Cara screenshot (Tangkapan layar) Di Hp Vivo S1 - IME Android

Cara screenshot (Tangkapan layar) Di Hp Vivo S1

IME android - Cara screenshot Vivo S1 dapat kita lakukan menggunakan 2 cara, yqng pertama vai tombol fisik dan kedua menggunakan mengusap layar. 

Keduanya mempunyai hasil dan tujuan yang sama yakni mengambil tangkapan layar hp. 


Hp vivo terbaru yakni tipe 'S'. lebih tepatnya adalah Vivo s1 yang cukup ramai menjadi salah satu topik pembicaraan karena spek yang tinggi dan harganya murah. 

Harga dari Vivo S1 adalah sekitar 3 jutaan atau lebih tepatnya Rp 3.6 juta. Smartphone Vivo juga mempunyai beberapa pesain yang harganya sekitar 3 jutaan diantarnya seperti Oppo, Xiaomi, asus, lenovo, dan Realme.

Spesifikasi singkat 

Vivo S1 dilengkapi dengan layar Super AMOLED yang beresolusi 6.33 inci, mempunyai poni water drop, serta didukung dengan kamera selfi yang berukuran 32MP, sedangkan kamera utamanya 16MP + 8Mp + 2MP. 

Vivo S1 yang memiliki tampilan berdiamensi 159.5 X75.2 X8.1 mm (6.28 X 2.96 X 0.32 inci), dan berat dari Vivo tersebut adalah 179 gram. Dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0 pie, Chipset Mediatek MT6768 Helio P65, didukung CPu Octa-Core ( 2 X 2.0 GHz Cortex-A75 & 6 X 1.7 GHz Cortex-A55 dengan GPU Mali-G52 MC2, dan mempunyai RAM 4GB, kapasitas memori internlnya yaitu 128GB.

Diatas merupakan spesifikasi secara singkat  yang ada pada smartphone Vivo S1. Banyak yang belum tau akan hal screenshot, fitur dari Screenshot ini penting untuk pengguna hp terutama yang lagi kita bahas yaitu Vivo S1.


Cara Screenshot Vivo S1 Dengan Mudah 


Trik Screenshot Smartphone Vivo S1
Vivi S1

Banyak sekali manfaatnya, mungkin secara umum proses tangkapan layar ini sebagai langkah mendokumentasikan aktifitas layar hp.

Screen capture juga tersedia hampir pada semua hp android, jadi ini merupakan langkah standard yang mengambil foto layar hp dengan mudah serta di bagikan ke sosial media.


Menggunakan Tombol Kombinasi (Tombol Power + Tombol Volume)

Cara screenshot yang pertama ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Tetapi kalau anda sering screenshot menggunakan tombol kombinasi akan berakibat tombol power dan tombol volume akan tumbles. 

Jadi saya sarankan anda tidak harus Screenshot menggunakan tombol kombinasi ya. Langsung saja ini langkah-langkahnya.




  • Langkah yang pertama adalah, buka kunci smartphone.
  • Kemudian pilih gambar atau foto yang ingin anda screenshot.
  • Tekan tombol Power dan Volume (-) secara bersamaan, tahan selama kurang lebih 2-3 detik.
  • Setelah anda dengar bunyi shutter dan layar sudah berkedip secepatnya kamu lepaskan.
  • Selesai, screenshot sudah berhasil dilakukan. 
  • Dan anda bisa Cek hasilnya di menu Galeri.

Menggunakan 3 Jari ( Mengusap Layar) 


Cara screenshot menggunakan 3 jari ini merupakan cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Karena caranya yang mudah digunakan dan tidak memakan waktu lama. Berikut ini adalah cara screenshot dengan menggunakan 3 jari.


  • Cara pertama, anda bisa buka aplikasi 'pengaturan'.
  • Pilih menu 'smart dan Conveient' pada halaman pengaturan.
  • klik 'Gesture dan Motion', selanjutnya anda bisa mengaktifkan fitur '3 Finger Screenshot'.
  • Anda bisa langsung menentukan gambar/foto yang akan discreenshot.
  • Rapatkan 3 jari anda dan usapkan dari bagian atas layar sampai denagn ke bawah.
  • Kemudian saat layar sudah berkedip dan tetdengan bunyi suara shutter, maka screenshot berhasil dilakukan.
  • Yang terakhir anda dapat melihat langsung dari screenshot tersebut pada menu galeri.


Dari kedua cara diatas manakah cara screenshot yang paling mudah digunakan?. Keduanya sama-sama mudah kok, terantung anda mau pilih yana mana. Tetapi kalau menurut saya cara menggunakan dengan 3 jari lebih mudah dibandingkan yang menggunakan tombol kombinasi.

Itulah cara screenshot pada smartphone Vivo S1. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah pada screenshot. Terima kasih.

Share This :
Reni  Anggraeni

Diam-Diam Bawel,Cita-Citanya Jago masak Tapi phobia sama Garam.