. Urutan chipset mediatek serta Kelebihan dan kekuranganya - IME Android -->

Urutan chipset mediatek serta Kelebihan dan kekuranganya

Konten [Tampil]
Urutan Chipset Mediatek - Jika pada tulisan saya yang sebelumnya adalah membahas tentang urutan generasi chipset snapdragon. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang urutan chipset mediatek, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Siapa yang belum tau tentang chipset?

Komponen yang memiliki fungsi vital pada smartphone menjadi alasan utama dalam menentukan kecepatan maupun performa ponsel.

Memang tidak bekerja sendirian, disana kita tidak boleh melupakan dari peranan RAM, Dan masih banyak lagi komponen Hardware hp android yang tidak kalah pentingnya.

Fungsi chipset ini cukup komplek hardware satu ini biasa dikenal juga dengan nama SoC. Kepanjangan System-on-Chip yang didalamnya terdapat chip lain sebagai pendukung juga untuk mengolah data.

Misalkan, Memori, USB Controller, dan masih banyak lagi fitur sesuai dengan bawaan perangkat

Chipset mengalami perubahan berdasarkan kemajuan teknologi, sehingga dapat di pastikan semakin urutan chipset mediatek tersebut adalah versi terbaru ,maka itu yang mempunyai performa baik.

Mediatek mengeluarkan versi chipset nya sudah cukup banyak, memiliki harga yang relatif murah dan telah diaplikasikan pada berbagai merek smartphone. Nah apa saja urutan chipset mediatek dari terendah hingga tertinggi , simak ulasannya berikut.


Daftar Urutan Chipset Merek Mediatek Dari Terendah hingga tertinggi.


Versi chipset mediatek yang telah beredar menunjukan bahwa mampu bersaing dengan brand lain , seperti Snapdragon. Kemampuannya dapat diukur berdasarkan pendekatan urutan chipset atau versi terbaru, sehingga secara umum semakin tinggi mempunyai performa baik.

Prosesor mediatek cukup banyak terpasang pada Hp android , sudah tidak diragukan lagi untuk urusan performanya.

Di samping itu Jenis prosesor Mediatek cukup dikenal dengan harga murah dibandingkan dengan prosesor lainya.  Namun performa sudah bisa kita rasakan sendiri mampu bekerja secara optimal dan menandingi dari performa chipset lainya.

Tentu kita juga harus objektif, tidak menutup mata bahwa setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, bukan hanya mediatek saja.
Baca juga : Urutan Chipset Snapdragon

Kelebihan Prosesor Mediatek dan kekurangan.


Mediatek merupakan perusahaan yang konsentrasi terhadap pembuatan prosesor yang memiliki kantor pusat di taiwan -Hsinchu.  Bukan jenis chipset Smartphone saja melainkan banyak produk lainya seperti prosesor dari tablet, HDTV, DVD dan lainya.

Perusahaan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk penggunaan chipset pada Hp android dan Tablet karena harga yang mereka tawarkan murah, adem dan dan harga kompetitif.

Jika ketika kita mengingat dengan prosesor snapdragon biasanya kita akan ingat dengan kemampuanya dalam performa gaming.

Dari beberapa gamer Hp android menyatakan kecepatanya lebih unggul dibandingkan dengan jenis lain, nah tapi yang akan saya coba bahas disini adalah kekurangan dan kelebihan dari prosesor mediatek.
Baca juga : Pengertian dan Fungsi Prosesor 

Kelebihan Prosesor mediatek.


1. Harga Murah dan kualitas Handal.

Jika Kita bandingkan dengan Qualcomm dan Exynos, mungkin mediatek mengambil jalur pasar dengan produsen kelas bawah dan menengah. Ini tentu dengan memberikan Harga chipset yang relatif lebih murah dibandingkan dengan merk lainnya.

Harga murah namun secara kuantitasnya mampu memberikan performa yang prima sehingga Hp android dengan Mid-range tetapi mempunyai kualitas dan performa prima.

Bahkan produk prosesor mediatek sudah di gunakan pada Hp dengan Skala flagship dengan Jenis Prosesor Mediatek Seri X seperti Hp Xiaomi Redmi Pro.

Pada Jenis Chipset mediatek High-end mampu memberikan kinerja yang hemat daya jika kita bandingkan dengan Qualcomm dan Exynos karena dengan modifikasi pada bagian ARM.

Contohnya pada Seri Helio X20 yang sudah memiliki kemampuan decoding dan encoding H.265 4K/2K video pada 30 fps dan mendukung resolusi 2560 x 1600 pixel berkat dengan Mediatek 10 Core ini.

2. Hemat RAM dan Grafis Tinggi.

GPU merupakan chipset yang menjadi power utama dalam kinerja Grafis pada Hp android. Dengan teknologi PowerVR yang diklaim lebih unggul dibandingkan dengan Adreno dari Qualcomm dan dimana dilengkapi dengan Dedicated VRAM yang memberikan konsumsi RAM yang lebih sedikit .

Yang tentu juga masih banyak sekali kelebihan yang belum  saya bahas satu persatu,

Kekurangan Mediatek.


Jika sudah berbicara kelebihan maka kita akan bahas beberapa kekurangan yang sering menjadi keluhan dari pemilik ponsel dengan tenaga mediatek.

1. Sulit Di oprek.

Ya bagi anda yang hobi Ngoprek Hp android maka akan sedikit terganggu karena jenis Chipset mediatek ini dikenal dengan prosesor yang tidak dapat menggunakan Custom Kernel .

2. GPS Kurang akurat.

Mungkin Pengguna mediatek akan mengalami beberapa kesulitan dalam GPS, karena pada Prosesor ini untuk beberapa versi lama memiliki kekurangan GPS akan susah terkunci dengan akurat, namun pada yang seri terbaru sudah mantap.

3. Mudah Cepat panas.

Jika kita berbicara pada beberapa tipe Prosesor mediatek  yang lama diantaranya adalah keluhan yang terjadi overheat sehingga ponsel dapat mengalami gangguan pada Hp android dan baterai relatif lebih boros.


Jenis Prosesor mediatek


Urutan Peringkat Berdasarkan performa terbaik Mediatek dari low hingga high.

  • Mediatek MT6580
  • Mediatek MT6735P
  • Mediatek MT6589
  • Mediatek MT6582
  • Mediatek MT6737M
  • Mediatek MT6580M
  • Mediatek MT6735M
  • Mediatek MT6735
  • Mediatek MT6737T
  • Mediatek MT6732
  • Mediatek MT6592
  • Mediatek MT6750
  • Mediatek MT6753
  • Mediatek MT6755 (Helio P10)
  • Mediatek MT6595
  • Mediatek MT6752M
  • Mediatek MT6595M
  • Mediatek MT6752
  • Mediatek MT6795 (Helio X10)
  • Mediatek MT6797 (Helio X20).
  • Mediatek MT6797T (Helio X25)
  • Mediatek MT6799 (Helio X30)

Untuk saat Ini urutan tertinggi dari prosesor mediatek berarti masih diduduki pada Helio X30, dan yang pastinya untuk ponsel yang menggunakan Prosesor seri ini dibanderol lebih mahal.
Baca juga : Jenis GPU dan chipset terbaik semua merek
Penutup
Demikian artikel kali ini membahas tentang urutan chipset Mediatek kekurangan dan kelebihannya, semoga bermanfaat.Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel