cara memutar video MKV, flv ,Avi di hp saat file tidak didukung.

Tetapi saya tidak menutup mata, karena setiap orang yang ingin mengetahui cara mengubah file video ke extensi lain belum tentu karena kebutuhan ingin memutarnya.

Namun kebutuhan lain nya biasanya karena menimbang ukuran supaya lebih kecil,upload ke YouTube, maupun keperluan lain. Berikut jenis file video biasa kalian temukan yang bisa diubah.

Format video MP4

Cara Mengubah Format Video Di Android

File video jenis ini biasanya memiliki extensi .mp4, terbilang sangat populer di pengguna ponsel cerdas menjadi lawan dari MP3.

Jika file MP3 adalah tipe extensi lagi, maka mp4 adalah video yang bisa di putar di berbagai perangkat termasuk smartphone.

Mulai diperkenalkan pada tahun 1998 memakai kompresi video dan audio berbeda. Yakni dengan memadatkan file menjadi berukuran lebih kecil dan tidak mengurangi kualitas visual.

File mp4 menjadi salah satu jenis yang wajib di gunakan saat akan mengunggahnya ke YouTube selain extensi MKV.

Baca juga , Aplikasi Memperkecil ukuran video

Format video AVI (Audio Video Interleave)

Extensi video yang terbilang populer selain tipe mp4 karena banyak di pakai pada jenis film dan dapat di putar ke berbagai perangkat memakai aplikasi default smartphone atau komputer.

Abi video biasanya akan terbuat secara otomatis saat melakukan perekaman pada perangkat handycam. Untuk kalian yang menginginkan pengubahan menjadi Mp4 juga bisa sih.

Format Video WEBM

Salah satu extensi video yang tidak banyak diketahui. Namun saat ini sudah mulai banyak digunakan karena kualitas yang ditawarkan cukup baik dan kapasitas file terbilang kecil. Merupakan format video yang memakai coding VP8/VP9 dan Audio Vorbis / Opus yang digunakan nya.

Format Video MPG

Pernah populer di zamannya, merupakan jenis file video yang biasa kita temukan pada DVD dan VCD. Bisanya kalian akan menemukan file ini saat memakai dvd player pada Laptop, kemudian mengeceknya melalui file manager.

Format MKV

Jenis ini sangat populer ditemukan pada penyedia video film yang tersebar melalui internet , website yang dapat didownload oleh orang lain.  Format ini terbilang lebih flexible menyimpan banyak video dan audio maupun gambar dan terjemahan dalam satu file.

Baca Juga, Cara Download Video di Youtube

Format Video WMV (Windows Video Maker)

WMV merupakan file yang biasa dihasilkan melalui komputer yang berbasis sistem operasi window. Mudah diputar ke semua perangkat komputer yang memakai OS yang sama, namun saat akan diputar ke smartphone terkadang mengharuskan penggunanya mengubahnya terlebih dahulu.

Format Video GIFV

Format ini merupakan salah satu yang cukup banyak beredar dikalangan internet, Merupakan versi pengganti dari GIV yang biasanya dikenal dengan video pendek.

 Sayangnya tipe GIV ini dikenal memakan banyak size,berbeda dengan generasi terbarunya yang mempunyai kapasitas ukuran lebih kecil. Sama dengan Versi lainya,jenis ini juga cukup kompatibel di android. Bagaimana cara mengubah format video dari jenis satu ke lainya? Simak penjelasan dibawah.

Baca juga, Cara edit Video Di Hp android

Cara Mengubah Format Video Di Android

Setiap tipe video yang sudah kalian unduh atau di buat dapat di convert menjadi exensi lain hanya dengan memakai hp android. Tidak heran saat melakukan perubahan di laptop,. yah kalian dapat memakai hp android bahkan tanpa aplikasi.

Meskipun pemakaian aplikasi memungkinkan pengguna lebih mudah karena memiliki fitur yang sudah disediakan oleh developer.

Mengubah Format Video di android tanpa aplikasi

Perlu diketahui , metode ini dapat dilakukan oleh semua pengguna smartphone berbagai merek. Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Samsung, dan merek lainya.

Cara yang pertama menjadi metode paling direkomendasikan karena kalian tidak perlu mengubah dengan cara online, atau pakai bantuan apps apapun. Teknik ini dapat dipakai mengubah jenis file video dari flv ke Mp4 atau menjadi file lain sesuai keinginan berikut teknik ubah video di android tanpa aplikasi.

  1. Pertama kalian buka file manager yang terdapat pada menu utama ponsel kalian.
  2. Kemudian cari video yang akan diubah formatnya, dari flv ke Mp4, atau lainya. Silahkan klik dan tahan (pilih) video tersebut.
    Mengubah Format Video Di Android

  3. Berikutnya akan muncul menu, klik icon tiga titik.
    Cara mengubah video menjadi file mp4 tanpa aplikasi

  4. Contohnya seperti di atas, mengubah file Mkv ke Mp4. Tap Ganti nama seperti gambar di atas.
  5. Tahap berikutnya ,silahkan ubah extensi dari mkv menjadi mp4 Misalnya, nama awal video tersebut adalah "Avenger_infinity.mkv", Kemudian Ubah menjadi "Avenger_infinity.Mp4" seperti gambar dibawah .
    Cara mengganti format video tanpa aplikasi

  6. Kalian dapat melihat format video di android sesuai gambar di atas dari mkv ke Mp4.
  7. Selesai.

Via Aplikasi Video Converter Android

Teknik yang kedua bisa kalian lakukan saat akan mengganti jenis file video. Memakai Video Converter , Sebuah tools yang bisa didownload gratis melalui google play.

Memungkinkan melakukan penggantian jenis file video dari berbagai extensi 3GP, MKV, MPEG,MOV,AVI, MPG,FLV, MP4, VOB dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini terbilang populer dikalangan pengguna smartphone saat akan convert video menjadi jenis file lain. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengubah file tersebut menjadi Mp3 contohnya video lagu di download dari youtube.

Prosesnya cepat, mengubah format jenis asf, avi, m4v, divx, flv, m2v, MJPEG, avi,mpg, mov,mov, ogg, ogv, rm, rmvb, webm, wmv, dengan cepat jadi MPEG4.

Video Converter memungkinkan kalian melakukan perubahan jenis file tanpa merusak kualitas gambar, bahkan melakukan kompresi sekaligus saat akan diunggah ke Youtube. Contohnya dari 100mb jadi 17mb tanpa rusak. Berikut cara penggunaanya dalam mengganti extensi video.

  • Buka Google play kemudian download dan pasang Video Converter.
  • Buka Video Converter di smartphone kalian yang sudah terpasang,lanjutkan pilih video yang ingin kalian ubah formatnya. Lalu Klik "Convert".
  • Lanjutkan dengan mengganti status pada kolom profile dari default menjadi manual, disini berfungsi mengatur video yang ingin di convert.
  • Tahap berikutnya, klik start untuk memulai proses convert format video. Dan tunggu hingga selesai siap di mainkan.

Dengan aplikasi Format Factory

Aplikasi berikutnya diberi nama dengan Format Factory bekerja mengkonversi dari video menjadi suara, Mengubah jenis dokumen file video menjadi sesuai keinginan.

Tools ini mendukung berbagai format  yang umum bisa kalian temukan seperti 3GP, AAC, WMV, MPG, AVI, MP3, WMA,GIF, JPG, PNG, dan lain-lain. Penggunaannya mudah, dengan cepat dan gratis.

  • Download dan install aplikasi Via Play store.
  • Buka aplikasi yang sudah terpasang, lalu pilih video yang akan kalian ubah formatnya.
  • Pada opsi "Preset" , Pilih MP4 Medium Quality yang bekerja supaya kualitasnya tetap baik.
  • Lanjutkan klik "Convert now" dan tunggu proses selesai

Itulah gambaran sederhana dalam mengganti jenis file memakai aplikasi.

Akhir kata

Demikian ulasan tutorial cara mengubah format video di hp android, mengganti jenis mlv,mkv,menjadi MP4 dan jenis extensi lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel