. Fungsi dan Cara aktifkan Opsi pengembang xiaomi - IME Android -->

Fungsi dan Cara aktifkan Opsi pengembang xiaomi

Konten [Tampil]

Mode pengembang atau  biasa di kenal juga dengan Developer Oyangtion. Merupakan sebuah fitur yang terdapat pada semua model perangkat android dan di berbagai merek.

Opsi pengembang menyediakan berbagi menu fitur didalam nya yang bisa di pakai developer melakukan berbagai pengujian. 

Namun sebelum menggunakannya ,pengguna harus terlebih dulu aktifkan Opsi pengembang Xiaomi, Samsung,Oppo, Vivo dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Pindahkan Kontak di Kartu SIM ke Hp Xiaomi

Fungsi Opsi pengembang Xiaomi.

Sebenarnya secara fungsi ini tidak mengikat terhadap merek, dari berbagai fitur dan menu yang ada dalam developer mode tentunya sama saja dengan merek lain.

Manfaat mode pengembang Xiaomi bisa di lihat dari masing masing menu nya, diantaranya yakni mengaktifkan USB debug.

Yang dimaksud Developer Option untuk apa dan apakah Berbahaya?

Mode pengembang adalah sebuah menu yang secara default di hide atau di sembunyikan. Untuk menggunakannya harus terlebih dulu di aktifkan. Fitur tersebut biasanya untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa di pakai seorang pengembang aplikasi maupun kepentingan lain seperti perbaikan dan lain sebagainya.

Jadi yang dimaksud dengan mode pengembang secara simpel dapat di katakan sebuah mode ponsel yang terbuka secara fitur developernya. Untuk apa? Para pengembang aplikasi membutuhkan berbagai kegiatan terkait dengan trial error, sehingga dengan adanya opsi ini mereka bisa mengaktifkan USB debuging, mock locationn dan lain sebagainya sesuai dengan Opsi yang akan di gunakan.

Apakah dengan mengaktifkan mode pengembang berbahaya?

Secara umum ini tidak akan membahayakan sistem atau fungsi dari smartphone, karena secara fitur justru menjadi pilihan yang dapat membantu. contohnya menyambungkan USB ke PC agar ponsel dapat terdeteksi pada Port 9008,OEM Unlock bagi yang akan Root ponsel, atau melakukan perbaikan ponsel dengan cara flashing.

Nah secara lengkap berikut menu developer option , jadi kamu bisa jelas mengetahui USB debugging untuk apa,atau fitur lain didalam nya.

 Baca Juga, opsi pengembang samsung

1. Debuging ( Take Bug report. )

Merupakan menu developer mode yang bekerja merekam perizinan aplikasi. Sistem secara otomatis bekerja me-debug dan mengumpulkan data  menjadi laporan. Fitur ini sangat berguna bagi seorang pengembang melakukan pengujian aplikasi dan mendapatkan laporan bug-nya.

Mengaktifkan Stay awake yakni berfungsi untuk menyalakan layar ponsel anda secara lama, Atau membuat perangkat tetap terjaga kapanpun bahkan ketika pengisian daya. Namun untuk menjaga dan menghemat baterai maka menu ini tidak di rekomendasikan di gunakan untuk menghindari baterai boros  .

2. HCI Snop loop bluetooth

Setelah mengaktifkan Mode Pengembang Xiaomi kamu bisa menggunakan HCI Loop yakni untuk memposisikan file penyimpanan smartphone dalam log. yakni menganalisa aktifitas bluetooth dan desktop.

3. Backup password desktop.

Pada menu mode pengembang Xiaomi terdapat fitur yang menentukan pin yang di input ke ponsel sebagai password pemulihan.

Seorang bisa mencadangkan dan mengembalikan secara penuh kedalam PC.

Hal ini bisa di pakai pada tipe Xiaomi resmi 4x,Redmi 4a Redmi 6a Maupun jenis note 5a,note 4,note 5 dan lain sebagainya.

Baca Juga:Cara mengganti Font di Hp Xiaomi

4. Original Equipment Manufacturing (OEM) Unlock

Mode ini fungsinya membuka status OEM, yakni menjadi fitur penting yang dapat di pakai developer untuk mencegah kegagalan sistem.

5. Menu Running service.

Manfaatnya untuk melihat aktivitas xiaomi yang sedang berjalan atau aktif.

6. Revoke USB debug Authorization.

Fitur developer option xiaomi yang satu ini adalah menonaktifkan atau mencabut otorasisasi.

7. USB Debuging

Apa fungsi USB debug? ya tentunya menjadi sebuah jembatan komunikasi port usb ponsel dengan PC melalu sambungan Android Debug bridge (ADB). Hal ini memungkinkan pc dapat terhubung pada smartphone.

8. Wait debug

Merupakan pilihan yang bisa di pakai pengembang agar mengatur posisi aplikasi menunggu debug hingga selesai.

9. Select Debug App

Yang ke Sembilan diantaranya adalah select debug ap yang mampu menemukan instruksi me-debug aplikasi sesuai dengan keinginan.

10.Show touches

Merupakan pilihan menampilkan area sentuhan pada layar, settingan ini juga dapat di jadikan sebuah alat analisa kerusakan sensitivitas layar sentuh xiaomi. Dengan option ini kamu bisa mengetahui layar sentuh hp xiaomi error pada bagian mana.

11.Pointer Location

Fitur berfungsi menampilkan titik koordinat layar Xiaomi android,setelan ini dapat di gunakan menjadi analisa apakah sentuhan merespon secara baik mengalami masalah

Dan Masih banyak lagi pilihan lain setelah mengaktifkan dan masuk ke mode pengembang Xiaomi. Cara aktifkan nya cukup mudah kok, .

Baca Juga: Kumpulan Pengaturan Keyboard Xiaomi

Cara mengaktifkan mode pengembang xiaomi

Setelah mengetahui beberapa menu dan manfaat yang terdapat pada opsi developer, maka selanjutnya saya akan menginformasikan tentang cara aktifkan option tersebut.

Pada dasarnya dapat di tempuh menggunakan dua cara, yakni melalui setelan dan yang kedua menggunakan alat bantu aplikasi.

Keduanya mengantarkan kita masuk ke mode pengembang xiaomi, dan tidak terpengaruh terhadap antar muka MIUI 8,9,10 maupun 11.

Masuk Pengaturan Mode pengembang Xiaomi Tanpa Aplikasi.

Tutorial yang pertama yakni langsung di smartphone tanpa menggunakan aplikasi tambahan untuk ke mode developer.

Langkanya

  • Hidupkan Handphone Xiaomi ,lalu masuk menu dan pilih "Setelan / setting". Kamu bisa memilih icon menu gerigi maupun dengan akses cepat dengan cara tarik notifikasi bar, lalu tap icon gerigi.
  • Selanjutnya, silahkan pilih "Tentang Ponse / About phone".
Cara masuk opsi pengembang xiaomi

  • Kemudian tap secara cepat "Versi MIUI" Hingga ponsel berubah menjadi kodisi "Developer Mode".
  • Setalah menjadi pengembang, silahkan tap back atau keluar dari setelan. 
Mode pengembang Xiaomi redmi

  • Kemudian pilih "Setelan tambahan", Di sana jika telah aktif akan menemukan menu "Developer option / mode pengembang". Silahkan pilih lalu anda akan melihat menu yang sesuai fungsi di atas.

Nah dari screenshoot di atas menandakan smartphone telah menjadi status pengembang. 

Simulasi di atas berada pada miui 10 android nougat pada ponsel Redmi 4A Prime. 

Mudah sekali bukan, mungkin jika ingin lebih praktis dapat menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Cara Agar Hp Xiaomi tidak bisa di tracking

Masuk mode pengembang dengan aplikasi.

Setelah membahas tentang fungsi mode pengembang Xiaomi, cara mengaktifkan melalui setelan kini kamu juga bisa menggunakan tools tambahan dari playstore.

Diantarnya adalah aplikasi developer Option, Secara singkat mengantarkan penggunanya mengaktifkan dan mengembalikan pengaturan mengembalikan mode pengembang xiaomi.

Jadi hal ini memudahkan anda menonaktifkan, menghilangkan beberapa setelan yang telah di ubah menjadi normal sedia kala.

Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat video nya,

Penutup

Itulah fungsi mode pengembang dan cara mengaktifkan opsi tersebut di hp Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel