. Cara aktifkan Mode pengembang android [Developer Mode] Semua tipe HP - IME Android -->

Cara aktifkan Mode pengembang android [Developer Mode] Semua tipe HP

Konten [Tampil]
Cara mengaktifkan Developer mode - kali ini saya akan berbagi cara aktifkan mode pengembang pada hp android.

Teknik ini dapat dilakukan pada semua smartphone baik merek samsung, asus, lenovo, Xiaomi, Oppo dan lain sebagainya yang tentunya dengan keperluannya masing masing.

Penting juga kita mengetahui cara aktifkan mode pengembang hp , biasanya untuk dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses sebagai pengembang.

Ketika tidak sebagai developer maka anda tidak dapat melakukan install aplikasi tersebut.

Cara aktifkan opsi pengembang pada ponsel samsung maupun xiaomi sebenarnya secara umum sama saja, namun bagi anda yang tidak tahu pastinya ini membingungkan .

Kesempatan kali ini saya akan membuatnya dengan sangat simpel sehingga ketika anda ingat dengan mode pengembang akan teringat pada imeandroid.com.'

2 Cara aktifkan mode pengembang pada Hp Android

Pada tutorial kali ini memang tidak spesifik untuk ponsel samsung,realme atau vivo. Tetapi pada dasarnya secara konsep maupun langkah aktifkan mode pengembang sama saja.

Mengaktifkan developer mode dapat kita lakukan dengan dua cara,  yakni dengan mengakses langsung melalui pengaturan.

.. dan yang kedua dengan aplikasi tambahan atau aplikasi yang dapat anda install kemudian sebagai alat bantu mengaktifkannya.

Mengapa anda membutuhkan akses sebagai developer mode atau mengaktifkannya ?

Sebelum kita berangkat ke langkah cara setting opsi pengembang android, maka kita harus paham terlebih dahulu mengenai fungsi mengaktifkan   ini supaya kita tidak bingung.
Baca juga: Cara masuk Recovery Mode hp samsung 

Fungsi  Opsi pengembang pada smartphone.


Bukan tanpa fungsi pastinya seperti yang telah saya katakan diatas ,banyak sekali manfaatnya yang didapatkan seperti dibawah:

  • Mengaktifkan Stay awake yakni berfungsi untuk menyalakan layar ponsel anda secara lama, Atau membuat perangkat tetap terjaga kapanpun bahkan ketika pengisian daya. Namun untuk menjaga dan menghemat baterai maka menu ini tidak di rekomendasikan di gunakan untuk menghindari baterai boros  .
  • Buka   BUG report   yakni berfungsi sebagai alat atau yang bertugas mengizinkan aplikasi yang dipilih untuk mengumpulkan informasi pada ponsel anda melalui email atau sebagai media antara perangkat dengan komputer .
  • HCI Snop loop bluetooth dengan mengaktifkan aplikasi ini sehingga memposisikan file penyimpanan ponsel dalam pengambilan atau log yang berfungsi sebagai analisis aktivitas hubungan bluetooth dengan ponsel - komputer.
  • Desktop backup password ,nah pada menu ini berfungsi sebagai alat memulihkan kata sandi yang dimasukkan ke android anda , sebagai alat restore data dan aplikasi yang sebelumnya telah tersimpan baik data dari pc dan ke pc.
  • Original Equipment Manufacturing (OEM) Unlock Fitur ini berfungsi membuka status OEM yang biasanya untuk keperluan mencegah kegagalan sistem.
  • Running service jika fitur ini diaktifkan maka anda dapat melihat tampilan aktifitas ponsel yang sedang aktif.
  • USB Debugging yakni salah satu media komunikasi port USB dengan komputer melalui Android Debug bridge (ADB), biasanya untuk keperluan flash hp android dll yang membutuhkan akses Developer mode dan USB Debug.
  • Revoke USB debug Authorization yakni berfungsi sebagai mencabut otorisasi sehingga anda dapat mengatur otorisasi baru.
  • Laporan BUG atau power menu BUG report yang berfungsi sebagai mempermudah menguji aplikasi untuk mengumpulkan dan mengirim laporan bug.
  • Menunggu Debug/Wait debug ,pada menu ini fungsinya ketika debug berjalan maka fitur ini membuat aplikasi akan menunggu hingga proses debug selesai dengan baik.
  • Select Debug App yang berfungsi membuat aplikasi dalam melakukan debug mengetahui aplikasi berjalan dengan sesuai ketentuan atau tidak.
  • Show touches berfungsi menampilkan setiap area yang disentuh layarnya.
  • Verify App Over USB bertugas sebagai verifikasi google dalam aplikasi yang terpasang pada ponsel anda melalui laptop.
  • Show Surface updates yakni berfungsi untuk membuat tampilan pada layar menunjukan status update.
  • Pointer Location adalah fitur yang berfungsi memberikan titik koordinat pada layar ponsel android anda dimana dapat sebagai indikasi apakah dapat merespon dengan baik atau tidak.
  • Show layout yakni menampilkan sisi setiap menu yang tampil pada layar.
Itulah beberapa fungsi dan fiturnya,kemudian mari kita berangkat ke setting opsi pengembang .

Namun di sini saya tidak membahas tentang apakah opsi pengembang berbahaya atau tidak.
Baca Juga: Hp samsung Ada tulisan Safe Mode,Begini cara mengatasinya  

1. Aktifkan Mode pengembang dengan aplikasi Developer Option.

Praktis anda tidak perlu ribet setting opsi pengembang pada Xiaomi Miui 9 pun pastinya mudah hanya dengan cara download dan install aplikasi ini maka dengan mudahnya.

cara aktifkan mode pengembang semua tipe hp

Dengan developer option maka cukup dengan sekali tap,membuka aplikasi maka sudah dapat melihat menu developer option yang dapat anda lakukan seperti mengaktifkan USB Debugging,memilih debug app sesuai dengan keterangan diatas.

Tentunya aplikasi ini dapat digunakan pada semua merk ,asus,lenovo,samsung.

.. bahkan cara setting opsi pengembang Xiaomi menjadi lebih mudah dan cepat
Tidak hanya itu saja selain menghidupkannya, juga cara menghilangkan mode pengembang samsung,atau cara mematikan opsi pengembang xiaomi dengan mudah tanpa pusing.

2. Cara masuk mode pengembang tanpa aplikasi.

Cara yang kedua adalah dapat anda lakukan tanpa harus menginstall aplikasi,jika anda tidak memiliki kuota untuk download jelas anda perlu menggunakan cara ini.

Bagaimana caranya.

  • Yang pertama silahkan masuk ke menu kemudian pilih "Pengaturan" selanjutnya silahkan pilih "About phone" dan dilanjutkan "Software info" . Pada software info terdapat menu Build Number silahkan klik secara cepat 5 kali maka smartphone menjadi status pengembang.
Developer option hp android

  • Setelah tahapan diatas selesai maka silahkan keluar maka anda akan menemukan Developer Option yang sudah muncul,dengan cara masuk ke "Setting" Kemudian pilih "Developer Option " maka anda akan menemukan beberapa menu sebagai pengembang.
Itulah Dua cara mengaktifkan opsi pengembang baik pada ponsel samsung ,xiaomi maupun oppo dan lain Sebagainya. Tetapi hal diatas merupakan gambaran umum instruksi mengaktifkan developer mode.

Penutup

Mudah bukan cara menjadi pengembang pada hp android,cara aktifkan mode pengembang hampir semua merek ponsel ya gitu gitu aja kok gaes,, kemudian semua dikembalikan pada anda .. apa keperluanya. Sekian artikel dari saya di imeandroid.com semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel